Menyusun Kata Acak dalam Bahasa Inggris dan Mengenal Jenis Kalimat

Writing skill atau kemampuan menulis merupakan kemampuan yang biasanya ada dalam ujian bahasa Inggris. Kemampuan ini merupakan kemampuan menulis pasif. Sehingga, para siswa hanya perlu menyusun kata acak dalam bahasa Inggris menjadi kalimat.

24. Jenis Kalimat dan Menyusun Kata Acak Dalam Bahasa Inggris. pexels.com
pexels.com

Menyusun Kata Acak dalam Bahasa Inggris 

Para siswa biasanya menyusun kalimat menjadi teks atau paragraf. Selain itu, siswa juga harus melengkapi teks dengan kata tertentu misalnya kata kerja, kata ganti,  atau kata benda. Sedangkan, untuk kemampuan menulis aktif, siswa harus merangkai atau membuat kalimat menjadi sebuah paragraf.

Biasanya menulis aktif ada ketika saat ujian akhir semester dengan ujian mengarang berbahasa Inggris. Nah, kita akan belajar cara menyusun kata acak dalam bahasa Inggris menjadi sebuah kalimat dalam Bahasa Inggris.

Menyusun kata-kata menjadi kalimat

Guna menyusun kata acak dalam bahasa Inggris menjadi kalimat, kita perlu memahami kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris dan polanya. Berikut ini kalimat-kalimat yang wajib dipahami:

  • Kalimat sederhana atau Simple Sentence
  • Majemuk atau Compound Sentence
  • Bertingkat atau Complex Sentence
  • Perintah/larangan
  • Peringatan
  • Kalimat dengan kutipan

1. Kalimat Sederhana (Simple Sentence)

Kalimat sederhana dapat diketahui dari pola kalimatnya yang terdiri dari subyek juga predikat. Berikut ini merupakan pola-pola yang penting dari kalimat simple atau kalimat sederhana untuk menyusun kata acak dalam bahasa Inggris .

  1. Subyek [kata benda atau kata ganti ] + to be + kata benda/kata sifat/waktu/keterangan tempat

Contoh kalimat :

Your bolpoint is under the chair

Yesterday was Sunday

Mr. Pablo is a doctor

  1. Subyek [kata ganti/ kata benda] + kata kerja + keterangan  waktu/tempat

Contoh kalimat :

My brother got up at ten past six

  1. Subyek [kata benda atau kata ganti] + k. kerja + obyek [kata benda atau kata ganti] + keterangan waktu /cara/ tempat. Ini untuk menyusun kata acak dalam bahasa Inggris .

Contoh kalimat :

My sister  hit the boy repeatedly just now

I put your magazines here yesterday

  1. Subyek [k. benda/ k. ganti] + k. kerja dengan to infinitive k. benda + ket tempat/waktu

Contoh kalimat :

Reza tried to help me last night

  1. Subyek [k. benda/ k. ganti] + k. kerja + k. benda/ k. ganti + k. kerja dengan to infinitive + k. benda + ket tempat/ waktu

Contoh kalimat :

I want the girls to play volleyball over there

She told me to send the novel  last night

There + to be + subyek [k. benda ] + ket. tempat + waktu

Contoh kalimat :

There is a bus behind this house

There are 25 students in the football field now

– Subyek [k. benda/ k. ganti] + k. kerja + obyek tidak langsung [k. benda/ k. ganti] + obyek langsung [k. benda/ k. kerja] untuk menyusun kata acak dalam bahasa Inggris .

Contoh kalimat :

I will ask her a question

Stevan made his brother a shirt

– Subyek [k. benda/ k. ganti] + k. kerja + k. sifat

Contoh kalimat :

She looks happy

He feels sad

Frase/Kata Kerja/Kelompok Kata Benda dalam Suatu Kalimat

Dari berbagai contoh di atas, kata kerja dan kata benda dapat berdiri dengan satu kata saja. Sebenarnya dalam suatu kalimat, satu kata benda dapat kita tambah  kata lain.

Kata lain itu adalah kata sifat, article, kata penghubung, ataupun frasa yang mungkin ada pada kalimat baik bagian depan maupun belakang. Hingga kata ini membentuk frase/ kata kerja/ kelompok kata benda dalam suatu kalimat. Ini guna menyusun kata acak dalam bahasa Inggris .

Contoh kalimat :

George and Lisa look very happy

The diligent boy’s name is Fred

Kata kerja juga dapat ditambah dengan suatu kata bantu. Verb juga berfungsi untuk membentuk berbagai macam tenses dan menyusun kata acak dalam bahasa Inggris .

Contoh kalimat :

I study Math everyday or I am studying Math now. She will going to take an Math course tomorrow, I will study Math seriously next semeste. She have studied Math for two years, I was studying Math when Andi come, I studied Singapore last year.

Patut kita ketahui juga jika penjelasan di atas termasuk jenis kalimat positif. Kalimat ini dapat kita ubah ke dalam bentuk kalimat negatif dan pertanyaan. Ini salah satu cara untuk menyusun kata acak dalam bahasa Inggris .

2. Kalimat Majemuk (Compound Sentence)

Terdiri atas dua kalimat, kalimat ini terhubung dengan koma, titik koma,  ataupun kata penghubung setara, misalnya but, and, dan or. Mengetahui kalimat ini bisa untuk menyusun kata acak dalam bahasa Inggris .

Contoh kalimat :

I am reading and my brother is singing

That is the wrong book; this is the right one

Walter has finished the task , but Pablo hasn’t begun it yet

I looked at the book, and I bought it

Naira is here, but she must leave soon

My mother likes music and so do I

3. Kalimat Bertingkat (Complex Sentence)

Kalimat ini dapat kita tandai dengan adanya anak kalimat yang ada pada posisi subyek, obyek, atau keterangan pada kalimat induknya. Anak kalimat ialah bagian kalimat yang telah memiliki subyek juga kata kerja tetapi belum memiliki arti penuh.

Anak kalimat bisa berawalan kata tertentu.  Kata tersebut yakni before, after, when, because, ataupun relative pronoun which,who, dan that, untuk mengganti kata benda serta bermakna “yang”. Perhatikan contoh  ini, yakni anak kalimat bergaris miring.

Hal ini penting untuk menyusun kata acak dalam bahasa Inggris .

Anak Kalimat yang Berfungsi untuk Menerangkan Waktu

I usually have brreakfast before I go to school

When my alarm clock rings, I usually wake up

You must stay here until I come back

Anak Kalimat untuk Menerangkan Kata

The man who help me is Mr. Budi

She knows the girl who took your money

This is the book which I need very much

Anak Kalimat untuk Mengungkapkan Perasaan atau Sikap

I am happy that she won the competition

I am sorry I cannot help you

Anak Kalimat untuk Menerangkan Hubungan Logis Bersyarat

You will pass the exam if you study hard

Anak Kalimat untuk Menyatakan Alasan

The boy is crying because he fell down from his bike

Anak Kalimat untuk Menunjukkan Keterangan Benda dan Mengganti Posisi Obyek

I think that you are right

1. Kalimat Perintah/Larangan

Kalimat ini berawalan kata kerja dasar atau yang pertama atau “be” yang berguna meminta orang yang memiliki sifat tertentu.

Pola:

Verb 1 + k.benda/ ket. cara)

Be + k. sifat

Be + k.sifat + k.benda

Contoh :

Clean the table !

Drive carefully!

Be good !

Untuk Kalimat Larangan diawali dengan kata “don’t”

Pola:

Don’t/ do not + Verb 1

Contoh :

Don’t go away

Don’t be lazy

2. Kalimat Peringatan

Kalimat ini berisi suatu peringatan untuk orang lain supaya terhindar dari bahaya.

Contoh :

Watch out !

Untuk menunjukkan kesantunan, kita bisa menambahkan kata please pada kalimat. Cara ini mudah sebagai cara menyusun kata acak dalam bahasa Inggris.

3. Kalimat Kutipan

Suatu kalimat yang memuat kutipan tertentu merupakan pengertian dari kalimat kutipan. Cara pengutipannya ada yang langsung dan ada yang tidak langsung. Perhatikan contoh berikut:

Kutipan langsung atau direct quotation misalnya He said, “I write for newspapers.” Kutipan tidak langsung atau Indirect quotation misalnya” She said that she liked that dress”.

Kalimat dalam bahasa Inggris memang berbeda dengan bahasa yang lainnya. Salah satunya bahasa Indonesia. Ini merupakan dasar atau basic jika kamu ingin menguasai bahasa Inggris. Ini dapat memudahkan kamu untuk menyusun kata acak dalam bahasa Inggris.

Meskipun terlihat sulit, kenyataannya juga tidak demikian. Asalkan bahasa tersebut kamu pelajari dengan baik dan berlatih, semua lebih mudah. Sebelumnya, kamu harus mengetahui terlebih dulu mengenai pengertian kalimat. Ini merupakan pemikiran yang utuh serta menunjukkan arti jelas.

Semua dapat kita representasikan lewat sekelompok kata. Dalam kegiatan orang luar negeri sehari–hari, jenis kalimat tersebut bisa terbagi menjadi dua. Ini dapat mempermudah kamu membuat atau menyusun kata acak dalam bahasa Inggris .

Tipe Kalimat dalam Bahasa Inggris 

Berdasarkan penggunaan dan artinya memang terbagi kembali menjadi beberapa jenis. Tipe tersebut antara lain ialah interrogative, imperative, declarative, dan exclamation sentence.

Sebenarnya materi ini tidak sesulit apa yang kamu pikirkan. Struktur jenis kalimat tersebut memang aslinya sederhana dan juga gampang buat kita pelajari. Dalam kalimat bahasa Inggris ada yang menggunakan verb baik regular verb juga irregular verb. Malah, ada juga yang tidak memakai verb ataupun kata kerja.

Berikut ini ialah pembahasan lengkap mulai dari contoh dan struktur dari tiap jenis kalimat dalam bahasa Inggris tersebut. Ini memudahkan kamu menyusun kata acak dalam bahasa Inggris .

Declarative Sentence (Menyatakan Sesuatu)

Mari mulai pembahasannya dengan declarative sentence. Dalam bahasa Indonesia, declarative sentence bermakna kalimat yang menyatakan sesuatu. Biasanya, ini lebih terkenal dengan nama affirmative/statement. Contohnya ialah sebagai berikut, mulai dari kalimat dengan singular serta plural noun sampai verb:

I am a singer [Aku adalah seorang penyanyi].

My mom is a singer [Ibuku adalah seorang penyanyi].

I have five healthy cats [Aku memiliki lima kucing yang sehat].

Kalimat sederhana tersebut bernada positive. Jika ingin membuatnya  menjadi negative, maka akan jadi seperti ini:

I am not a singer [Aku bukan seorang penyanyi].

My mom is not a doctor [Ibuku bukan seorang dokter].

I don’t have five healthy cats [Aku tidak memiliki lima kucing yang sehat].

Dapat kita lihat jika bentuk negative seringkali memakai to be + not, don’t, doesn’t, didn’t. Itulah sedikit contoh tentang declarative sentence. Ini memudahkan kamu menyusun kata acak dalam bahasa Inggris

Interrogative Sentence (Menanyakan Sesuatu)

Kalimat dalam bahasa Inggris selanjutnya ialah interrogative sentence. Tujuannya ialah untuk menyatakan sebuah pertanyaan. Interrogative terbagi dua yakni positive juga negative.

Misalnya saja seperti:

Are you eating my sandwich? [Apakah kamu memakan sandwichku?]

Did you spill my drink? [Apakah kamu menumpahkan minumku?]

Did you take my shoes off? [Apakah kamu mengambil sepatuku?]

Untuk interrogative sentence tersebut, dapat terjawab dengan jawaban yang pendek seperti “yes/no”. Namun, ada juga sentence dengan jawaban lebih panjang, seperti:

Why does your stomach hurt? [Mengapa perutmu bisa sakit?]

How did your sister slip? [Bagaimana bisa adikmu terpeleset?]

How did the thief get in? [Bagaimana pencuri itu bisa masuk?]

Pertanyaan seperti itu pasti memerlukan jawaban yang memang lebih panjang.

Imperative Sentence (Perintah)

Jenis kalimat perintah atau imperative sentence dapat juga menyatakan peringatan, permohonan, selamat, ajakan, larangan, doa, dan lain-lain. Subjeknya ialah orang kedua. Kata “please” merupakan kata yang paling sering muncul ketika kamu membuat kalimat imperative. Ini memudahkan kamu dalam menyusun kata acak dalam bahasa Inggris .

Misalnya saja bentuk yang mudah seperti:

Please open the door [[Tolong buka pintunya].

Go there [Pergi ke sana].

Please come in [Tolong masuklah].

Don’t disturb me [Jangan ganggu aku].

Exclamation Sentence (Pernyataan Perasaan)

Terdapat 4 jenis kalimat dalam struktur Bahasa Inggris, salah satunya adalah exclamation sentence. Biasanya kalimat ini berguna untuk menyatakan perasaan mengenai sebuah hal. Semua ungkapan perasaan itu terjadi secara spontan. Misalnya ialah rasa sedih, terkejut, kagum, heran, dan sebagainya. Struktur khasnya adalah penggunaan tanda seru atau exclamation point.

Berikut ini adalah contoh kalimat dan artinya:

What a beautiful flower it is! [Benar-benar bunga yang indah!]

How lucky you are! [Kamu beruntung sekali!]

What an amazing day! [Benar-benar hari yang luar biasa!]

What a mesmerizing place! [Benar-benar tempat yang mengagumkan!]

Rumus yang umum adalah HOW + adjective/adverb + (subject + verb). Selain itu, banyak juga yang menggunakan adjective atau kata sifat.

Perbedaan Kalimat Bahasa Inggris Berdasarkan Struktur

Selain perbedaan berdasarkan penjelasan tersebut, jenis kalimat pada bahasa Inggris juga dapat terbagi berdasarkan strukturnya. Sedangkan, pasti kamu juga sudah sering mendengarnya, karena sering muncul pada berbagai materi pelajaran. Ketiga jenisnya ialah simple, complex, dan juga compound sentence.

Penggunaan ketiga kalimat tersebut bisa untuk berbagai tujuan, salah satunya ialah untuk sahabat kamu. Seperti namanya, terdapat beberapa karakteristik khusus tiap jenis tersebut. Pastikan kamu mengetahuinya dengan detail hingga nantinya lebih mudah belajar bahasa Inggris. Ini juga mempermudah kamu untuk menyusun kata acak pada bahasa Inggris .

Simple Sentence (Kalimat Sederhana)

Simple sentence ialah kalimat yang hanya mempunyai single verb maupun 1 kata kerja. Main clause yang kita pakai juga hanya menyampaikan suatu gagasan saja. Ada banyak contoh dari simple sentence seperti:

Lidy comes to my house (Maya datang ke rumahku).

They sleep in my apartment (Mereka tidur di apartemenku).

She washed all the clothes (Dia mencuci semua baju).

I am watering the flower (Aku sedang menyiram bunga).

Kamu juga dapat menggunakan kata benda, misalnya

I buy the ball (Aku membeli bola).

They hit the ball (Mereka menendang bolanya).

She closes the window (Dia menutup jendelanya).

They eat the noodle (Mereka memakan mie).

Materi tentang kalimat simple sentence memang termasuk yang paling mudah untuk dipahami.

Compound Sentence (Majemuk Setara)

Kalimat bahasa Inggris merupakan hal  mudah kita pahami. Salah satunya ialah compound sentence atau kalimat majemuk setara. Susunannya umumnya terbentuk dari 2/lebih induk kalimat (main clause) atau kata kerja (verb). Akan tetapi, guna menghubungkan dua kalimat menjadi compound sentence, pakailah coordinate conjunction. Misalnya but, before, or, even though,  dan lainnya.

Misalnya seperti:

She is beautiful, but dishonest (Dia cantik tapi tidak jujur).

You can buy the magazines, or you can borrow it from the library

(Kamu bisa membeli majalah, atau meminjamnya dari perpustakaan).

Complex Sentence (Kalimat Kompleks/Sempurna)

Kalimat complex sentence ini ini adalah bentuk sempurna dan kalimat ini hanya mempunyai satu induk/main clause. Dengan memahami complex sentence, kamu akan lebih mudah menyusun kata acak dalam bahasa Inggris.

Dengan demikian, kalimat ini bisa memiliki satu ataupun lebih anak frasa. Untuk itu, kata penghubung dapat kita pakai seperti relative pronoun. Contoh relative pronoun ialah when, why, whose, which,  where, whom.

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis kalimat dalam bahasa Inggris dan menyusun kata acak dalam bahasa Inggris. Semoga kamu bisa memahami penjelasan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *