Motivation Letter dalam Bahasa Inggris: Cara Membuat dan Contohnya

Motivation Letter dalam Bahasa Inggris: Cara Membuat dan Contohnya

Dalam proses pendaftaran untuk pengajuan beasiswa, ada banyak berkas yang harus Anda persiapkan. Salah satunya adalah motivation letter. Ia berguna sebagai penunjang kualitas diri sekaligus syarat yang harus Anda submit dalam melalui proses pengajuan beasiswa. 

Sebelum mempersiapkan berkas-berkas lain, jangan lupa untuk membuat surat yang satu ini. Tahukah kamu apa itu motivation letter? Lalu bagaimana cara membuat motivation letter dalam Bahasa Inggris yang baik? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Motivation Letter?

Motivation letter adalah surat pengantar yang berisi tambahan berkas pendukung lain seperti resume atau summary. Biasanya, surat ini lebih sering berguna sebagai penjelas dari orang yang mengajukan beasiswa. Terutama untuk beasiswa di luar negeri. 

Apabila Anda ingin mengajukan beasiswa di luar negeri, gunakan motivation letter sebagai surat yang dapat meyakinkan pelamar agar menerima pengajuan milik Anda. 

Buatlah surat pengajuan ini dengan singkat namun isinya harus berkesan. Sebab lembaga yang bertanggung jawab sudah pasti ingin mengenal dan mengetahui lebih dalam tentang para pelamarnya. Surat ini harus berisi latar belakang pendidikan, motivasi untuk belajar, cita-cita, hingga pengalaman dan kelebihan yang Anda miliki. 

Cara Membuat Motivation Letter Bahasa Inggris

Setelah mengetahui pengertian motivation letter, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi utama yang akan Anda tulis dalam surat tersebut. Berikut adalah panduan lengkap cara membuat motivation letter Bahasa Inggris. 

1. Pahami Tujuan Pembuatan Motivation Letter

Tujuan utama pembuatan surat ini adalah untuk mengenalkan diri sekaligus membuat lembaga pemberi beasiswa terkesan. Anda harus memilih informasi penting yang akan Anda tulis. Tidak perlu menulis semua pencapaian selama Anda hidup, namun pilihlah 3 – 5 tahun terakhir dengan prestasi terbaik.

Kemudian pahamilah bahwa surat ini akan membuat Anda lolos dalam tahap seleksi berkas. Maka jangan bertele-tele dan sampaikan inti yang jelas dan lengkap sehingga motivation letter Anda lolos sesi penyeleksian berkas. 

2. Memiliki Struktur yang Jelas

Dalam menulis motivation letter, pastikan Anda sudah mengerti struktur yang seperti apa yang harus Anda tulis. Surat ini dimulai dengan penjelasan singkat data diri yang kemudian dilanjut dengan latar belakang pendidikan. Setelah itu tambahkan informasi tentang prestasi-prestasi membanggakan dalam 3 – 5 tahun terakhir. 

Struktur selanjutnya adalah alasan mendaftar beasiswa yang Anda ajukan. Berikan pula penjelasan program studi yang Anda ingin sekaligus alasan mengapa Anda ingin mendaftar pada program tersebut. 

Langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memberikan alasan yang logis agar para pemeriksa berkas harus menerima Anda sebagai kandidat. Jangan lupa untuk membeberkan rencana Anda di masa depan agar membuat motivation letter Anda lebih menarik. Terutama apabila Anda menunjukkan progress yang signifikan. 

3. Mulai dengan Pembukaan yang Menarik

Pembukaan dalam sebuah tulisan merupakan hook yang harus Anda tulis secara menarik agar dapat membuat para pembaca berkas terkesan. Terutama dalam motivation letter yang dapat memberikan Anda kesempatan untuk mendapat beasiswa. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pembukaan adalah kunci yang berisi informasi terkait data diri Anda. Mulai dari biodata, latar belakang, hingga alasan mengapa Anda menulis surat tersebut. Gunakan kalimat efektif yang tepat dan jelas agar surat tidak terkesan bertele-tele. 

4. Tulis Isi dengan Jelas

Isi motivation letter merupakan inti mengapa Anda mengajukan beasiswa, maka Anda harus menjelaskan secara rinci dan jelas tanpa ada yang harus Anda kurangi. Berikanlah informasi terkait prestasi, motivasi belajar, hingga keahlian yang dapat menambah poin Anda saat pengajuan. 

Jelaskanlah visi misi Anda serta rencana masa depan apabila beasiswa tersebut Anda dapatkan. Seperti Anda akan membagikan ilmu tersebut kepada mereka yang membutuhkan sembari melakukan pengabdian terhadap negara dan Tanah Air Indonesia. 

5. Tutup dengan Penutupan yang Mengesankan

Setelah menulis pembukaan dan isi yang menjelaskan bagaimana informasi data diri dan keinginan Anda apabila mendapatkan beasiswa, sekarang adalah saat membuat penutup yang mengesankan. Motivation letter akan sangat berguna dalam meloloskan peserta yang mengajukan beasiswa apabila isi surat sungguh bagus,

Jabarkanlah harapan apabila Anda mendapat kesempatan beasiswa dari lembaga penanggung jawab. Berikan juga penjelasan dan yakinkan para pembaca berkas bahwa Anda adalah kandidat yang berkualitas dan perlu mendapatkan kesempatan tersebut. 

Gunakanlah kata-kata persuasif yang dapat menarik minat penanggung jawab agar memberikan Anda kesempatan beasiswa. Jangan lupa untuk memberikan penjelasan terkait tujuan dan tekad Anda sebagai pengaju beasiswa dengan singkat dan padat. Jangan bertele-tele agar pesan yang Anda tulis dapat tersampaikan.  

Baca Juga : Penjelasan Infinitive Verb dengan Contohnya, Lengkap!

Contoh Motivation Letter dalam Bahasa Inggris

Dear Sir/Madam, I am Selly, a graduate student from University of Indonesia in Depok, Indonesia, with a Bachelor’s degree in English Education. The purpose of this motivation letter is to use the letter of the alphabet University 2021 education program. Since I graduated, I have even been teaching English to high school students in one of the schooling centers in the capital of Indonesia.

The University of Indonesia has prepared me for knowledgeable operating life. it’s jointly helped me develop each of my English and teaching skills through coaching and situations. My initial situation was at the ‘English is Amazing!’ tuition center located in the capital of Indonesia. I’m assured to say that I have even improved my skills as well as understanding. However, students might learn the English language in order to support their interests. That’s why, I used to be dedicated to the most effective interns because of my distinctive method. Besides, I want to take on further tasks privately teaching and acting with individuals. For me, the 2020 Education educational program is a worthy journey that may even be serving my skills. Ever since I am an Associate in English enthusiast myself, I know that this program can give a positive impact on my achievements and experiences. Furthermore, I’m willing to undertake any challenges offered by the program in a while.

Thank you for reviewing my motivation letter. I am going to be able to assert my personal information for you to rearrange interview sessions. Please kindly contact me if you are sore that I can be an appropriate candidate for the program. I foresee hearing additional notice.

Best regards,

Selly

Jakarta,

selly123 @ yahoo.com

Yuk, Buat Motivation Letter Terbaik!

Dalam proses pengajuan beasiswa ada banyak berkas yang harus Anda persiapkan. Salah satunya adalah motivation letter yang berisi surat pengantar sekaligus resume untuk pengajuan beasiswa. Dengan menulis surat pengajuan yang berkualitas, maka penanggung jawab berkas akan tertarik dan merasa Anda perlu diloloskan.

Gunakan kalimat terbaik dan lakukan pengecekan ulang, terutama dalam informasi terkait data diri. Jangan lupa untuk memeriksa grammar yang sudah Anda gunakan dalam penulisan surat agar tidak ada kesalahan yang tidak sengaja. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.