Contoh Kalimat Formal dan Informal Bahasa Inggris untuk Percakapan

Ketika mempelajari suatu bahasa, ada begitu banyak elemen yang harus kamu perhatikan. Tak terkecuali untuk bahasa Inggris. Memperkaya kosakata saja tidak akan cukup. Sebab, kamu juga perlu memahami bagaimana penggunaan kalimat, termasuk kalimat formal dan informal bahasa Inggris untuk percakapan.

Pada dasarnya, sama dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris pun memiliki ragam kalimat formal dan informal. Ambil saja contoh ketika kamu sedang berbicara dengan dosen atau berpidato di depan khalayak umum.

Bacaan Lainnya

Tentu bahasa yang kamu gunakan tidak sama ketika mengobrol santai dengan teman sebaya atau keluargamu, bukan? Lalu, bagaimana cara membedakan kalimat formal dan informal dalam bahasa inggris?

Kalimat Formal

Contoh kalimat formal bahasa Inggris

Mungkin kamu memiliki pertanyaan seperti, mengapa penting mempelajari bahasa Inggris formal dan informal. Bagi yang belum terbiasa, mungkin akan bingung ketika membedakan kalimat formal dan informal dalam percakapan.

Komunikasi formal pada umumnya mengacu pada alur informasi resmi melalui rute yang telah ditentukan sebelumnya. Ragam bahasa formal biasanya diperlukan saat berbicara dengan atasan di tempat kerja, guru di sekolah, orang yang lebih tua, dan tempat-tempat lain yang memerlukan dialog resmi. 

Dalam bahasa formal, biasanya tidak digunakan singkatan seperti can’t, haven’t, shouldn’t, dan lainnya, melainkan ditulis secara lengkap. Begitu juga dengan penggunaan kata slang. Memang, kata-kata slang penting untuk menambah kosakata agar lancar berbahasa Inggris. Namun ingat, untuk bahasa formal sebaiknya dihindari.

Kalimat Informal

Contoh kalimat informal bahasa Inggris

Berbeda dengan percakapan formal, di sini kamu bisa lebih santai dalam pemilihan kosakata ataupun bagaimana percakapanmu mengalir. Komunikasi informal umumnya bersifat interpersonal dan lebih santai sehingga kamu tidak harus menggunakan kata-kata baku.

Kalimat formal biasanya akan kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari dengan teman sekelas, saudara di rumah, dan keluarga. Tidak ada aturan yang mengikat soal penggunaan kosakatanya sehingga kamu bisa memakai singkatan frasa maupun slang.

Contoh Kalimat Formal dan Informal

Cara menggunakan kalimat formal dan informal bahasa Inggris untuk percakapan

Dari penjelasan di atas, langsung saja kita lihat contoh perbedaan penggunaan kalimat formal dan informal.

Formal Informal
Good morning, ladies and gentlemen. How are you? Hello guys, how are you doing?
The improvements cannot be introduced due to funding restrictions. Improvement can’t be introduced due to funding restrictions.
The school principal will not come today. The school principal won’t come today
The manager recovered from his illness. The manager got over his illness.
The crowd was very rowdy during the protest against the new policy. The mob was very rowdy during the protest against the new policy.
It was raining so heavily that  it caused landslides. It was raining cats and dogs that caused landslides.
Could you kindly inform me where I should sit? Where should I sit?
Could you tell me what her name is? What is her name?
A: What floor would you like to stay on?

B: Sixth, please.

A: Beautiful weather we’re having, isn’t it?

B: Yes, I enjoy hot weather

A: Well, have a nice day.

A: What floor will you stay on?

B: Sixth, please.

A: Great weather, isn’t it?

B: Yes, I really love hot weather

A: Well, have a good day.

A: Good evening. How are you?

B: Fine, thank you. And you?

A: Fine, thanks.

B: Oh No. I have to be going. I have to attend the class at nine.

A: It was nice to meet you.

A: Hi. How is it going?

B: Not bad. How about you?

A: Great.

B: Uh oh. I’ve got to get moving. I’ve got a class at nine.

A: It was great seeing you.

 Baca Juga: Tips Meningkatkan Kemampuan Speaking Bahasa Inggris!

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kamu sudah bisa melihat perbedaan contoh dialog formal bahasa inggris jika dibandingkan dengan dialog informal bahasa Inggris. Untuk itu, jangan sampai kamu berbicara dengan atasan atau manajer dengan kata-kata kasual karena bisa-bisa dianggap tidak sopan.

Terkait bagaimana cara agar bisa memperkaya bahasa formal dan informal, kamu harus lebih banyak membaca dan sering-sering latihan speaking Bahasa Inggris.  Tidak ada jalan pintas memang. Akan tetapi, bukan hal yang mustahil bagi siapa saja untuk menguasai kalimat formal dan informal bahasa Inggris dalam percakapan. Selamat mencoba!