Pidato Bahasa Inggris, Pengertian, Jenis, Struktur, Contoh dan Tipsnya

Pada dasarnya, pidato bahasa Inggris tidak berbeda dengan pidato bahasa Indonesia. Baik jenis, topik pembahasan, maupun struktur cenderung sama.

Hal yang membedakan keduanya hanyalah penggunaan bahasanya saja. Anda bisa menjumpai pidato Inggris ini dalam berbagai acara. Mulai dari acara seminar, pernikahan, ulang tahun, kenaikan kelas, maupun acara lainnya.

Bacaan Lainnya

Membuat pidato Inggris bagi sebagian orang terbilang mudah. Terutama bagi yang sudah mahir berbahasa Inggris membuat pidato Inggris bukan lagi masalah.

Berbeda dengan pemula yang ingin atau baru saja belajar bahasa Inggris. Membuat pidato Inggris seringkali menjadi hal yang cukup sulit.

Tak perlu khawatir, Anda bisa mempelajarinya dengan sangat mudah. Berikut ini adalah pengertian, jenis, struktur, contoh, dan tips membuat pidato Inggris.

Pengertian Pidato Bahasa Inggris

Pengertian Pidato Bahasa Inggris

Pidato Inggris merupakan penyajian lisan atau komunikasi kepada banyak orang atau sekelompok orang dengan menggunakan bahasa Inggris. Pidato Inggris juga dapat Anda definisikan sebagai aktivitas untuk mengungkapkan ide, gagasan, maupun pikiran secara lisan melalui kata-kata atau kalimat kepada banyak orang atau sekelompok orang dengan tujuan tertentu.

Untuk menyampaikan isi pidato tersebut dengan baik, dan audien dapat memahaminya, maka perlu memperhatikan beberapa hal penting. Seperti penampilan, ekspresi wajah, intonasi suara, perilaku, hingga properti pendukung.

Pidato Inggris akan bersifat menyenangkan jika Anda dapat menyampaikannya dengan cara yang menarik. Begitu pula sebaliknya, pidato Inggris akan terkesan membosankan jika penyampaian yang Anda gunakan cenderung monoton.

Maka dari itulah, terdapat beberapa kemampuan dasar yang Anda perlukan saat berpidato. Seperti, memiliki pemahaman bahasa lisan yang baik dan benar dan memiliki keberanian atau tampil percaya diri di depan umum. Terakhir, memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide ataupun pemikiran secara lisan dengan lancar.

Jenis-Jenis Pidato Bahasa Inggris

Pidato Inggris memiliki beberapa jenis yang patut Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membuatnya. Masing-masing jenis pidato tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda. Agar dapat membedakannya, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

1. Manuscript

Manuscript atau metode naskah merupakan pidato yang disampaikan dengan cara membaca teks yang sudah disiapkan sebelumnya. Ketika Anda menyampaikan pidato Inggris jenis ini, tidak perlu menghafal karena bisa melihat teks dalam naskah tersebut. Biasanya, jenis pidato ini disampaikan dalam pidato resmi seperti pidato kenegaraan presiden, walikota, gubernur, dan lain sebagainya.

2. Impromptu

Impromptu merupakan metode pidato dadakan atau tanpa perencanaan sama sekali. Ketika Anda menyampaikan jenis pidato ini biasanya tanpa adanya persiapan naskah ataupun hafalan.

Siapa saja yang menerapkan metode ini akan berbicara secara langsung dan menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya. Orang-orang yang menyampaikan pidato dengan metode ini biasanya memiliki kemampuan public speaking yang sangat baik.

Sehingga, dimanapun dan kapanpun sudah siap menyampaikan pidato meskipun tidak ada persiapan bahkan pemberitahuan sekalipun.

3. Memorized

Jenis pidato bahasa Inggris lainnya yakni memorized. Memorized ini merupakan pidato yang penyampaiannya menggunakan metode memorasi.

Metode memorasi yakni penyampaian pidato dengan cara menghafal isi pidato yang sudah dipersiapkan sebelumnya atau dari jauh-jauh hari. Jika Anda menyampaikan pidato dengan metode ini biasanya tidak perlu lagi membawa teks karena sudah menghafal isi naskah pidato secara keseluruhan.

4. Extemporaneous

Pidato extemporaneous ini merupakan jenis pidato yang disampaikan dengan menggunakan catatan kecil. Catatan ini berisikan urutan poin-poin yang akan disampaikan ketika pidato nanti. Saat pembicara menyampaikan isi pidatonya, poin-poin tersebut akan dikembangkan dalam uraian yang lebih luas.

Struktur

Membuat pidato bahasa Inggris tidak boleh asal-asalan. Supaya pidato yang Anda buat sesuai, harus memperhatikan setiap struktur pentingnya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak beberapa struktur pidato Inggris berikut ini.

1. Introduction (Pendahuluan)

Struktur pertama yakni introduction atau pendahuluan. Biasanya dalam bagian ini berisikan tentang perkenalan diri maupun topik yang akan Anda bahas. Dalam bagian inilah Anda bisa menarik perhatian audiens.

2. Body (Isi Pidato)

Struktur kedua yakni body atau isi pidato. Pada bagian ini berisikan tentang argumen atau pembahasan yang ingin Anda sampaikan. Inti dari pidato Anda berada pada bagian ini, maka dari itu pastikan untuk menyampaikannya secara jelas dan terperinci.

3. Conclusion (Kesimpulan)

Struktur berikutnya yakni conclusion atau kesimpulan. Pada bagian ini memuat solusi atau saran untuk mengatasi permasalahan yang Anda bahasa dalam bagian isi pidato. Setelah membahas solusi, Anda dapat menutup pidato dengan kata-kata penutupan, seperti permohonan maaf serta ucapan terima kasih kepada audiens.

Contoh

Setelah mengetahui pengertian, jenis, dan struktur pidato Inggris, kini saatnya Anda berlatih untuk membuatnya. Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa Anda gunakan sebagai gambaran.

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Lingkungan

Ada banyak topik atau bahasan yang bisa digunakan sebagai isi atau materi dari pidato Anda. Mulai dari pendidikan, kesehatan, kemerdekaan, motivasi untuk anak-anak muda, bisnis, dan topik lainnya. Salah satu contoh yang bisa Anda simak adalah pidato tentang lingkungan seperti di bawah ini.

Bahasa Inggris

Introduction

Good morning

Ladies and gentleman. Today I want to deliver a speech about the environment. Environmental understanding is really important in order to live healthy, neat, and environment friendly.

Body

As we know, the current environmental conditions we live in are very different. Especially if we compare it with the environment several decades ago.

If in the past we could easily find trees, now we have difficulty finding them. There are very few vacant lands. This is because a lot of the construction of various buildings to where we live.

Environmental problems are not only limited to the reduction of vacant land on this earth. But also, many fauna or animals have lost their habitat. Without us realizing it, the more often we clear land, we seize the habitat of the fauna or animals.

Not only losing their homes, the fauna also lost their food sources. No wonder these animals come to residential areas to attack humans to defend their lives.

Conclusion

Given these problems, it’s a good idea to start improving ourselves to cultivate a sense of love for our environment. We can use easy ways to preserve the environment for the sake of survival together, both humans and other God’s creatures. For example, by throwing it in its proper place, reducing the use of plastic, to saving water usage.

Through this short speech. I want to invite you to start doing some activities that nourish our environment. Sorry if there is any mistakes and thank you for your attention.

Bahasa Indonesia

Pendahuluan

Selamat pagi hadirin yang saya hormati. Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato tentang lingkungan, agar kita bisa selalu hidup dalam lingkungan yang bersih, sehat, dan lestari.

Isi Pidato

Seperti yang kita ketahui, saat ini kondisi lingkungan yang kita tempati sangatlah jauh berbeda. Apalagi jika kita bandingkan dengan lingkungan beberapa puluhan tahun yang lalu.

Jika dulu kita dapat dengan mudah menemukan pepohonan, saat ini kita kesulitan menemukannya. Bahkan, lahan-lahan kosong sudah sangat sedikit jumlahnya. Hal ini karena banyak terjadinya pembangunan berbagai gedung hingga tempat tinggal kita.

Permasalahan lingkungan tidak hanya sebatas berkurangnya lahan kosong di bumi ini. Melainkan juga, banyak fauna atau hewan-hewan yang kehilangan habitatnya. Tanpa kita sadari dengan semakin seringnya kita membuka lahan, kita merebut tempat tinggal fauna atau hewan-hewan tersebut.

Tak hanya kehilangan tempat tinggal, fauna itu pun juga kehilangan sumber makanan. Tak heran bila hewan-hewan tersebut datang ke pemukiman penduduk hingga menyerang manusia untuk mempertahankan hidupnya.

Kesimpulan

Mengingat permasalahan tersebut, ada baiknya kita mulai berbenah diri untuk memupuk rasa cinta pada lingkungan kita. Kita bisa menggunakan cara-cara yang mudah untuk melestarikan lingkungan demi kelangsungan hidup bersama, baik manusia maupun makhluk tuhan lainnya. Misalnya saja dengan membuang sampah sesuai dengan tempatnya, mengurangi penggunaan plastik, hingga menghemat penggunaan air.

Sekian pidato dari saya tentang lingkungan, mari jaga selalu lingkungan kita dengan upaya rekomendasi. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan serta terima kasih atas perhatiannya.

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Narkoba

Contoh pidato lainnya yakni tentang bahaya narkoba. Agar tidak semakin membuat penasaran, bisa simak di bawah ini.

Bahasa Inggris

Introduction

Good evening everyone. On this auspicious occasion, I will deliver a speech about the dangers of drugs.

Body

Currently, technology has developed very rapidly. This is make us easier to get something.

Time, place, and distance are no longer obstacles. However, the rapid development of this technology makes the spread of crime widespread.

On of them is the drug trade which become increased significanty and that’s really worrying. The target of the drug trade is teenagers to children. Therefore, it is important for us to always be careful.

Conclusion

One of the efforts we can do is to provide education in the family. The role of parents is very important to supervise the association of their children and give full attention to their education.

This is the end of my speech today, I hope it can be useful for all of us. I am sorry if there is any word which unpleasing you, and thank you for your attention.

Bahasa Indonesia

Pendahuluan

Selamat sore hadirin sekalian. Pada kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan pidato tentang bahaya narkoba.

Isi Pidato

Saat ini, teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini membuat kita semakin mudah dalam mendapatkan sesuatu.

Bahkan, waktu, tempat, dan jarak sudah bukan lagi halangan. Namun, semakin pesatnya perkembangan teknologi ini membuat penyebaran kejahatan meluas.

Salah satunya adalah perdagangan narkoba yang sudah semakin mengkhawatirkan. Target dari perdagangan narkoba tersebut adalah remaja hingga anak-anak. Maka dari itulah, penting bagi kita untuk selalu berhati-hati.

Kesimpulan

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah memberikan edukasi dalam keluarga. Peran orang tua menjadi sangat penting untuk mengawasi pergaulan anak-anaknya dan memberikan perhatian penuh pada pendidikannya.

Sekian pidato saya tentang narkoba ini, semoga memberikan manfaat bagi kehidupan kita. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan serta terima kasih atas perhatiannya.

Tips Menyusun Pidato Bahasa Inggris

Untuk dapat membuat pidato Inggris yang baik, sesuai, dan mampu menarik perhatian audiens, terdapat beberapa tips yang bisa Anda gunakan. Apa sajakah tipsnya? Untuk lebih jelasnya bisa simak uraian selengkapnya di bawah ini.

1. Kenali Siapa Audiens Anda

Tips yang pertama yakni dengan mengenali siapa saja audiens yang akan mendengarkan pidato Anda. Hal ini sangatlah penting karena berkaitan dengan topik yang akan Anda sampaikan hingga gaya bahasanya.

Agar pesan dari isi pidato Anda tersampaikan dengan baik ke audiens, sesuaikan dengan bahasa Inggris yang akan digunakan. Sebagai contoh, bila audiens Anda adalah siswa menengah pertama, ada baiknya menggunakan kosakata bahasa Inggris yang sederhana saja.

Sehingga, audiens Anda mudah untuk mengerti dan memahaminya. Lain halnya jika audiens Anda adalah mahasiswa, mungkin tingkat kosakata bahasa Inggris yang Anda gunakan bisa ditingkatkan. Sebagai pembicara yang baik, mengerti tingkat pemahaman dan wawasan audiens menjadi bagian paling penting.

2. Tentukan Topik yang Lebih Spesifik

Tips selanjutnya yakni menentukan topik yang lebih spesifik. Dengan menentukan topik yang lebih spesifik ini akan menghindari pembicaraan yang tidak penting dan pembahasan yang tidak berkaitan dengan topik tersebut.

Hal ini untuk menjaga audiens Anda tetap fokus. Sebagai contoh, jika Anda ingin menyampaikan pidato dengan topik kebersihan lingkungan, maka spesifiknya bisa tentang pengelolaan sampah rumah tangga, dampak membuang sampah sembarangan dan lain sebagainya.

Contoh lainnya, bila Anda menyampaikan pidato dalam acara kemerdekaan, bisa memilih topik tentang perjuangan para pahlawan dan sebagainya.

3. Memberikan Uraian yang Ringkas dan Jelas Pada Setiap Poin

Dalam menyampaikan pidato bahasa Inggris, umumnya terdapat poin penting yang harus Anda sampaikan. Ada baiknya point penting dari isi pidato tersebut Anda sampaikan secara ringkas dan jelas. Hal ini akan membuat pidato Anda lebih sistematis, menarik, dan enak didengar.

4. Berikan Contoh, Data Statistik, dan Bukti yang Autentik

Sama halnya dengan pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Inggris tidak hanya sekedar memaparkan permasalahan yang sedang terjadi saja. Namun, Anda juga harus menyertakan bukti dengan contoh ataupun data statistik yang akurat.

Hal ini akan membuat isi pidato Anda berbobot dan audiens pun akan lebih percaya dengan apa yang Anda sampaikan. Selain itu, dengan adanya bukti yang dapat dipertanggungjawabkan, tujuan pidato Anda akan semakin tersampaikan dan meningkatkan kesadaran audiens.

Salah satu contoh data statistik atau contoh yang bisa Anda cantumkan dalam isi pidato seperti pendapat para ahli, jurnal penelitian, skripsi, dan bukti lainnya.

5. Gunakan Referensi

Membuat pidato bahasa Inggris bisa menggunakan berbagai referensi. Hal ini sebagai pendukung argumen atau pendapat Anda. Misalnya saja seperti seorang tokoh, guru, penemu, aktivis, atau referensi lainnya.

Mengingat penyampaiannya menggunakan bahasa Inggris, ada baiknya referensi yang Anda gunakan berasal dari orang luar negeri. Perhatikan orang tersebut dalam menyampaikan pidatonya. Mulai dari gestur tubuh, pengolahan kata, mimik wajah, maupun penampilannya dalam menyampaikan pesan kepada audiens.

Selain belajar dari orang lain, Anda harus tetap mempertahankan keorisinilan atau gaya Anda sendiri dalam menyampaikan pidato. Pasalnya, gaya berpidato setiap orang berbeda-beda dan dapat menjadi ciri khasnya untuk selalu diingat oleh audiens.

Dengan memahami semua materi di atas, dan terus berlatih, Anda bisa membuat pidato bahasa Inggris yang baik. Maka dari itulah, jangan pernah berhenti belajar bahasa Inggris dan teruslah mengasah kemampuan Anda.