May Be vs Maybe, Apa Bedanya?

Memiliki pelafalan dan bentuk yang hampir sama, kata may be dan maybe kadang kala membuat orang kebingungan dalam penggunaannya. Apakah kamu salah satunya? Nah, untuk memperjelas pemakaian kedua kata tersebut, berikut adalah pembahasan may be vs maybe.

Pernahkah kamu menemukan satu kalimat dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata may be dan satu kalimat lainnya memakai maybe (tanpa spasi). Manakah yang benar: may be atau maybe?

Perbedaan Maybe dan May be

Pelajari penggunaan Maybe dan May be

Kata may be dan maybe, sama-sama benar dan ada dalam bahasa Inggris. Kedua memiliki makna yang sama, baik maybe dan may be artinya adalah mungkin atau barangkali. 

Namun, meskipun memiliki arti yang sama, kedua kata ini tidak bisa kamu samakan dalam penggunaannya. Pendek kata, kamu tidak bisa mengganti may be dengan kata maybe dalam sebuah kalimat dan vice versa. Mengapa demikian?

Baca juga : Perbedaan Silence dan Silent

Alasannya cukup sederhana, yakni karena may be dan maybe memiliki dua fungsi sintaksis yang berbeda dalam bahasa Inggris. Ini penjelasan dan contoh kalimat  may be dan maybe (maybe vs may be examples):

May Be

Dalam kategori kata bahasa Inggris, may be adalah verb atau kata kerja yang memiliki fungsi untuk menguraikan tindakan dari subject. Untuk penulisannya, kata may be berada setelah subjek. Ingat, saat memakai may be, kamu tidak perlu menambahkan modal auxiliary lain seperti is, am, atau are setelah subjek.

Contoh: 

  • Fred may be driving his car right now. You can call him later.

(Fred mungkin sedang mengendarai mobilnya sekarang. Anda bisa meneleponnya nanti.)

  • Lily and Zizi may be on their way to the mini market to buy milk and bread.

(Lily dan Zizi mungkin sedang dalam perjalanan ke minimarket untuk membeli susu dan roti.)

Maybe

Dalam bahasa Inggris, maybe memiliki fungsi sebagai adverb of modality atau kata keterangan yang orang pakai untuk memperlihatkan tingkat kepastian. Untuk penulisannya sendiri, maybe dapat terletak di mana saja, awal, tengah, atau akhir kalimat. 

Contoh: 

  • Maybe I can stop by a restaurant and grab something to eat before we go to David’s house.  

(Mungkin aku bisa mampir ke restoran dan membeli sesuatu untuk dimakan sebelum kita pergi ke rumah David.)

  • Jessica is maybe at home by five o’clock. 

(Jessica mungkin ada di rumah pada pukul lima.)

  • Are you looking for Josh? He is at Mr. Douglas’s machine shop, maybe

(Apakah Anda mencari Josh? Dia ada di bengkel mesin Mr. Douglas, mungkin.)

Baca juga : Perbedaan Homie vs Homely

Itulah perbedaan may be vs maybe. Kesimpulannya, baik may be dan maybe memiliki arti yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada fungsi masing-masing kata dalam struktur  kalimat bahasa Inggris. 

Tinggalkan komentar