Silent Letter Bahasa Inggris, Apa Saja Contohnya?

Tidak seperti bahasa Indonesia, kata-kata dalam bahasa Inggris seringkali memiliki cara pengejaan yang berbeda dari penulisannya. Semakin banyak kamu membaca, maka kamu juga akan semakin tahu mengenai karakteristik kata-kata dalam bahasa Inggris, termasuk mengenai keberadaan silent letter bahasa Inggris.

Berbicara mengenai silent letter, kamu pasti pernah menemui sebuah atau beberapa kata bahasa Inggris yang memiliki huruf konsonan atau vokal tertentu namun tidak dibaca dalam pengucapannya. Nah, inilah yang dimaksud dengan silent letter. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Apa itu Silent Letter?

Ketahui Silent letter bahasa Inggris

Seperti yang kita ketahui, kata silent dalam bahasa Inggris berarti diam. Silent letter adalah huruf atau kombinasi huruf yang merupakan bagian dari suatu kata, namun tidak ikut terdengar ketika kamu mengucapkannya.

Pada dasarnya, tidak ada aturan saklek terkait silent letter dalam bahasa Inggris. Meski begitu, tidak ada salahnya kamu mempelajari  kombinasi silent letter yang mungkin akan banyak kamu temui ke depannya, sehingga kamu tidak akan salah saat mengucapkannya.

Mengapa Terdapat Silent Letter?

Pentingnya kata ini dalam Bahasa Inggris

Mungkin kamu akan berpikir jika tidak diucapkan kenapa harus ditulis. Memang, tidak ada alasan pasti mengapa silent letter bisa eksis. Akan tetapi, ketahuilah bahwa justru dengan adanya silent letter ini, maka itu akan membantumu saat menulis terutama ketika membedakan kata yang memiliki homofon.

Sebagai contoh, ambil kata hour dan our. Kedua kata ini memiliki pengucapan yang sama, bukan? Padahal, makna katanya jauh berbeda. Adanya huruf h dalam kata hour mampu membantumu membedakan arti keduanya. Begitu juga dengan kata know dan no.

  • We have been waiting here for an hour but still, there is no sign that they will return our ticket fund.
  • I kept knocking on the door and calling everyone that night. I didn’t know that there were no people at home.

Selain itu, pada umumnya kata yang memiliki silent letter adalah kata yang berasal dari bahasa asing. Misalnya saja seperti kata rendezvous yang berasal dari bahasa Prancis. Seperti dalam bahasa asalnya, huruf z dan s tidak dibaca.

Begitu pula dengan kata tsunami. Ini bukan kata asli dalam bahasa Inggris melainkan berasal dari bahasa Jepang. Karena ts tidak mengikuti aturan fonologi bahasa Inggris, maka huruf pertama berubah menjadi silent letter.

Di Mana Letak Silent Letter?

Posisi silent letter bahasa Inggris

Silent letter bisa terletak di mana saja. Tak harus di tengah, namun juga bisa di depan maupun belakang. Misalnya untuk silent letter yang terletak di depan, kamu bisa ambil contoh kata gnome, knock, knight, honest. Kamu tidak perlu membaca masing-masing huruf pertama dari kata tersebut.

Sedangkan untuk silent letter yang terletak di tengah kamu bisa mengambil contoh seperti kata butcher, whistle, school, dan masih banyak lagi. Huruf t dan h dari kata-kata tersebut tidak ikut diucapkan.

Contoh Kata yang Memiliki Silent Letter

Selain contoh silent letter di atas, masih ada banyak kata lainnya yang juga memiliki silent letter di dalamnya. Hampir setiap huruf alfabet dalam bahasa Inggris pernah menempati posisi sebagai silent letter dalam suatu kata. Seperti beberapa berikut ini contohnya:

Silent Letter Examples Words With Silent Letters
B dumb, numb, climb, comb
C miscellaneous, muscle
G design, sign, gnome, malign, resign
K kneel, knickers, knack
N autumn, damn, hymn, column
P psychiatry, psyche, psychological
S island, aisle, patios
T apostle, christmas, castle, hustle
U guess, disguise, guilt

 Kesimpulan

Pada dasarnya, silent letter bahasa Inggris nyatanya tak hanya terbatas pada huruf konsonan saja, namun ada juga yang berupa huruf vokal, seperti contoh di atas. Ada banyak kata dalam bahasa Inggris yang mengandung silent letter, yang mana jumlahnya mencapai hingga 60 persen. Dan yang perlu digarisbawahi adalah, letaknya bisa di awal, tengah, dan akhir.

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah huruf dalam sebuah kata adalah silent letter atau bukan? Untuk masalah yang satu ini, kamu harus sering-sering membaca dan mendengar speaking Bahasa Inggris, ya. Semakin banyak kamu memperkaya kosa kata maka akan semakin luas wawasanmu terkait silent letter ini. Selamat belajar!