7 Biaya Sekolah Pilot yang Terbaik di Indonesia

Hingga kini masih banyak yang merasa tertarik untuk menjadi seorang pilot agar bisa sukses. Namun sebelumnya, orang-orang harus mengetahui terlebih dahulu biaya sekolah pilot agar nantinya dapat mempersiapkannya.  Dengan begitu, maka tidak akan kendala dalam masalah pembayaran yang akan ditanggungnya.

7 Biaya Sekolah Pilot yang Terbaik di Indonesia, Simak Selengkapnya!

Jadi, jika ingin menempuh pendidikan di sekolah pilot, maka sebaiknya perlu mengumpulkan berbagai informasi, termasuk biayanya. Alhasil, kegiatan pembelajaran pun tidak akan terhambat lagi oleh hal terkait pembayaran. Dengan begitu, maka berikut ulasan terkait beberapa sekolah pilot beserta biayanya:

1. Bali International Flight Academy

Perlu diketahui jika BIFA ini ternyata masuk ke dalam sekolah pilot yang terbaik di Asia. Hal tersebut dikarenakan, BIFA mampu menghadirkan beragam fasilitas berkualitas internasional. Kemudian, sesuai dengan namanya, sekolah pilot yang satu ini memang berlokasi di kawasan Buleleng, Bali.

Selain itu, kurikulum yang dimiliki oleh sekolah ini sudah berstandar internasional yang telah memiliki sertifikat. Oleh sebab itu, maka kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Lalu untuk pembelajarannya, calon pilot harus bersekolah selama 18 bulan.

Hal itu pun nantinya akan mendapatkan jam terbang dengan jumlah 160 jam di beberapa bandara. Lalu, adapun biaya sekolah pilot ini menurut situs resminya, yakni kurang lebih 920 juta rupiah.

Namun, untuk masuk ke Bali International Academy ini harus melalui seleksi yang sangat ketat. Walaupun begitu, orang yang bersekolah di tempat ini tidak akan menyesal, karena setelah lulus bisa diterima di berbagai maskapai ternama.

2. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI CURUG)

Pada awalnya, sekolah pilot STPI Curug ini masih bernama Akademi Penerbangan Indonesia di tahun 2015. Lalu, akhirnya sekolah ini mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, sehingga dapat terkenal dengan nama STPI.

Lalu, sekolah ini ternyata tidak hanya sebagai tempat pendidikan dari calon pilot saja. Hal tersebut dikarenakan, ada beberapa kursus juga yang bisa dilakukan selain penerbangan pilot. Adapun beberapa kursusnya, seperti teknik navigasi udara, teknik listrik bandara, dan teknik pesawat udara.

Selain itu, ada juga pertolongan kecelakaan pesawat, operasi bandar udara, penerangan aeronautika, dan yang lainnya. Kemudian, untuk uang pendaftaran yang harus ditanggung, yakni sekitar 5 juta rupiah. Sedangkan, biaya pembelajaran per semesternya beragam tergantung bidang dan tingkatan yang ditempuh.

Dengan begitu, maka rata-rata biaya per semesternya jika sekolah di tempat ini, yakni sekitar 12 juta rupiah hingga 77 juta rupiah. Lalu, bagi yang mengikuti non diploma, maka perlu mengeluarkan 100 juta rupiah hingga Rp 350 juta rupiah per fasenya.

3. Aero Flyer Institute

Sekolah pilot selanjutnya yang bernama Aero Flyer Institute ini berdiri didirikan dengan bantuan dari maskapai penerbangan Batavia Air. Kemudian, sekolah pilot ini juga telah berhasil mendapat gelar sekolah pilot terbaik dengan fasilitas berkualitas di Indonesia.

Hal tersebut pun telah dibuktikan dengan adanya 11 unit pesawat latih, simulator penerbangan, ruang laboratorium, kelas pembelajaran, dan perpustakaan penerbangan. Selain itu, Aero Flyer Institute juga menyediakan pelatihan untuk memperoleh lisensi seperti CPL, PPL, dan Instrument Rated, dan Multi Engine.

Lalu nantinya, orang-orang yang menempuh pendidikan di sini pun akan menjalani pelatihan di beberapa bandara yang ada di Indonesia. Kemudian, adapun biaya sekolah pilot di Aero Flyer Institute ini kurang lebih mencapai  882 juta rupiah.

Sedangkan, untuk biaya pendaftaran awal masuk ke sekolah ini, yakni sebesar 12,5 juta rupiah. Biaya yang dikeluarkan tersebut pun sudah termasuk perizinan untuk memiliki waktu terbang selama 180 jam dalam kurun 2 tahun.

4. Flybest Flight Academy

FlyBest Flight Academy ini adalah sekolah pilot dari PT Aviasi Solusi Prima yang termasuk perusahaan swasta Indonesia di Batam. Lalu, adapun program pendidikan dari sekolah ini, yakni menggunakan kurikulum yang telah Federal Aviation Administration setujui.

Hal tersebut pun juga sudah sesuai dengan kebutuhan situasi yang ada di Indonesia dengan persetujuan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Indonesia. Kemudian, untuk biaya sekolah pilot di Flybest Flight Academy ini, yaitu sebesar 945 juta rupiah.

Dengan biaya tersebut, nantinya para peserta didik akan memperoleh masa pelatihan 14 bulan dengan 155 jam terbang. Lalu, calon pilot akan mendapat fasilitas untuk menunjang masa latihannya, seperti 6 instruktur asing yang berpengalaman dan 4 unit aircraft.

5. Deraya Flying School

Sekolah pilot bernama Deraya Flying School ini juga bisa terbilang bagus di Indonesia. Hal tersebut karena sekolah ini memiliki area pelatihan yang luas di empat lokasi bandara berkualitas baik. Dalam masa pelatihan penerbangan yang calon pilot lakukan nantinya akan tetap sesuai dengan tahapan pendidikan.

Adapun program akademi yang tersedia di Deraya Flying School ini, yaitu PPL, CPL, IR, dan Basic ME. Kemudian, biaya untuk menempuh pendidikan dengan program PPL di Deraya Flying School ini, yaitu sebesar 295 juta rupiah.

Sedangkan, biaya untuk CPL plus dengan AIR adalah sebesar 560 juta rupiah. Namun, jika hanya ingin program IR saja, maka uang yang kita keluarkan sebesar 103 juta rupiah. Selanjutnya, untuk program Multi Engine(ME) harus mengeluarkan biaya sekitar 147 juta rupiah.

6. Perkasa Flight School

Sekolah pilot berikutnya ialah Perkasa Flight School yang mempunyai tiga basis tempat pelatihan. Adapun untuk ketiga tempat tersebut, yaitu  Bandara Tunggul Wulung, Bandara Cakrabuana, dan Bandara Nusawiru.

Kemudian, hal yang membuat sekolah ini memiliki kualitas baik, yakni dengan adanya kemitraan bersama beragam lembaga luar negeri. Lalu, untuk program pelatihan penerbangannya, peserta didik akan mendapatkan waktu terbang hingga 500 jam.

Kemudian, biaya pendidikan untuk program CPLIR Single Engine Rating Package, ialah 840 juta rupiah. Sedangkan, untuk program CPLIR Multi Engine & ATP Package memiliki biaya dengan total 916 juta rupiah. Terkait pembayaran tersebut ternyata bisa peserta cicil 3 sampai 10 kali.

7. Bandung Pilot Academy

BPA adalah sekolah khusus calon pilot profesional yang berdiri pada tahun 2008 di Bandung. Lalu, para  peserta didik yang belajar di BPA pun nantinya akan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

Hal tersebut bermula dari Simulator Cessna 172 SP G1000, Computer Flight Training Devices, Computer Pilot Training, hingga Full Flight. Dari teknologinya ternyata sudah mempunyai sertifikat oleh FAA. Kemudian, pesawat latihnya juga sudah mengadopsi dari teknologi Glass Cockpit.

Selain itu, peserta didik juga akan berlatih keterampilan mengemudi pesawat di beberapa bandara nasional. Lalu, terkait biaya pendidikannya tergantung pada program yang akan peserta didik tempuh. Adapun biayanya dari 770 juta rupiah sampai 865 juta rupiah selama 12 bulan.

Itulah ulasan terkait penjelasan mengenai biaya sekolah pilot terbaik di Indonesia yang perlu kamu ketahui. Dengan adanya informasi tersebut, maka orang-orang yang bercita-cita ingin menjadi pilot bisa mewujudkannya. Selain itu, melalui penjelasan tersebut juga, maka orang-orang bisa memperkirakan biayanya.

Dari adanya informasi biaya tersebut, para calon pilot tidak perlu merasa bingung lagi untuk mengejar cita-citanya. Hal itu juga karena uang yang telah keluar tersebut akan sebanding dengan fasilitas dan program pelatihan yang sangat berkualitas.

 Baca Juga: Struktur Organisasi Sekolah dan Tanggung Jawabnya

Tinggalkan komentar