Mengenal Istilah Makan Pagi, Makan siang, Makan Sore dan Malam dalam Bahasa Inggris

Memahami istilah makan pagi, makan siang, makan sore dan malam dalam bahasa Inggris adalah hal yang penting untuk kamu kuasai. Sebab, makan merupakan hal orang lakukan setiap hari dan sering menjadi pembahasan dalam  basa-basi conversation. Yuk, kenali masing-masing mealtime di bawah ini!

Mealtime (Waktu Makan)

Menggunakan Istilah Makan dalam Bahasa Inggris

Mengenal berbagai istilah dasar terkait waktu makan atau mealtime adalah hal yang krusial, sebab belajar bahasa Inggris harus dimulai dari kegiatan sehari-hari atau hal rutin yang biasa dilakukan, Nah, berikut adalah pembahasan singkatnya. 

Baca juga : Materi Telling Time untuk Sekolah Dasar Terlengkap

Makan Pagi

Dalam bahasa Indonesia, sarapan adalah satu-satunya sebutan yang mengacu pada makan pagi. Hal ini berbeda dengan bahasa Inggris yang memiliki lebih banyak variasi kata. Ini adalah beberapa istilah dalam bahasa Inggris yang bisa kamu pakai menyatakan makan pagi:

1. Breakfast (Sarapan)

Ini merupakan makanan pertama yang orang santap di pagi hari, umumnya pukul enam hingga sembilan pagi. 

Contoh:

My mom makes strawberry toast for breakfast.

(Ibuku membuat roti panggang stroberi untuk sarapan)

2. Brunch (Selingan)

Kata brunch merupakan kombinasi antara kata breakfast (sarapan) dan juga kata lunch (makan siang). Kamu bisa menggunakan kata brunch untuk menyatakan kegiatan makan pagi yang kamu lakukan pada pukul sepuluh hingga 12 siang. 

Contoh:

I forgot to get my breakfast. Let’s grab some brunch!

(Aku lupa untuk membeli sarapan. Ayo beli makanan selingan)

3. Elevenses (Kudapan Pagi)

Elevenses mengacu pada kegiatan memakan camilan yang orang lakukan di sesudah sarapan dan sebelum makan siang. Umumnya adalah pukul 11 pagi. 

Contoh:

I buy cookies and a cup of coffee for elevenses.

(Saya membeli kue dan secangkir kopi untuk kudapan pagi)

Makan Siang

Makan siang bahasa Inggrisnya adalah lunch. Ucapan makan siang bahasa Inggris ini bisa kamu katakan jika ingin menyatakan kegiatan makan yang kamu lakukan pukul 12 hingga 2 siang.

Contoh:

It had been a while since I had fried chicken for my lunch. 

(Sudah lama sejak saya makan ayam goreng untuk makan siang saya)

Makan Sore

Biasanya orang Indonesia akan makan sore dengan memakan camilan seperti gorengan yang ditemani oleh secangkir teh atau kopi. Nah, makan sore ini juga biasa orang barat lakukan.  Istilah makan sore dalam bahasa Inggris adalah tea time

Jika orang Indonesia menikmati gorengan, maka mereka menikmati sore harinya dengan memakan biskuit atau kue. Umumnya kegiatan makan sore ini mereka lakukan pukul empat hingga lima sore. 

Contoh:

A slice of brownies is perfect for my tea time. 

(Sepotong brownies sangat cocok untuk waktu minum tehku)

Istilah Makan Malam

Apa istilah makan malam dalam bahasa Inggris? Untuk menyatakan makan malam, kamu bisa menggunakan dua istilah, yakni:

1. Dinner

kegiatan makan malam dengan menu makanan utama yang cukup berat dan mengenyangkan. Biasanya orang melakukannya sekitar jam 7 hingga jam 9 malam.

Contoh:

Dinner will be ready at 8 pm. 

(Makan malam akan siap pukul 8)

2. Supper

Kegiatan makan malam yang orang lakukan umumnya setelah waktu dinner atau larut malam. Umumnya makanan yang dimakan adalah camilan ringan atau kudapan yang tidak terlalu mengenyangkan. 

Contoh:

I bought these chips for my supper.

(Aku membeli keripik ini untuk cemilan makan malamku.)

Itulah istilah makan pagi, makan siang, makan sore dan malam dalam bahasa inggris. Yuk, pelajari dan juga latih penggunaannya dalam conversation sehari-hari, agar makin fasih berbahasa Inggris!

Tinggalkan komentar