12 Tempat Wisata di Kota Probolinggo Paling Mempesona 2022

Tempat Wisata di Kota Probolinggo – Probolinggo merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata. Saat merencanakan liburan ke kota Probolinggo, hal pertama yang akan Anda cari yaitu informasi mengenai objek wisata yang ada di Probolinggo.

Namun, seolah tidak ada habisnya, masih banyak sekali objek wisata di kota Probolinggo yang unik dan menarik yang bisa Anda jadikan tujuan wisata karena keindahannya yang luar biasa. Apa saja tempat wisata di Kota Probolinggo yang patut Anda kunjungi bersama keluarga? Simak rekomendasinya di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Probolinggo

Tempat Wisata di Kota Probolinggo
Tempat Wisata di Kota Probolinggo

Tidak banyak yang mengetahui, Probolinggo ternyata menyimpan segudang pesona indah yang luar biasa. Probolinggo banyak menawarkan panorama alam indah serta membuatnya memiliki banyak kawasan wisata.

Mulai dari pantai, air terjun, dan pegunungan, berikut beberapa lokasi wisata yang terdapat di Kota Probolinggo.

1. Patung Kuda Cipta Wilaha

Patung Kuda Cipta Wilaha merupakan salah satu destinasi rekomendasi yang dapat Anda jadikan pilihan saat berlibur ke Kota Probolinggo. Lokasinya sendiri sangat keren karena terdapat patung kuda terbesar kedua di dunia sehingga sangat unik.

Selengkapnya >> Tempat Wisata Favorit di Jawa Timur

Adapun lokasinya di Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Anda bisa menjadikannya sebagai spot foto menarik karena pengunjung bisa menaikinya kemudian mengambil foto berlatar belakang pantai dan hutan bakau.

Sampai saat ini sendiri masih ada banyak orang mengunjungi tempat wisatanya sehingga Anda jangan sampai ketinggalan. Pastikan juga mengabadikan momen liburan di patung tersebut bersama keluarga terdekat.

2. Wisata TWSL

TWSL atau Taman Wisata Study Lingkungan Probolinggo merupakan wisata alam yang dapat Anda pilih ketika ingin berlibur bersama si kecil. Nantinya pengunjung bisa mengenal berbagai jenis fauna maupun flora sehingga sangat edukatif bagi anak-anak.

Lokasinya sendiri sangat mudah untuk dikunjungi. Tepatnya di daerah Joboan, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Terdapat spot foto menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk mengabadikan momen liburan yaitu patung bentuk binatang.

3. Pelabuhan Tanjung Tembaga

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini di Jalan Tanjung Tembaga Barat, Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Nantinya setiap pengunjung akan disuguhkan dengan suasana pantai yang sejuk dan menyegarkan.

Anda juga bisa menikmati indahnya Pantai Ketapang di seberang. Agar lebih menarik, datanglah di waktu sore hari agar bisa melihat sunset. Adapun aktivitas lain yang bisa pengunjung lakukan adalah menyaksikan pembuatan kapal, memancing ikan, hingga menjelajahi hutan mangrove.

4. Alun-alun Probolinggo

Merupakan destinasi wisata yang sudah sangat populer sehingga patut bagi Anda untuk mengunjunginya. Tepatnya di Jalan KH. Mas Mansyur, Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Pengunjung nantinya bisa menikmati liburan sambil bersenang-senang dengan keluarga.

Baca Juga : Tempat Wisata di Kota Batu

Terlebih, tempatnya juga memiliki udara sejuk. Anda bahkan bisa berkunjung di waktu malam harinya. Kemudian jangan lupa untuk menikmati wisata kuliner khasnya. Tentu sangat cocok jika ingin berlibur tetapi hemat biaya karena tidak memerlukan biaya tiket masuk sekalipun.

5. Grand Park Mahoni

Apabila Anda ingin berlibur dengan tema wisata alam, maka pilihannya adalah Grand Park Mahoni. Lokasinya memang menjadi favorit masyarakat sehingga tidak heran jika sampai saat ini ada banyak orang ingin mengunjunginya.

Pengunjung nantinya akan mendapatkan spot foto estetik dan Instagramable sehingga sangat cocok bagi kalangan anak-anak muda. Terdapat banyak pohon mahoni tua yang tumbuh rindang di sekelilingnya sehingga menjadikan udara di sekitarnya sangat nyaman.

Tidak hanya itu, tersedia juga danau di kawasannya sehingga menambah kesejukan tersendiri saat melihatnya. Adapun harga tiket masuk ke lokasi sangat terjangkau yaitu hanya sekitar Rp 10.000 saja. Tepatnya di daerah Kuweni, Tukul, Kecamatan Sumber, Kota Probolinggo, Jatim.

6. Museum Probolinggo

Ingin berwisata sejarah di Kota Probolinggo? Museum Probolinggo bisa menjadi alternatif destinasi wisata Anda. Terletak di Jalan Suroyo Nomor 17 Kelurahan Tisnonegaran Kecamatan Kanigaran.

Museum ini termasuk tempat wisata sejarah yang sudah dari dulu menyimpan benda-benda peninggalan masa lalu Probolinggo.

Misalnya seperti replika patung, artefak, dan juga uang kertas Probolinggo, serta benda-benda pusaka lainnya dan bahkan hingga ada beberapa foto Probolinggo di masa lampau yang masih terawat hingga kini.

7. Madakaripura Forest Park

Pada dasarnya, Kota Probolinggo cukup terkenal dengan area hijaunya yang luas. Tidak heran jika ada banyak destinasi wisata dengan keindahan dan keasrian alamnya. Salah satunya seperti Madakaripura Forest Park.

Saat berkunjung, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan menakjubkan berupa air terjun. Lokasinya sendiri berada di kawasan tersembunyi. Terdapat juga tebing dengan bentuk melengkung sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Untuk menikmati wisatanya, Anda hanya memerlukan biaya tiket masuk sekitar Rp 22.000 saja. Kemudian lokasinya di daerah Tersono, Sapih, Kecamatan Lumbang, Kota Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati liburan dengan wisata alam yang unik dan menyegarkan.

8. Waterboom Polotan

Ingin berlibur dengan suasana rekreasi yang menyegarkan bersama keluarga? Tidak salah lagi, pilihannya adalah waterboom polotan. Anda bisa menikmati liburan bersama keluarga dengan banyak wahana air. Mulai dari air tumpah, boomerang slide dan lainnya.

Pengunjung juga bisa menikmati liburan bersama anak-anak karena memang tersedia area khusus yang ramah dan aman bagi si kecil. Soal harga tiket masuknya sendiri tidak perlu khawatir karena sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 10.000 saja.

Tentu tidak perlu pusing akan menghabiskan banyak biaya saat memilih menghabiskan waktu liburan di tempat ini. Adapun lokasinya berada di Jalan KH. Mansyur Krajan 1, Krepangan Selatan, Kecamatan Leces, Kota Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

9. Benteng Mayangan

Benteng Mayangan menjadi salah satu Cagar Budaya yang dimiliki oleh Kota Probolinggo. Berlokasi di RT 005 RW 002, Jalan Ikan Lumba-Lumba, Kecamatan Mayangan, tempat wisata ini terletak tidak jauh dari Cagar Budaya lainnya seperti pelabuhan, stasiun kota, dan tugu Alun-Alun.

Memiliki warna bangunan yang didominasi dengan warna merah bata ini sudah menjadi ikon destinasi city tour sejak tahun 2011 dan saat kapal pesiar wisatawan asing berkunjung ke Kota Probolinggo.

Saat ini, di area sekitar benteng juga terdapat tempat kedai kecil-kecilan yang ditujukan untuk para pengunjung yang ingin beristirahat sejenak sambil makan-makanan ringan. Jam operasional benteng Mayangan ini buka pada pukul 05.00 hingga 16.00 setiap hari.

10. Museum Rasulullah

Museum Rasulullah
https://www.instagram.com/ozal_ar/

Tempat wisata di kota Probolinggo, Jawa Timur, mempunyai museum sejarah peninggalan Rasulullah SAW. Berlokasi di Jalan Suroyo Nomor 25, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Bagi pengunjung wisatawan asal luar kota, Anda tak perlu khawatir akan tersesat, Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi Museum Rasulullah menggunakan bantuan google maps maupun aplikasi peta digital lainnya.

Baca Juga : Pilihan Tempat Wisata di Kota Pasuruan

Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim, tentunya dengan Museum Rasulullah ini menjadi amat berarti kehadirannya. Museum yang telah diresmikan bertepatan dengan Hari Santri Nasional itu menjadi salah satu ikon baru Kota Probolinggo.

Terdapat beberapa benda peninggalan yang dapat dilihat di dalam museum tersebut, antara lain rambut, kiswah, baju perang, sorban, darah bekam, batu sijjil, alas kaki, pedang Sayyidina Khalid bin Walid, serta barang bersejarah Islam lainnya.

11. Kolam Renang Banyuangga

Berada di Jalan Hayam Wuruk, Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Anda bisa menjadikannya sebagai destinasi wisata liburan dengan bermain air ataupun berenang bersama orang-orang terdekat.

Terdapat kolam renang khusus orang dewasa dan anak-anak sehingga cocok sebagai destinasi wisata liburan bersama keluarga. Terlebih, lokasinya juga bersih sehingga para pengunjung akan betah berlama-lama untuk berlibur.

12. Taman Maramis

Taman Maramis adalah tempat wisata yang menyediakan banyak permainan anak. Tidak heran jika cocok sebagai destinasi wisata liburan bersama keluarga. Anda bisa menikmati momen santai bersama karena ada banyak fasilitas pendukungnya.

Untuk lokasinya sendiri berada di Jalan A.A. Maramis Nomor 11, Kanigaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Area bermain ini juga sudah sering masyarakat manfaatkan untuk jogging. Tidak heran jika lokasinya selalu menjadi pilihan karena memang nyaman.

Melansir VisitPare.com, beberapa tempat wisata di Kota Probolinggo di atas menyuguhkan sejuta keindahan. Coba sambangi satu per satu jika memang punya waktu liburan yang panjang di Probolinggo.