Bersantai Sejenak di Tumpak Pare Ponorogo

Liburan ke alam terbuka tentu menjadi pilihan beberapa orang, terlebih jika menyukai petualangan. Tumpak Pare bisa Anda pilih sebagai lokasi untuk menikmati momen liburan. Keindahan alam yang terdapat pada bukit pare sangat cocok untuk menenangkan pikiran.

Mengenal Lebih Dekat Bukit Pare

Mengenal Lebih Dekat Bukit Pare
Source : https://cdn-image.hipwee.com/

Tumpak atau bukit pare merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menjadi andalan kota Ponorogo. Bukit wisata ini memiliki daya tarik yang cukup khas, sehingga tidak heran jika banyak pengunjung luar daerah berdatangan.

Bacaan Lainnya

Keindahan alam yang terdapat pada bukit pare bisa pengunjung nikmati dengan jelas. Lokasi wisata yang jauh dari pusat kota, membuat udara dan hawanya cukup sejuk. Destinasi wisata alam bukit pare sangat cocok untuk mengistirahatkan otak dan badan.

Wisata yang jauh dari hiruk-piruk perkotaan, membuat suasana nyaman selalu terpancar dari bukit pare. Akses menuju lokasi juga cukup mudah, meskipun berkelok. Masyarakat sekitar bersama dengan pemerintah daerah bekerja sama dalam membangun wisata bukit pare.

Informasi Tambahan Tumpak Pare 

Informasi Tambahan
Source : https://www.tempatwisata.pro/

Wisata bukit pare selalu menjadi incaran para pengunjung, terlebih keindahan alam terlihat dengan jelas. Menariknya sepanjang perjalanan menuju lokasi pengunjung akan melihat hamparan sawah milik warga. Pengunjung yang berasal dari luar daerah dapat memperhatikan informasi berikut:

  • Alamat : Ds. Cepoko Ngrayun, Kab. Ponorogo
  • Jam Buka : Buka setiap hari selama 24 jam
  • Harga tiket masuk : Gratis

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/RKWtp5nJuhCgQBBc6

Rute Perjalanan Tumpak Pare 

Rute Perjalanan
Source : https://sikidang.com/

Akses menuju tumpak pare bisa pengunjung tempuh dari 2 jalur, yaitu gajah Sambit dan Cepoko Ngrayun. Waktu yang pengunjung perlukan saat berangkat dari kota Ponorogo ke bukit pare sekitar 1 jam, meskipun sedikit jauh namun tidak mematahkan semangat wisatawan.

Baca Juga : Tempat Wisata di Ponorogo

Jalan menuju lokasi wisata sudah beraspal, namun jalurnya berkokok sehingga pengunjung harus hati-hati. Pengunjung perlu melakukan aktivitas trekking saat sampai ke lokasi, sebab untuk sampai ke puncak harus jalan kaki. Lelah akibat jalan kaki akan terbayarkan saat sampai ke lokasi wisata.

Pihak pengelola wisata selalu mengusahakan kenyamanan dan keamanan pengunjung, alasan inilah yang membuat wisatawan selalu melonjak. Hamparan rumput juga bisa pengunjung nikmati saat liburan ke bukit pare, terlebih warna setiap musimnya berbeda.

Daya Tarik Tumpak Pare 

Daya Tarik
Source : https://getlost.id/

Pesona bukit pare cukup terkenal pada kalangan masyarakat sekitar maupun luar daerah. Kenampakan alam yang masih asri membuat hawanya semakin sejuk dan dingin. Menariknya terdapat berbagai macam pesona yang memiliki daya tarik tersendiri, yakni :

1. Hamparan Rumput

Destinasi wisata tumpak pare sangat terkenal akan hamparan rumput yang menghiasi tanah. Hamparan rumputnya memiliki warna kuning saat kemarau dan hijau pada musim penghujan. Rumput yang tumbuh dengan subur serta membentang luas bisa pengunjung manfaatkan untuk duduk.

Baca Juga : Wisata Gunung Pringgitan Ponorogo

Keindahan alamnya bisa pengunjung nikmati sambil duduk pada hamparan rumput. Menariknya hamparan rumput seringkali pengunjung manfaatkan untuk spot foto. Rumput yang hijau menambah kesan asri bukit pare.

2. Udara Sejuk

Daya tarik lain yang terdapat pada bukit pare adalah udaranya yang sejuk. Lokasi yang jauh dari perkotaan membuat udaranya masih asri dan tidak tercemari sehingga cukup sejuk. Keindahan alam yang tersaji dengan indah akan lebih nyaman akibat udaranya sejuk.

Udara yang masih sejuk sangat baik bagi kesehatan, sehingga tidak heran jika banyak pengunjung memilih bukit pare sebagai lokasi untuk menghabiskan waktu liburan. Waktu liburan akan menyenangkan, jika mengunjungi destinasi wisata alam yang sejuk dan asri.

3. Kabut

Pengunjung bisa melihat kabut dan awan yang terdapat pada bukit pare. Kabut yang berada pada atas bukit menambah hawa sejuk dan juga dingin. Pengunjung dapat memanfaatkan kabut awan sebagai media untuk fotografi, sebab hasilnya pasti aesthetic.

Kabut yang terdapat pada bukit menjadi salah satu ciri khas wisata tersebut. Hawa dingin dan sejuk menjadi salah satu khas bukit pare yang tidak terdapat pada wisata lainnya. Panorama alam bukit pare akan semakin terpancar dengan adanya kabut awan.

4. Hutan Pinus

Destinasi wisata yang satu ini juga terkenal akan hutan pinus. Hutan Pinus bisa pengunjung temukan sepanjang perjalanan, pohon-pohon yang menjulang tinggi ke atas menambah kesan asri daerah ini. Pengunjung juga bisa menjadikan pohon Pinus sebagai spot foto.

Hawa dingin yang terpancar pada lokasi wisata juga berasal dari pohon Pinus. Hutan Pinus menjadi salah satu ciri khas dari wisata bukit pare yang tidak terdapat pada bukit lainnya. Lokasinya yang jauh dari permukiman warga, membuat bukit pare tidak berisik sehingga nyaman untuk liburan.

Aktivitas Pengunjung di Tumpak Pare 

Aktivitas yang Bisa Pengunjung Lakukan
Source : https://getlost.id/

Beragam aktivitas seru bisa pengunjung lakukan saat liburan ke bukit pare. Pihak pengelola juga menyediakan beberapa fasilitas yang bisa pengunjung manfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas seru. Berikut aktivitas yang bisa pengunjung lakukan saat liburan ke bukit pare, yaitu:

1. Trekking

Pengunjung dapat melakukan trekking ringan saat akan menuju lokasi wisata, sebab jalan menuju atas bukit cukup sempit. Lelah akibat trekking bisa terbayarkan dengan mudah, sebab pemandangannya cukup mempesona.

Trekking biasanya menjadi salah satu aktivitas yang sering pemuda lakukan, sebab jalur menuju lokasi cukup menantang. Beragam manfaat bisa pengunjung peroleh saat melakukan aktivitas trekking, seperti badan lebih sehat dan kuat.

Baca Juga : Wisata Air Terjun Sunggah Ponorogo

2. Camping

Lokasi wisata yang cukup luas, bisa pengunjung manfaatkan untuk camping. Momen liburan akan lebih berkesan jika melakukan berbagai aktivitas seru seperti camping. Menariknya aktivitas camping bisa pengunjung lakukan bersama dengan keluarga sebab tumpak pare sangat luas.

Pihak pengelola wisata juga memberi izin bagi pengunjung yang akan melakukan camping, terlebih jam operasional bukit pare buka selama 24 jam. Menariknya pengunjung akan menghabiskan waktu berhari-hari hanya untuk camping, sebab jam tidak ada batasan kunjungan.

3. Objek Foto

Panorama alam yang cukup memukau sangat sayang jika tidak terabadikan. Pengunjung biasanya memanfaatkan keindahan alam bukit pare untuk objek fotografi. Menariknya Anda juga bisa berburu spot foto saat mengunjungi wisata bukit pare.

Spot foto yang tersedia dengan mempesona, akan menghasilkan dokumentasi rekomendasi. Menariknya foto juga memiliki kesan aesthetic, sehingga momen liburan dapat terabadikan dengan baik. Momen liburan yang berkesan tentu harus terdokumentasikan, baik dalam bentuk cetak maupun digital.

4. Foto Prewedding

Keindahan alam yang terdapat pada bukit pare juga bisa bermanfaat sebagai background foto.Menariknya banyak calon pasangan pengantin memanfaatkan bukit pare sebagai sarana untuk foto prewedding, sehingga hasilnya cukup aesthetic.

Foto prewedding dengan konsep alam terbuka tentu menjadi pilihan beberapa pasangan. Menariknya akses menuju lokasi wisata yang tidak berbayar. Beragam fasilitas yang terdapat pada bukit pare bisa pengunjung manfaatkan sebagai properti foto prewedding.

Saya tarik yang cukup kuat, menjadi alasan utama banyak pengunjung tertarik pada wisata tersebut. Beragam fasilitas juga menjadi penyebab banyak pengunjung selalu mengalami peningkatan. Jalan menuju tempat wisata yang sudah bagus, membuat pengunjung rela datang jauh  ke tumpak pare.