Destinasi Menarik Kabupaten Madiun, Watu Rumpuk

Apakah Anda ingin berlibur ke daerah pegunungan? Maka Kabupaten Madiun tepatnya di Watu Rumpuk adalah lokasi paling tepat. Tempat rekreasi yang satu ini menjadi destinasi liburan paling oke dengan pemandangan menarik. Karena jalurnya pendakian tentu sangat cocok bagi kamu muda.

Sekilas Informasi Umum Tentang Watu Rumpuk

Sekilas Informasi Umum Tentang Watu Rumpuk
Source : https://www.tripjalanjalan.com/

Pasti destinasi wisata yang satu ini memang sangat terkenal dengan keindahan alam. Bukan hal mengherankan para kawula muda memutuskan untuk berkunjung ke tempat ini bersama dengan tempat-tempatnya.

Lokasi tersebut beralamatkan pada desa mendak, Kecamatan dagangan Kabupaten Madiun provinsi Jawa Timur. Para pengunjung biasanya ketika memutuskan ke Watu Rumpuk harus mempersiapkan kondisi tubuh. Karena jika saja tidak fit atau jarang olahraga mungkin cepat capek.

Selain menjadi objek wisata, rupanya kawasan tersebut sudah mendapatkan penghargaan sebagai kawasan tangguh bencana nomor 1 di Jawa Timur. Dengan adanya informasi ini tentu semakin membuat Anda tertarik untuk berkunjung ke sana bukan.

Rute Perjalanan Menuju Watu Rumpuk 

Rute Perjalanan Menuju Watu Rumpuk dari kota Madiun
Source : https://travelspromo.com/

Perlu Anda ketahui jarak tempuh untuk menuju ke Watu rumpuk dari Kecamatan Dagangan sebetulnya hanyalah 15 km. Jadi, sedangkan waktu yang dibutuhkan sekitar 45 menit jika memang tidak ada kemacetan.

Sedangkan apabila dari ibukota Madiun maka jarak tempuhnya adalah 40 KM dengan waktu 120 menit. Aksesnya sendiri terbagi menjadi dua arah, yang pertama bisa melalui dalopo lalu masuk ke Pagotan.

Akan tetapi, terdapat sebuah saran di mana para pengunjung melewati Dalopo saja. Karena memang memiliki Medan jalanan jauh lebih bagus. Dengan demikian, perjalanan pun jauh lebih lancar tanpa ada kendala pada kendaraan.

Jam Buka dan Harga Tiket ke Watu Rumpuk

Jam Buka dan Harga Tiket ke Watu Rumpuk
Source : https://akcdn.detik.net.id/

Informasi lain yang perlu Anda ketahui ketika memutuskan untuk mendatangi Watu Rumpuk Kabupaten Madiun adalah tahu jam buka bahkan sampai tiket untuk masuk ke lokasi rekreasi. Dengan demikian, bisa lebih gampang mempersiapkan diri beserta budget.

Jam operasional dari destinasi wisata watu rumpuk sendiri adalah pukul 08.00 sampai 06.00 sore untuk hari Senin dan Sabtu. Sedangkan pada hari minggu biasanya akan lebih awal yaitu setengah delapan pagi hingga 6 sore.

Mengenai permasalahan dari biayanya pada hari biasa hanya dibanderol 6.000 saja. Sedangkan saat akhir pekan ataupun liburan panjang biasanya jauh lebih mahal yaitu naik menjadi Rp10.000. Lalu jangan lupakan untuk tarif parkirnya, roda empat sekitar lima ribu rupiah dan roda dua Rp2.000.

Beragam Daya Tarik dari Wisata Watu Rumpuk

Beragam Daya Tarik
Source : https://i.ytimg.com/

Perlu sekali untuk dipahami dengan baik, apabila watu rumput merupakan destinasi wisata dan tentunya memiliki daya tarik tersendiri. Dengan demikian hal tersebut akan jadi ciri khas yang mana destinasi lain tak mempunyainya. Lalu apa saja keunikan tersebut? Inilah penjelasannya:

1. Memiliki Sejarah yang Menakjubkan

Sebelum menjadi objek wisata, sebetulnya kawasan desa tersebut telah didominasi dengan perkebunan cengkeh. Kemudian mayoritas masyarakatnya memang mengandalkan sumber penghasilan utama dari panen tersebut.

Namun terdapat sebuah virus melanda dan membuat sebagian besar pohon cengkeh tidak bisa panen sama sekali. Kemudian para masyarakat pun mengalami banyak kerugian dan memutuskan untuk beralih menanam pohon durian beserta manggis

2. Wisata Alam yang Sangat Memukau

Memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi apabila wisata alam dari watu rumput sangat memukau. Apalagi jika memasuki area lereng Gunung Wilis, karena viewnya memang betul-betul menawan. Dengan adanya udara yang sangat sejuk, tentu membuat kondisi pernapasan membaik.

Selain menjadi taman, rupanya lokasi itu akan jadi spot puncak bukit yang telah terpenuhi dengan spot selfie. Lokasi tersebut memiliki nama sebagai tapak bimo, pendaki bisa mencapainya dengan melalui jalur cukup menanjak.

3. Pegunungan yang Raham Sebagai Wisata Keluarga

Meskipun termasuk ke dalam salah satu wisata pegunungan dengan jalanan cukup menanjak namun rupanya masih tergolong ke destinasi rekreasi keluarga terbaik. Bahkan banyak sekali rombongan datang pada akhir pekan ataupun liburan panjang.

Terdapat sebuah lokasi yang cukup cocok sekali untuk keluarga yaitu area taman. Karena memang selalu dipenuhi oleh bunga-bunga sangat indah, yakni spot selfie terbaik, punya jalur tracking, bahkan wahana ramah untuk anak-anak.

4. Watu Rumpuk Adalah Wisata Kekinian

Memang betul, jika objek wisata yang satu ini semakin terkenal karena menjadi salah satu destinasi kekinian. Apalagi dengan perkembangan teknologi internet, membuatnya mudah sekali dikenal oleh masyarakat luas sehingga warga luar kota sekalipun.

Kemudian pada akhirnya, beberapa tempat dari Watu Rumpuk sendiri memiliki spot terbaik dan menjadi lokasi eksistensi para pengunjung untuk bisa hunting foto. Alhasil para pengunjung pun bisa mengunggahnya ke media sosial mereka dan menjadikan lokasi ini yang terkenal.

5. Menjadikan Spot Selfie Paling Bagus

Pastinya ada memahami dengan baik, apabila destinasi wisata yang bertempatkan pada area pegunungan. Pastinya menjadi spot selfie paling bagus. Dengan latar belakang perbukitan serta pemandangan indah. Tentu saja betul-betul membuat suasana hati jauh lebih tenang.

Jika Anda mau datang saat sore hari pasti pemandangannya akan jauh lebih indah dengan adanya matahari terbenam. Pastinya sangat menyenangkan sekali, sembari berfoto riau tentu saja ini akan jadi tempat healing untuk hilangkan penat.

Ragam Fasilitas Pada Wisata Watu Rumpuk

Ragam Fasilitas
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Sebagian orang sering membatalkan atau tak mau berlama-lama pada destinasi wisata karena tidak memiliki banyak fasilitas. Karena memang pastinya tidak akan nyaman. Namun, ketika menguruskan datang ke maka akan menemukan banyak sekali fasilitasnya seperti berikut ini:

1. Banyak Sekali Gazebo

Pihak pengelola memutuskan untuk membangun beberapa Gazebo pada area Watu Rumpuk. Karena ini seluruh wisatawan bisa beristirahat dengan tenang sembari menikmati pemandangan sekitarnya. Jadi, bisa meluruskan kaki sehabis berjalan cukup jauh.

Terlebih lagi ternyata toilet yang ada pada Watu Rumpuk lumayan banyak dan bersih. Cocok sekali untuk Anda jika sering sekali buang air kecil pada daerah cukup dingin. Tentunya hal tersebut akan sangat membantu.

2. Punya Area Parkir

Lahan parkiran dari destinasi wisata ini juga lumayan luas, artinya beberapa kendaraan bisa masuk sekaligus jika tertata rapi. Baik itu mobil, ataupun sepeda motor nantinya bisa terparkir. Bahkan pada area ini juga terdapat para penjaganya.

Dengan demikian seluruh wisatawan ketika menaiki destinasi wisata tersebut tak akan merasa khawatir akan kendaraan mereka. Karena semuanya sudah sangat aman, mampu bisa mencegah terjadinya tindak kejahatan.

3. Kuliner Murah dan Memiliki Area Taman Bunga

Bagi beberapa pelancong yang tidak sempat membawa makanan ringan, maka tak perlu cemas karena di sana juga ada kuliner murah. Dengan beberapa menu makanan dan minuman. Coba bayangkan saja Anda bisa menikmati masakan sembari menikmati keindahan alam.

Apalagi ternyata destinasi ini juga memiliki area taman bunga, ini akan jadi spot paling banyak didatangi oleh pengunjung titik karena bisa berfoto ria secara bebas. Tentu ini merupakan kegiatan tak akan terlupakan saat masa liburan.

Dari penjelasan destinasi Watu Rumpuk di atas tadi, pastinya Anda sudah sangat penasaran Bagaimana pemandangan aslinya. Maka dari itu, ketika ke Kabupaten Madiun jangan lupa untuk mendatangi lokasi rekreasi ini ya.

 

 

Tinggalkan komentar