Ungkapan untuk Meminta Izin Bahasa Inggris secara Sopan

Sebagai manusia yang beradab, ketika hendak melakukan sesuatu yang berkaitan dengan orang lain, tentu akan meminta izin. Ini adalah bentuk kesopanan. Selain itu, hal tersebut bertujuan untuk menghindari hal-hal yang dapat membuat orang lain tersinggung. Namun, sudah tahukah kamu bagaimana cara meminta izin bahasa Inggris yang sopan?

Sebagai contoh, ketika guru bahasa Inggris-mu sedang mengajar di kelas dan kamu ingin ke toilet, maka perlu cara meminta izin kepada guru dalam bahasa Inggris. Begitu juga bagi kamu yang merupakan seorang pekerja. Jika atasanmu bukan orang lokal, maka kamu perlu mengetahui tata cara meminta izin cuti dalam bahasa Inggris saat ingin mendapatkan hari libur.

Tak terkecuali saat kamu tidak masuk sekolah karena sakit. Tentunya, kamu harus tahu cara meminta izin tidak masuk kelas dalam bahasa Inggris, bukan? Cara meminta izin sakit dalam bahasa Inggris juga perlu diketahui, jika kamu hendak izin saat kelas bahasa Inggris-mu.

Ungkapan untuk Meminta Izin dalam Bahasa Inggris

Contoh ungkapan meminta izin dalam Bahasa Inggris

Ada berbagai macam ungkapan yang digunakan seseorang sebagai cara meminta izin dalam bahasa Inggris. Ungkapan-ungkapan tersebut meski memiliki tujuan yang sama, namun konteks penggunaannya bisa berbeda tergantung situasi. Agar tidak salah saat menggunakannya. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

May I…?

May I…? merupakan salah satu ungkapan meminta izin dalam bahasa Inggris yang paling banyak digunakan. Selain itu, ungkapan yang satu ini bisa kamu gunakan baik di situasi formal maupun informal.

Struktur kalimat: May I + Verb 1 + extension

Contoh:

  • May I go to the festival with my friend tonight?
  • May I open the window, please?

Can I…?

Selain itu, ada juga Can I…? yang merupakan bentuk ungkapan lainnya yang bisa kamu gunakan. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan May I…?, tingkat kesopanannya lebih rendah. Sementara itu, terkait cara penggunaannya, struktur kalimatnya sama dengan ungkapan sebelumnya.

Struktur kalimat: Can I + Verb 1 + extension

Contoh:

  • Can I borrow your money during this trip?
  • Can you lend me your dress to attend tonight’s prom?

Do You Mind…?

Do you mind…? adalah ungkapan yang tepat ketika kamu hendak meminta izin secara informal. Hanya saja, gunakan ungkapan ini ketika berbicara dengan teman dekat atau keluarga sebab kalimat ini cukup santai.

Ungkapan ini bisa kamu pakai ketika hendak melakukan sesuatu tetapi kamu khawatir bahwa yang kamu lakukan akan membuat orang lain terganggu. Misalnya ketika kamu ingin menghafalkan Tabel Kimia dengan keras namun takut teman sekamar kosmu akan terusik.

Struktur kalimat: Do you mind if I + Verb 1 + extension

Contoh:

  • Do you mind if I read this Table loudly at the moment?
  • Do you mind if I come pick you up after you finish work?

Would You Mind…?

Boleh dibilang, Would you mind…? adalah bentuk yang lebih sopan dari Do you mind…?. Namun, yang perlu kamu garis bawahi di sini adalah perbedaan struktur keduanya. Untuk ungkapan ini, kamu perlu menggunakan bentuk lampau.

Struktur kalimat: Would you mind if I + V2 + extension

  • Would you mind if I paid the bill for you?
  • Would you mind if I talked to you after the meeting?

Bagaimana Respon yang Tepat?

Cara meminta izin bahasa Inggris yang benar

Untuk menanggapi permintaan izin, hal itu bisa berupa persetujuan maupun penolakan. Meski demikian, perlu kamu perhatikan karena tergantung pada konteks kalimatnya, maka bentuk responsnya juga beragam.

Respons Positif

Formal Informal
Yes you may. OK
Yes, it’s my pleasure Yeah, sure!
No, not at all (untuk kalimat tanya Do you mind…? dsb Go ahead

  

Respons Negatif

Formal Informal
I am sorry that will not be possible Not a chance
I would rather that you didn’t No, just go away! (lebih kasar)
I am afraid that’s out of the question Sorry, I can’t

 

Kesimpulan

Nah, demikian tadi sederet cara untuk meminta izin bahasa Inggris. Sebenarnya, ada banyak ungkapan lain yang bisa kamu pakai seperti Would It Be Alright If I…?, Is That Ok If I…?, dan If You Don’t Mind, I’d Like to… untuk meminta izin. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Selamat belajar!

Tinggalkan komentar