10 Cara Belajar Bahasa China untuk Pemula

10 Cara Belajar Bahasa China untuk Pemula

Bahasa China atau Mandarin termasuk bahasa yang populer dan banyak dipelajari di Indonesia. Formatnya mulai dari ekstrakulikuler, les privat hingga jurusan yang ada di berbagai perguruan tinggi. Kamu bisa simak cara belajar bahasa china. 

Dengan demikian bahasa ini dianggap memiliki manfaat bagi semua orang khususnya yang ingin terjun di bisnis. Berbagai metode pun muncul untuk mempelajarinya mulai dari otodidak hingga masuk lembaga. 

10 Cara Belajar Bahasa China Untuk Pemula Secara Cepat

Ada beberapa cara belajar bahasa China yang bisa kamu coba agar mudah menguasai secara cepat. Cara ini cocok untuk semua umur khususnya bagi mereka yang masih pemula atau advanced. 

Mengenal Pinyin

cara belajar bahasa china

Pinyin jika diterjemahkan secara harfiah berarti ejaan atau penulisan romawi pada bahasa China. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengetahui cara baca huruf mandarin yang berbeda dari bahasa lainnya.

Pinyin ini sendiri mulai berkembang di China pada tahun 1950 namun dibuat secara resmi pada tahun 1982. Setelah melalui beberapa proses revisi, akhirnya rakyat Tiongkok menyetujui pinyin di tahun 1985. 

Memahami Nada Bahasanya

cara belajar bahasa china

Nada dalam bahasa China ini sangat menentukan pada arti dari kata yang dilafalkan. Sebab satu kata saja bisa memiliki arti yang berbeda jika nada pengucapannya tidak sama. 

Secara umum nada dalam bahasa Mandarin ada 4 yaitu nada meninggi, datar, melengkung dan menurun. Kata beragamnya nada maka tidak heran jika beberapa orang sulit memahaminya. Sebab orang yang mahir bahasa Mandarin terkadang masih ada kesalahan dalam hal nada ini. 

Menghafal Kata-Kata paling Mudah

cara belajar bahasa china

Sebagai tahap awal, kamu bisa mengawali proses belajar dari menghafal kata-kata yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya nasi, tidur, makan, sepeda motor, mobil dan berbagai kata lainnya. 

Untuk memudahkan kamu bisa membuat catatan kecil dan menuliskan berbagai kata di dalamnya. Dengan catatan seperti ini akan memudahkan kamu untuk membawanya kemana-mana. 

Kamu bisa menuliskan setidaknya 10 kata lalu dituliskan dan dihafal dari catatan tersebut. Jika sudah menguasai maka kamu bisa tambahkan 10 kata lagi dan lakukan proses seperti ini secara berulang. 

Menghafal Angka dan Cara Berhitungnya

cara belajar bahasa china

Setelah menguasai beberapa kata maka kamu juga bisa menghafal berbagai angka dan cara berhitungnya. Proses ini diperlukan ketika kamu ingin bepergian atau menempuh studi di Tiongkok. 

Hal seperti menjadi wajib karena di negara tersebut, kamu dituntut untuk menguasai bagian ini. Misalnya ketika akan membeli makanan, minuman atau apapun itu di pusat perbelanjaan di negara tersebut. 

Untuk permulaan bisa diawali dengan menghafal angka 1 hingga 10 terlebih dahulu. Jika sudah menguasai maka kamu bisa melanjutkan ke angka yang lain dan berkaitan dengan nilai mata uang. Misalnya 100 yen, 1000 yen atau nominal lain yang ada di negara China. 

Struktur Kalimat

cara belajar bahasa china

Setelah proses di atas di lalui maka kamu bisa melangkah ke bagaimana menyusun struktur katanya. Proses ini tingkatannya lebih tinggi dari sebelumnya sehingga tahapannya lebih sulit. 

Namun jika bagian ini sudah kamu kuasai maka saat berbicara bahasa Mandarin pun akan lebih lancar. Untuk struktur umumnya itu ada subyek, objek, predikat dan kata keterangan di bagian depan. Namun bagian ini bisa di sesuaikan baik itu di tempatkan di depan atau tengah. 

Latihan Menulis Huruf

cara belajar bahasa china

Umumnya huruf Mandarin ini jumlahnya mencapai lebih dari 50 ribu huruf. Untuk standard orang terpelajar setidaknya harus bisa menguasai sebanyak 8 ribu huruf dan orang dewasa 2 ribu huruf. Jumlah di atas sudah bisa di katakan cukup untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. 

Dari ribuan huruf ini tidak hanya sekedar di hafal tetapi harus belajar menulis. Sebab untuk menulisnya ini berbeda dari bahasa yang lain. Ada yang urutannya dari bawah ke atas, kiri ke kanan dan yang lainnya. 

Maka dari itu kamu di tuntut untuk belajar menuliskan setiap huruf yang ada di dalam bahasa tersebut. Untuk tutorial cara belajarnya bisa di lakukan otodidak dan tersedia di Youtube atau media yang lainnya. 

Mendengarkan Bahasa China

cara belajar bahasa china

Mendengarkan bahasa China juga salah satu cara belajar bahasa China yang harus dikuasai. Jika lingkungan sekitar tidak mendukung maka kamu bisa menggunakan media lain untuk belajar. Misalnya mendengarkan lagu dan film di Youtube, Facebook dan sosial media lainnya. 

Jika ingin lebih cepat maka kamu bisa menonton film dengan bahasa China. Sebab dengan media ini kamu dituntut untuk berusaha memahami kata atau kalimat yang diucapkan oleh tokoh dalam film. Metode seperti ini sangat efektif dan bisa mempercepat kamu belajar bahasa China. 

Di sela-sela mendengarkan kamu bisa juga menirukan atau mencoba apa yang di ucapkan. Lakukan proses seperti ini hingga 3 bulan maka kemampuan berbicara kamu akan berkembanga cepat. 

Download Aplikasi

cara belajar bahasa china

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan mengunduh aplikasi bahasa Mandarin. Untuk aplikasi bebas baik itu game, belajar bahasa, atau tools lain yang sekiranya bermanfaat. 

Banyak sekali aplikasi model seperti ini di Google Play atau App Store yang bisa kamu unduh. Umumnya penutur bahasa yang ada di dalam aplikasi ini di tujukan untuk warga asing.

Meski demikian dengan modal metode sebelumnya kamu tidak akan kesulitan memahaminya. Apalagi jika bentuknya game maka akan lebih mudah di pahami khususnya bagi mereka para gamers. 

Follow Seleb dari China

cara belajar bahasa china

Banyak sekali aktris atau aktor dari China yang memiliki akun media sosial baik itu Instagram, Facebook dan lainnya. Kamu bisa follow akun mereka dan ikuti perkembangan terkait bagaimana mereka berbicara bahasa Mandarin

Jika memungkinkan kamu juga bisa mengirimkan pesan dengan huruf China ke akun aktris tersebut. Hal seperti ini perlu di lakukan dan jika mereka membalas nantinya bisa menjadi media belajar.

Jika tidak paham dengan arti balasannya kamu bisa membuka kamus atau mencari di Google. Setelah memahami artinya kamu bisa balas chat tersebut agar komunikasi semakin lancar. 

Mengikuti Pelatihan

cara belajar bahasa china

Dengan mengikuti pelatihan maka proses belajar kamu dalam menguasai bahasa Mandarin akan lebih cepat. Dengan pelatihan atau kursus ini nantinya kamu bisa belajar langsung dari native speaker. 

Selain bertemu para native, kamu juga bisa belajar bersama dengan pelajar yang ada di pelatihan tersebut. Kamu bisa bertukar pilihan mulai cara menghafal dan kiat-kiat menguasai bahasa Mandarin secara singkat. 

Untuk jenis pelatihannya, kamu bisa memilih kelas online atau offline. Khusus pelatihan online ini sangat cocok untuk mereka yang bekerja atau kuliah yang tidak bisa datang langsung ke tempat kursus. 

Dari sekian cara belajar bahasa China seperti di atas, kamu bisa memilih mana yang terbaik. Jika kamu memiliki banyak dana maka bisa mengikuti pelatihan atau kursus baik secara online atau offline.

Baca Juga: 9 Cara Memahami Materi dengan Cepat untuk Siswa

Namun bagi kamu yang punya dana minim bisa di lakukan dengan belajar secara otodidak. Kamu bisa mengikuti cara belajar di Youtube, Facebook atau media lain agar belajar lebih mudah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *