Pengertian ekonomis dan ekonomi kerap kali disamakan padahal keduanya ini jelas ada perbedaan. Meskipun dari sisi artinya tidak jauh berbeda dan pemahaman akan hal ini penting untuk diketahui. 

Selain memahami arti, kamu juga perlu mengetahui berbagai contoh ekonomis dalam menjalani kehidupan. Lalu hal penting lain yang juga perlu diketahui adalah nilai dan fungsi dari ekonomi ini. 

Pengertian Ekonomis

Sebelum membahas panjang lebar terkait ekonomis ada baiknya memahami pengertian dari ekonomi itu sendiri. Ekonomi merupakan suatu upaya priada atau kelompok dalam memenuhi kebutuhan yang di dalamnya ada sumber tak terbatas. 

Di sisi lain ada juga yang menyebut jika ekonomi itu adalah suatu tingkah laku baik pribadi atau kelompok dalam memenuhi kebutuhan hidup. Bentuk dari kebutuhan ini bisa berupa material atau spiritual dan sumber kebutuhannya tidak terbatas. 

Sedangkan pengertian ekonomis adalah brainly bentuk kehati-hatian dalam mengeluarkan uang atau barang alias tidak boros. Dengan demikian ekonomis ini lebih cenderung ke sesuatu yang praktis atau bentuk sifat dari kegiatan ekonomi. 

Di sisi lain ada juga yang menyebutkan jika ekonomis adalah tindakan dalam memperoleh barang atau jasa dengan kualitas terbaik dengan harga sekecil mungkin. 

Dari pengertian ini jelas ada dua unsur penting yaitu berupa sumber daya atau biaya dan input yang dalam bentuk barang atau jasa. Setiap pelaku ekonominya ini selalu berharap dalam memilih barang atau jasa dengan harga murah dan kualitas yang terbaik. 

Contoh Ekonomis

Untuk lebih memudahkan dalam memahami tentu perlu adanya contoh terkait ekonomis ini. Sebuah perusahaan nikel di Armada Group sedang membuka lowongan untuk seorang manager dan sudah ada 2 orang yang melamar.

Pelamar pertama bernama Andi yang merupakan lulusan S1 dengan IP cumluade dan berasal dari perguruan tinggi ternama. Dalam wawancaranya dia menyampaikan ingin gaji sebesar 10 juta rupiah per bulannya. 

Lalu pelamar kedua ada Andrian yang sama-sama lulusan S1 dengan IP pas-pasan. Selain itu dia juga berasal dari perguruan tinggi swasta yang dari sisi akreditasinya buruk. Dalam wawancaranya dia meminta gaji sebesar 10,2 juta rupiah setiap bulan di jabatan tersebut. 

Dari kedua pelamar ini pihak manajemen tentu akan lebih memilih Andi yang mengisi posisi tersebut. Sebab dari sisi biaya atau harga ekonominya lebih murah dan bagus. Dengan demikian harga ekonomis artinya sesuatu yang dari sisi cost murah namun kualitasnya terbaik

Konsep Nilai Ekonomis

Nilai ekonomis adalah suatu nilai yang ditempatkan pada barang ekonomi sesuai manfaat dari barang tersebut. Dengan demikian nilai ini bukan berarti sama dengan pasar melainkan lebih ke nilai barang baik itu lebih tinggi atau rendah. Untuk memahami lebih jauh ada beberapa konsep ekonomi dan berikut ulasannya:

Individual

Konsep satu ini cenderung berlawanan untuk sesuatu hal yang sama. Untuk itu tidak heran jika setiap dari individu ini memiliki cara yang terkadang berlawanan dengan harga pasar. 

Hal ini terjadi karena individu ini memiliki keperluan, impian dan tanggungjawab yang berbeda. Dari perbedaan ini terkadang juga bisa mempengaruhi kekerabatan diantara mereka. 

Kondisi dan Lokasi

Kondisi dalam suatu ekonomi ini memang memiliki nilai yang berlainan dan ini berlaku untuk semua kasus. Misalnya ketika sumber daya lebih rendah maka keadaan ekonomi bisa saja akan memburuk. 

Lalu untuk lokasi ini juga bergantung akan adanya sumber daya jenis dan manfaat dari nilai tersebut. Lokasi dengan akses bagus tentu akan memiliki nilai yang lebih tinggi. Namun akses yang kurang bagus bukan berarti kurang berharga karena ini lebih ke seberapa manfaat dari sumber daya yang ada. 

Kelangkaan dan Substitusi

Nilai ekonomis ini memang punya keterkaitan dengan adanya kelangkaan dan substitusi dari sumber daya tersebut. Apalagi jika sumber daya ini tidak memiliki pengganti maka nilainya akan semakin tinggi. Berbeda halnya jika ada pengganti maka nilainya tidak setinggi sumber daya yang langka. 

Fungsi Ekonomis

Ada beberapa fungsi ekonomis adalah sesuatu yang didalamnya meliputi beberapa hal berikut:

Penyedia Dorongan Dalam Memproduksi

Salah satu fungsi dari ekonomi ini adalah suatu dorongan untuk bisa memproduksi barang atau jasa. Dengan adanya hal ini maka sumber daya akan tetap terpenuhi sesuai kebutuhan masyarakat. Tanpa adanya dorongan maka sumber daya semakin tipis dan akhirnya terjadi kelangkaan. 

Mengkoordinasi Kegiatan Individu

Dengan adanya ekonomi maka akan ada yang mengkoordinasi adanya kegiatan individu. Bentuk dari koordinasi ini bisa dalam bentuk harga, ketersediaan barang dan yang lainnya.Dengan adanya koordinasi ini maka harga suatu barang akan sesuai dengan keinginan pasar. 

Pengatur Pembagian Hasil Produksi

Setiap ada produksi baik itu barang atau jasa ini perlu peranan dari ekonomi agar hasilnya lebih merata. Selain itu setiap produksi yang ada juga bisa terbagi sesuai harapan setiap anggota. 

Menciptakan Mekanisme

Fungsi lain dari adanya ekonomis adalah menciptakan suatu mekanisme tertentu dalam kegiatan ekonomi. Tujuan dari mekanisme ini adalah agar distribusi jasa dan barang sesuai dengan harapan dan berjalan baik. 

Prinsip Ekonomi

Ada beberapa prinsip ekonomi secara umum dan berikut beberapa penjelasannya:

Produksi

Produksi merupakan suatu kegiatan untuk menghasilkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu adanya produksi juga bisa untuk kesejahteraan, keuntungan besar dan mengurangi adanya pengangguran. 

Distribusi

Ketika produk tersebut sudah diproduksi maka nantinya tinggal didistribusikan atau disalurkan. Bentuk penyalurannya ini dilakukan ke pasar demi terpenuhinya kebutuhan hidup setiap orang. 

Adanya distribusi ini cukup penting karena bertujuan memastikan produk itu sampai ke konsumen. Dengan cara ini maka akan ada perputaran ekonomi yang stabil baik produsen dan konsumen. 

Konsumsi

Ketika produk sudah berhasil tersalurkan maka selanjutkan barang ini akan dikonsumsi oleh orang yang membutuhkan. Bentuk dari konsumsi bisa dalam banyak hal karena bentuknya bisa berupa barang atau jasa. Adanya konsumsi ini merupakan tujuan akhir dari adanya kegiatan ekonomi. 

Tujuan Ekonomi

Setelah memahami adanya prinsip maka perlu juga mengetahui akan tujuan ekonomi dan berikut penjelasannya:

Mendapatkan Keuntungan

Ketika prinsip ini sudah terlaksana dengan baik maka setiap elemen baik produsen atau konsumen sama-sama mendapatkan keuntungan. Bentuk keuntungannya tentu berbeda dimana ada yang berupa uang dan nilai dari produk yang di produksi. 

Memanfaatkan Sumber Daya

Ketika cukup banyak sumber daya maka perlu dimanfaatkan dengan baik untuk kegiatan ekonomi. Bentuk dari sumber daya ini bisa berupa kendaraan, sumber daya alam, modal, tanah dan yang lainnya. 

Jadi pengertian ekonomis adalah suatu kegiatan dalam mendapatkan barang yang berkualitas dengan biaya yang sekecil mungkin. Hal seperti ini meliputi banyak hal baik dalam memilih barang atau jasa yang tersedia di pasar.

Dari pengertian ini maka muncullah prinsip ekonomi dimana di dalamnya ada produksi, distribusi hingga konsumsi. Dari proses ini ekonomi berputar dan setiap elemen sama-sama mendapatkan manfaat. 

Bagikan: