Giving Commands and Prohibitions: Definisi, Tujuan, dan Contoh

Bagaimana cara menyampaikan kalimat perintah serta larangan dalam bahasa Inggris atau giving commands and prohibition? Pada materi giving commands and prohibition ini, kamu akan belajar memahami pengertian, rumus, serta macam-macam contohnya. Yuk, simak!

Mengenal Materi Giving Commands and Prohibitions

Mengenal Materi Giving Commands and Prohibitions

Pernahkan kamu menginstruksikan seseorang untuk melakukan sesuatu atau hal yang kamu kehendaki? Seperti misalnya, “Tolong hapus papan tulisnya!” atau “Harap tenang!” 

Bisa juga misalnya melarang seseorang untuk melakukan suatu tindakan? Seperti contohnya, “Jangan menginjak rumput” atau “Jangan mengobrol”.

Nah, kedua hal tersebutlah yang sebetulnya akan kamu pelajari pada materi  giving commands and prohibitions. Bagaimana, cukup menarik, bukan?

Secara singkat, giving commands adalah menyampaikan kalimat perintah atau instruksi. Giving commands in English atau kalimat perintah dan prohibition (kalimat larangan) ini akan cukup banyak kamu temui dalam teks-teks pelajaran.

Bentuk-Bentuk Command  dan Prohibition dalam Bahasa Inggris 

Bentuk-Bentuk Command dan Prohibition dalam Bahasa Inggris

Berdasarkan bentuknya, baik command maupun prohibition, masing-masing terbagi menjadi dua kategori, yakni verbal dan nominal. Untuk memperjelas, simak uraian berikut ini:

Verbal Command 

Perintah lisan atau verbal command adalah jenis kalimat perintah yang menggunakan zero infinitive pada awal kalimat perintahnya. Sebagai informasi pengingat, zero infinitive adalah bentuk dari kata kerja yang bisa kamu gunakan tanpa embel-embel “to”, Contohnya adalah “to play” menjadi “play”.

Untuk rumusnya sendiri, verbal command memiliki dua jenis rumus yang bisa kamu pilih. Berikut adalah kedua rumus tersebut dan beberapa contohnya:

Rumus:

Verb 1  (zero infinitive) + Object + Please (optional) atau Please (optional) + Verb 1 (zero infinitive) + Object

Catatan: Penggunaan kata ‘please’ (tolong) ini bersifat opsional, sehingga boleh kamu pakai dan juga tidak. Kata ‘please’ ini hanya untuk memperhalus kalimat agar terkesan lebih sopan. 

Contoh:

  • Close the Garage, Please! (Tolong, tutup garasinya!)
  • Please, open the Microwave for me! (Tolong, bukakan microwavenya untukku!)

Nominal Command

Bentuk selanjutnya adalah nominal command. Karakteristik dari kalimat perintah bentuk nominal ini adalah penggunaan ‘Be’ pada pangkal kalimat dan tidak menggunakan kata kerja. Sebagai gambaran, simak rumus serta contoh  nominal command  berikut ini!

Rumus:

Be + Adjective + Please (optional)  atau Please (optional) + Be + Adjective

Catatan: Sama juga seperti sebelumnya, penggunaan kata ‘please’ (tolong) ini bersifat opsional, sehingga boleh kamu pakai dan juga tidak.

Contoh:

  • Be easy with the kids! (Bersikaplah santai dengan anak-anak)
  • Alex! Be good to the neighbor, please! (Alex! Bersikaplah baik kepada tetangga, tolong)

Verbal Prohibition

Pembahasan selanjutnya adalah terkait dengan salah jenis prohibition atau negative command, yakni verbal prohibition. Ciri utama dari verbal prohibition  adalah penggunaan ‘don’t’ yang kemudian diikuti oleh ‘zero infinitive’. Untuk lebih jelasnya, langsung saja perhatikan rumus juga contoh-contohnya berikut ini!

Rumus:

Don’t + Verb 1 (zero infinitive) + Object

Contoh:

  • Don’t move those chairs! 

(Jangan pindahkan kursi-kursi itu!)

  • Jackson! Don’t eat that chocolate cake on the table! 

(Jackson! Jangan makan kue coklat di atas meja)

Nominal Prohibition

Sama juga seperti kalimat nominal command, ciri khas kalimat larangan verbal adalah be yang diikuti adjective, hanya saja ditambahkan kata don’t di awalnya. Sebagai gambaran, langsung saja perhatikan rumus juga contoh-contohnya berikut ini!

Rumus:

Don’t + Be + Adjective

Contoh:

  • Please, don’t be late for dinner!

(Tolong, jangan terlambat untuk makan malam)

  • Don’t be clumsy in front of people!

(Jangan kikuk di depan orang!)

Contoh Dialog Command dan Prohibition 

Contoh Dialog Command dan Prohibition

Sebagai contoh yang lebih akurat dari penggunaan command dan prohibition dalam kehidupan sehari-hari, kamu bisa melihat dialog ini. Berikut adalah contoh dialog giving commands and prohibition (memberikan perintah dan larangan):

Simon: What do you do, Chelsea?

Chelsea: Oh, I am making vanilla cookies for tomorrow’s festival.

Simon: Oh nice! Can I try it?

Chelsea: Don’t be ridiculous! It is for sale!

Simon: Just one, please?

Chelsea: Stay away from the cookies!

Terjemahan:

Simon: Apa yang kamu lakukan, Chelsea?

Chelsea: Oh, saya membuat kue vanila untuk festival besok.

Simon: Oh bagus! Bisakah saya mencobanya?

Chelsea: Jangan konyol! Ini untuk dijual!

Simon: Tolong, satu saja?

Chelsea: Jauhi kue-kue ini!

Demikian pembahasan terkait giving commands and prohibition. Mulai dari pengertiannya hingga how do you give someone a command and prohibition (bagaimana memberi seseorang perintah dan juga larangan). Semoga dapat membantu dan menambah ilmu kamu ya!

Tinggalkan komentar