18 Tempat Wisata di Kota Probolinggo Paling Mempesona 2022

Tempat Wisata di Kota Probolinggo – Probolinggo merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata. Saat merencanakan liburan ke kota Probolinggo, hal pertama yang akan Anda cari yaitu informasi mengenai objek wisata yang ada di Probolinggo.

Namun, seolah tidak ada habisnya, masih banyak sekali objek wisata di kota Probolinggo yang unik dan menarik yang bisa Anda jadikan tujuan wisata karena keindahannya yang luar biasa. Apa saja tempat wisata di Kota Probolinggo yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga? Simak rekomendasinya di bawah ini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Probolinggo

Tempat Wisata di Kota Probolinggo
Tempat Wisata di Kota Probolinggo

Tidak banyak yang mengetahui, Probolinggo ternyata menyimpan segudang pesona indah yang luar biasa. Probolinggo banyak menawarkan panorama alam indah serta membuatnya memiliki banyak kawasan wisata.

Mulai dari pantai, air terjun, dan pegunungan, berikut beberapa lokasi wisata yang terdapat di Kota Probolinggo.

1. Danau Taman Hidup

Tempat wisata Probolinggo yang pertama adalah Danau Taman Hidup. Danau Taman Hidup adalah wisata alam terbaru di Probolinggo yang berlokasi di lereng Gunung Argopuro. Wisata Danau Taman Hidup menawarkan tempat yang sangat eksotis dilengkapi dengan pemandangan yang indah dan natural.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan Terbaru

Dikelilingi dengan beraneka macam perbukitan hijau yang sangat alami dan indah, membuat Danau Taman Hidup kian menarik. Selain itu, saat mengunjungi tempat ini juga Anda bisa menyaksikan aneka satwa liar yang kerap kali berkeliaran.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Danau Taman Indah ini, Anda perlu berhati-hati lantaran jalur pendakian di tempat ini terbilang cukup ekstrim.

2. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
https://www.instagram.com/backpackerjakarta/

Air Terjun Madakaripura menjadi salah satu daftar tempat wisata di Kota Probolinggo yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

Berlokasi di sebuah desa bernama Branggah, Lumbang, saat Anda menempuh perjalanan menuju air terjun Madakaripura ini, maka Anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang asri dan sangat mempesona. Selain itu, air terjun ini memiliki ketinggian yang luar biasa yaitu mencapai sekitar 200 meter.

Bagi Anda yang ingin berkunjung dan menyaksikan indahnya pemandangan air terjun yang memukau itu, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000-an. Adapun jam operasional air terjun Madakaripura ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 19.00.

3. Gunung Bromo

Lokasi wisata yang berada di Jawa Timur ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Gunung Bromo kerap menjadi ikonnya daerah Jawa Timur. Gunung yang masih aktif hingga sekarang ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 2.392 mdpl serta dilengkapi dengan pemandangan alam yang memukau.

Pasir yang terhampar luas mencapai sekitar 10 km serta lembah yang terletak di sekitar gunung menjadikan pemandangan Gunung Bromo semakin indah.

Bagi Anda yang ingin berkunjung kesini, jangan khawatir, sebab destinasi menarik ini buka selama 24 jam serta dilengkapi banyaknya jalur yang dapat Anda pilih untuk bisa menjelajahi keindahan Bromo.

Untuk dapat melakukan pendakian ke Gunung Bromo, Anda butuh membayar tiket masuk sebesar Rp30.000-an dan harga tiket tersebut juga sudah termasuk dengan asuransi Anda sebagai pengunjung.

Baca Juga :
Jangan Lewatkan! Ini 22 Tempat Wisata di Sidoarjo Paling Terkenal!

4. Happy Fun 3 Probolinggo

Anda sedang mencari tempat wisata di Probolinggo yang cocok untuk anak-anak? Kunjungi saja Happy Fun 3. Lokasi Happy Fun 3 Probolinggo terletak di Tamansari, Kecamatan Dringu, yang memiliki beberapa wahana permainan air yang menyenangkan untuk dijelajahi oleh anak-anak.

Selain permainan air, tempat wisata Probolinggo terbaru ini juga dilengkapi dengan wahana lain, seperti kereta, mandi bola, serta flying fox.

Mempunyai fasilitas lengkap seperti musala, loker kantin, kamar mandi, dan juga parkir yang luas membuat Happy Fun 3 Probolinggo bisa Anda jadikan pilihan destinasi wisata saat berkunjung ke kota ini.

5. Gili Ketapang

Gili Ketapang selalu menjadi tempat wisata populer untuk wisatawan yang pertama kali liburan ke Probolinggo. Tempat wisata di Kota Probolinggo yang satu ini terletak di sebuah kecamatan bernama Sumberasih.

Apabila Anda ingin melihat indahnya pemandangan yang berada di dalam laut, cobalah untuk melakukan snorkeling serta nikmati keindahan alam bawah laut, seperti berenang bersama ikan-ikan kecil dan karang yang tak kalah memukau.

Apabila Anda tidak ingin bermain air atau melakukan snorkeling, Anda tetap bisa menikmati keindahan pulau dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Berkemah bisa menjadi pilihan yang bagus jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat menyewa sebuah perahu yang tersedia di Gili Ketapang.

6. Wisata Pantai Bentar

Wisata Pantai Bentar
https://www.instagram.com/ajenk_unyiel/

Ingin mengunjungi objek wisata Probolinggo berupa pantai? Datang saja ke wisata Pantai Bentar. Berlokasi di Curahsawo, kecamatan Gending, destinasi wisata Pantai Bentar ini dapat menghadirkan pengalaman liburan yang menyenangkan untuk Anda.

Untuk Anda pecinta dunia fotografi, terdapat sejumlah spot foto di Pantai Bentar yang menarik unik untuk Anda abadikan dengan kamera.

Terdapat sebuah jembatan kayu indah hampir menjorok ke dasar laut di dekat dermaga. Adapun jembatan ini memiliki panjang mencapai 50 meter. Tak berhenti disitu, tempat wisata di Kota Probolinggo ini, Anda juga dapat melihat hiu tutul.

Selain dapat melihat ikan unik itu, Anda juga bisa mengunjungi beberapa wahana air yang menyenangkan yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk bisa berkunjung ke tempat wisata pantai di Probolinggo ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp4.000-an saja dan lokasi ini buka setiap hari. Akses untuk bisa berkunjung ke kawasan Pantai Bentar juga terbilang tidak sulit.

7. BJBR Probolinggo

Tempat wisata di Kota Probolinggo selanjutnya yang sayang untuk Anda lewatkan yaitu Beejay Bakau Resort (BJBR). Berlokasi di sebelah utara Alun-Alun Probolinggo, BJBR sangat cocok untuk Anda yang suka berswafoto.

BJBR adalah hutan bakau yang dilengkapi dengan panorama yang begitu cantik dan udaranya juga segar. Memiliki spot unik bertuliskan BJBR yang penuh warna dan berukuran sangat besar. Selain itu, ada juga bola dunia, gembok cinta, patung kuda bahkan disana juga terdapat replika kapal pinisi.

Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan transportasi umum maupun pribadi, dan BJBR pun dapat dengan mudah dijangkau oleh Anda. Berlokasi sekitar 7 km dari Alun-Alun Kulonprogo, BJBR senantiasa buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

Tak perlu khawatir soal harga tiket, sebab BJBR hanya menetapkan tarif sebesar Rp15.000-an untuk Senin s/d Jumat sementara untuk Sabtu dan Minggu, tarifnya adalah sekitar Rp30.000-an.

8. Museum Probolinggo

Ingin berwisata sejarah di Kota Probolinggo? Museum Probolinggo bisa menjadi alternatif destinasi wisata Anda. Terletak di Jalan Suroyo Nomor 17 Kelurahan Tisnonegaran Kecamatan Kanigaran.

Museum ini termasuk tempat wisata sejarah yang sudah dari dulu menyimpan benda-benda peninggalan masa lalu Probolinggo.

Baca Juga :
39 Tempat Wisata di Blitar Terbaru Dan Terindah, Hits 2022

Misalnya seperti replika patung, artefak, dan juga uang kertas Probolinggo, serta benda-benda pusaka lainnya dan bahkan hingga ada beberapa foto Probolinggo di masa lampau yang masih terawat hingga kini.

9. Pantai Duta

Kawasan Pantai Duta ini berlokasi di Kecamatan Paiton dan biasanya menjadi tempat destinasi utama masyarakat lokal Probolinggo untuk melihat matahari terbenam.

Tempat wisata di Kota Probolinggo ini memiliki panorama alam yang luar biasa sehingga berhasil memikat para fotografer untuk membidik dengan menggunakan kameranya dan mengabadikan panorama alam indah yang luar biasa menakjubkan.

Pemandangannya yang indah dan tempat-tempat yang estetik, menjadikan hasil foto di tempat wisata ini cocok untuk Anda bagikan di media sosial. Tidak hanya memandangi nuansa pemandangan pantai yang cantik saja, Anda juga bisa menikmati indahnya hutan bakau di sekitar pantai.

Hutan bakau yang terletak di kawasan pantai Duta ini merupakan salah satu program dari pemerintah dengan tujuan guna semakin memperindah kawasan pantai yang berada di Probolinggo.

10. Cikasur

Cikasur
https://www.instagram.com/ertwinz30/

Cikasur adalah sebuah tempat destinasi wisata dengan padang rumput yang terhampar luas dan tebal. Karena tebalnya rumput tersebut bahkan hampir menyerupai kasur. Untuk bisa berkunjung ke tempat ini pengunjung bisa menggunakan dua jalur pendakian.

Jalur pertama melalui Desa Baderan lalu turun di sebuah Desa bernama Bremi. Selain itu, Anda juga dapat naik melalui Desa Bremi dan turun melalui Desa Baderan.

Karena lokasi Cikasur ini berada di tengah-tengah, maka kedua jalur di atas menjadi pilihan yang tepat untuk menuju lokasi tempat wisata di Kota Probolinggo kni.

11. TNBTS

Taman Nasional Bromo Tengger dan Semeru atau sering disebut sebagai TNBTS ini merupakan kawasan wisata yang terletak di kabupaten Probolinggo ini tak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Pengunjung akan selalu berdatangan untuk melakukan pendakian di kawasan tempat wisata di Kota Probolinggo ini.

Kalau Anda memiliki hobi mendaki dan gemar dengan pemandangan alam yang luar biasa, TNBTS adalah tempat yang pas untuk Anda. Cukup mengeluarkan biaya untuk membayar tiket masuk sebesar Rp30.000-an saja, Anda bisa memiliki pengalaman berwisata yang menakjubkan.

12. Benteng Mayangan

Benteng Mayangan menjadi salah satu Cagar Budaya yang dimiliki oleh Kota Probolinggo. Berlokasi di RT 005 RW 002, Jalan Ikan Lumba-Lumba, Kecamatan Mayangan, tempat wisata ini terletak tidak jauh dari Cagar Budaya lainnya seperti pelabuhan, stasiun kota, dan tugu Alun-Alun.

Memiliki warna bangunan yang didominasi dengan warna merah bata ini sudah menjadi ikon destinasi city tour sejak tahun 2011 dan saat kapal pesiar wisatawan asing berkunjung ke Kota Probolinggo.

Saat ini, di area sekitar benteng juga terdapat tempat kedai kecil-kecilan yang ditujukan untuk para pengunjung yang ingin beristirahat sejenak sambil makan-makanan ringan. Jam operasional benteng Mayangan ini buka pada pukul 05.00 hingga 16.00 setiap hari.

13. Air Terjun Umbulan

Air Terjun Umbulan merupakan wisata yang mempunyai keindahan alam yang begitu menakjubkan. Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat wisata di kota Probolinggo satu ini, cobalah untuk pergi ke Pasar Sukapura. Berjarak berkisar 500 meter dari Pasar Sukapura, Anda dapat menemukan kantor Telkom.

Terdapat jalan setapak di sebelah kantor Telkom, Anda hanya perlu menelusurinya. Nantinya jalan tersebut akan membawa Anda menuju lokasi air terjun. Agar bisa tiba ke kawasan air terjun, maka pastikan Anda sudah mempersiapkan diri untuk melakukan trekking sebab medannya sangat menanjak.

14. Museum Rasulullah

Museum Rasulullah
https://www.instagram.com/ozal_ar/

Tempat wisata di kota Probolinggo, Jawa Timur, mempunyai museum sejarah peninggalan Rasulullah SAW. Berlokasi di Jalan Suroyo Nomor 25, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Baca Juga :
27 Tempat Wisata di Sumenep Mulai dari Pantai Sampai Museum

Bagi pengunjung wisatawan asal luar kota, Anda tak perlu khawatir akan tersesat, Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi Museum Rasulullah menggunakan bantuan google maps maupun aplikasi peta digital lainnya.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim, tentunya dengan Museum Rasulullah ini menjadi amat berarti kehadirannya. Museum yang telah diresmikan bertepatan dengan Hari Santri Nasional itu menjadi salah satu ikon baru Kota Probolinggo.

Terdapat beberapa benda peninggalan yang dapat dilihat di dalam museum tersebut, antara lain rambut, kiswah, baju perang, sorban, darah bekam, batu sijjil, alas kaki, pedang Sayyidina Khalid bin Walid, serta barang bersejarah Islam lainnya.

15. Wisata Kebun Teh Andung Biru

Rekomendasi destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur ke kota Probolinggo adalah wisata Kebun Teh Andung Biru. Berlokasi di desa yang terletak di Gunung Gambir tepatnya di perbatasan wilayah selatan dekat dengan Kabupaten Jember.

Daya tarik Kebun teh yang satu ini yaitu struktur kebun bergelombang dengan model terasering yang berundak. Tidak hanya menikmati aroma teh asli, mata juga disuguhkan dengan pemandangan hijau pepohonan, alam serta dedaunan teh.

Anda bisa berswafoto mengabadikan momen liburan di tempat wisata Kebun Teh Andung Biru ini. Di Kebun Teh Andung Biru ini wisatawan tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

16. Ranu Segaran

Salah satu objek wisata yang sayang bila tidak dikunjungi adalah Ranu Segaran. Terletak di kaki Gunung Lemongan dengan jarak sekitar 8 km, destinasi wisata alam ini menyuguhkan keindahan danau yang meneduhkan pandangan.

Selain itu, Anda juga dapat merasakan sejuknya danau dengan kombinasi tebing batuan pada sebagian sisi danau, serta hadirnya pepohonan yang tumbuh lebat di sekeliling danau yang bisa melepas penat pikiran.

Tempat wisata di Kota Probolinggo ini dekat dengan pemukiman warga, sehingga membuat destinasi wisata ini cukup banyak dikunjungi oleh pengunjung.

Lantaran tempat wisata ini mempunyai akses atau medan yang mudah dan aman untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat untuk bisa pergi menuju lokasi tersebut.

Pemerintah Probolinggo juga tengah mengembangkan objek rekreasi wahana untuk keluarga tepat berada di samping wisata Danau Ranu Segaran.

17. Danau Ronggojalu

Danau Ronggojalu
https://www.instagram.com/mlokamlakuchannel/

Pilihan danau lainnya yang bisa Anda kunjungi saat sedang berada di Probolinggo adalah Danau Ronggojalu. Pemandian Danau satu ini sangatlah unik lantaran terdapat tanaman biota yang tumbuh di dasar danau.

Tidak hanya berendam saja, pengunjung yang baru berkunjung juga seringkali memanfaatkan untuk mengabdikan diri dengan berfoto bak diving di lautan lepas.

Tempat wisata yang satu ini sangat hits, lantaran selain karena lokasinya yang strategis juga harga tiketnya sangat bersahabat. Harga tiket masuk Danau Ronggojalu adalah sekitar Rp5.000-an per orang.

18. Alun-Alun Kraksaan

Tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke kota Probolinggo namun tidak pergi ke Alun-Alun Kraksaan. Alun-Alun Kraksaan menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda datangi.

Sebab di sini Anda bisa menenangkan pikiran, bersantai, jalan bersama keluarga, atau hanya sekedar duduk-duduk santai serta menikmati matahari terbenam dan angin saat malam hari.

Di Alun-Alun Kraksaan ini juga wisatawan dapat menyantap aneka kuliner khas Probolinggo yang menarik sambil menghibur anak-anak dengan bermain berbagai permainan yang tersedia.

Melansir VisitPare.com, beberapa tempat wisata di Kota Probolinggo di atas menyuguhkan sejuta keindahan. Coba sambangi satu per satu jika memang punya waktu liburan yang panjang di Probolinggo.

Menarik Untuk Anda

Tempat Wisata di Kabupaten Malang

12 Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Malang Terbaik 2022

Bagikan di WA Telegram Facebook Kirim di FB Copy LinkTempat Wisata di Kabupaten Malang – …