Mengenal Istilah dan Kosakata Bahasa Inggris Fisika

Dalam proses penguasan sebuah bahasa asing, mempelajari berbagai kosakata asing adalah hal yang wajib kamu lakukan. Selain istilah dasar, kamu juga perlu belajar beberapa istilah seputar pengetahuan umum termasuk vokabuler bahasa Inggris fisika.

Pernahkah kamu mendengar istilah supernova atau quantum? Kedua istilah ini merupakan istilah fisika keren yang pasti sudah sering kamu dengar. Terlebih jika kamu adalah pecinta film fiksi ilmiah seperti film Marvel. Namun meski sering mendengarnya, tahukah kamu arti dari kedua istilah tersebut?

Bacaan Lainnya

Apa saja istilah fisika dalam bahasa Inggris tersebut? Yuk, simak ulasannya ini!

Istilah-Istilah Fisika Teori Energi (Power)

bahasa inggris fisika

Kategori kosakata fisika dalam bahasa Inggris yang pertama akan kamu pelajari adalah istilah terkait teori energi. Satu istilah yang mungkin sudah sering kamu dengar adalah energi potensial. 

Namun selain itu, tentunya masih ada banyak istilah menarik yang perlu kamu ketahui. Ini 10 istilah fisika terkait teori energi:

  1. Scalar: Pengukuran besaran berupa jarak, kuantitas, kecepatan, ataupun suhu, yang memiliki ukuran tetapi tidak memiliki arah. Contohnya adalah massa dan juga daya. 
  2. Joule: satuan tenaga atau unit yang berfungsi untuk mengukur energi berupa daya atau kerja yang sudah dilakukan.
  3. Gravitational Energy: energi potensial yang sebuah benda miliki karena posisinya yang berada lebih tinggi dari permukaan bumi. Contohnya, mainan yang berada di rak memiliki energi gravitasi lebih besar dari mainan yang ada di lantai. 
  4. Electrical Energy: Sebutan untuk energi yang berasal dari muatan atau arus listrik.
  5. Electromagnetic Energy: Energi gelombang magnet atau gelombang listrik yang dipantulkan antara satu benda ke benda lain dalam ruang hampa.
  6. Kinetic Energy: Energi yang sebuah benda hasilkan karena gerakan yang benda tersebut lakukan.
  7. Thermal Energy: energi yang terkandung dalam suatu sistem yang terbentuk karena kenaikan suhu.
  8. Potential Energy: Energi yang sebuah benda miliki atau tersimpan karena posisinya sendiri atau kedudukannya.
  9. Power: hitungan kecepatan saat melakukan sebuah tindakan atau usaha dalam satuan waktu atau dalam kurun waktu tertentu.
  10. Mechanical Energy: Total energi dari energi kinetik dan juga energi potensial sebuah benda.

Istilah-Istilah Fisika Teori Kuantum (Quantum)

bahasa inggris fisika

Selanjutnya adalah istilah-istilah yang terdapat dalam teori kuantum. Secara singkat, Teori Kuantum adalah subjek Fisika yang mendiskusikan bahwa semua elemen yang ada merupakan molekul yang terbentuk dari atom. 

Berikut adalah beberapa istilah fisika dalam bahasa Inggris dari teori Kuantum.

  1. Atoms: unit terkecil yang ada dalam unsur kimia. Atom terdiri atas proton, neutron, dan elektron. Ketika atom berkumpul menjadi satu dan bergabung maka akan membentuk suatu hal yang disebut molekul.
  2. Atomic Clocks: Sebuah jam yang memantau sinyal elektromagnetik dari elektron dalam atom ketika terjadi perubahan tingkat energi.
  3. Quantum: Dalam ilmu fisika, kuantum adalah jumlah minimum partikel atau sekiranya bagian energi yang tidak bisa dibagi lagi.
  4. Coherence: Sifat gelombang yang menunjukan adanya frekuensi dan amplitudo yang sama antara dua gelombang dengan beda fase yang konstan. 
  5. Electron: Bagian dari atom yang pada dasarnya memiliki muatan listrik negatif. Berdasarkan faktanya, elektron ini bergerak mengelilingi inti atom (bagian tengah atom).
  6. Molecule: unit terkecil dari suatu zat atau juga senyawa yang terwujud atas kumpulan dua atom atau lebih.
  7. Neutron: Partikel subatomik yang pada umumnya terdapat di dalam inti dari hampir semua atom. Neutron memiliki sifat netral atau tidak memiliki muatan listrik.
  8. Photon: Merupakan istilah yang mengacu pada jumlah energi elektromagnetik terkecil yang mampu satu partikel cahaya bawa pada panjang gelombang spesifik.
  9. Atom Traps: Sebuah perangkat di mana atom maupun partikel nantinya diperlambat atau dibatasi aktivitasnya dengan menggunakan laser dalam ruang yang cukup kecil.
  10. Quantum State: Sebuah kondisi di mana elektron terdeteksi. Biasanya hasil temuan ini terlihat melalui fungsi gelombang ataupun satu set bilangan kuantum. Manfaat dari mengetahui kondisi kuantum ini adalah prediksi hasil dari eksperimen yang sedang berlangsung.
  11. Supernova: Ledakan bintang yang sangat dahsyat, yang karena dampak tersebut menghasilkan cahaya sangat terang selama beberapa bulan lamanya. 

Istilah-Istilah Fisika Teori Gerakan (Motion)

bahasa inggris fisika

Sebagai pelajar atau orang yang berkecimpung di dunia science, kamu juga harus tahu bahasa Inggris pelajaran bahasa Fisika beserta artinya. Nah, pembahasan selanjutnya adalah beberapa kosakata terkait teori gerakan. Salah satu istilah yang tampaknya sudah tidak begitu asing kamu dengar mungkin adalah gravitasi. 

Namun, selain gravitasi ternyata masih ada banyak istilah yang perlu kamu ketahui, lho. Berikut adalah beberapa istilah itu.

  1. Gravity: gaya tarik bumi yang membuat benda jatuh dapat ke tanah.
  2. Speed: Kelajuan ringkasnya adalah barometer antara jarak yang suatu benda lintasi dengan selang waktu yang benda tersebut perlukan untuk menempuh jarak tadi.
  3. Pressure: Gaya yang seseorang atau benda hasilkan ketika seseorang atau benda tersebut menekan sesuatu. Selain itu, pressure juga dapat bermakna sebagai gaya yang bekerja untuk ukuran permukaan luas.
  4. Momentum: Istilah yang pada umumnya  mengacu pada gaya yang mampu membuat sebuah benda untuk bergerak.
  5. Acceleration: Sebuah istilah yang umumnya merujuk pada peningkatan kecepatan atau kemampuan suatu entitas untuk melaju lebih gancang atau cepat.
  6. Collision: Yaitu sebuah kejadian atau insiden yang terjadi ketika ada dua entitas atau benda yang bertabrakan dengan kekuatan yang cukup besar.
  7. Friction: Sebuah resistensi gaya yang muncul saat suatu benda yang bergerak bergesekan dengan permukaan dari benda lainnya.
  8. Displacement: Merupakan istilah yang merujuk pada perubahan atau perpindahan posisi suatu entitas atau benda ke tempat baru dari lokasi sebelumnya.
  9. Inertia: Secara terperinci mengacu pada kekuatan fisik untuk menjaga benda atau entitas berada di posisi yang sama atau bergerak ke arah yang sama.
  10. Velocity: Istilah yang mengacu pada kecepatan dari suatu benda yang bergerak.
  11. First Law of Motion: Pada dasarnya adalah Hukum Fisika yang menyatakan bahwa sebuah benda akan tetap berada dalam posisi diam atau melaju lurus. Namun hal itu akan berubah jika ada gaya yang mengubahnya.

Penutup

Itulah beberapa istilah-istilah dasar fisika bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari untuk menambah wawasan lebih luas lagi. Bagi orang awam, beberapa istilah memang cukup sulit untuk dipahami. Namun demikian, jangan takut untuk mempelajari istilah-istilah tentang sains maupun biologi lainnya dalam bahasa Inggris.

Nah, sementara bagi kamu yang pelajar dan berniat berkecimpung dalam dunia science, ada baiknya mengenal kosakata di atas untuk memperlancar pembelajaranmu.

Demikianlah pembahasan terkait istilah-istilah bahasa Inggris fisika untuk kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan juga membantu kamu dalam memahami secara sederhana berbagai istilah umum dalam pelajaran fisika!