Cara Pergi ke Pare dari Jakarta dengan Kereta Api dan Bus

Cara pergi ke Pare dari Jakarta bisa dengan berbagai armada transportasi seperti bus atau kereta api. Pare adalah nama sebuah kota kecil yang terletak di utara Kota Kediri. Kota ini mempunyai lebih dari 250 lembaga kursus berbahasa Inggris, karena itulah wilayah ini dijuluki kampung inggris. Hal itu juga yang menarik masyarakat dari berbagai kota dan daerah tertarik untuk  berkunjung ke Pare, tak terkecuali warga Jakarta.  

Cara Pergi Ke Pare dari Jakarta dengan Kereta Api

Cara pergi ke Pare dari Jakarta dengan menggunakan kereta api yang bisa kamu naiki lewat Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, dengan beberapa kereta api berikut: 

1. Naik Kereta Dari Stasiun Gambir 

Bila kamu naik kereta api dari stasiun gambir kamu bisa menaiki kereta api eksekutif Gajayana dengan rute Kediri ini. Kereta api Gajayana biasanya berangkat dari stasiun Gambir, sekitar pukul 17.40 WIB, dan tiba di Kediri sekitar pukul 06.16 esok paginya. Untuk naik kereta api ini kamu harus membeli tiket antara Rp435.000-Rp550.000.

2. Naik Kereta dari Stasiun Pasar Senen

Bila kamu naik kereta api dari Stasiun Pasar Senen, bisa naik dengan beberapa kereta api berikut:

  • Kereta api Senja Majapahit

Kereta api Majapahit kelas Ekonomi ber-AC jurusan Kediri ini bisa kamu naiki dari stasiun Pasar Senen, Jakarta sekitar pukul 18.00 WIB. Dengan jadwal tiba di Kediri yaitu pukul 07.00 esok paginya. Untuk naik kereta api ini kamu bisa beli tiket dengan harga antara Rp220.000-Rp 340.000,- saja. 

  • Kereta Api Brantas

Selain Kereta Majapahit, kamu juga bisa naik kereta api Brantas kelas reguler. Kereta api ini berangkat dari stasiun Pasar Senen sekitar  pukul 17.00 WIB dan tiba di stasiun Kediri pukul 06.30 esok paginya. Sedangkan untuk harga tiket kereta api Brantas, Ekonomi Reguler ini banyak menjadi incaran penumpang, karena harganya yang cukup murah namun sudah dilengkapi dengan fasilitas AC. Hal ini juga yang membuat kereta api Brantas jadi favorit para penumpang kereta api dari Jakarta menuju  Kediri. 

  • Kereta Api Singasari

Selain kedua kereta di atas dari stasiun Pasar Senen kamu juga bisa naik kereta api Singasari. Kereta api ini berangkat dari Pasar Senen sekitar pukul 12.15 WIB dan tiba di stasiun Kediri pukul 02.17 dini harinya. Untuk tarifnya kamu bisa beli tiket kereta api ini dengan harga sekitar Rp225.000.

  • Kereta Api Matarmaja

Ada juga pilihan lainnya kereta api yang bisa dinaiki dari Pasar Senen menuju Kediri yakni kereta api Matarmaja, kelas Reguler. Kereta api ini berangkat dari stasiun Pasar Senen pukul 15.15 sore, dan jadwal tiba di stasiun Kediri pukul 04.43 dini hari. Untuk  harga tiketnya sekitar Rp109.000 saja. 

Rute dari Stasiun Kediri Menuju Pare

Setelah kamu tiba di stasiun Kediri, selanjutnya kamu masih harus melanjutkan perjalanan ke Pare, dengan menggunakan angkutan umum. Namun kendalanya di stasiun kediri ini sulit sekali menemukan kendaraan yang langsung menuju Pare. Jadi, solusinya kamu bisa naik becak menuju ke kantor pos, untuk naik becak ini kamu harus membayar tarif Rp15.000. 

Selanjutnya setelah sampai di kantor pos kamu bisa cari angkutan umum yang menuju Pare. Biasanya angkutan umum P adalah yang banyak dipilih pelajar untuk bisa sampai langsung ke Kampung Inggris, Pare. Ongkos angkutan umum ini sekitar Rp15.000 per orang, tapi bila kamu membawa barang bawaan yang besar seperti tas atau koper, maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp5.000. 

Lamanya perjalanan yang dilewati sekitar 50 sampai 90 menit. Dan biasanya kamu akan diturunkan di Jalan Brawijaya, yang merupakan wilayah dalam lingkungan Kampung Inggris Pare. 

Cara Pergi Ke Pare dari Jakarta dengan Bus

Selain dengan kereta api kamu juga bisa naik bus untuk pergi ke  Pare dari Jakarta. Ada beberapa pilihan bus yang bisa kamu naiki seperti bus Harapan Jaya, Rosalia Indah, Pahala Kencana dan Lorena.

Bus-bus tersebut bisa kamu naiki dari terminal yang tersebar di jakarta dan sekitarnya, dengan tujuan akhir terminal kediri. 

Setelah tiba di terminal Kediri kamu bisa pilih dua transportasi umum untuk menuju ke Pare. Kamu bisa naik angkutan umum (angkot) yang langsung menuju Pare atau bisa juga dengan naik bus jurusan Jombang, Malang dan Surabaya yang melewati Pare. 

Lembaga Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Pare

Setelah kamu tiba di Pare, kamu akan menjumpai ratusan lembaga bahasa Inggris di sini. Bila kamu kesini berniat untuk belajar Bahasa Inggris pastinya bingung memilih tempat kursus yang terbaik di Pare. Nah, untuk membantu kamu, berikut 18 lembaga kursus bahasa inggris terbaik di Pare.

  1. ACCESS-ES (Access English School)
  2. BEC (Basic English Course) 
  3. HEC 1 (Happy English Course)
  4. EECC (Effective English Conversation Course)
  5. Elfast English Course
  6. The Daffodils
  7. Mahesa Institute
  8. Kresna English Language Institute
  9. Global English
  10. Peace
  11. Mr. Bob
  12. Marvelous
  13. Titik Nol English Course 
  14. Kampung Inggris Seventeen
  15. FB ESL
  16. RnB English Course
  17. World English
  18. Interpeace

Tempat Wisata Menarik di Sekitar Pare

Selain untuk mengenal lebih jauh kota Pare yang terkenal dengan kampung Inggrisnya itu,  tentunya kamu juga bisa berlibur ke tempat-tempat wisata Favorit di Pare. Berikut 9 tempat wisata Pare yang bisa kamu kunjungi.

  1. Kampung Indian yang berlokasi di Sempu, Ngancar, Kabupaten Kediri. Tiket masuk Rp5000. Jam operasional mulai pukul 07.00-16.00 WIB
  2. Candi Tegowangi yang berlokasi di  Candirejo, Tegowangi Plemahan, Kabupaten Kediri. Tiket masuk Rp3000, dan jam operasional dari 07.0 –15.00 WIB
  3. Taman Kilisuci, berlokasi di Puhrejo, Tulungrejo, Pare, Kediri. Tiket masuk gratis dan jam operasional 24 jam.
  4. Wisata Air Gronjong Wariti yang berlokasi  di Mejono, Plemahan, Kabupaten Kediri. Tiket masuk gratis dan jam buka mulai pukul 07.15 – 16.00 WIB
  5. Wisata Cagar Budaya Candi Surowono yang berlokasi di Surowono, Canggu, Badas, Kabupaten Kediri. Tiket masuk gratis, jam operasional mulai pukul 07.30-19.45 WIB. 
  6. Kolam Renang Surowono berlokasi masih di area Cagar Budaya Surowono, Canggu, Badas, Kabupaten Kediri. Tiket masuk Rp5.000, jam operasional pukul 06.00-17.00 WIB.
  7. Bangunan Tua Tulungrejo yang berlokasi di  Jalan Pancawarna No.1, Mulyoasri, Tulungrejo, Pare, Kabupaten Kediri. Tiket masuk gratis, jam buka 24 jam.
  8. Gunung Kelud berlokasi di Karangrejo Garum Mulyorejo, Ringinrejo, Sugihwaras, Ngancar, Kabupaten Blitar. Tiket masuk Rp10.000, buka pukul 06.00-17.00 WIB.
  9. Simpang Lima Gumul Tugurejo, Ngasem, Kota Kediri. Tiket masuk gratis, dengan jam operasional 24 jam. 

Nah, itulah informasi mengenai cara pergi ke Pare dari Jakarta dengan menggunakan kereta api dan bus. Disana kamu akan menjumpai ratusan lembaga kursus bahasa Inggris dan juga tempat wisata menarik. Bagaimana, tertarik untuk ke Pare?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.