7 Manfaat Belajar Sejarah yang Penting Diketahui

Belajar sejarah memang tidak ada habisnya. Pasalnya setiap kejadian tentu memiliki perjalanan sejarah sendiri. Dimana, sejarah ini merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan sosial mengenai kejadian masa lampau. Tentunya, terdapat manfaat belajar sejarah, yang mana akan membuat seseorang lebih memahaminya.

Bidang keilmuan yang satu ini merupakan kajian sistematis mengenai dinamika kehidupan dan perkembangan. Dimana, mempelajarinya mengenai bukti-bukti yang ada dan peninggalan dari masa lampau. Sumber tersebut bisa dari apa saja. Berikut terdapat beberapa manfaat yang bisa diambil dari mempelajari sejarah:

Tentang Pengertian Sejarah

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa sejarah ini merupakan salah satu bidang keilmuan. Dimana, di dalamnya mempelajari mengenai kejadian masa lampau. Nah, dalam mempelajarinya n seseorang bisa lewat peninggalan-peninggalan yang ada.

Peninggalan tersebut bisa dari patung, perhiasan serta candi. Selain itu, juga berasal dari sumber tulisan misalnya seperti dokumen, surat kabar, prasasti, rekaman video dan lainnya. Namun, keterangan sejarah dengan lisan dari seorang pelaku juga dapat jadi sumber saksi.

Manfaat Belajar Sejarah

Tidak sedikit orang yang menganggap ilmu sejarah ini tidak terlalu penting untuk dipelajari. Hal ini, biasanya karena sejarah membahas mengenai kejadian masa lalu. Malahan, banyak yang tidak menyukai belajar sejarah karena membosankan dan membuat kantuk. Tetapi, sebenarnya banyak sekali manfaat belajar sejarah yang bisa diambil. Seperti yang ada di bawah ini.

1. Dapat Membantu Memahami Identitas

Mempelajari sejarah sangatlah penting, apalagi bagi seorang warga negara. Dimana, dengan mempelajari sejarah seseorang akan mengetahui identitas dari negara yang ditinggalinya. Tentunya, dalam identitas tersebut tidak hanya mengenai identitas negara atau bangsa saja.

Tetapi, bisa juga mengenai identitas dari pengenalan suatu kelompok maupun organisasi. Dengan demikian, ketika seseorang mempelajari sejarah, maka akan tahu mengenai suatu kelompok, maupun negara terbentuk serta berkembang dari jaman ke jaman. Bisa dari awal merdeka, siapa pendiri atau lainnya.

2. Dapat Meningkatkan Wawasan Dunia serta Masyarakat

Seperti yang diketahui bahwa dunia sangat luas, dimana akan ada banyak sejarah yang tercipta. Sehingga, ketika seseorang mempelajari sejarah yang ada di masa lampau, maka akan membuat seseorang memiliki wawasan yang luas. Dimana, akan memahami dan mengerti akan perilaku, kebudayaan dan lain sebagainya di setiap negara.

Dengan memahami sejarah, akan membuat seseorang memiliki gambaran yang jelas perihal dunia. Sejarah tersebut, banyak sekali jenisnya. Mulai dari pemerintahan, kerajaan, sosial dan budaya, teknologi dan lain sebagainya. Oleh karena itu, seseorang akan memiliki pemahaman yang lebih luas.

3. Dapat Membantu Untuk Memahami Masalah yang Ada

Pernahkah seseorang menyadari bahwa, terkadang ada begitu banyak kisah yang ada keterkaitannya antara masa sekarang dengan lampau. Kisah atau masalah tersebut, tentu saja dapat dipecahkan ketika saling menghubungkan antara keduanya. Dengan begitu, apabila seorang belajar mengenai suatu sejarah. Maka, seseorang dapat memahami dan merefleksikan diri dengan kejadian yang ada saat ini.

Ada banyak contoh yang terjadi di dunia ini. Mengingat sejarah bukanlah hanya sekedar negara, agama, kebudayaan dan lainnya. Melainkan, kisah hidup seseorang pun juga bisa dibilang sejarah perjalan hidup. Namun, ada beberapa contoh yang cukup populer yakni di Eropa. Dimana, terdapat peristiwa revolusi industri yang sangat memberikan dampak kepada seluruh dunia.

Mengenai perang kedua, yang mana ketika dipelajari sejarahnya. Maka, seseorang akan tahu perihal bagaimana, mengapa ada konflik perang dunia tersebut. Sehingga, berdampak pada sistem politik yang saat ini terjadi. Tentu, ketika di Tarik benang merah tersebut akan Nampak semua latar belakang tersebut.

4. Menjadi Warga Negara yang Bijak dan Cerdas

Setiap negara yang ada dan terbentuk seperti sekarang ini. tentu saja, memiliki berbagai kisah sejarah yang Panjang dan menarik untuk dipelajari serta dipahami. Apalagi, bagi seorang warga negara yang tinggal di wilayah tersebut.

Tentunya, harus memahami sejarah dari daerah yang ditempati tersebut. Sebab, dengan mengerti dan memahami dari sejarah tersebut. Membuat seorang warga akan lebih banyak mensyukuri serta terimakasih terhadap pahlawan. Manfaat belajar sejarah, akan membuat warga negara menyadari bagaimana perjuangan para pahlawan kala itu.

Hingga, merdeka dan terbentuk negara yang masih ada hingga saat ini. Dengan begitu, warga negara akan cerdas dan juga bijak, sebab memiliki pandangan dan wawasan yang luas. Menghargai pahlawan juga menjadi kunci suatu negara bisa berdiri tegak.

5. Dapat Mempelajari Tanda Peringatan

Merayakan suatu hari besar dari hal yang terjadi di masa lampau. Tentu akan membuat semakin banyak orang yang mengerti mengenai hari tersebut, dimana dulu ada suatu hal terjadi. Dengan begitu, ketika seseorang mempelajari dan memahami sejarah.

Maka, akan bisa terbentuk menjadi suatu hari peringatan yang ada di kalender. Sekarang sudah banyak sekali hari-hari besar dan bersejarah yang masuk dalam kalender. Maka dari itu, manfaat belajar sejarah bisa menjadi suatu peringatan penting bagi warga negaranya.

Misalkan saja hari Pancasila, hari Kartini, Hari Pahlawan, hari Kemerdekaan dan hari-hari sejarah lainnya. Perayaan dan peringatan tersebut, tentu bukan sekedarnya saja tetapi bisa sebagai ucapan terima kasih kepada para pahlawan tersebut. Selain itu, juga dapat memetik ibrah dari setiap sejarah yang terjadi.

6. Bisa Untuk Mendapatkan Karir

Ternyata, manfaat belajar sejarah bukan hanya sekedar seseorang memahami dan mengerti sejarah tersebut. Tetapi, bagi diri sendiri juga bisa berdampak pada hidup. Dimana, ketika belajar sejarah , seseorang bisa mendapatkan suatu pekerjaan atau karir yang cemerlang.

Perlu diketahui, ada banyak pekerja atau profesi yang bisa dilakukan ketika seseorang memiliki wawasan luas tentang sejarah. Sebab, mereka itulah yang mempunyai kemampuan berpikir kritis dari berbagai informasi yang ada. Profesi tersebut, misalnya guru, ahli sejarah, dosen, peneliti, bekerja di museum dan lainnya.

Jadi, sekarang tidak boleh lagi beranggapan mengenai sejarah yang tidak memberikan suatu karir. Sebab, apabila seseorang tekun, terampil serta fokus maka bukan tidak mungkin seseorang bisa memiliki karir cemerlang di bidang tersebut.

7. Sejarah Dapat Menjadi Sumber Inspirasi

Suatu sejarah menyimpan sesuatu, yang mana jika ditelisik lebih jauh akan menggambarkan sesuatu yang jelas. Dimana, hal tersebut bukanlah sebuah gambaran semata. Lebih dari itu, menyimpan berbagai kisah menarik yang bisa jadi sumber inspirasi. Hal itu, juga bisa menjadikan seseorang dapat mengambil suatu keputusan dari inspirasi dan pengetahuan yang didapat.

Selain itu, ketika mempelajari sejarah akan membuat paham mengenai kehidupan. Dengan begitu, seseorang dapat bertindak lebih baik lagi. Seseorang dapat mengambil hal baik dan meninggalkan hal buruk. Tentu ada banyak kisah-kisah entah itu dari pahlawan, kisah legenda terbentuk suatu daerah dan lainnya. Dimana, terdapat tokoh-tokoh serta kisah yang menjadi inspirasi bagi seseorang.

Demikian, penjelasan mengenai berbagai manfaat belajar sejarah yang menjadi hal penting dipelajari. Meskipun, sejarah terkadang membuat bosan di Sebagian orang. Namun, ketika telah memahami dan mengerti hal tersebut, sebenarnya sangatlah seru. Sebab, didalamnya seseorang akan lebih banyak mengetahui.

 

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar