19 Rekomendasi Tempat Wisata di Tulungagung Khusus Untuk Anda

Tempat Wisata di Tulungagung – Indonesia merupakan negara yang memiliki cukup banyak lokasi wisata di dalamnya, termasuk di Tulungagung. Tidak kalah dengan daerah lainnya, tempat wisata di Tulungagung ada banyak ragamnya, mulai dari wisata budaya hingga wisata alam yang menakjubkan.

Destinasi wisata khususnya yang tersebar di Kabupaten Tulungagung bisa Anda jadikan pilihan sebagai tujuan liburan berikutnya. Artikel ini akan membahas beberapa tempat wisata di Kabupaten Tulungagung paling populer yang tidak boleh Anda lewatkan.

Tempat Wisata di Tulungagung Paling Populer

Tempat Wisata di Tulungagung
Tempat Wisata di Tulungagung

Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu wilayah yang berada di provinsi Jawa Timur. Tidak banyak diketahui, Tulungagung ternyata memiliki segudang pesona yang luar biasa. Tulungagung yang dihiasi oleh panorama alam indah menjadikannya memiliki banyak kawasan wisata.

Mulai dari pegunungan, pantai, hingga air terjun, berikut beberapa lokasi wisata yang terdapat di Kabupaten Tulungagung.

1. Pantai Popoh

Jika Anda penikmat suasana tenang dan sejuk, Anda bisa mengunjungi Pantai Popoh ini. Pantai ini menyuguhkan panorama alam yang indah luar biasa sehingga akan membuat Anda betah berada di sana.

Memiliki pemandangan luar biasa, di pantai ini selain bisa bermain pasir, Anda juga bisa berburu spot foto menawan. Anda bisa mengambil potret dengan latar belakang air laut yang biru dan jernih serta langit yang cerah.

Selain itu, yang paling digemari oleh wisatawan dari pantai ini adalah Anda bisa menikmati indahnya matahari tenggelam.

Fasilitas yang bisa Anda nikmati di lokasi wisata tersebut adalah olahan laut nikmat yang disajikan oleh beberapa restoran. Selain itu, Anda juga bisa menginap di lokasi karena terdapat beberapa penginapan di sekitar pantai.

  • Alamat: Jalan Raya Pantai Prigi, Watulimo, Besuki, Tulungagung, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Rp 3000 (tidak termasuk tiket parkir)

2. Kedung Tumpang

Jika di pantai lain Anda bisa bermain pasir, di Kedung Tumpang Anda disuguhkan batu-batu karang yang terhampar sepanjang pantai. Hal unik tersebut menjadi daya tarik tersendiri dari pantai yang menjadi salah satu wisata Jawa Timur ini.

Batu-batu karang tersebut membuat air laut dari ombak terhalang sehingga membentuk kolam-kolam kecil dengan air jernih dan segar. Jika sedang surut, Anda bisa menikmati kolam-kolam tersebut dengan berenang.

Keunikan lainnya dari tempat wisata di Tulungagung ini, Anda bisa mencoba untuk memanjat tebing batu yang menjulang dengan bantuan tali. Dari atas tebing ini, Anda bisa melihat pemandangan luar biasa dari Kedung Tumpang serta kolam-kolamnya.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

Meski memiliki panorama luar biasa, sayangnya kawasan wisata ini belum diberi banyak perhatian. Fasilitas-fasilitas penunjang juga belum ada, bahkan Anda disarankan untuk membawa makanan dari rumah jika hendak berlibur di pantai ini.

  • Alamat: Area Perkebunan Unit Dan P, Pucang Laban,Tulungagung, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Rp 5000 (akhir pekan)

3. Pantai Molang

Pantai Molang
https://www.instagram.com/cinnamon_draft/

Jika Anda lelah dari aktivitas sehari-hari atau dari keramaian yang sering Anda jumpai, Anda bisa mengunjungi Pantai Molang di Tulungagung ini. Pantai dengan kondisi yang masih asri ini bisa dibilang cukup sepi sehingga akan membuat Anda tenang saat mengunjunginya.

Di kawasan wisata ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan jernihnya air laut serta tebing-tebing batu dengan tinggi menjulang yang mengelilingi pantai. Dengan pemandangan tersebut, Anda bisa banyak mengambil foto menarik dan instagenic.

Sayangnya, ombak di pantai ini bisa dibilang cukup tinggi sehingga Anda sebagai wisatawan tidak diizinkan untuk berenang. Namun, Anda tetap bisa menikmati pemandangan sambil bermain pasir di bagian pantai.

Di lokasi tersebut juga Anda bisa mencoba menyeberangi jembatan yang berada di muara sungai. Selain itu, Anda juga bisa memancing dan menikmati senja dan indahnya matahari tenggelam. Anda bisa menginap di kawasan tersebut dengan mendirikan tenda di sekitar pantai.

  • Alamat: Area Perkebunan Unit Dan P, Pucang Laban, Tulungagung, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Gratis

4. Air Terjun Alam Kandung

Bagi Anda yang ingin menyegarkan mata dan pikiran, mengunjungi air terjun Alam Kandung merupakan pilihan yang tepat. Kawasan wisata ini dikelilingi oleh hutan hijau yang masih asri sehingga memberikan suasana tenang dan segar.

Kawasan wisata ini menawarkan pemandangan air terjun unik yang memiliki warna biru menyerupai air laut. Air terjun ini memiliki tinggi yang cukup bervariasi, dan yang paling tinggi yaitu sekitar 15 meter dengan kedalaman air mencapai 4 – 8 meter sehingga Anda perlu berhati-hati.

Meski cukup tinggi, batuan-batuan yang terdapat di lokasi ini ternyata tidak licin seperti batuan air terjun kebanyakan. Hal tersebut akan mempermudah Anda sebagai wisatawan untuk mendaki batuan tersebut.

Meski lokasinya di hutan, akses ke lokasi ini sangat mudah. Dengan jalanan aspal, Anda bisa mencapai lokasi dengan kendaraan roda dua maupun empat. Selain itu, tempat wisata di Tulungagung ini juga sudah menyediakan fasilitas lain seperti kolam renang, flying fox, toilet, hingga warung makanan.

  • Alamat: Area Sawah, Rejotangan, Tulungagung, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari jam 06.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Rp 5000

5. Kali Jambean

Meski awalnya bukan merupakan lokasi wisata dan hanya sebuah sungai biasa, Kali Jambean menjadi favorit warga Tulungagung karena suasananya menyejukkan serta suara gemericik air yang menenangkan.

Di tempat wisata di Tulungagung ini terdapat kolam yang terbentuk alami oleh alam dengan warna air hijau tosca yang menyejukkan mata. Anda juga tentunya bisa menikmati kali atau sungai serta kolam ini dengan berenang karena arusnya yang tidak terlalu deras.

Jika Anda enggan berenang dan bermain air, Anda bisa sekadar menikmati suasana alamnya dengan duduk-duduk di atas bebatuan yang terdapat di sepanjang Kali Jambean. Tentunya Anda tetap harus berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda disarankan untuk mengendarai motor karena jalannya cukup kecil dan berkelok-kelok. Selain itu, kendaraan roda dua juga tetap tidak bisa sampai hingga lokasi, Anda tetap harus berjalan kaki untuk sampai di lokasi ini.

  • Alamat: Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Gratis

6. Pantai Pacar

Pantai Pacar
https://www.instagram.com/uyaruyur.id/

Salah satu pantai yang sekelilingnya ditumbuhi oleh tanaman pacar ini dinamakan Pantai Pacar. Pantai ini menarik karena memiliki pemandangan memukau serta kental akan nuansa romantis dan menenangkan.

Di lokasi ini, Anda dapat menikmati suara debur ombak serta desiran angin dari pohon-pohon yang berada di sekeliling pantai. Hal tersebut akan membuat Anda betah dan ingin berlama-lama di pantai tersebut.

Selain itu, pasir putih yang terhampar di pantai juga bisa Anda nikmati. Pasir putih yang beradu dengan birunya laut tentu saja tidak bisa Anda lewatkan. Menjelang sore, Anda juga akan disuguhkan dengan suasana senja yang luar biasa.

  • Alamat: Area Perkebunan Unit Dan P, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Rp 5000 untuk tiket masuk dan RP 5000 untuk biaya parkir.

7. Gunung Budheg

Jika bosan dengan pantai, Anda bisa menjajal dataran tinggi dengan mengunjungi Gunung Budheg. Tempat wisata di Tulungagung ini bisa Anda gunakan untuk menikmati indahnya gunung-gunung berapi yang sudah tidak aktif dari atas ketinggian sekitar 600 mdpl.

Jika Anda merupakan pemula dan belum pernah mendaki sebelumnya, Anda bisa mencapai puncak Gunung Budheg melalui pintu utama. Jika dibandingkan jalur pendakian lainnya, jalur dari gerbang utama ini lebih mudah dilalui.

Di puncak gunung, selain Anda dapat menikmati pemandangan awan dari ketinggian, Anda juga bisa menikmati indahnya matahari tenggelam saat sore hari. Anda bisa mendirikan tenda jika memang hendak menginap dengan biaya sewa sekitar Rp 30 – 50 ribu.

Selain pemandangan yang indah, kawasan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti toilet, aula, lapangan, gazebo, listrik, bahkan jaringan internet berupa wifi. Fasilitas tersebut tentunya akan menambah kenyamanan Anda saat liburan.

  • Alamat: Area Gunung Tanggung, Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Rp 5000

8. Sungai Niyama

Memiliki filosofi yang luar biasa, Sungai Niyama menyajikan pemandangan indah memanjakan mata. Nama Niyama diambil dari bahasa Jepang yang berarti dua gunung. Maksudnya, sungai ini membentang di antara dua buah gunung seolah-olah membelah keduanya.

Cukup bersejarah, selain menikmati aliran sungai di antara gunung, Anda juga dapat melihat terowongan yang dibangun pada sekitar tahun 1945 melalui sistem kerja paksa. Terowongan tersebut belum selesai dan belum sempat digunakan karena kawasan tersebut dilanda banjir pada masa itu.

Sungai Niyama juga merupakan sungai dengan arus cukup tenang dengan warna air biru yang unik. Batuan-batuan yang terdapat di sekitar tempat wisata di Tulungagung ini juga menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki warna-warna terang yang khas.

  • Alamat: Besuki, Tumplak, Tulungagung, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Gratis

9. Pantai Dlodo

Kawasan pantai yang menjadi lokasi wisata selanjutnya adalah Pantai Dlodo. Pantai dengan pasir putih kehitam-hitaman ini merupakan salah satu pantai yang masih asli dan belum banyak terjamah oleh wisatawan.

Seperti di pantai lainnya, di kawasan ini juga Anda bisa bermain pasir yang terbentang sekitar 2 kilometer tersebut. Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati karena ombak di pantai ini cukup besar dan tinggi.

Bagi Anda yang ingin bermain air, Anda bisa menikmati segarnya air payau yang mengalir di kawasan ini. Aliran air ini cukup aman bahkan bisa untuk bermain anak-anak.

Meski masih asli, fasilitas di tempat wisata Tulungagung ini bisa dibilang cukup lengkap. Di sekitar lokasi terdapat toilet umum, warung-warung makanan, hingga area parkir yang cukup luas. Tempat wisata di Tulungagung ini juga bisa Anda gunakan untuk berkemah.

  • Alamat: Rejosari, Panggungkalak, Pucang Laban, Tulungagung, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Rp 7000 untuk akhir pekan dan gratis untuk hari-hari biasa. Selain itu, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5000 untuk parkir kendaraan.

10. Pantai Brumbun

Pantai Brumbun
https://www.instagram.com/tulungagungsparkling/

Pantai Brumbun merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Tulungagung. Teluk yang menghadap tepat ke Samudera Hindia itu banyak digemari oleh pengunjung karena pemandangannya yang eksotis.

Meski pantainya tidak begitu luas, di lokasi ini Anda tetap bisa bermain pasir dan air yang membentang sekitar 500 meter. Selain itu, di kawasan wisata ini juga terdapat banyak spot foto yang bisa Anda nikmati.

Tidak perlu khawatir, destinasi wisata Tulungagung yang satu ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di kawasan tersebut sudah tersedia toilet hingga mushala untuk para pengunjung. Selain itu, ada juga beberapa gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai.

  • Alamat: Pegunungan Ngrejo, Tanggunggunung, Tulungagung
  • Buka: setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Rp 5000

11. Pantai Sine

Pantai Sine merupakan tempat wisata di Tulungagung yang menjadi favorit wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Para wisatawan tidak hentinya mengunjungi pantai ini karena memiliki pesona alam yang luar biasa.

Terkenal dengan Bali-nya Tulungagung, pantai ini menyajikan indahnya hamparan pasir putih bersih yang bertemu dengan jernihnya air asin. Pemandangan tersebut menjadi salah satu spot foto menarik di kawasan ini.

Pantai ini juga dilengkapi oleh tebing yang menjulang di bagian utara. Di tebing tersebut terdapat sebuah mata air yang segar dan jernih. Di pantai ini juga biasanya dilaksanakan berbagai acara kebudayaan pada setiap hari-hari besar seperti 1 suro.

Cocok untuk Anda menikmati matahari terbit, akses jalan menuju ke pantai juga telah diperbaiki dan diperlebar sehingga mudah untuk dilalui. Selain itu, Anda juga dimanjakan dengan fasilitas lain seperti toilet, mushola, dan warung makan hingga tempat pelelangan ikan yang dikelola pemerintah.

  • Alamat: Kalidawir, Tulungagung
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Rp 10000

12. Pantai Klatak

Wisata pantai lain yang memamerkan keindahan asri yaitu Pantai Klatak. Pantai yang memiliki ciri khas batu-batu sungai kecil di sepanjang pantai ini selalu ramai oleh pengunjung baik di akhir pekan maupun di hari-hari biasa.

Tempat wisata di Tulungagung ini cocok untuk Anda jadikan spot fotografi yang menarik. Karena selain hamparan pasir coklat kehitam-hitaman yang mengkilap, deretan pohon kelapa yang berada di sekeliling pantai juga tidak kalah indah.

Selain berfoto di atas pasir pantai, pengunjung juga bisa menikmati indahnya batu karang yang memiliki ukuran beragam. Jika ingin lebih, Anda sebagai pengunjung bisa menikmati angin laut dengan berkeliling menggunakan perahu.

Anda tentunya bisa berwisata di lokasi ini dengan tenang karena fasilitas seperti toilet, mushola, serta tempat parkir yang sudah tersedia. Selain itu, Anda juga bisa menikmati olahan makanan laut hasil tangkap langsung para nelayan di warung-warung makan sekitar pantai.

  • Alamat: Jl. Pantai Waru Doyong, Keboireng, Besuki, Tulungagung
  • Buka: Setiap hari jam 06.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Rp 5000

13. Pantai Patuk Gebang

Panti yang menjadi destinasi wisata Jawa Timur tepatnya Tulungagung selanjutnya yaitu Pantai Patuk Gebang. Pantai yang menawarkan panorama alam luar biasa indah ini tidak pernah sepi pengunjung.

Di pantai ini, Anda bisa menikmati indahnya hamparan pasir putih bersih serta air laut yang jernih. Udara segar dengan hembusan angin laut juga akan membuat Anda betah berlama-lama di kawasan wisata ini.

Dengan pemandangan yang luar biasa itu, Anda bisa menemukan banyak sekali spot foto menarik serta instagenic. Tidak sampai di situ, pantai ini juga akan memberikan Anda pemandangan matahari tenggelam yang mempesona.

Selain memiliki pemandangan indah, lokasi ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas seperti toilet, gazebo, tempat-tempat duduk, lokasi kemah, hingga warung bahkan rumah makan. Area parkir yang disediakan oleh pengelola juga cukup luas.

  • Alamat: Jengglungharjo, Tanggunggunung, Tulungagung
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Rp 5000

14. Bumi Perkemahan Jurang Senggani

Kaya akan alamnya yang menakjubkan, Kabupaten Tulungagung ternyata memiliki bumi perkemahan cukup terkenal bernama Jurang Senggani. Lokasi wisata yang masih terbilang cukup baru ini memang kerap dijadikan kawasan untuk berkemah.

Bumi perkemahan ini banyak dipilih oleh wisatawan karena memiliki suasana yang tenang dan damai serta udara yang sejuk dan menyegarkan. Karena itu, tempat wisata di Tulungagung ini cocok bagi Anda yang ingin menjernihkan pikiran.

Selain lokasi perkemahan yang luas dan dikelilingi oleh hutan pinus, di lokasi ini juga terdapat sebuah curug yang sayang Anda lewatkan. Curug di kawasan bumi perkemahan ini memiliki air yang sejuk dan jernih.

Bagi Anda penikmat fotografi, Anda akan berhasil mendapatkan banyak foto menarik di lokasi ini. Hal itu karena pihak pengelola telah menyediakan banyak sekali spot foto menarik di atas tanah seluas sekitar 6,5 hektar ini. Anda juga bisa menikmati rumah pohon serta ayunan dan indahnya lampion.

  • Alamat: Area Hutan, Sendang, Tulungagung, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari jam 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp 5000 untuk tiket masuk dan Rp 5000 untuk biaya parkir.

15. Pantai Lumbung

Pantai Lumbung
https://www.instagram.com/mesiratna_d/

Pantai Lumbung merupakan salah satu destinasi wisata terbaru di Kabupaten Tulungagung. Pantai ini menyuguhkan suasana asri dan menenangkan serta pemandangan yang sangat menakjubkan. Tidak heran jika lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan.

Dengan panorama alam yang luar biasa menakjubkan, Anda bisa mengambil banyak foto dengan latar belakang menawan. Anda juga bisa menikmati indahnya pantai dengan duduk-duduk di atas batu karang.

Lokasi wisata ini juga menyediakan tempat untuk Anda para wisatawan mendirikan tenda ketika hendak berkemah. Jangan salah, saat malam hari, kawasan ini tentunya memiliki daya tarik tersendiri.

Selain itu, fasilitas yang dimiliki juga cukup lengkap mulai dari toilet hingga warung dan rumah makan. Area parkir yang disediakan juga cukup luas sehingga tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat.

  • Alamat: Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Rp 5000 (tidak termasuk biaya parkir)

16. Pantai Sanggar

Tidak jauh dari Pantai Sine, Anda akan menemukan lokasi wisata menarik selanjutnya yaitu Pantai Sanggar. Tidak kalah dari pantai lainnya, bentangan alam yang disajikan oleh pantai ini juga sangat indah dan memanjakan mata.

Salah satu hal yang membuat tempat wisata di Tulungagung ini sangat indah yaitu hamparan pasir putih yang bertabrakan dengan birunya air laut. Melihat pemandangan tersebut akan membuat suasana hati lebih tenang dan damai.

Saking jernihnya air di pantai ini, Anda dapat dengan jelas menyaksikan indahnya biota laut di area pantai serta mendaki batu karang yang berada di sekeliling pantai. Anda juga akan merasakan ombak-ombak tinggi hingga mencapai 15 meter yang menabrak terumbu karang.

Sayangnya, pantai dengan panorama alam yang indah ini belum dilengkapi oleh fasilitas pendukung seperti toilet dan warung makan. Karena itu, tidak ada salahnya untuk Anda membawa bekal dari rumah.

  • Alamat: Jengglungharjo, Tulungagung
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Gratis

17. Ranu Gumbolo

Siapa yang tidak kenal dengan danau Ranu Kumbolo? Indahnya danau yang berada di jalur pendakian Gunung Semeru itu ternyata bisa Anda jumpai juga di Tulungagung. Dengan pesona yang tak kalah menarik, Kabupaten Tulungagung memiliki danau cantik bernama Ranu Gumbolo.

Memiliki pemandangan yang ciamik, Ranu Gumbolo tidak kalah jika harus dibandingkan dengan Ranu Kumbolo. Danau yang dikelilingi oleh deretan pohon pinus itu berada di ketinggian 182 mdpl sehingga memiliki udara yang segar dan sejuk.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan Waduk Wonorejo, kawasan danau ini dikelilingi oleh hutan hasil reboisasi untuk mencegah longsor di sekitar waduk. Hutan tersebut menambah asrinya kawasan danau sehingga suasananya semakin tenang dan damai.

Tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan, Anda bisa menemukan berbagai fasilitas lain, seperti spot foto yang menarik, tempat pemancingan ikan, perahu, serta rumah pohon yang akan membantu Anda menikmati pemandangan dari ketinggian.

  • Alamat: Mulyosari, Tulungagung, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari jam 06.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp 5000 untuk tiket masuk dan Rp 7500 untuk biaya mengelilingi danau dengan menggunakan perahu.

18. Tebing Banyu Muluk

Jika Anda bosan menikmati deburan ombak dan angin laut di pantai, Anda bisa mengunjungi Tebing Banyu Muluk sebagai alternatifnya. Tempat wisata di Tulungagung ini menyajikan pesona alam yang luar biasa menawan.

Selain dapat menyaksikan luasnya lautan, di tebing ini juga Anda tetap bisa menikmati terpaan air asin yang menghantam sisi tebing. Hal tersebut terjadi karena ombak di laut sangat besar dan tinggi. Tidak jarang, percikan air laut tersebut akan membentuk pelangi yang indah.

Selain pemandangan lautan luas, Anda juga akan disajikan hamparan rumput hijau yang terlihat asri. Jika Anda datang lebih pagi, Anda juga bisa beruntung menyaksikan matahari terbit.

Jika sebelumnya area ini belum dilengkapi fasilitas apapun, saat ini telah tersedia toilet dan mushola. Selain itu, di lokasi wisata ini juga terdapat rumah makan sehingga Anda tidak perlu khawatir kelaparan. Area parkir juga telah tersedia sehingga Anda bisa membawa kendaraan.

  • Alamat: Besuki, Popoh, Tulungagung, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari jam 08.00 – 16.00 WIB
  • HTM: Rp 5000

19. Coban Kromo

Jika Anda pernah mendengar ritual manten kucing, Anda perlu tahu bahwa ritual tersebut dilakukan di air terjun Coban Kromo. Kucing candramawa yang akan dikawinkan dimandikan terlebih dahulu di Coban Kromo.

Coban kromo sendiri merupakan air terjun yang menyajikan pemandangan air berwarna hijau kebiruan. Air terjun tersebut menghasilkan sebuah kolam alami akibat timpaan airnya. Kolam tersebut cukup aman karena airnya tidak terlalu dalam.

Selain menikmati sejuk dan segarnya air, di kawasan tersebut juga Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat apik. Anda akan dimanjakan dengan indahnya hamparan persawahan serta perbukitan yang bisa Anda saksikan dari lokasi air terjun.

Sayangnya, kawasan wisata ini belum dilengkapi oleh fasilitas yang memadai. Bagi wisatawan yang hendak bermain air, Anda bisa memanfaatkan fasilitas di rumah milik warga seperti kamar mandi dan ruang ganti pakaian.

  • Alamat: Sawah Palem, Campurdarat, Tulungagung
  • Buka: Setiap hari jam 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp 5000 belum termasuk tiket parkir

Deretan tempat wisata di Tulungagung tersebut dari VisitPare.com bisa Anda jadikan ide destinasi liburan selanjutnya. Karena dengan mengunjungi lokasi-lokasi tersebut, Anda akan mendapatkan banyak pengalaman terutama panorama alam yang tidak bisa Anda lupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.