Pada saat kamu memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Inggris, terkadang kamu perlu menyebutkan tingkatan kelas kamu apa dan kamu kelas berapa. Hanya saja, memang masih banyak orang yang belum tahu cara penulisan kelas dalam bahasa Inggris. Padahal, itu penting untuk kamu ketahui. 

Tidak hanya kelas kamu sekarang, kamu pun pastinya harus tahu apa bahasa Inggrisnya kelas untuk semua tingkatan. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung ketika kamu naik kelas atau ketika kamu harus menjelaskan kelas orang lain. Lalu, kamu pun juga harus tahu apa saja nama untuk kelas jurusan tertentu. 

Karena itu, berikut adalah apa saja nama-nama tingkatan kelas dalam bahasa Inggris dan cara penulisannya yang benar!

Tingkatan Kelas secara Umum

Cara Menulis Kelas Secara Umum dalam Bahasa Inggris

Halo, nama saya Rosie dan saya kelas 7 SMP. Jika kalimat tersebut kamu terjemahkan ke dalam bahasa Inggris, apa yang harusnya kamu tuliskan? Pastinya, ada masih banyak orang yang bingung tentang bagaimana cara menuliskan kalimat tersebut karena tidak tahu apa bahasa Inggris dari kelas

Bila kamu adalah satu di antaranya, maka kamu perlu tahu jika kelas dalam bahasa Inggris artinya adalah “class” atau “grade”. Hanya saja, pada umumnya, kata “class” merujuk ke bangunan kelas. Sedangkan kata “grade” lebih merujuk ke tingkatan kelas. 

Sehingga, untuk kalimat di atas terjemahannya dalam bahasa Inggris adalah “Hello, my name is Rosie and I’m in 7th grade of Junior High School”. Penting untuk kamu catat jika bahasa Inggrisnya kelas 7 adalah “7th grade” dan bukan “7 grade”. Pun begitu dengan tingkatan kelas yang lain di dalam bahasa Inggris.

Sehingga, bahasa Inggrisnya kelas 1 adalah 1st grade, kelas 2 adalah 2nd grade, kelas tiga adalah 3rd grade, kelas empat adalah 4th grade, dan lain-lain. Sebenarnya, kamu pun juga bisa memperkenalkan diri dengan kata-kata “aku anak kelas 4”. Bahasa Inggris kalimat itu adalah “I’m a 4th grader”. 

Lalu, bagaimana dengan tingkatan sekolah? Berikut adalah nama-nama dari tingkatan sekolah yang perlu kamu ketahui! 

  • PAUD = Preschool
  • TK = Kindergarten
  • SD = Elementary School
  • SMP = Junior High School
  • SMA = Senior High School
  • Kuliah = College

Baca Juga: Cara Menguasai Writing Bahasa Inggris yang Efektif

Contoh Kalimat Penulisan Kelas

Setelah kamu tahu apa saja nama tingkatan sekolah dan bagaimana cara menulis kelas dengan tepat, kamu pun perlu tahu contoh kalimat yang benar. Berikut adalah beberapa di antaranya! 

  • I’m in 10th grade of Senior High School right now. (Aku duduk di bangku kelas 10 SMA sekarang.) 
  • This year, Ricky finally entered Elementary School. He is in his 1st grade. (Tahun ini, Ricky akhirnya masuk SD. Dia ada di kelas satu.)
  • It’s my last year in Junior High School. I’m a 12th grader now. (Ini adalah tahun terakhirku di SMA. Aku anak kelas 12 sekarang.) 

Tingkatan Kelas secara Khusus

Cara Menulis Kelas Secara Umum dalam Bahasa Inggris

Kemudian, bagaimana jika kamu ingin memperkenalkan diri dengan lebih khusus? Atau, ketika kamu ingin memberitahu kelas orang lain dengan lebih detail? Misalnya seperti bahasa Inggrisnya kelas 7B. Apa yang akan kamu tuliskan pada saat kamu ingin memberi tahu orang lain tentang hal itu? 

Pada dasarnya, 7B merujuk ke nama bangunan kelas dan bukan nama tingkatan kelas. Sehingga, kamu pun tidak akan memakai kata “grade”, melainkan kata “class”. Misalnya dalam kalimat “aku belajar di kelas 7B”, bahasa Inggrisnya adalah “I’m studying at class 7B”

Lalu, apa bahasa Inggrisnya kelas 10 IPA? Apakah kamu harus memakai kata “grade” atau “class” pada saat menulisnya? Berbeda dengan “B” dalam “7B” yang merujuk ke bangunan kelas, “IPA” dalam “10 IPA” adalah nama jurusan. Sehingga, kamu tetap harus memakai “grade” untuk mendeskripsikannya. 

Karena alasan itu, kamu dapat menerjemahkan kalimat “Aku duduk di kelas 10 IPA” menjadi “I’m in 10th grade and majoring in science”

Contoh Penulisan Kalimat Tingkatan Kelas

Supaya lebih jelas, kamu dapat melihat contoh kalimat tentang kelas berikut ini:

  • I was in class 7E last year, now I’m in class 8C. (Aku ada di kelas 7E tahun lalu, sekarang aku duduk di kelas 8C.)
  • You mean Dona who’s in 11th grade and majoring in social science, right? (Maksudmu Dona yang ada di kelas 11 IPS, kan?) 

Saat menuliskan tingkatan kelas, sesuaikan dengan aturan yang berlaku. Bila kamu akan menuliskannya dalam bahasa Inggris, silahkan gunakan aturan penulisan kelas dalam bahasa Inggris dan tingkatan sekolah yang benar. 

Bagikan: