Ribuan perusahaan dan institusi menggunakan tes TOEIC untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris karyawannya, karena kredibilitas dari hasil tesnya. Namun berapa sebenarnya minimal score TOEIC untuk kerja? Baca artikel ini sampai akhir untuk menemukan jawabannya. 

Pembahasan dalam artikel ini meliputi:

  • Standar minimal score Toeic 
  • Skor TOEIC yang dinilai bagus 
  • Minimal score Toeic untuk kerja 
  • Tips untuk mencapai skor Toeic yang tinggi

Standar Minimal Skor TOEIC 

Minimal Score Toeic untuk Kerja Saat ini

Perusahaan akan menggunakan tes TOEIC untuk mengevaluasi tingkat kemahiran bahasa Inggris kamu di tempat kerja. Ada sekitar 7 juta tes yang dilakukan setiap tahun dan tes TOEIC adalah yang paling banyak digunakan di dunia. Oleh karena itu, ada banyak alasan untuk mengikuti tes ini. Ujian tes TOEIC terdiri dari tes Mendengarkan dan Membaca. 

Skor untuk setiap bagian ditentukan oleh jumlah jawaban yang benar, yang kemudian diubah menjadi skala skor mulai dari 5 sampai 495. Skor akhir adalah penjumlahan dari dua skala skor. Oleh karena itu, skor TOEIC terbaik yang bisa kamu capai adalah 990 dan yang terburuk adalah 10.

Berapa Skor TOEIC yang Dinilai Bagus?

Ketahui Minimal Score Toeic untuk Kerja

Mungkin kamu bertanya-tanya tentang skor yang dianggap bagus. Sulit untuk mengatakan skor mana yang bagus di bagian Toeic Listening and Reading. Namun, hal utama yang harus selalu kamu ingat adalah skor TOEIC yang bisa memenuhi tujuan kamu. Misal untuk keperluan melamar pekerjaan, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Jika kamu masih merasa sistem penilaian TOEIC agak kabur, kamu bisa memasukkannya ke dalam konteks Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa (CEFR) untuk pemahaman yang lebih baik.

Kamu bisa melihat tabel di bawah ini yang memberikan indikasi bagaimana skor Toeic Listening dan Reading setara dengan level CEFR:  

Minimal Skor TOEIC untuk Kerja 

Ada Minimal Score Toeic untuk Kerja yang Harus Diketahui

Setiap perusahaan memberlakukan skor yang berbeda-beda untuk persyaratan melamar. Perusahaan atau institusi tempat kamu melamar akan memberi tahumu berapa syarat minimumnya. 

Skor minimal 600 biasanya diperlukan jika kamu akan bekerja di luar negeri di mana bahasa Inggris adalah bahasa utamanya. Ini yang harus kamu perhatikan:

  • Beberapa perusahaan Eropa berskala internasional yang mensyaratkan kandidatnya untuk melamar dengan skor TOEIC yang jika disesuaikan dengan skala CEFR, antara A1 hingga C2. Atau, dalam TOEIC, poinnya adalah 120 hingga 945. 
  • Perusahaan lainnya memberlakukan skor minimal 750. CEFR ini adalah Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa. 
  • Jika kamu ingin melamar di berbagai perusahaan internasional Jepang, nilai TOEIC kamu setidaknya 600. 
  • Ada pula perusahaan yang menginginkan nilai 800 sebagai nilai minimal. Pasalnya, banyak perusahaan Jepang membutuhkan kandidat dengan kemampuan berbahasa Inggris yang kuat dan profesional. 
  • Sedangkan untuk perusahaan dalam negeri, nilai yang dibutuhkan sekitar 400-500. Jika nilai kamu 475, kamu sudah bisa melamar bekerja di salah satu Kementerian BUMN. 

Tips untuk Mencapai Skor TOEIC Tinggi 

Tentu kamu tidak ingin gagal bekerja di perusahaan impian kamu hanya karena skor TOEIC kamu jauh dari nilai yang mereka syaratkan, bukan? 

Ada banyak tips untuk memaksimalkan skor kamu dalam ujian TOEIC, berikut ini beberapa di antaranya: 

  • Pelajari secara mendalam tentang format tes TOEIC agar kamu bisa mendapatkan nilai tinggi
  • Buat rencana dan tentukan berapa banyak waktu yang akan kamu habiskan untuk belajar. 
  • Uji diri kamu untuk mengetahui tingkat bahasa Inggrismu saat ini dan kenali kekuatan dan kelemahanmu. 
  • Tingkatkan semua keterampilan bahasa Inggrismu dalam berbagai cara, seperti membaca buku, menonton film,  dan mendengarkan musik berbahasa Inggris. Selain itu kamu juga bisa mengasahnya dengan banyak menulis dalam bahasa Inggris 
  • Pelajari kata-kata baru dalam kolokasi atau topik. 
  • Belajar online juga bisa menjadi cara yang nyaman dan fleksibel untuk mempersiapkan ujian.

Jangan cemas jika nilai kamu masih kurang, karena kamu selalu dapat mengulangi tesmu, hingga hasilnya sesuai dengan yang kamu perlukan. Namun, tentu saja kamu ingin tes yang sekali jadi. Untuk itulah, kamu bisa melakukan tips tersebut di atas untuk mendapatkan skor maksimal. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang minimal score Toeic untuk kerja. Kamu juga bisa bagikan informasi ini ke teman-teman kamu. Semoga bermanfaat. 

Bagikan: