Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya, Dijamin Bikin Refresh!

Tempat Wisata di Surabaya – Surabaya adalah satu dari beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Selain dikenal sebagai kota pahlawan, berkunjung ke ibu kota Jawa Timur ini juga memungkinkan Anda untuk menjelajahi berbagai macam tempat wisata di Surabaya.

Anda dapat menentukan sendiri destinasi tempat yang ingin dikunjungi selama berwisata di Surabaya. Ada beberapa rekomendasi tempat-tempat unik dan populer yang bisa dijadikan pertimbangan.

Berikut Deretan Tempat Wisata di Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya
Tempat Wisata di Surabaya

Wisata di Surabaya tentunya tidak kalah indah dengan tempat-tempat lain. Kota Surabaya menawarkan macam-macam destinasi wisata yang tidak kalah saing dengan beberapa pulau besar lainnya di Pulau Jawa.

1. Tugu Pahlawan

Tugu pahlawan merupakan salah satu objek wisata yang menjadi ikon dari perjuangan pahlawan yang berdiri di tengah kota Surabaya.

Mempunyai tinggi 41,15 meter dengan lengkungan sebanyak 10 buah dan ruas sebanyak 11 buah. Kawasan wisata ini dibangun di atas alun-alun lapangan hijau dan dikelilingi oleh deretan pohon.

Lokasi tugu pahlawan tidak jauh dari kantor gubernur. Anda bisa mengunjungi tempat ini bersama keluarga setiap hari, namun biasanya kawasan ini akan ramai pada weekend karena bersamaan dengan car free day. Selain bisa mengunjungi tempat  wisata ini secara gratis, Anda juga bisa mencicipi beragam kuliner yang ada di sekitar lokasi.

2. Museum House of Sampoerna

Sesuai namanya, tempat wisata ini adalah sebuah museum rokok dengan gaya bangunan khas kolonial Belanda. Dulunya tempat ini beroperasi sebagai pabrik rokok semenjak tahun 1862, namun sekarang lokasi ini menjadi destinasi wisata bersejarah.

Di bagian depan bangunan ini terdapat empat pilar yang menyerupai batang rokok. Meskipun bangunan ini telah berusia ratusan tahun, tapi masih terlihat megah dan kokoh.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

Bagi Anda yang tertarik berkunjung, tempat ini dibuka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam waktu setempat. Untuk masuk ke tempat ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun karena Anda bisa bebas berfoto secara gratis.

3. Hutan Bambu

Jika Anda menyukai destinasi wisata yang berhubungan dengan alam, maka lokasi ini patut dipertimbangkan. Hutan Bambu yang berada di Surabaya ini memiliki pesona tersendiri dan tentunya menyuguhkan pemandangan yang indah serta instagramable.

Hutan Bambu berlokasi di daerah Keputih, tepatnya di Jalan Raya Marina Asri, Kota Surabaya. Tempat yang berada di lahan seluas 40 hektar ini terdiri dari Hutan Bambu, Ruang Publik, serta Taman Harmoni yang bisa dikunjungi selama 24 jam secara gratis.

4. Taman Kenjeran

Salah satu tempat wisata di Surabaya yang bisa dikunjungi bersama keluarga adalah Taman Kenjeran. Tempat ini menawarkan beberapa pilihan menarik seperti beberapa bangunan unik, waterboom, Taman Riau, dan pantai. Taman ini bertempat di Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak.

Untuk harga tiketnya, Anda hanya perlu membayar Rp5 ribu per orang saja, namun biaya tersebut belum termasuk parkir dan aktivitas tambahan. Selain tempat berwisata, di kawasan ini juga terdapat beragam kuliner Surabaya. Anda bisa mengunjungi kawasan ini mulai pukul 9 pagi sampai 6 sore.

5. Surabaya North Quay

 

Surabaya North Quay
https://www.instagram.com/surabayapunyacerita/

Kawasan ini adalah sebuah tempat persinggahan kapal pesiar mewah, sehingga lokasi tersebut menarik perhatian wisatawan. Tempat ini menjadi satu dari deretan tempat wisata di Surabaya yang cukup populer. Surabaya North Quay bertempat di Perak Utara, Pabean Cantian.

Selain sebagai tempat persinggahan kapal pesiar, lokasi ini pun menjajakan kuliner khas Surabaya. Tidak hanya itu, tempat wisata yang satu ini difasilitasi dengan ruangan ber-AC, sofa yang nyaman, kursi untuk santai, hingga pemandangan deretan bangunan yang rapi.

Untuk harga tiket masuknya dibanderol mulai dari harga Rp10 ribu sampai Rp50 ribu. Dengan harga tiket Rp50 ribu, Anda akan mendapatkan akses lebih dekat dengan tepian laut. Lokasi ini dibuka mulai jam 11.30 sampai 20.00 waktu setempat.

6. Taman Air Mancur Menari Kenjeran

Bagi Anda pecinta wisata malam, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Di sini Anda akan menyaksikan pemandangan air mancur aneka warna yang sangat indah. Hanya saja, pertunjukan air mancur ini hanya ada pada malam sabtu mulai pukul 8 malam sampai 9 malam.

Wisata malam ini terletak di sekitar Jembatan Kenjeran, lebih tepatnya ada di 600 old Beach Road, Kenjeran Bulak. Anda bisa menikmati keindahan air mancur ini dengan harga tiket sebesar Rp10 ribu. Sambil menikmati pertunjukan air mancur, Anda juga bisa mencicipi kuliner khas kota Surabaya yang terletak di sekitar area tersebut.

7. Sanggar Agung Temple

Salah satu objek wisata yang mencerminkan keberagaman etnis yang ada di Surabaya adalah Sanggar Agung Temple. Di kawasan ini terdapat patung Dewi Kwan Im dengan tinggi 20 meter yang bisa disaksikan oleh pengunjung di tepi laut.

Lokasi ini cocok digunakan untuk menghabiskan waktu atau sekedar menikmati sunset di tepian pantai atau berfoto dengan latar belakang klenteng yang unik.

Di sekitar kawasan objek wisata ini juga ada hutan bakau yang menjadi rumah bagi burung bangau, kepiting, ikan gelodok hingga burung gereja. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi Sanggar Agung Temple di Jalan Sukolilo, Pantai Indah Kenjeran.

8. Taman Bungkul

Kawasan wisata ini berlokasi di Jalan Raya Darmo. Taman yang sudah diresmikan sejak tahun 2007 ini menyediakan wahana yang lengkap diantaranya, sistem keamanan berupa CCTV, wifi gratis, telepon umum, tempat bermain anak, plaza dan panggung hiburan,sampai kumpulan kuliner.

Tempat untuk berwisata ini banyak dikunjungi saat hari libur atau akhir pekan untuk sekedar bermain, bersantai bersama keluarga, senam, jogging dan lainnya. Anda bisa mengunjungi taman ini secara gratis dan dibuka selama 24 jam.

9. Mangrove Tour Wonorejo

Tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat peristirahatan dari penatnya kehidupan kota. Wisata Mangrove terkenal sebagai paru-paru hijau yang indah serta dapat menyegarkan mata. Lokasinya ada di daerah Rungkut, Jalan Raya Wonorejo.

Ada banyak hal yang bisa Anda coba di kawasan seluas 200 hektar ini, seperti menyewa perahu, berswa foto, menjelajahi kawasan hutan yang asri, mengunjungi kantin kuliner, jogging, dan aktivitas menarik lainnya.

Untuk masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya, hanya saja jika Anda ingin menyewa perahu dan beberapa fasilitas lainnya, cukup merogoh kocek sebesar Rp25 ribu untuk dewasa dan Rp15 ribu untuk anak-anak.

10. Monumen Bambu Runcing

Bagi Anda pecinta wisata sejarah, barangkali tempat ini sangat cocok dijadikan target wisata. Ini adalah monumen yang memiliki bentuk 5 buah bambu runcing yang tingginya berbeda-beda. Kawasan sejarah ini berada di daerah Embong Kaliasin, tepatnya di Jalan Panglima Sudirman.

Tempat wisata ini menjadi ikon dari perjuangan rakyat Surabaya saat melawan penjajahan Belanda menggunakan bambu runcing. Di sekitar monumen ini juga dikelilingi dengan taman dan sesekali dari monumen bambu akan memunculkan air mancur.

Monumen ini terus direnovasi untuk memelihara keindahannya. Anda bisa datang untuk menyaksikan monumen bersejarah ini selama 24 jam.

11. Wisata Kampung Cincau

 

 

Wisata Kampung Cincau
https://www.instagram.com/kampungcincausurabaya/

Destinasi wisata yang satu ini cukup unik dan mengedukasi masyarakatnya sehingga objek wisata  Kampung Cincau layak untuk dicoba. Kampung ini bisa dijadikan inspirasi dan contoh karena warganya yang produktif.

Kampung ini berlokasi di Jambangan, tepatnya di Jalan Kebonsari III. Di sini pengunjung bisa melihat dan menyaksikan sendiri industri kuliner kreatif yang dikelola oleh masyarakat sekitar, barang-barang bekas serta sampah yang didaur ulang, kegiatan berkebun, dan aktivitas kreatif lainnya.

12. Monumen Kapal Selam

Destinasi wisata yang satu ini cukup mengedukasi pengunjungnya. Disini Anda bisa melihat berbagai jenis kendaraan perang militer yang digunakan dalam melawan penjajah. Di tempat ini juga pengunjung bisa menyaksikan kapal selam KRI Pasopati 410.

Ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan disuguhkan film pendek mengenai pertempuran yang terjadi di Laut Aru. Untuk bisa memasuki lokasi wisata ini, pengunjung cukup membeli tiket seharga Rp15 ribu saja.

13. Food Junction Grand Pakuwon

Bagi para pecinta kuliner rasanya sangat disayangkan jika tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Letak tempat ini berada di daerah Banjar Sugihan, Jalan Grand Banjar Boulevard. Kawasan ini cukup laris karena menawarkan berbagai sajian kuliner mulai dari makanan khas Indonesia hingga luar negeri.

Tidak hanya menyuguhkan kuliner, kawasan ini juga memiliki pemandangan yang instagramable berupa danau kecil yang indah, serta lampu-lampu cantik di malam hari.

14. Ciputra Waterpark

Wisata air tampaknya masih menjadi favorit keluarga untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Kawasan wisata ini dijadikan sebagai tempat khusus bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan buah hati maupun keluarga. Tempat ini berlokasi di Sambikerep, daerah Made.

Tempat ini juga menyediakan berbagai macam wahana seperti seluncuran, beragam permainan, kolam renang berbeda ukuran, dan juga kolam arus. Untuk bisa menikmati keseruan di kawasan ini, Anda perlu membeli tiket masuk sebesar Rp75 ribu saja.

15. Pelabuhan Tanjung Perak

Tanjung perak adalah salah satu dari beberapa pelabuhan besar di Indonesia yang mempunyai peranan penting dalam perdagangan nasional. Di Pelabuhan ini Anda bisa menikmati pemandangan indah sembari bersantai dan menikmati laut.

Destinasi ini berlokasi di daerah perak Timur. Selain bisa dijadikan sebagai spot foto, kawasan ini juga menjadi tepat kapal pesiar menepi untuk bersandar. Dengan mengunjungi tempat ini, Anda bisa mengetahui bagaimana aktivitas kapal di lautan.

16. Masjid Muhammad Cheng Hoo

 

Masjid Muhammad Cheng Hoo
https://www.instagram.com/ilhamperdana_82/

Jika Anda seorang muslim yang sedang berkunjung atau berada di Surabaya, jangan lupa untuk mencoba sholat disini. Masjid indah ini mempunyai model bangunan yang unik dengan mengadopsi gaya arsitektur China.

Masjid ini cukup populer dikalangan para pelancong karena konsep bangunan yang tidak biasa dari masjid biasanya. Selain bergaya arsitektur China, Masjid yang berlokasi di Jalan Gading daerah Genteng ini bercampur dengan arsitektur arab, sehingga selain sebagai tempat ibadah, kawasan ini juga menjadi spot foto.

17. Rumah Batik Surabaya

Objek wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang suka dengan kerajinan. Tempat ini adalah pusat kerajinan batik khas Surabaya. Selain beraneka ragam jenis batik, Anda juga bisa melihat secara langsung proses pembatikan, workshop seputar batik,serta melihat lebih dari 2000 koleksi batik.

Rumah batik terletak di Jalan Putat Jaya Barat VIII. Koleksi batik yang terdapat di tempat ini dirancang oleh pengrajin batik terbaik. Jika Anda tertarik untuk berburu batik asli, maka tempat ini bisa dijadikan sebagai tujuan wisata.

18. Museum Sepuluh November

Sebagai kota pahlawan, Surabaya memiliki objek wisata yang cukup terkenal sebagai bukti dari sejarah perjuangan. Museum ini sering dikunjungi oleh rombongan study tour karena memberikan banyak bukti-bukti semasa rakyat surabaya melakukan perjuangan.

Lokasi Museum ini berada di pusat kota Surabaya, lebih tepatnya ada di Jalan Pahlawan. Museum ini memiliki koleksi sejarah seperti lukisan, replika patung, dokumen-dokumen bersejarah, foto, senjata, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang merasa tertarik dan ingin mengenang perjuangan rakyat surabaya, Anda bisa memasuki museum ini dengan membeli tiket masuk seharga Rp2 ribu saja. Kawasan ini dibuka setiap hari selasa sampai minggu dari jam 08.00 sampai 14.30 waktu setempat.

19. Kebun Bibit Wonorejo

Destinasi wisata hijau yang bisa Anda coba di Surabaya adalah Kebun Bibit di Wonorejo. kawasan asri ini berlokasi di Jalan Raya Kendalsari. Sebelum menjadi objek wisata, kawasan ini dulunya adalah lokasi pembibitan dan beralih fungsi menjadi taman sejak tahun 2011.

Kawasan ini juga dijadikan sebagai tempat bersepeda, bersantai dengan keluarga dengan suasana rindang yang teduh dan menyejukkan. Di tempat ini juga menyuguhkan spot foto berupa kolam-kolam kecil.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang ingin mengajak buah hati atau keluarga mengenal satwa, di sini terdapat kebun binatang mini yang bisa dijadikan untuk hiburan. Menariknya, Anda hanya perlu membayar uang parkir untuk bisa mengunjungi wisata ini.

20. Air Taman Prestasi

Wisata air yang patut dijadikan sebagai tujuan selanjutnya adalah Taman Prestasi. Anda bisa menikmati pemandangan sekitar menggunakan perahu dengan jalur yang panjang atau pendek. Menariknya, suasana sekitar juga menyuguhkan pemandangan eksotis dan gemerlap lampu warna-warni.

Tidak hanya pada malam hari, Anda juga bisa mengunjungi tempat ini mulai jam 8 pagi sampai jam 3 petang. Selain itu, tempat ini juga buka lagi dari jam 6 sore sampai jam 9 malam. Tiket masuk untuk tempat ini cukup terjangkau, Anda hanya perlu membayar Rp. 4 ribu tetapi sudah bisa menaiki perahu untuk berkeliling.

21. Apsari Park

 

Apsari Park
https://www.instagram.com/liveriandono/

Surabaya mempunyai banyak pilihan taman sebagai tujuan wisata, salah satunya yakni Apsari Park. Taman yang satu ini bisa disebut sebagai taman warisan sejak zaman kolonial Belanda. Di Taman ini ada banyak jenis bunga dan pohon hijau yang asri.

Kawasan ini bisa Anda kunjungi selama 24 jam tanpa adanya biaya sepeser pun. Tempat wisata ini mempunyai lapangan futsal dan patung Gubernur Suryo yang dijadikan sebagai ikon dari kawasan tersebut. Pemandangan hijau yang ada di Taman Apsari akan membuat Anda merasakan suasana teduh di tengah hiruk pikuk kota.

22. Mangrove Gunung Anyar

Kawasan ini masih termasuk wisata baru yang ada di Surabaya. Didirikan pada tahun 2015, tempat wisata ini pernah viral di beberapa media sosial karena tempatnya yang instagramable. Jembatan kayu yang ada di tempat ini membentang panjang dengan hutan mangrove sebagai latar belakang sehingga cocok untuk berfoto.

Di tempat ini juga, pengunjung bisa melihat aktivitas penanaman pohon mangrove. Kawasan ini bisa menjadi salah satu tempat kunjungan bersama teman-teman atau keluarga. Anda hanya perlu membayar parkir sebesar Rp5 ribu untuk memasuki kawasan ini.

23. Jalan Kembang Jepun

Anda bisa menikmati kawasan China Town di Jalan Kembang Jepun yang letaknya tidak jauh dari Sungai Kalimas. Latar bangunan yang dipenuhi oleh ornamen Cina menjadikan kawasan ini cocok sebagai spot foto yang keren. Selain itu, di lokasi ini juga menjadi pusat wisata kuliner khas Cina dan Surabaya.

Meskipun lokasi ini termasuk daerah tua di kota Surabaya, namun tempat ini menjadi satu dari beberapa wisata menarik yang bisa dicoba. Anda bisa mengunjungi kawasan ini kapan saja karena dibuka selama 24 jam.

Itulah Pembahasan Tempat wisata surabaya dari VisitPare.com. Membahas tempat wisata di Surabaya yang unik dan populer memang tidak ada habisnya. Namun, jika Anda tertarik mengunjungi tempat-tempat wisata di Surabaya, Anda bisa memilih tempat yang sesuai dengan budget dan tentunya preferensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.