Penyebab dan Cara Menghindari Pergaulan Bebas

Penyebab dan Cara Menghindari Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas adalah istilah untuk menyebutkan pergaulan yang tidak sesuai dan menyimpang dari aturan sosial maupun agama. Untuk itulah cara menghindari pergaulan bebas tentu sangat penting. Hal ini agar melindungi generasi penerus bangsa dari hal-hal yang tidak baik.

Pergaulan bebas sendiri, biasanya mengacu pada usia remaja. Di usia ini, seseorang mulai mencari jati diri dan mencoba hal baru yang tidak sesuai dengan aturan sosial dan agama. Apabila hal ini kamu abaikan, maka bisa berdampak buruk terhadap masa depan generasi tersebut.  

Penyebab Adanya Pergaulan Bebas

Sebelum membahas mengenai cara menghindari pergaulan bebas, tentu perlu mengetahui terlebih dahulu hal yang menyebabkan terjadinya perilaku menyimpang tersebut. Berikut beberapa penyebab adanya pergaulan bebas, antara lain:

  • Pengawasan yang Kurang Oleh Pihak Keluarga. Keluarga memberikan kebebasan terhadap remaja sehingga mereka bisa melakukan berbagai hal tanpa pengawasan yang ketat. Kurangnya pengawasan dan perhatian pada remaja membuat mereka mencari cara untuk membahagiakan diri sendiri dengan cara yang tidak benar.
  • Lingkungan yang Kurang Kondusif. Selain pihak keluarga, lingkungan yang kurang baik juga berpengaruh terhadap perkembangan anak terutama di usia remaja. Anak secara tidak langsung akan meniru hal-hal yang dilakukan oleh masyarakat di lingkungan sekitar dalam aktivitas keseharian.
  • Kesalahan Dalam Memilih Teman. Di usia sekolah, mereka akan menghabiskan waktu paling lama di lingkungan sekolah. Oleh karena itulah, teman memberikan pengaruh dalam perilaku seorang remaja. Teman yang tidak baik tentu akan memberikan pengaruh yang negatif, begitu juga sebaliknya.
  • Kemudahan Akses Informasi. Kemudahan seseorang dalam mengakses informasi terutama melalui internet juga mendorong maraknya pergaulan bebas.

8 Cara Menghindari Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Sebelum terlanjur dan terjebak pada pergaulan yang tidak baik, sebagai orang tua tentu harus memantau dan mengawasi anak dengan sebaik-baiknya. Cara menghindari pergaulan bebas tersebut bisa di aplikasi melalui beberapa hal berikut ini:

1. Memperkuat Pendidikan Agama

Pemberian pendidikan agama sejak dini tentu menjadi hal yang sangat penting. Anak harus punya bekal dengan pendidikan agama yang kuat dan kokoh sejak dini agar tidak mudah terjerumus dan terjebak pada pergaulan yang tidak baik.

Dengan memperkuat pendidikan agama, maka anak akan tahu dan mampu untuk membedakan hal yang salah dan benar. Apabila sejak dini sudah ditanamkan mengenai hal tersebut, maka ia tidak akan mudah goyah untuk melakukan hal yang berdampak buruk.

2. Membentuk Karakter

Cara menghindari pergaulan bebas berikutnya yaitu dengan membentuk karakter yang baik pada anak. Pembentukan karakter ini sangat diperlukan agar menjadi pribadi yang berpendirian kokoh. Dengan demikian, ia mampu mengendalikan diri walaupun memiliki kesempatan untuk melakukan hal tersebut.

Pembentukan karakter yang positif akan membuat anak memiliki pendirian yang teguh dan berpegang pada prinsip hidup yang benar. Tentu saja, sesuai dengan aturan sosial dan agama yang berlaku di masyarakat di mana ia tinggal.

3. Memilih Teman Secara Selektif

Cara menghindari pergaulan bebas ini, dinilai efektif untuk menghindarkan anak dari hal yang tidak baik tersebut. Seperti yang sudah kita sebutkan bahwa anak banyak menghabiskan waktu di sekolah. Dalam hal ini, teman akan memiliki dampak yang besar dalam pembentukan karakter seseorang.

Memilih teman secara selektif dan mengenali tipe kepribadian manusia tentu sangat penting untuk dilakukan. Dengan demikian, akan lebih mudah menghindari pergaulan bebas karena berteman dengan seseorang yang memberikan dampak positif.

Pergaulan bebas tentu memberikan banyak kerugian bagi seseorang yang menjalankannya. Oleh karena itulah, ada baiknya jika membatasi pergaulan terhadap teman agar tidak terjerumus dalam hal yang salah.

4. Mempererat Hubungan Antara Anak Dan Orangtua

Biasanya anak atau remaja yang terjerat pada pergaulan bebas ialah mereka yang kurang dekat dengan orangtua. Entah karena orangtua terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga anak kurang mendapatkan perhatian, atau disebabkan oleh hal lainnya. Di sini, peran orangtua tentu sangat penting.  

Hubungan yang erat antara keduanya akan memberikan pengawasan yang lebih baik terhadap anak secara tidak langsung. Biasanya, anak lebih bersikap terbuka serta tidak sungkan untuk selalu bertanya pada orangtua mengenai hal yang kita anggap tabu maupun sensitif.

Apabila sebelumnya terjadi kesalahpahaman dalam hal komunikasi, maka sebaiknya mulai memperbaikinya. Kesenjangan komunikasi yang terjadi di keluarga terutama antara anak dan orangtua menyebabkan anak kemudian memilih jalan yang menyimpang.

Hal ini, tentu saja dipicu karena tidak mendapatkan arahan dan bimbingan yang dibutuhkan dari orangtua. Oleh karena itulah, cara menghindari pergaulan bebas yaitu diperlukan sikap yang lebih bijak dan luwes untuk memahami jalan pikiran dan keinginan anak.  

5. Memberikan Pendidikan Seks Sejak Dini

Pergaulan bebas sangat erat kaitannya dengan seks bebas. Oleh karena itulah, cara menghindari pergaulan bebas bisa dilakukan dengan memberikan pendidikan seks sejak dini. Keingintahuan pada remaja mengenai sesuatu yang berkaitan dengan hal tersebut seringkali tidak mendapatkan pengajaran yang sesuai.

Informasi mengenai seksualitas sudah seharusnya didapatkan sejak dini. Gunakan bahasa sesuai dengan pemahaman dan usia anak, ketika menjelaskan. Dengan pengetahuan tersebut, anak akan mengetahui bahaya serta akibat yang disebabkan oleh pergaulan bebas.  

6. Memanfaatkan Waktu Luang Dengan Kegiatan Positif

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyaknya waktu luang yang tersedia membuat anak mencoba hal-hal baru untuk menjawab rasa ingin tahunya yang besar. Sangat penting bagi orangtua untuk menanamkan pada anak agar bisa memanfaatkan waktu luang dengan baik.  

Cara menghindari pergaulan bebas ini akan membuat anak untuk tidak memiliki waktu memikirkan hal-hal yang bersifat menyimpang. Berbagai kegiatan positif yang bisa dilakukan ialah membaca buku, melakukan hobi, membantu orangtua, dan masih banyak lagi.

7. Memperluas Pengetahuan

Pengetahuan dan wawasan yang luas sangat penting bagi seseorang untuk menentukan berbagai hal dalam hidup. Dengan pengetahuan tersebut, maka seseorang akan lebih mudah menentukan pilihan yang akan kita pilih dalam hidupnya. Begitu juga sebaliknya.

Seseorang yang tidak memiliki banyak pilihan, maka tidak akan tahu bahwa sebenarnya ada banyak pilihan yang lebih baik untuk kamu ambil.  Sebagai contoh yaitu seseorang yang tidak memiliki pilihan lain selain melakukan perilaku menyimpang, maka akan lebih mudah terjerumus ke dalamnya.

8. Menetapkan Tujuan Hidup

Setiap hari yang kita jalani tentu akan berdampak pada kehidupan di hari-hari berikutnya. Orang yang tidak memiliki tujuan hidup dan cita-cita, akan sangat mudah terjerumus dalam pergaulan yang salah dan perilaku menyimpang lainnya.

Orang dengan tujuan hidup, akan selalu memiliki perencanaan yang matang mengenai hal yang dilakukan dan akan dilakukan. Ia percaya bahwa apa yang mereka lakukan hari ini akan memberikan dampak besar pada kehidupannya di masa yang akan datang.

Baca Juga: 10 Tips dan Cara Mendapatkan Teman di Sekolah dengan Baik

Cara menghindari pergaulan bebas yang sudah kita sebutkan di atas tentu tidak bisa terlaksana dari salah satu pihak saja. Namun harus berkesinambungan dan saling mendukung antara anak, keluarga, maupun lingkungan sekitar. Dengan demikian, maka akan lebih mudah untuk mewujudkan hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *