Ciri Khas Budaya Laos yang Kental di Mata Masyarakat

Pasti belum banyak orang yang tahu dengan ciri khas budaya Laos. Akhir-akhir ini Laos memang memiliki cukup banyak pengunjung. Karena banyaknya hal menarik di negara ini. Ada banyak sekali daya tarik tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika berada di Laos, yaitu salah satunya kuil-kuilnya.

Hal ini karena Laos memang terkenal dengan agama Budha, sehingga tidak jarang jika negara ini memiliki banyak sekali kuil, hal ini justru yang membuat Laos makin menarik. Bahkan ada salah satu stupa emas yang berada di Laos menjadi daya tarik tersendiri.

Ciri khas budaya Laos ini juga bermacam-macam, karena masyarakat memang hidup di pedesaan dan memiliki berbagai suku. Namun untuk agama memang Laos ini terkenal dengan penganut agama Budha, sehingga agama ini akan menjadi mayoritas di negara ini.

Selain agama dan sukunya, kebudayaan Laos ini juga bermacam-macam. Makanya tidak heran jika ada banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke negara ini. Dahulunya Laos ini didominasi oleh kerajaan Nanzhao, yang berikutnya diteruskan oleh beberapa kerajaan hingga dikuasai Thailand.

Ciri Khas Budaya Laos, yang Kental Di Mata Masyarakat
unsplash.com

Ciri Khas Budaya Laos yang Tidak Bisa Kita Temukan di Negara Lainnya

Laos sendiri merupakan sebuah negara yang terkurung daratan di Asia Tenggara, Laos ini berbatasan langsung dengan negara Myanmar dan Tiongkok. Dulunya dari abad ke-14 hingga 18  negara Laos ini disebut dengan Lan Xang atau negeri seribu gajah.

Perkembangan suku bangsa di Laos ini bisa dikatakan cukup kompleks, salah satu suku bangsa terbesar di Laos dengan nama Lao. Ciri khas budaya Laos dari suku Lao ini membentuk hingga 80% dari total populasi penduduk yang ada di Laos. Suku ini terdiri dari suku Laos daratan rendah, Laotian Deng, serta Lao Song.

Selain suku Lao ini, ada juga beberapa suku yang berkembang seperti Meo atau Hmong, Yao atau Man, Thai, dan masih banyak lagi. Nah, di Laos ini juga menyimpan banyak sekali budaya yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kebudayaan inilah yang membuat Laos menjadi semakin menarik.

Nah, jika Anda datang ke Laos pasti ada beberapa ciri khas budaya Laos yang cukup kental melekat di negara ini, terutama kebudayaan Budha. Selain hal ini, ada beberapa kebudayaan yang sangat menarik untuk ditelusuri ketika sedang berada di Laos seperti di bawah ini.

Kebudayaan Musik

Ciri khas budaya Laos yang pertama adalah kebudayaan musiknya, musik di Laos ini didominasi oleh alat musik nasional yang sering disebut Khaen. Biasanya pertunjukan musik di Laos dibagi menjadi penyanyi atau disebut dengan Mor Lam, pemain khaen yang disebut Moor Khan, dan diiringi beberapa instrumen lainnya.

Memang agama Theravada sangat mempengaruhi kebudayaan di negara Laos, agama ini sangat mempengaruhi bahasa, seni, sastra, tari, musik, dan masih banyak lagi. Salah satu musik paling populer di Laos adalah Lam Saravane, namun etnis Laos mengembangkannya menjadi Mor Lam.

Nah, jika Anda sedang berkunjung ke negara Laos jangan lupa untuk menonton pertunjukan musik di Laos yang sangat unik. Karena meskipun Anda tidak mengerti dengan apa yang mereka nyanyikan, namun musik dan iringan instrumennya sangat enak didengarkan.

Ciri khas budaya Laos soal musik ini memang sangat menarik untuk dilihat maupun didengar, karena musik khas Laos ini memang sangat unik. Anda bisa menikmati musik khas Laos ini ketika berkunjung ke negara yang dijuluki sebagai negara seribu gajah ini.

Festival Pi Mai

Ciri khas budaya Laos yang juga sayang untuk dilewatkan adalah Festival Pu Mai, festival ini merupakan festival tahun baru. Di Laos sendiri tahun baru disebut dengan Pi Mai, biasanya tahun baru ini akan dirayakan setiap tanggal 14 hingga 16 April setiap tahunnya.

Nah, jika Anda datang pada bulan April mungkin Anda Bisa menikmati persembahan festival Pi Mai  ini. Karena pasti akan ada banyak sekali hal menarik yang bisa Anda lihat. Laos sendiri memilih bulan April untuk merayakan tahun baru bukan tanpa alasan, hal ini karena di Laos bulan April memiliki tingkat suhu tertinggi.

Memang pada bulan April suhu di Laos ini bisa mencapai hingga 42 derajat celcius. Ketika tahun baru ini biasanya semua warga Laos mendapat libur paling panjang. Makanya tidak heran ketika ada perayaan ini semua toko, restoran, dan pemerintahan akan tutup.

Pada tanggal tersebut semua warga Laos akan sibuk mempersiapkan perayaan Pi Mei. Biasanya warga yang merantau akan pulang ke kampung halaman mereka untuk melakukan perayaan ini. Nah, yang menjadi ciri khas dari perayaan Pi Mai ini adalah semua perayaannya tidak akan terpisahkan dengan air, makanya banyak perayaan yang menggunakan air salah satunya Pi Mai ini.

Ini tentunya menjadi ciri khas budaya Laos, makanya biasanya festival ini juga sering kita kenal dengan festival air. Hal menarik lainnya dari perayaan ini adalah banyak orang yang menggunakan baju bermotif bunga Pi Mai, ini tentunya menjadikan perayaan ini semakin unk.

Festival Bun Bang Fai

Festival berikutnya ini juga tidak kalah menariknya dengan beberapa festival lainnya yang berada di Laos biasanya festival ini akan berlangsung saat musim panas. Biasanya sekitar bulan Juni, festival ini juga merupakan  festival roket nantinya saat festival ini berlangsung ada banyak roket buatan yang akan meluncur.

Hal ini berguna untuk menghormati kesuburan dan sebagai doa yang mereka panjatkan kepada Dewa Hujan untuk mendorong para Dewa Hujan agar menurunkan hujan. Nantinya dalam festival ini juga akan ada penghargaan  kepada mereka yang berhasil menerbangkan roket paling tinggi.

Hal ini tentu menjadi ciri khas budaya Laos yang menarik, nantinya jika ada yang mendapatkan urutan terakhir akan mendapatkan hukuman. Biasanya hukuman ini berupa memasukkan para peserta ke dalam lumpur dan minum wiski beras, tentunya festival ini terlihat sangat menyenangkan.

Kwan

Ciri khas budaya Laos selanjutnya adalah Kwan, hal ini karena kebanyakan penduduk Laos ini memiliki kepercayaan animisme. Para penduduk percaya bahwa setiap manusia ini memiliki 32 kwan, sebenarnya hal ini merupakan kekuatan vital yang telah mereka percaya dapat menyelaraskan dan menyeimbangkan tubuh.

Mereka percaya bahwa setiap kwan ini akan berperan untuk mengontrol dan melindungi organ tubuh. Mereka juga percaya ketika salah satu roh meninggalkan tubuh maka mereka akan jatuh sakit. Larena jika roh-roh ini meninggalkan tubuh mereka percaya hal ini akan menyebabkan ketidakharmonisan yang mengakibatkan manusia sakit.

Biasanya masyarakat Laos akan melakukan sebuah upacara untuk mengikat roh-roh penting agar tetap berada dalam tubuh mereka. Upacara ini biasanya juga  umumnya mereka rayakan agar dapat mengembalikan keseimbangan spiritual dalam tubuh kita.

Upacara Baci

Ciri khas budaya Laos selanjutnya ini merupakan sebuah upacara untuk mengikat roh-roh atau jiwa yang masyarakat setempat percaya berada dalam tubuh setiap manusia. Biasanya ketika upacara ini mereka gelar, semua yang mengikuti upacara akan mengikatkan tali berwarna putih yang merupakan kain katun.

Sehingga umumnya,  pada bagian tali ini juga terdapat daun pisang dan bunga pada bagian tengahnya. Sebagai bentuk penghormatan, biasanya upacara ini akan berlangsung ketika bayi baru lahir, pernikahan, atau ketika orang sedang sakit.

Fakta-Fakta Menarik Laos

Selain ciri khas budaya Laos yang terkenal, ada banyak sekali fakta menarik dari negara Laos yang mungkin masih jarang orang ketahui. Padahal fakta ini sangat menarik dan menjadi daya tarik tersendiri dari negara Laos ini. Tidak hanya soal kebudayaannya saja, namun ada juga kebiasaan hingga kondisi alam sekitar Laos yang memiliki daya tarik.

Bagi Anda yang berminat untuk datang ke negara ini, Anda akan menemukan banyak sekali fakta menarik di negara ini. Meskipun yang paling menarik adalah kuil-kuilnya yang cukup banyak, namun negara ini juga terkenal dengan fakta-fakta seperti di bawah ini.

Menjadi Negara Terkurung di Asia

Ciri khas budaya Laos mungkin sudah banyak  orang ketahui, namun ada hal menarik dari negara ini yang belum banyak orang lain ketahui. Laos sendiri mendapat julukan sebagai tanah terkunci atau The Landlocked. Hal ini karena Laos adalah negara  yang cukup strategis, beberapa negara Asia Tenggara mengelilinginya.

Seperti Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja. Bahkan yang menarik Laos ini menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki laut. Meskipun di Laos tidak memiliki wisata air seperti pantai atau laut, namun ada banyak sekali destinasi wisata di Laos yang memiliki daya tarik tersendiri.

Negara yang Sering di Bom

Ciri khas budaya Laos selanjutnya Laos ini juga terkenal dengan negara yang paling banyak di bom oleh negara Amerika Serikat. Bahkan semenjak tahun 1964 hingga 1973 Amerika menjatuhkan sekitar 2 juta ton bom di seluruh daerah Laos dan sekitar 30% bom tidak meledak.

Nah, akibat dari sejumlah bom yang tidak bisa meledak ini mengakibatkan beberapa lahan pertanian tidak bisa mereka gunakan untuk bertani. Hal ini karena mengkhawatirkan jika sewaktu-waktu bom tersebut bisa meledak karena masih aktif dan membahayakan warga sekitar.

Bom-bom ini berasal dari imbas perang Vietnam pada saat itu. Sehingga Laos yang merupakan negara tetangganya, juga mendapatkan serangan bom membabi buta dari musuh lawan Vietnam.

Menjadi Konsumen Ketan Tertinggi di Dunia

Ciri khas budaya Laos selanjutnya adalah karena konsumen ketan tertinggi ini berada di negara Laos. Kisaran per tahunnya konsumsi ketan ini mencapai 345 pound atau sekitar 156 kg. Hal ini karena beras ketan menjadi makanan pokok d negara ini. Bahkan karena hal ini, Laos menganggap bahwa mereka sebagai luk khao niaow yang bermakna anak-anak dari ketan.

Biasanya ketan ini tersaji dengan cita rasa asam manis di Laos. Karena terlebih dahulu ketan ini melalui proses fermentasi sehingga membuatnya memiliki citarasa yang khas. Makanan ketan fermentasi ini akan mereka santap menggunakan makanan pendamping lainnya, hal ini menjadi salah satu makanan khas dari negara Laos.

Negeri Seribu Gajah

Ciri khas budaya Laos selanjutnya adalah banyaknya hewan gajah yang ada di negara ini. Itulah sebabnya, negara ini memiliki sebutan sebagai Negeri Seribu Gajah. Nah, pasti Anda juga sudah tahu jika gajah ini menjadi ikon negara Thailand yang  akhirnya memiliki sebutan sebagai Negeri Gajah Putih.

Tidak hanya Tahiland saja yang mendapatkan julukan ini, karena Laos pun mendapatkan julukan yang hampir sama. Selain itu, hal menarik lainnya dari Laos ini karena nama Laos berasal dari kata Lan Xang yang dapat kita artikan sebagai kerajaan gajah.

Dulunya Laos ini memang menjadi populasi bagi banyak gajah yang membuat negara ini memiliki sebutan  negeri seribu gajah. Namun sayangnya sekarang ini populasi gajah di negara tersebut berkurang, hal ini karena adanya penebangan liar.

Bahasa Laos Mirip dengan Thailand

Ciri khas budaya Laos selanjutnya adalah soal bahasa, Laos ini memiliki bahasa yang hampir mirip dengan negara Thailand. Negara Laos sendiri menggunakan bahasa Lao yang menjadi bahasa nasional negara Laos. Bahasa Lao inilah yang memiliki kemiripan dengan bahasa Thailand.

Hal ini juga menjadi sebab karena penuturan keduanya saling memahami satu sama lain. Tidak hanya ada beberapa kata yang mirip namun kedua bahasa tersebut juga menggunakan penekanan nada. Namun meski kedua bahasa ini memiliki kemiripan, tapi hal ini tidak mencakup keseluruhan bahasa yang telah lama mereka gunakan pada masing-masing negara ini.

Sehingga masih ada beberapa kata yang berbeda dan memiliki makna yang berbeda, meskipun hal ini tentunya cukup menarik. Karena memang jika kita perhatikan ada kemiripan pengucapan atau logat antara negara Thailand dan Laos.

Memiliki Bir Terbaik di Asia

Ciri khas budaya Laos selanjutnya adalah minuman khas dari negara ini, Laos ini memiliki minuman khas bernama Beerlao. Seperti namanya, minuman ini merupakan sebuah beer, namun yang unik beer ini menjadi salah satu beer terbaik di wilayah Asia.

Beer ini terbuat dari campuran beras jasmine dan ragi yang merupakan bahan makanan impor dari Jerman. Memang ragi dari Jerman ini cukup terkenal. Bahkan ragi yang berasal dari Jerman ini pernah juga mendapatkan penghargaan. Hal inilah yang membuat beer asal Laos ini semakin unik.

Beer dari Laos ini bahkan sudah terpublikasi dalam New York Times, hal ini menjadi budaya sekaligus minuman khas Laos yang sayang untuk kita lewatkan. Nah, jika Anda berada di Laos mungkin bisa mencicipi makanan dan minuman khas yang berada di negara ini.

Perayaan Tahun Barunya

Laos ini juga terkenal dengan banyaknya perayaan yang sangat unik dan tidak bisa yang bisa Anda temukan di negara lain. Salah satunya adalah perayaan tahun baru. Jika biasanya di negara lain perayaan tahun baru ini lazim mereka rayakan pada tanggal 1 Januari. Maka di Laos tidak demikian.

Karena di Laos perayaan tahun baru ini terjadi pada tanggal 14 hingga 16 April pada setiap tahunnya. Karena  masyarakat Laos mempercayainya sebagai hari pembaharuan. Makanya pada bulan April ini biasanya akan ada banyak sekali perayaan untuk menyambut tahun baru tersebut.

Ciri khas budaya Laos satu ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih lagi biasanya akan banyak aktivitas yang mereka lakukan, misalnya saja seperti perang air, prosesi pembacaan doa oleh biksu di kuil, hingga beragam acara menarik yang bisa Anda ikuti. Terus ikuti ulasan visitpare.com untuk mendapatkan info menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *