Common And Proper Noun, Kenali Lebih Dekat Pengertian dan Tujuannya!

Mungkin Anda masih sering bingung dengan Common and Proper Noun. Sebenarnya kedua istilah ini merupakan pembagian yang paling dasar antara kata kerja dan kata benda. Kedua hal ini tentunya juga memiliki perbedaan yang harus Anda ketahui ketika ingin menggunakan keduanya.

Meskipun jika diartikan dalam bahasa Indonesia keduanya memang merujuk pada kata benda, namun Common lebih merujuk pada kata benda umum yang digunakan dalam bahasa Inggris. Sedangkan untuk proper noun merujuk pada kata benda yang lebih spesifik seperti seseorang, benda, ataupun tempat.

Dari sini tentunya kita dapat sedikit paham bahwa antara Common and Proper Noun memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Meskipun keduanya memang digunakan untuk menjelaskan kata benda dalam bahasa Inggris, namun Anda tidak bisa asal-asalan dalam menggunakannya.

Karena tentunya ketika Anda asal-asalan dalam menggunakan keduanya, hal ini dapat berpengaruh terhadap arti atau makna dari kalimat yang Anda buat. Karena memang dalam penggunaan keduanya memiliki perbedaan dan mungkin belum semua orang mengetahui hal ini, karena sebagian orang mungkin menyangka keduanya ini sama saja.

Common And Proper Noun Kenali Lebih Dekat Pengertian, dan Tujuannya!
unsplash.com

Pengertian Common and Proper Noun

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya jika kita terlebih dahulu membahas mengenai pengertian antara common dan proper noun agar Anda lebih paham antara keduanya. Dari sini nantinya Anda akan jauh lebih mudah dalam memahami common noun dan proper noun dengan baik dan benar.

Memang perbedaan paling mencolok antara Common and Proper Noun adalah spesifik dan umum, namun ada beberapa kata umum yang tidak memiliki spesifik. Misalkan debu, kata ini hanya umumnya harus Anda gunakan untuk common noun, karena kata debu tidak memiliki spesifik atau proper noun.

Sedangkan ada beberapa kalimat yang termasuk common dan bisa kita masukkan proper noun, misalnya menyebutkan air terjun. Nah, kata air terjun ini memiliki kata spesifik, misalnya Niagara Falls, agar lebih jelas sebaiknya Anda juga memahami pengertian keduanya.

Karena dari pengertian ini Anda sudah tahu secara sempit bagaimana menggunakan common dan proper noun dalam sebuah kalimat. Nah agar lebih jelas, di bawah ini pengertian common noun dan proper noun yang harus Anda tahu.

Pengertian Common Noun

Pengertian Common and Proper Noun yang pertama adalah command yang merupakan kelompok nomina yang memiliki kemiripan atau sejenis, namun tidak dijelaskan dengan spesifik. Common ini merupakan sekelompok kata benda yang memiliki kemiripan seperti nama orang, tempat, benda, dan sebuah gagasan secara umum.

Biasanya common ini tidak memberikan nama secara spesifik, sehingga penulisannya pun tidak menggunakan huruf kapital, kecuali jika kata tersebut di awal kalimat. Misalnya seperti kata singer, tower, restaurant, zoo, beach, dan lain sebagainya.

Biasanya common ini menggunakan kalimat yang tidak menyebutkan sesuatu secara spesifik, makanya kalimat yang digunakan juga tidak harus menggunakan awalan huruf kapital. Namun hal ini dikecualikan apabila kalimat tersebut diletakkan pada awal kalimat, karena memang dalam sebuah kalimat awalnya harus menggunakan huruf kapital.

Contoh kata common noun misalnya actres, writer, president, teacher, school, city, street, building, zoo, movie, book, dan masih banyak lagi. Tentunya kata-kata ini tidak menjelaskan tempat, orang, dan kata lainnya dengan lebih spesifik.

Pengertian Proper Noun

Sedangkan pengertian Common and Proper Noun untuk proper noun merupakan kumpulan nama-nama orang, tempat, benda, atau hiasan yang lebih spesifik. Berbeda dengan common, ketika Anda menuliskan kalimat proper noun maka Anda harus menggunakan huruf kapital, biasanya kata benda ini juga digunakan untuk hal tertentu.

Misalnya seperti nama institusi, organisasi, hari, bulan, bangsa, agama, dan tempat. Dalam bahasa Indonesia pun kata benda ini juga harus dituliskan menggunakan huruf kapital di awal. Namun meski keduanya berbeda, sebenarnya Common and Proper Noun ini saling berhubungan, jadi common noun ini juga memiliki proper nounnya sendiri.

Nah, jika dalam common noun hanya menyebutkan tempat lebih umum, maka saat Anda menggunakan proper noun Anda harus menjelaskan tempat tersebut. Misalnya jika Anda menyebutkan actres maka Anda juga harus menyebutkan secara spesifik nama artis tersebut.

Hal ini juga berlaku untuk nama tempat, orang, dan hal lainnya yang harus disebutkan dengan lebih spesifik serta rinci. Makanya, proper noun ini harus menggunakan awalan huruf kapital karena menyebutkan nama orang, tempat, dan sesuatu yang memang sudah seharusnya ditulis dengan awalan kapital.

Perbedaan Common Noun dan Proper Noun

Nah, dari pengertian Common and Proper Noun diatas tentu Anda akan paham apa itu Common and Proper Noun. Biasanya dalam common noun menyebutkan sesuatu secara umum. Misal ingin mendeskripsikan salah satu aktor, maka hanya akan menggunakan an actress, tentunya hal ini tidak menjelaskan secara spesifik.

Sedangkan dalam proper noun biasanya akan disebutkan secara spesifik, begitu pula dengan tempat, biasanya dalam penyebutan tempat menggunakan common hanya menyebutkan secara umum. Misalnya restoran tentu ini belum menjelaskan informasi dengan rinci, berbeda dengan proper biasanya akan menyebutkan nama tempat dengan lebih spesifik.

Jadi ketika Anda ingin menggunakan common Anda harus menggunakan kalimat yang menjelaskan sesuatu secara umum. Sedangkan ketika Anda ingin menggunakan proper noun berarti Anda harus menjelaskan kata benda tersebut secara lebih spesifik.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa common noun dan proper noun adalah sesuatu yang berbeda meskipun keduanya memang sama-sama bermakna kata benda. Karena common noun biasanya hanya menjelaskan kata benda dengan cara umum, sedangkan proper noun biasanya menjelaskan kata benda secara lebih spesifik.

Penggunaan Imbuhan The pada Proper Noun

Common and Proper Noun ini juga memiliki perbedaan soal penggunaan imbuhan, di beberapa kalimat proper noun biasanya akan menggunakan imbuhan the. Penggunaan imbuhan the ini biasanya berada di awal kalimat sebelum menyebutkan kata benda.

Namun jika Anda ingin melakukan hal ini ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, karena tentu tidak sembarangan kata benda yang bisa kita sisipkan sebuah awalan “the”. Nah, jika Anda ingin menggunakan awalan ini, perhatikan beberapa syarat-syarat berikut.

Sebelum Nama Geografis

Penggunaan imbuhan the pada Proper Noun in biasanya kita gunakan sebelum penggunaan nama geografis. Misalnya seperti gunung, gurun, pantai, sungai, taman, dan beberapa tempat lain yang memiliki unsur geografis.

Misalkan seperti the Gobi, the Himalaya, dan beberapa tempat yang berunsur geografi lainnya. Namun dalam penyebutan nama geografis ini tentunya harus spesifik. Karena kita akan membahas tentang proper noun  yang mana mengharuskan kita menyebutkan kata benda secara spesifik.

Sebelum Nama Jamak

Setelah mengetahui perbedaan Common and Proper Noun, Anda juga harus mengetahui penggunaan imbuhan the pada proper noun. Apabila Anda ingin menggunakan imbuhan the pada proper noun Anda harus menggunakannya sebelum nama-nama jamak.

Nama jamak ini mencakup keluarga, kelompok danau, pegunungan, hingga kepulauan. Oleh karena itu, tentunya penyebutannya pun harus secara spesifik. Misalnya seperti the Hudsons, the Great lakes, the One Thousand Island, dan masih banyak lagi.

Sebelum Menyebutkan Nama yang Spesifik

Dalam Common and Proper Noun Penggunaan the pada proper noun ini biasanya juga banyak yang menyematkannya sebelum menyebutkan nama yang lebih spesifik dalam sebuah kalimat. Misalnya seperti peristiwa penting, jabatan, fasilitas umum, surat kabar atau lembaga tertentu, yang mereka sebutkan secara lebih spesifik.

Nah, dalam proper noun memang kita harus menyebutkan nama sesuatu dengan lebih spesifik lagi, Anda bisa menambahkan kata the ini sebelum menyebutkan nama spesifik tersebut. Misalnya seperti the Round, the Istiqlal Mosque, the Jakarta post, the Legislative Assembly, dan beberapa kata benda spesifik lainnya.

Sebelum Kata Benda

Common and Proper Noun merupakan sebuah kata benda. Jadi, jika Anda menggunakan proper noun Anda bisa menambahkan the pada awal sebelum menyebutkan kata benda. Namun tentunya tidak semua kata benda bisa juga Anda awali dengan the, hal ini juga harus memenuhi syarat tertentu.

Biasanya penggunaan the ini lazim untuk Anda gunakan sebelum menyebutkan kata benda yang terdapat preposition  dan biasanya berawalan of. Misalnya seperti the city of Amerika dan beberapa contoh lainnya asalkan kalimat tersebut menjelaskan kata lebih sepesifik dan menggunakan awalan of.

Contoh Kalimat Common Noun dan  Proper Noun

Agar Anda lebih paham lagi tentang Common and Proper Noun tentunya Anda juga harus melihat contoh secara langsung. Sehingga Anda bisa mengetahui penggunaan common noun dan proper noun yang baik dan benar itu seperti apa.

Kalimat Common Noun

Untuk kalimat Common and Proper Noun khusus  common noun sendiri seperti yang telah tersampaikan sebelumnya mengandung pengertian kata benda yang harus kita jelaskan secara umum. Berarti ketika Anda ingin membuat kalimat yang berunsur common noun Anda harus menggunakan kalimat yang bisa bermakna umum atau kurang spesifik.

Agar lebih jelas berikut ini beberapa contoh penggunaan common noun yang harus Anda tahu.

Contoh 1: I live in an hotel located in Yogyakarta.

Dalam contoh pertama tersebut an hotel merupakan common noun karena tidak menjelaskan secara spesifik. Padahal di Yogyakarta tentu ada banyak sekali hotel yang berdiri. Namun dalam common noun biasanya hanya menyebutkan sebuah tempat tanpa menjelaskan namanya.

Contoh 2: She told me that she wanted to be a lecturer.

Selanjutnya dalam contoh kedua ini kalimat yang termasuk dalam common noun adalah a lecturer. Karena hanya menyebutkan jabatan saja. Padahal tentu dalam sebuah universitas ada banyak sekali dosen pengajar. Ini tentunya cukup menjelaskan bahwa common noun hanya boleh menjelaskan secara umum saja.

Kalimat Proper Noun

Contoh Common and Proper Noun ini tentunya harus Anda pahami dengan baik, selanjutnya kita akan membahas contoh kalimat proper noun. Seperti yang kita ketahui jika common noun menjelaskan sesuatu secara umum, maka proper noun menjelaskan sesuatu secara lebih spesifik lagi.

Untuk itu, berikut ini beberapa contoh kalimat yang mengandung proper noun dan harus Anda ketahui.

Contoh 1: I live in the the Grand Inna Malioboro located in Yogyakarta.

Pada contoh pertama ini tentunya sudah jelas bahwa kalimat tersebut mengandung proper noun karena menjelaskan sesuatu secara lebih spesifik. Jika pada contoh common tadi hanya menyebutkan hotel, maka contoh proper noun ini menyebutkan nama hotel tersebut dengan lebih spesifik.

Contoh 2: I love watching Doraemon.

Untuk contoh 2 ini juga menjelaskan sesuatu dengan lebih spesifik, karena kalimat tersebut menjelaskan bahwa orang tersebut senang menonton Doraemon. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa kalimat tersebut termasuk proper noun.

Penggabungan Common Noun dan Proper Noun

Sebenarnya penggunaan Common and Proper Noun ini bisa saja jika ingin kita gabungkan menjadi satu kalimat yang utuh dalam beberapa kondisi. Namun tentunya Anda juga harus memperhatikan hal ini dengan benar, Berikut ini ada beberapa contoh kalimat gabungan antara common noun dan proper noun.

Contoh 1: My brother and I love to play music.

Contoh 2: Our first president, Soekarno, had eleven children.

Dalam contoh 2 gabungan Common and Proper Noun tersebut menjelaskan bahwa presiden pertama kita Soekarno, memiliki 11 orang anak. Dari sini Anda pasti sudah mulai paham mana kata yang berunsur common noun dan kata yang memiliki proper noun.

Kalimat our first president Soekarno dalam contoh tersebut dapat kita masukan dalam kalimat proper noun karena menjelaskan secara spesifik. Sedangkan untuk kalimat selanjutnya had eleven children tersebut bisa kita terapkan ke dalam kalimat proper noun karena tidak menjelaskan secara spesifik dan rinci.

Memang jika kita amati secara sekilas materi ni cukup mirip dengan materi yang berada dalam bahasa Indonesia. Sehingga biasanya hal ini juga memiliki sebutan dengan kata umum dan kata khusus.  Ketika Anda paham tentang hal ini jika menggunakan kalimat bahasa Indonesia, tentu tidak akan sulit mengubahnya dalam bahasa Inggris.

Ciri-Ciri Common Noun

Ciri-ciri Common and Proper Noun ini juga bisa menjadi cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui perbedaan penggunaan keduanya. Biasanya dalam kalimat yang mengandung common noun tidak menamai kalimatnya secara spesifik. Karena hal inilah awalan katanya tidak menggunakan huruf kapital.

Biasanya common noun ini juga hanya menggunakan huruf kapital pada awal kalimat saja, karena memang tidak menyebutkan nama orang, nama tempat, dan lainnya. Untuk itu ketika Anda ingin menulis kalimat common noun, Anda tidak boleh menyebutkan tempat atau orang dengan spesifik.

Anda harus menggunakan kalimat yang bermakna umum tanpa harus menyebutkan nama tempat, nama orang, jabatan, hingga instansi. Jika Anda masih merasa bingung bisa melihat beberapa contoh di atas sebelum memulai untuk membuat kalimat common noun.

Ciri-ciri Proper Noun

Common and Proper Noun selanjutnya adalah ciri-ciri proper noun, biasanya penggunaan proper noun dalam sebuah kalimat hanya berjumlah dua kata saja. Selain itu, Anda juga harus menggunakan awalan huruf kapital setiap menyebutkan proper noun.

Karena dalam proper noun ini Anda harus menyebutkan nama instansi, orang, atau tempat lainnya dengan lebih spesifik. Sehingga biasanya kalimat proper noun ini menjelaskan sesuatu secara rinci seperti alamat, nama orang, benda, instansi, dan jabatan seseorang.

Penggunaan huruf kapital pada awalan kalimat seperti proper noun ini sebenarnya juga bisa Anda temukan dalam kalimat bahasa Indonesia. Dengan ini tentunya belajar bahasa Inggris tidak akan sesulit yang Anda bayangkan sebelumnya, karena nyatanya hal ini mudah untuk dipelajari.

Common and Proper Noun ini juga bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari, sehingga Anda bisa mudah mengingat perbedaan keduanya. Dengan rajin berlatih pasti Anda tidak akan kesulitan dalam membedakan kedua kalimat ini, apalagi jika terus mengikuti ulasan dari visitpare.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.