Waduk Bening Widas Saradan yang Menakjubkan

Siapa bilang jika Madiun tidak memiliki objek wisata, karena nyatanya terdapat salah satu destinasi terbaik dengan nama Waduk Bening Widas Saradan. Cocok sekali menjadi pilihan menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga dan orang-orang terkasih.

Informasi Umum Wisata Waduk Bening Widas Saradan

Informasi Umum Dari Destinasi Wisata Waduk Bening Widas Saradan
Source : https://www.infomadiunraya.com/

Wisata Waduk ini sendiri sebetulnya merupakan tempat liburan yang berada pada Dusun Petung, tepatnya ialah Desa Pajaran Kecamatan Sadaran Kabupaten Madiun. Merupakan salah satu destinasi alam terbaik dan cocok sekali bagi rombongan keluarga.

Memiliki lokasi yang sangat indah, sehingga mampu memberikan sensasi berbeda dengan aktivitas sehari-hari para pengunjung. Memang sangat sayang apabila sudah berada pada kota Madiun namun tidak berkunjung ke destinasi Waduk tersebut.

Fasilitas dan Akomodasi Pada Objek Wisata Waduk Widas

Fasilitas dan Akomodasi Pada Objek Wisata Waduk Widas
Source : https://www.solopos.com/

Karena menjadi salah satu objek wisata yang akan selalu ramai pada weekend. Tentu saja pihak pengelolaan memutuskan untuk memperlengkap fasilitasnya. Dengan demikian seluruh pengunjung dapat merasa nyaman tanpa ada masalah sama sekali.

1. Terdapat Area Parkir yang Luas

Pasti sudah sering sekali melihat beberapa wisata yang memiliki area parkir terlalu sempit sedangkan ada banyak pengunjung. Tentu saja hal tersebut malah membuat para wisatawan merasa tak nyaman.

Namun ketika Anda berkunjung ke waduk bening Widas Saradan Kabupaten Madiun, maka tentunya tak akan merasakan hal-hal seperti demikian. Kendaraan roda empat bahkan sepeda motor bisa terparkir secara aman dan terkendali.

2. Memiliki Rest Area

Bagi beberapa pengunjung yang berasal dari luar kota, pastinya akan sangat membutuhkan tempat untuk beristirahat sejenak. Pada sekeliling area Waduk tersebut memang terdapat lokasi untuk beristirahat.

Dengan demikian para pengunjung bisa duduk santai melihat pemandangan yang ada pada sekitar. Sembari melepas lelah beserta penat, terasa perlahan-lahan menghilang. Lokasinya pun dingin, pasti akan membuat betah.

3. Memiliki Area Untuk Memancing

Apakah Anda salah satu orang yang memiliki hobi memancing, atau sebelumnya tidak pernah melakukan kegiatan tersebut? Maka bisa berkunjung pada tempat pemancingan Waduk Bening Widas Saradan ini.

Nantinya Anda bisa menggunakan atau menyewa peralatan pancing yang telah tersedia. Namun dapat pula membawa sendiri segala macam alat hingga umpannya dari rumah. Bisa terjamin jika rasa lelah dan penat dalam pikiran terlepas dengan cepat.

4. Taman Bermain

Memiliki area taman bermain merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi keluarga. Karena pastinya cocok untuk anak-anak. Alhasil pada lokasi tersebut memang sangat aman sekali bagi para pengunjung jika membawa si kecil.

Dengan demikian para orang tua sudah tidak perlu lagi merasa cemas, bahkan bisa melakukan pengawasan jauh lebih gampang. Karena lokasinya juga tak terlalu jauh dari waduk tersebut, alhasil sangat menguntungkan.

Baca Juga : 28 Tempat Wisata di Kabupaten Madiun yang Bisa Anda Kunjungi

5. Terdapat Kios

Beberapa kios ataupun warung telah menyediakan makanan ringan hingga masakan berat. Alhasil, untuk para pengunjung yang merasa lapar setelah menghabiskan banyak foto pada area Waduk bisa mencicipi kuliner di sana.

Sedangkan untuk harganya sendiri juga cukup terjangkau dan tentunya sangat sesuai sekali dengan cita rasanya. Para pengunjung yang dari luar kota tak perlu lagi merasa cemas atau khawatir jika kehabisan bekalnya.

6. Memiliki kamar mandi atau MCK

Sebetulnya ini merupakan fasilitas yang sangat penting sekali untuk seluruh pengunjung. Karena dengan demikian tidak perlu lagi hal keluar wisata hanya untuk mencari toilet. Sebab, bisa jadi nanti malah tidak akan bisa masuk kembali.

Kamar mandi atau MCK juga lumayan bersih dan tentunya masih sangat nyaman bagi seluruh para wisatawan. Biasanya untuk menggunakan layanan seperti ini, pengunjung harus membayar sekitar 2000 rupiah sebagai pengganti airnya.

Daya Tarik Waduk bening Widas Saradan

Daya Tarik Waduk bening Widas Saradan
Source : https://www.idntimes.com/

Bagi beberapa orang yang memutuskan berkunjung ke destinasi wisata Waduk Bening Madiun ini, memang karena adanya keunikan ataupun daya tarik tersendiri. Apabila Anda sudah penasaran apa saja hal-hal unik tersebut, maka inilah ulasan lengkapnya:

1. Punya Dermaga

Destinasi Wisata Waduk tersebut memang lumayan luas, alhasil terdapat dermaga yang berfungsi sebagai tempat pemberhentian perahu-perahu penyewaan. Memang tak terlalu besar, namun pastinya hal tersebut akan menjadi objek terbalik Anda untuk mendapatkan foto instagrammable.

Apalagi dengan pemandangan latar waduk yang cukup luas, tentunya hal itu membuat Anda memperoleh gambar-gambar estetik. Bahkan mampu terpakai sebagai background untuk berfoto ria bersama keluarga atau sahabat.

2. Terdapat Perahu-perahu

Perahu-perahu yang ada pada wisata Waduk bening ini memang sengaja disewakan untuk seluruh pengunjung jika mau menikmati keindahan wisata air jauh lebih dekat. Meskipun terkesan cukup mahal, namun hal tersebut tentu akan terbayarkan dengan pemandangannya.

Biasanya, penyewaan seperti ini akan menggunakan sistem per perahu. Jadi nantinya seluruh penumpang bisa patungan untuk bisa menikmati keindahan tengah waduk. Tentunya pengeluaran pun juga tak terlalu banyak nantinya.

Baca Juga : Tempat Wisata Brumbun dari Kabupaten Madiun

3. Memiliki Suasana Alam yang Sangat Asri

Wisata air satu ini adalah daerah aliran Sungai Brantas dan dari pengelolaan perum perhutani. Dengan suasana alamnya yang masih sangat asri, bendungan tersebut seringkali terpakai menjadi salah satu lokasi terbaik untuk kegiatan pramuka anak-anak sekolah.

Kenapa bisa seperti itu? Karena memang lokasi Waduk Bening tersebut sangat representative dalam melakukan kegiatan perkemahan. Bahkan bukan hanya berfungsi sebagai objek wisata. Namun rupanya sudah sering terpakai untuk kebutuhan pembangkit listrik.

4. Menjadi Tempat Hunting Foto Kekinian

Kegiatan hunting foto adalah salah satu hal yang cukup menyenangkan dan banyak dicari oleh kaum milenial. Rupanya Waduk Widas Saradan merupakan salah satu objek kekinian, serta pastinya mampu menghasilkan bidikan kamera dengan kualitas bagus dan keren.

Nantinya Anda pun juga bisa memotret beberapa pengunjung dengan pemandangan indah dari waduk. Tentunya hal tersebut merupakan kelebihan ataupun daya tarik yang bisa dirasakan oleh setiap pengunjung.

Rute Jalan Menuju Objek Wisata Waduk Widas

Rute Jalan Menuju Objek Wisata Waduk Widas
Source : https://pasangmata.detik.com/

Bagi orang luar kota yang sebelumnya belum pernah mendatangi objek wisata ini perlu sekali mengetahui rute-rutenya. Jika berada pada area perkotaan Madiun, maka bisa menggunakan Jln. Raya Madiun-Nganjuk. Karena ini merupakan jalan paling cepat.

Namun ketika Anda masih merasa bingung, bisa menuju ke Jalan Basuki Rahmat, baru setelah itu ikuti saja jalan besarnya hingga mencapai perempatan lama. Setelah itu Anda baru masuk ke arah Jln. Raya Surabaya-Madiun.

Baca Juga : Sekar Arum, Wisata Madiun Terbaik

Anda hanya perlu lurus saja mengikuti jalan raya besar hingga masuk ke Jln. Raya Madiun-Nganjuk. Baru setelah itu Anda akan menemukan jalan raya Saradan, lalu akan menemukan pertigaan dan masuk saja ke jembatan tol waduk bening dan ikuti Jln. Wisata Waduk Bening sampai menuju tujuan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Waduk Widas Saradan

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Waduk Widas Saradan
Source : https://nopanngluyur.wordpress.com/

Ternyata objek wisata dari Waduk Widas Saradan ini memiliki jam operasional selama 24 jam per harinya. Dengan demikian, meskipun Anda sampai pada malam hari masih bisa memasuki area tersebut dengan mudah.

Sedangkan permasalahan biaya masuknya sendiri ternyata sangat murah sekali yaitu sekitar 7.500 untuk 2 orang. Coba bayangkan saja jika Anda bersama rombongan keluarga, maka pastinya tak akan menghabiskan uang hingga ratusan ribu rupiah bagi tiketnya.

Beberapa Trip Saat Berlibur ke Objek Wisata Waduk Widas Saradan

Beberapa Trip Saat Berlibur ke Objek Wisata Waduk Widas Saradan
Source : https://jatim.antaranews.com/

Apabila Anda bersama dengan keluarga memang memiliki rencana untuk berkunjung ke objek wisata Waduk bening widas. Maka terdapat beberapa hal yang sangat perlu sekali menjadi perhatian sebelum berangkat. Apa saja?.

  • Pertama-tama adalah, jangan pernah membuang sampah secara sembarangan. Selain menjaga kebersihan dari area objek wisata. Tentunya hal-hal seperti ini juga secara otomatis menghormati para petugas.
  • Pastikan telah menyiapkan kamera beserta ponsel dalam keadaan baterai yang telah terisi full. Karena nantinya pada lokasi ini Anda hanya akan berpikir untuk mengabadikan seluruh momen-momen dan keindahan alamnya.
  • Pastikanlah untuk menyediakan pembekalan seperti makanan, snack dan juga minuman mencukupi. Setelah itu, jangan lupakan pula untuk membawa baju ganti beserta alat kesehatan berupa obat-obatan.

Demikian sekilas informasi mengenai objek Wisata Waduk bening Widas Saradan. Tentunya Anda sudah sangat tertarik bukan dengan keindahan alamnya. Dengan demikian jangan pernah melewatkannya jika berada di Kota Madiun.

 

Tinggalkan komentar