Pengertian dan Contoh Kalimat Compliment untuk Memberi Sebuah Pujian

Pengertian dan Contoh Kalimat Compliment untuk Memberi Sebuah Pujian

Apakah kamu pernah memberikan pujian atau memperoleh pujian dari orang lain? Misalnya saja sebagai contoh “Kamu terlihat sangat cantik dan anggun hari ini” atau “Wah, ternyata rumah kamu sangat besar dan indah, ya”. Nah, ungkapan-ungkapan semacam itu merupakan contoh pujian atau di dalam istilah bahasa Inggris disebut dengan compliment. Lantas, seperti apa contoh kalimat compliment ini yang dapat kamu temui di dalam kehidupan sehari-hari? Bagaimana pula penerapan dari kalimat complement ini? Yuk, simak artikel berikut ini sampai selesai!

Pada saat kamu melihat orang lain setiap hari atau setiap minggu di sekolah, tempat kerja, klub percakapan, atau di tempat lain yang mana kalian saling melakukan interaksi dengan orang di sekeliling. Maka kamu bakal melihat sejumlah aspek, mulai dari gaya berpakaian, gadget atau teknologi, kepribadian, atau bahkan cara mereka mendekorasi kantor mereka.

Nah, pujian yaitu menyatakan sesuatu yang bersifat positif mengenai seseorang, disertai dengan rasa tulus dan sejujurnya. Pujian tersebut merupakan suatu ucapan yang membuat orang yang mendengarnya menjadi merasa tersanjung. Sehingga bisa juga memberi motivasi terhadap orang yang dipujinya.

Pujian ini sangatlah penting, tujuannya yaitu untuk menunjukkan betapa kamu benar-benar menyukai apa yang telah dilakukan, dikatakan, atau dicapai oleh seseorang. Dengan kamu memberi pujian kepada seseorang, maka hal tersebut akan membuat orang lain menjadi lebih baik.

contoh kalimat compliment
pixabay.com

Pengertian dan Contoh Kalimat Compliment

Arti compliment sendiri menurut kamus Oxford memiliki makna “Remarks that expresses praise, admiration”. Dengan demikian, compliment merupakan kalimat yang menyatakan sesuatu sebagai ungkapan rasa kagum atau pujian terhadap seseorang, sesuatu, maupun suasana menggunakan bahasa Inggris.

Ya, tentu saja contoh kalimat compliment ini merupakan kalimat yang bisa kamu pergunakan untuk mengungkapkan perasaan kagum atau pujian kamu terhadap seseorang atau sesuatu. Tanpa kamu sadari, kekaguman atau pujian yang kamu ungkapkan tersebut sangatlah berarti untuk orang yang kamu berikan pujian.

Memberikan sebuah pujian atau expressing compliment ini merupakan suatu cara untuk kamu mengapresiasi terhadap suatu hal. Hal tersebut dapat memberi sebuah motivasi untuk orang yang menerima pujian, sehingga tidak ada salahnya apabila kamu melakukan expressing compliment ini.

Contoh kalimat compliment atau pujian di dalam kehidupan keseharian, menjadikan belajar kamu akan terasa lebih menyenangkan. Sehingga tiap-tiap orang rasanya ingin memperoleh pujian atas apa yang telah ia lakukan. Sebab, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, expressing compliment adalah satu bentuk apresiasi, rasa bangga, dan juga menghormati atas berbagai macam hal, bisa jeran perilaku, ucapan, penampilan maupun prestasi yang dimiliki oleh seseorang. Oleh sebab itu, kata pujian ini menjadi kerap kamu dengar di dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi beberapa orang, mungkin dapat mengungkapkan pujian dengan gampang. Tetapi untuk sebagian orang masih merasa kesulitan lantaran tidak terbiasa dengan mengungkapkan pujian terhadap orang lain, terlebih lagi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Mengungkapkan pujian dalam bahasa Inggris ini perlu kamu lakukan sebagai bentuk belajar maupun praktik dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Khususnya dalam ungkapan yang kamu gunakan sehari-hari.

Ciri-ciri Kalimat Compliment

Sebelum membahas contoh kalimat compliment, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa saja ciri-ciri dari kalimat pujian ini.

  • Expressing compliment selalu memakai kalimat yang positif
  • Kalimat pujian ini menjelaskan kelebihan , kekaguman, atau keunggulan karya
  • Terdapat saran serta maksud
  • Kalimat compliment memiliki tujuan sesuai dengan fakta atau opini dan juga jujur apa adanya
  • Expressing compliment membuat orang yang kamu puji merasa bangga dan bahkan termotivasi
  • Ada perasaan senang

Beberapa Contoh Kalimat Compliment

Apabila kamu bisa berfikir bahwa memberi suatu bentuk kebahagiaan kepada orang lain memang sangat sulit, maka kamu tidak mengetahui kekuatan untuk memuji. Memberikan pujian tentu saja merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk membuat seseorang tersenyum dan dan merasa bahagia. Dengan mendapatkan pujian, seseorang bisa merasa berharga serta suasana hati mereka menjadi lebih baik.

Expressing compliment jadi salah satu cara yang cukup baik dalam memulai sebuah percakapan. Apabila kamu sudah mengawali percakapan  dengan pujian, orang yang kamu ajak bicara bakal memperoleh kesan yang lebih positif pada kamu ketimbang saat  kamu memulai dengan cara yang berbeda.

Di dalam setiap bahasa, tentunya terdapat frasa tertentu yang dipergunakan untuk pujian. Nah, berikut ini contoh kalimat compliment yang bisa kamu pelajari.

Contoh Kalimat Compliment Accomplishment

Terdapat banyak hal yang dapat kamu puji dari orang lain. Salah satunya yaitu keberhasilan atau pencapaian yang baru saja diraih oleh orang lain. Nah, untuk memujinya dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bentuk dari expressing compliment, kamu dapat memakai frasa seperti berikut ini.

  • Excellent! (Luar Biasa)
  • Nice work! (Kerja yang bagus!)
  • Fantastic! (Fantastis!)
  • Good a job! (Kerja yang bagus!)
  • Outstanding! (Luar biasa!)
  • Perfect! (Sempurna!)
  • That’s really remarkable! (Itu sungguh luar biasa!)
  • Kudos on the great work! (Usaha yang luar biasa)
  • Well done! (Bagus!)
  • That’s awesome (Itu sungguh luar biasa!)
  • That’s great! (Bagus sekali!)

Contoh kalimat compliment :

  1. Halo, aku dengar kamu telah memenangkan perlombaan menyanyi hari ini. Hal itu sungguh sangat luar biasa! Selamat, ya! (Hello I heard you have won the singing race today. It’s really so amazing! Congratulations, yes!)
  2. Pekerjaan yang sangat bagus ketika kamu melakukan presentasi tadi! (Very good job when you did the presentation just now!)
  3. Saya sudah melihat desain Anda. Kerja yang sangat bagus! (I’ve seen your design. Very good job!)

Complimenting Ability

Kamu juga bisa memberikan expressing compliment terhadap orang lain lantaran kemampuan yang bagus pada diri mereka. Berikut ini terdapat template frasa atau contoh kalimat compliment yang bisa kamu pergunakan untuk memberikan pujian terhadap kemampuan seseorang,

  1. Kamu adalah seorang desainer yang sangat hebat! (You are a great designer!)
  2. Anda adalah seorang penyanyi yang sangat berbakat! Luar biasa hebat! (You are a very talented singer! Unbelievably great!)
  3. Saya sangat mengagumi kemampuan Anda dalam bidang administrasi ini! Sungguh luar biasa! (I really admire your ability in this area of administration! It’s really amazing!)
  4. Harus saya katakan, kamu sangat mahir dalam mengatasi masalah komputer jaringan ini! (I have to say, you are very proficient in solving this network computer problem!)
  5. Perlu saya katakan bahwa Anda sangat paham caranya memperbaiki mesin yang rusak ini! (I need to say that you really understand how to repair this broken machine!)
  6. Anda hebat dalam olahraga bulutangkis ini! (You are great at this sport of badminton!)
  7. Saya harap bisa memecahkan soal matematika ini sebaik Anda! (I hope to solve this math problem as well as you!)
  8. Anda adalah seorang penari yang luar biasa! (You are an amazing dancer!)
  9. Anda adalah seorang guru yang hebat! (You are a great teacher!)
  10. Saya sangat mengagumi kemampuan yang Anda gunakan dalam menyelesaikan kasus ini! (I really admire the ability you used in solving this case!)
  11. Harus saya akui, Anda memiliki penampilan yang luar biasa di atas panggung! Hebat sekali! (I have to admit, you have an amazing performance on stage! It’s so great!)
  12. Kemampuan Anda dalam memotong bawang sangat luar biasa! (Your ability to cut onions is amazing!)
  13. Saya harap saya bisa melukis sebagus Anda! (I hope I can paint as good as you!)

Complimenting Appearance

Contoh kalimat compliment ini dapat kamu pergunakan untuk memberikan pujian terhadap penampilan orang lain. Terdapat beberapa frase yang bisa kamu pakai sebagai complimenting appearance ini, berikut ini diantaranya.

  • Kamu terlihat sangat cantik dan anggun hari ini! (You look so beautiful and elegant today!)
  • Betapa hebatnya penampilan kamu di atas panggung hari ini! (How great you performed on stage today!)
  • Kamu terlihat sangat hebat! (You look so great!)
  • Saya benar-benar sangat menyukai gaun merah jambu yang kamu kenakan! (I really like the pink dress you wear very much!)
  • Saya suka dengan tatanan rambut kamu hari ini! (I love your hairdo today!)
  • Model sepatu yang kamu pakai terlihat sangat serasi dengan penampilan kamu hari ini! (The model of shoes you wear looks very compatible with your appearance today!)
  • Syal yang kamu pakai, terlihat sangat cocok pada dirimu! (Syal yang kamu pakai, terlihat sangat cocok pada dirimu!)
  • Lihatlah jaket monokrom ini sangat cocok pada dirimu! (Look at this monochrome jacket that fits you perfectly!)
  • Saya sangat menyukai pakaian musim dingin Anda! (I really like your winter clothes!)
  • Waw! Sungguh perhiasan yang sangat indah! (Waw! What a beautiful jewelry!)
  • Sepatu sneakers ini terlihat sangat cocok untuk dirimu! (These sneakers look perfect for you!)

Possessive Compliment (Memberi Pujian Karena Kepemilikan)

Contoh kalimat compliment ini dapat kamu pergunakan untuk memberikan pujian kepada orang lain lantaran kepemilikannya terhadap suatu hal. Sebagai contoh yaitu seseorang yang mempunyai motor baru, mobil baru, rumah baru, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana contoh pujian ini dalam bahasa Inggris? Berikut contoh kalimat compliment kepemilikan ini.

  • Aku sangat menyukai handphonemu! (I really like your phone!)
  • Mobil barumu terlihat sangat indah! Aku menyukainya! (Your new car looks so beautiful! I love it!)
  • Rasa kue ini sangat enak! (The taste of this cake is very good!)
  • Rumahmu sangat indah dan nyaman! (Your house is so beautiful and comfortable!)
  • Lantai di apartemenmu sangat bersih! (The floor in your apartment is very clean!)
  • Aku suka laptop barumu! (I love your new laptop!)
  • Aku menyukai motor barumu! (I love your new bike!)
  • Taman di rumahmu sangat indah! Aku menyukainya! (The garden in your house is beautiful! I love it!)

General Compliment

Selain pujian-pujian di atas, kamu juga dapat memberikan kalimat compliment secara umum atau general. Berikut ini contoh kalimat compliment yang umum dipakai ketika memberikan pujian terhadap orang lain.

  • Anda sangat luar biasa! (You are so amazing!)
  • Saya tidak dapat melakukannya dengan baik tanpa adanya bantuan dari Anda! (I can’t do well without your help!)
  • Anda keren! (You’re cool!)
  • Kamu benar-benar sangat istimewa! (Anda benar-benar sangat istimewa!)
  • Anda sangat hebat! (You are so great!)
  • Pekerjaan yang sempurna! (Perfect job!)
  • Kerja bagus! (Good job!)
  • Saya benar-benar menghargai semua yang telah Anda lakukan! (I really appreciate everything you have done!)
  • Apakah ada yang tidak bisa Anda lakukan? Anda sangat luar biasa! (Is there anything you can’t do? You are so amazing!)
  • Anda yang terbaik! (You are the best!)
  • Saya sangat menikmati makanannya! (I really enjoyed the food!)
  • Rasa kue ini sangat lezat. Bolehkah aku meminta resepnya? (The taste of this cake is very delicious. Can I ask for a prescription?)

Kemudian setelah kamu mengetahui deretan contoh kalimat compliment ini, lantas bagaimanakah cara memberikan pujian yang baik terhadap orang lain?

Be Specific

Pada saat kamu hendak memberikan seseorang pujian, kamu bisa melakukannya secara spesifik. Semakin spesifik sebuah pujian. maka kian banyak orang yang mengetahui secara persis tentang apa yang sudah dilakukan dengan baik.

Contoh kalimat compliment :

Great job on the presentation!

Kalimat tersebut adalah salah satu bentuk pujian yang bagus, namun itu tak memberi banyak informasi mengenai apa yang orang lakukan dengan benar. Mereka bakal merasa baik akan pujian tersebut, namun mereka tidak akan punya informasi mengenai apa yang harus mereka lakukan lebih banyak di masa mendatang.

Sebagai contoh yaitu:

  • I love your style.
  • I love your style. You always wear beautiful dresses! (lebih spesifik)

Don’t Over do It

Batasilah jumlah pujian yang kamu berikan terhadap seseorang dan juga jangan terlalu pribadi ketika memuji. Semakin banyak, maka akan semakin baik juga, bukan? Hal itu salah! Mengapa demikian?

Memberi pujian secara berlebihan atau terlalu banyak dapat membuat kamu terdengar tidak tulus atau lebai. Pada saat kamu memberikan pujian kepada orang lain, sebutkan satu atau dua hal yang menjadikan Anda kagum. Kemudian berhentilah di situ. Kamu bisa memberi pujian yang ketiga, keempat, serta kelima di waktu lain.

Demikian juga, berhati-hatilah untuk tidak terlalu pribadi ketika memuji seseorang. Apabila kamu memberikan pujian terhadap penampilan seseorang, hindari menyebutkan bagian tubuh tertentu. Biasanya memang tidak apa-apa untuk memberi pujian rambut atau mata seseorang, namun tidak banyak yang lain kecuali mereka merupakan teman yang cukup dekat.

Use Appropriate Note

Apabila kamu memberikan pujian kepada seseorang dan kamu ingin mengekspresikan antusiasme. Maka cara paling mudah untuk melakukan hal ini adalah dengan memastikan kamu mempunyai senyuman di wajah kamu masing-masing. Sebab, hal ini akan mengangkat intonasi nada kamu secara alami. Silahkan pelajari contoh kalimat complement di atas lalu cobalah untuk mengimplementasikannya di dalam kehidupan keseharian.

Penerapan Contoh Kalimat Compliment dalam Kehidupan Sehari-hari

Istri : “Breakfast is ready!” (Sarapan pagi sudah siap!)

Suami : “Wow! It looks so good!” (Wow! Tampilannya terlihat sangat enak!)

Istri : “Do you really think so?” (Apakah kamu sungguh berpikir demikian?)

Suami : “Of course! Let me try it. Waw! This peanut butter toast tastes so delicious!” (Tentu saja! Biarkan aku mencobanya. Waw! Roti panggang selai kacang ini rasanya sangat lezat!)

Istri : “Ahh, it’s good that you said that. I’m happy if you like it!” (Ahh baik sekali kamu mengatakan itu. Aku senang jika kamu menyukainya!)

Nah, itu tadi informasi mengenai expressing compliment dan contoh kalimat compliment dari visitPare.com. Apabila paham teorinya saja, kamu tak akan merasakan manfaat yang berarti. Sehingga, pergunakan contoh compliment ini di dalam kehidupan keseharian. Jangan lupa berbagi kebaikan dengan membagikan pengetahuan ini ke teman-teman kamu juga, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.