Tugas Kepala Sekolah, Pengertian, dan Fungsinya

Tugas Kepala Sekolah, Pengertian, dan Fungsinya

Dalam sebuah lembaga pendidikan formal selalu ada pimpinan yang disebut sebagai kepala. Yaitu seseorang yang membawahi berbagai bidang untuk membentuk suatu kesatuan dalam sebuah lembaga yang ada termasuk sekolah. Begitu juga halnya untuk tugas kepala sekolah pasti berbeda dengan guru biasa.

Hal ini sendiri sebenarnya diatur lewat Permendiknas 28 tahun 2010 lalu. Tepatnya di pasal 12 bahwasanya kepala sekolah merupakan guru berwenang tambahan sebagai kepala. Simak penjelasan selengkapnya agar membuat pembaca lebih paham akan hal ini.

Pengertian Kepala Sekolah

Sebelum membahas terkait dengan tugas kepala sekolah, ada baiknya untuk paham terlebih dahulu apa itu kepala sekolah. Guru bisa ditugaskan menjadi kepala sekolah adalah berdasarkan penilaian kinerjanya selama 4 tahun. Penilaian kumulatif tersebut menjadi dasar agar menjalani promosi untuk menaikan pangkat

Kepala sekolah dituntut agar mampu melakukan peningkatan mutu dari sekolah yang di bawahnya. Tetap berpedoman pada standar nasional pendidikan yang telah ada,  terdiri atas 8 poin dalam upaya penetapan keberhasilan dari suatu penyelenggaraan pendidikan. Berikut ini ciri seorang kepala sekolah profesional:

  • Memiliki sikap jujur serta berintegritas tinggi dan kompetensi tinggi dalam pekerjaan.
  • Memiliki kualitas kerja yang begitu tinggi serta motivasi yang kuat dalam mencapai sebuah tujuan.
  • Bisa menjadi teladan bagi rekan kerja lain dan komitmen yang tinggi.
  • Memiliki lembaga profesi untuk bisa menjadi agen perubahan serta punya kode etik.

5 Tugas Kepala Sekolah yang Paling Utama

Pembahasan berikutnya masuk pada penjelasan terkait dengan tugas kepala sekolah. Sebenarnya semua kepala sekolah yang ada di tanah air harus mengacu terhadap Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007. Terkait dengan standar pengelolaan sekolah, tidak terlepas dari adanya perencanaan program evaluasi dan pengawasan.

Serta juga pelaksanaan rencana kerja, sistem informasi sekolah termasuk kepemimpinan sekolah. Sementara tugas pokok bagi seorang kepala sekolah sendiri dibagi atas 3 bagian utama masing-masing bagian punya peranan teramat penting. Untuk itu, berikut terdapat beberapa tugas dari kepala sekolah, antara lain:

1. Merencanakan Program

Tugas kepala sekolah utamanya adalah untuk merencanakan sebuah program yang akan dikembangkan di sekolah yang dipimpinnya. Hal ini berupa untuk merumuskan, melakukan penetapan hingga untuk mengembangkan sekolah. Berikut cakupan serta penjelasan lengkap dari perencanaan program ini:

  • Melakukan perumusan pengembangan hingga menetapkan visi dan misi sekolah.
  • Kepala sekolah bertugas mengembangkan tujuan sekolah.
  • Membuat rencana kegiatan anggaran atau RKAS dan rencana kerja sekolah.
  • Serta yang terakhir adalah untuk membuat Bagaimana perencanaan dari program induksi.

2. Melaksanakan Program

Berikutnya tugas kepala sekolah adalah melaksanakan program yang sebelumnya telah direncanakan. Tahap ini, kepala sekolah memiliki wewenang untuk melakukan penyusunan pada struktur organisasi kegiatan per semester. Hingga manajemen kesiswaan serta juga masih terdapat berbagai tugas pokok lainnya, seperti penjelasan berikut ini:

  • Melakukan penyusunan kurikulum kegiatan pembelajaran hingga kalender pendidikan.
  • Manajemen untuk tenaga kependidikan di suatu sekolah termasuk sarana dan prasarana.
  • Mengelola bagian keuangan sekolah dan bagaimana pembiayaannya.
  • Memberdayakan peran masyarakat serta kemitraan sekolah.
  • Serta juga harus mempelajari terkait pengelolaan lingkungan serta budaya di suatu sekolah.

3. Melaksanakan Pengawasan

Tugas kepala sekolah selanjutnya terkait pelaksanaan dari program yang telah direncanakan serta disusun. Sebenarnya pada fungsi ini kepala sekolah lebih memiliki peranan pengawasan dari suatu pelaksanaan dari berbagai program yang ada. Serta untuk memastikan apakah program yang telah disusun berjalan optimal.

Karena program tersebut harus mencakup semua warga sekolah yang terdapat di dalamnya. Serta sekaligus untuk evaluasi dari program yang telah dibuat. Maka dari itu, simak berbagai penjelasan selengkapnya untuk poin ini:

  • Melaksanakan terkait dengan program supervisi.
  • Melakukan evaluasi diri sekolah.
  • Lalu juga mengevaluasi terkait dengan pengembangan kurikulum serta tenaga kependidikan.
  • Selanjutnya terkait dengan mempersiapkan bagaimana kelengkapan untuk akreditasi sekolah.

4. Melaksanakan Kepemimpinan Sekolah

Melaksanakan bagaimana kepemimpinan sekolah juga termasuk dalam bagian tugas dari seorang kepala sekolah. Ini berupa perencanaan kerja strategis juga pelaksanaan dalam rencana kerja tahunan, harus melibatkan guru, komite sekolah untuk pengambilan keputusan. Serta pastinya harus bertanggung jawab dalam pelaksanaan kurikulum.

  • Termasuk diantaranya untuk memfasilitasi pengembangan serta berbagai komunitas yang ada di sekolah.
  • Memberikan jaminan pada bagian manajemen organisasi agar menciptakan lingkungan yang efisien, kondusif serta nyaman untuk warga sekolah.
  • Menilai kinerja kepada guru pemula di suatu sekolah.
  • Mampu menjalin kerjasama yang baik bagi orang tua siswa serta juga dengan komite sekolah.

5. Menerapkan Sistem Informasi Sekolah

Tugas terakhir dari seorang kepala sekolah adalah harus menerapkan bagaimana sistem informasi sekolah berjalan optimal. Termasuk diantaranya adalah mampu menciptakan atmosfer yang baik serta kondusif dalam hal akademik. Contohnya saja mampu membangun suasana yang lebih kompetitif bagi siswa dan guru.

Hal ini juga biasanya didukung dengan adanya manajemen sekolah dan penerapan TIK. Serta juga melakukan terkait dengan penataan tugas serta tanggung jawab. Terutama bagi semua warga sekolah yang ada.

5 Fungsi Kepala Sekolah untuk Dunia Pendidikan

Selain memiliki tugas pokok, kepala sekolah juga memiliki berbagai fungsi utama. Sampai saat ini, terdapat berbagai fungsi dari keberadaan kepala sekolah. Semua hal tersebut juga berlaku sama untuk semua sekolah di tanah air. Berikut beberapa fungsinya:

1. Sebagai Pendidik

Kepala sekolah juga merupakan seorang guru jadi tidak terlepas dari perannya sebagai pendidik. Selain untuk pengembangan kurikulum, juga langsung berinteraksi dengan siswa di kelas. Serta memfasilitasi siswa agar dapat terus berkembang dan meningkatkan kompetensinya.

2. Sebagai Manajer

Berikutnya menjadi fungsi dari kepala sekolah adalah berperan sebagai manajer. Karena kepala sekolah adalah atasan dari guru yang berada di suatu sekolah untuk melakukan kegiatan pengembangan pada profesinya. Contohnya memberi kesempatan kepada sejumlah guru lainnya agar bisa mengikuti pelatihan pihak lain.

3. Administrator

Fungsi lainnya dari seberang kepala sekolah adalah berperan sebagai seorang administrator. Terkhusus pada bagian keuangan agar terciptanya tujuan yang telah sekolah tetapkan. Sudah sepatutnya kepala sekolah mampu untuk mengalokasikan anggaran secara tepat.

4. Skill yang Banyak

Manfaat berikutnya juga langsung dirasakan siswa adalah jika masuk sekolah kedinasan terkait dengan skill yang dilatih dari berbagai bidang. Karena semasa kuliah diwajibkan untuk mempunyai berbagai softskill. Dengan harapan, agar bisa diterapkan saat bekerja di dunia nyata sekolah lulus dari sekolah.

5. Dari Lembaga Negara

Selain itu, berbagai sekolah kedinasan juga mendapat pengawasan secara langsung dari lembaga negara. Dengan ini, tentu sangat berbeda dari berbagai perguruan tinggi lainnya yang ada. Sehingga, tidak menutup kemungkinan bahwa lulusan dari programnya adalah langsung bekerja pada instansi terkait.

Itulah sejumlah penjelasan terkait tugas kepala sekolah yang tepat berdasarkan peraturan yang ada. Selain itu, masih banyak penjabaran lain mengenai berbagai tugas yang ada pada kepala sekolah. Tapi semua hal tersebut tidak lain adalah untuk kemajuan sekolah.

Walau dalam penerapannya, berbagai kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda. Tetapi, asal semua tersebut tidak melenceng dari aturan yang telah sekolah tetapkan tidak menjadi suatu permasalahan. Apalagi juga bisa berinteraksi baik dan menciptakan suasana nyaman serta kondusif bagi semua warga sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *