Sebagai bahasa internasional, kemampuan bahasa Inggris sudah menjadi satu kewajiban di dunia kerja. Terlebih lagi jika menyangkut perusahaan multinasional dengan kantor dan jaringan di seluruh dunia. Manfaat tes TOEIC salah satunya adalah mengukur kesiapan seseorang untuk masuk ke pergaulan international. 

Bisa dibayangkan tuntutan bagi pekerja di perusahaan multinasional yang memiliki klien dari berbagai negara. Komunikasi dalam bahasa Inggris tentu akan menjadi makanan sehari-hari. Akan sangat menyulitkan, baik bagi perusahaan maupun pekerjanya sendiri, jika ada kekurangan dalam kemampuan komunikasi.  

Kegunaan Mengikuti Tes TOEIC 

Manfaat Tes TOEIC Untuk Masa Depan

Tentunya semua peserta tes TOEIC ini bertujuan untuk mendapatkan sertifikat dengan skor tinggi. Semua ini karena semakin banyak perusahaan internasional yang menggunakan sertifikat TOEIC sebagai syarat melamar kerja. 

Namun, pasti muncul pertanyaan jika sama-sama mengukur kemampuan berbahasa Inggris maka apa gunanya TOEIC jika dibandingkan dengan TOEFL dan IELTS. Meskipun semua tes tersebut bermanfaat, namun tentunya ada beberapa perbedaan.

Baca juga : Cara Lulus Tes TOEIC dengan Skor Tinggi

Berikut ini beberapa manfaat mengikuti TOEIC:

1. Membuktikan Kemampuan Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris

Memiliki sertifikat TOEIC menunjukkan kemampuan untuk berbicara dengan penutur asli bahasa Inggris, baik secara langsung ataupun tak langsung. Semakin tinggi skornya, maka semakin menunjukkan bahwa keterampilan berkomunikasi seseorang dalam bahasa Inggris semakin bagus.

2. Membuka Kesempatan Kerja yang Lebih Luas

Semakin banyak perusahaan, terutama yang bertaraf internasional yang menjadikan sertifikat TOEIC sebagai syarat lamaran kerja. Oleh karena itu, memiliki sertifikat TOEIC membuka peluang kerja yang lebih besar untuk kamu.

3. Kesempatan Melanjutkan Belajar ke Luar Negeri

Selain IELTS dan TOEFL, TOEIC pun juga menjadi salah satu syarat bagi calon murid yang mendaftar sekolah ke luar negeri. Tak sedikit universitas yang juga menerima sertifikat TOEIC. 

4. Mendapatkan Kesempatan Promosi Kerja

Semakin tinggi jabatan maka semakin sering pula interaksi seseorang dengan calon klien atau kolega dari luar negeri. Kini kemampuan berkomunikasi dalam bahasa internasional menjadi pertimbangan bagi banyak perusahaan dalam menaikkan jabatan. Oleh karena itu TOEIC bisa berguna untuk seseorang yang sedang mengejar promosi kerja.

5. Menjadi Syarat Kelulusan Kuliah

Tak jarang mahasiswa harus menyertakan bukti kemampuan bahasa Inggris saat akan lulus. Tak hanya TOEFL dan IELTS, tapi sertifikat IELTS pun bisa digunakan untuk keperluan ini. 

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Jika meraih skor tinggi dalam tes TOEIC, sudah pasti kamu akan mendapat tambahan rasa percaya diri saat berbicara dalam bahasa Inggris, kan? Keberhasilan meraih skor tinggi ini akan memberikan keyakinan diri seseorang akan kemampuan memahami dan merespon ucapan penutur asli bahasa Inggris. 

Pada praktiknya, TOEIC lebih sering digunakan saat melamar pekerjaan. Mengikuti tes TOEIC online bersertifikat, tentunya akan meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan. 

Tips Meraih Skor TOEIC Tinggi 

Manfaat Tes TOEIC yang Perlu Diketahui

Memiliki sertifikat TOEIC dengan skor tinggi akan membuka lebih banyak pintu kesempatan kerja. Sudah menjadi rahasia umum jika pihak perusahaan akan lebih mempertimbangkan pelamar dengan skor TOEIC tinggi.  

Tak hanya itu saja, mengikuti tes TOEIC dapat memberikan gambaran tingkat penguasaan bahasa Inggris. Jika ingin bergabung ke perusahaan multinasional, maka tak heran jika ada batasan skor TOEIC minimal sebagai salah satu syaratnya. 

Oleh karena itu tak heran jika banyak pelamar yang berusaha meraih skor TOEIC tinggi. Memperbanyak latihan adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa. Ada beberapa cara untuk membiasakan diri dengan bahasa asing ini agar berhasil meraih minimal score TOEIC untuk kerja

  • Perbanyak Latihan Percakapan dalam Bahasa Inggris 

Kamu bisa berlatih dengan mencari teman atau partner untuk belajar bersama. Atau, kamu juga bisa merekam diri sendiri saat berbicara. Dengan banyak mempraktikkan speaking, maka ini membantu akan mengasah pengucapan dan intonasi. 

  • Belajar Mendeskripsikan Gambar 

Jika melihat contoh tes TOEIC, banyak soal terkait deskripsi gambar. Karenanya, penting untuk membiasakan diri agar mudah menjawab soal tes. 

  • Mendengarkan Berita, Film, atau Musik Berbahasa Inggris 

Pendengaran pun harus dilatih agar terbiasa untuk memahami ucapan bahasa Inggris. Ucapan dari penutur asli bahasa Inggris terkadang berbeda sehingga kamu harus membiasakan diri. Untungnya, banyaknya pilihan film, musik, ataupun berita saat ini bisa memudahkanmu untuk melatih pendengaran.  

Baca juga : Cara Mengerjakan Tes TOEIC, Bisa Tembus Skor 600!

Latih diri agar terbiasa dengan bahasa Inggris. Kemampuan berkomunikasi hanya akan terasah jika sering dipakai. Manfaat tes TOEIC yang terutama adalah untuk membuka kesempatan berkarier. Terus berlatih dan dapatkan nilai tinggi dalam tes TOEIC.  

Bagikan: