Peraturan Penulisan Judul dalam Bahasa Inggris yang Benar

Pada dasarnya, menulis adalah satu di antara sekian cara untuk berkomunikasi. Itu kenapa pada saat belajar sebuah bahasa baru, kamu perlu tahu bagaimana cara menulis dengan benar ketika memakai bahasa tersebut. Misalnya seperti bagaimana penulisan judul dalam bahasa Inggris yang benar.

Sebab, dalam banyak jenis tulisan, judul memegang peranan yang sangat vital. Misalnya seperti di dalam artikel, essay, dan bahkan di penulisan judul skripsi dalam bahasa Inggris

Karena alasan tersebut, inilah cara penulisan judul yang benar seperti apa di dalam bahasa Inggris!

Kata yang Memakai Huruf Kapital

Tips Penulisan judul dalam bahasa Inggris

Poin utama yang perlu kamu ketahui agar dapat menulis judul dengan benar adalah dengan memahami kata apa saja yang wajib memakai huruf kapital. Pastinya, kamu ingin tahu dan penasaran, mengapa penting untuk menggunakan kapitalisasi yang tepat dalam penulisan bahasa Inggris?

Jawabannya adalah karena kamu dapat membaca dan memahami sebuah tulisan dengan lebih mudah jika tulisan tersebut memakai huruf kapital yang tepat. Hal ini juga berlaku pada saat kamu membaca judul di dalam tulisan tersebut. Jadi, jelas, kamu harus tahu aturan yang benar itu seperti apa.

Perlu kamu tahu jika ada beberapa jenis kata yang bisa membentuk suatu kalimat. Mungkin, kamu mengenal kata tersebut sebagai kata benda, kata kerja, dan lain sebagainya. Di dalam bahasa Inggris, kamu menyebutnya sebagai noun, verb, dan lain-lain. 

Karena jenis kata itu ada banyak, kamu harus tahu apakah penulisan suatu kata bahasa Inggris kapital atau tidak di dalam judul sesuai dengan jenis katanya. Berikut adalah jenis kata yang wajib memakai huruf kapital!

1. Pronomina

Apakah kamu sudah familiar dengan pronomina? Di dalam bahasa Inggris, kamu akan mengenal kata ini sebagai pronoun. Biasanya, kamu memakai kata jenis ini untuk mengganti nama orang. Misalnya seperti I, you, we, they, he, she, it, me, us, them, him, her, my, your, our, their, his, dan its.

Berikut adalah contoh judul bahasa Inggris dengan penulisan pronomina yang tepat!

8 Interesting Facts about London that You Need to Know

2. Nomina

Di samping pronomina, pada saat memakai kata nomina atau noun, kamu pun wajib memakai huruf kapital. Misalnya seperti bed, car, tree, window, door, dan benda-benda lain. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut!

The Woman that I Saw across a Windows

3. Kata Kerja

Lalu, kamu pun perlu memakai huruf kapital pada saat menulis judul dengan memakai kata kerja atau verb. Misalnya seperti work, walk, talk, watch, run, cook, dan lain-lain, seperti contoh judul berikut!

How to Cook Spaghetti in an Easy Way

4. Kata Kerja Bantu

Kemudian, penulisan kata kerja bantu seperti am, is, are, have, had, dan lain-lain juga perlu memakai huruf kapital. Misalnya seperti contoh judul berikut!

The Reason Why I Am Living

5. Adverbia

Pada saat menulis kata jenis adverbia atau adverb seperti quickly , slowly, always, dan lain-lain, kamu pun pastinya perlu menggunakan huruf kapital. Misalnya seperti contoh judul berikut!

How Overthinking will Slowly Kill You

6. Kata Sifat

Selanjutnya, kamu pun perlu memakai huruf kapital pada saat menulis kata sifat atau adjective di dalam judul. Misalnya seperti pretty, handsome, smart, dan lain-lain. Berikut contohnya!

6 Reason Why Concert Tickets are Expensive

Kata yang Tidak Memakai Huruf Kapital

Panduan Penulisan judul dalam bahasa Inggris

Setelah kamu tahu kata apa saja kata yang wajib memakai huruf kapital, berikut adalah kata yang tidak boleh memakai huruf kapital!

1. Konjungsi

Sama seperti di bahasa Indonesia, pada saat menulis dengan bahasa Inggris pun kata hubung atau konjungsi tidak kamu tulis dengan huruf kapital. Misalnya seperti and, for, then, dan lain-lain. Berikut contoh judulnya!

Tragic Love Story between Romeo and Juliet

2. Artikel

Lalu, artikel a, an, dan lain-lain juga tidak boleh memakai kapital. Berikut adalah contohnya!

The Story about a Cat

3. Preposisi

Kemudian, preposisi seperti kata on, at, behind, between, dan lain-lain juga tidak boleh memakai huruf kapital. Misalnya seperti judul berikut!

Something I Keep behind Closed Door

Pengecualian dalam Penulisan Judul

Namun, perlu kamu catat jika ada satu pengecualian pada saat kamu menulis judul. Jadi, ketika kamu menulis konjungsi, artikel, dan juga preposisi setelah tanda titik dua (:), maka kata tersebut harus kamu tulis dengan huruf kapital. Contohnya adalah sebagai berikut!

Tragic: A Love Story between You and Me

Dalam menuliskan judul, aturan penulisan judul dalam bahasa Inggris yang benar juga wajib diperhatikan. Selain itu, pastikan kamu membuat judul yang menarik dan menarik minat pembaca.

Tinggalkan komentar