Kesan dan Pesan Untuk Sekolah yang Bisa Kamu Gunakan

Kesan dan Pesan Untuk Sekolah yang Bisa Kamu Gunakan

Momen perpisahan identik dengan penyampaian kesan dan pesan untuk sekolah dari siswa. Ini berarti menyampaikan apa saja yang dialami siswa setelah menempuh pendidikan beberapa tahun di sebuah jenjang pendidikan. Biasanya penyampaian tersebut bersamaan dengan dilaksanakannya perpisahan, sebelum siswa melanjutkan pendidikan.

Penyampaian pesan dan kesan bertujuan untuk permintaan kritik dan saran dari siswa. Serta juga akan digunakan untuk pelengkap album kenangan di sebuah sekolah untuk buku kelulusan. Banyak siswa tahun akhir berniat untuk memberikan dan menulis pesan-pesan terbaik dengan kalimat menarik.

Tapi terkadang pemilihan kata menjadi masalah besar bagi siswa yang dinilai kurang piawai untuk menyusun kalimat. Tak jarang siswa menanyakan bagaimana dan kalimat yang lebih tepat. Tidak perlu risau karena simak penjelasan berikut agar lebih memahami penulisan pesan dan kesan menarik:

Pengertian Pesan dan Kesan Secara Umum

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kesan dan pesan untuk sekolah, pahami terlebih dahulu terkait pengertiannya. Diartikan pesan merupakan kalimat yang berisi permintaan sekaligus amanat dari pelajar untuk sekolah. Dengan tujuan dapat dijadikan sebagai kritik dan saran yang memotivasi dengan tujuan membangun. 

Manfaat Pesan dan Kesan di Dunia Pendidikan

Sementara kesan diartikan sebagai ungkapan apa yang dirasakan oleh seseorang pada saat belajar di suatu sekolah. Secara umum pesan diartikan sebagai pendapat seseorang dari sudut pandangnya mengenai sekolah.  Maka dari itu simak sejumlah manfaat dengan keberadaan pesan dan kesan berikut ini:

1. Menyampaikan Kritik 

Manfaat pertama dengan adanya kesan dan pesan untuk sekolah ini bisa menjadi ajang penyampaian kritik.  yaitu mengenai apa saja yang dirasa kurang maksimal dalam hal pelayanan yang diberikan oleh sekolah pada siswa. Tetapi tetap menggunakan bahasa yang sopan serta baik.

 Biar bagaimanapun, kritik bertujuan untuk menganalisis agar dapat meningkatkan berbagai hal yang dirasa menjadi kekurangan.  Menyampaikan kritik juga jangan lupa untuk menyampaikan apresiasi sehingga tidak hanya menyudutkan dari sisi negatif. Karena sejatinya sebuah kritik yang baik itu selalu berusaha membangun.

2. Memperbaiki Kekurangan

Manfaat berikutnya dari pesan serta penyampaian pesan untuk sekolah adalah dijadikan ajang untuk memperbaiki kekurangan. Kekurangan yang disampaikan oleh siswa sebelumnya, menjadi penilaian untuk sekolah oleh siswa. Sehingga pihak sekolah dinilai akan lebih bisa memperbaiki unsur yang dirasa kurang tersebut. 

Lambat laun hal ini juga akan membuat keadaan yang sama tidak akan kembali terulang. Sehingga tidak akan menjadi poin kekurangan oleh siswa berikutnya. Jadi penilaian siswa terhadap sekolah akan semakin membaik untuk kedepannya.

Contoh Pesan dan Kesan Untuk Sekolah

Berikutnya masuk pada pembahasan mengenai contoh kesan dan pesan untuk sekolah. Sebenarnya terdapat banyak sekali berbagai contoh pesan serta kesan yang bisa ditemukan di internet lewat bantuan Google. Apalagi situs pencarian tersebut menyediakan banyak pilihan yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan siswa.

Perhatikan saat menulis pesan serta kesan untuk sekolah, gunakan bahasa yang sopan dan santun. Jangan lupa gunakan kalimat yang jelas agar pesan atau pesan yang hendak disampaikan bisa dipahami pembaca. Berikut sejumlah rekomendasi pesan dan kesan yang bisa dipakai untuk sekolah:

1. Berisi Ungkapan Terima Kasih 

Kesan dan pesan untuk sekolah pertama adalah berisi berbagai ungkapan rasa terima kasih siswa pada tenaga pendidik. Dikarenakan guru telah membimbing siswa untuk bisa menempuh pendidikan di jenjang pendidikan tersebut. Berikut kalimat yang cocok digunakan untuk menuliskan ungkapan:

  • Kesan: Terima kasih kepada guru yang telah membimbing belajar selama 3 tahun ini. Serta ucapkan permohonan maaf jika ada kesalahan yang dinilai meningkatkan guru saat membimbing siswa. Terdapat banyak kenangan tak terlupakan selama bersekolah yang membuat pelajar merasa betah.
  • Pesan: Berisi ungkapan dan keinginan siswa misalnya agar sekolah bisa jauh lebih baik untuk kedepannya. Serta berbagai doa-doa baik dikabulkan oleh sang pencipta untuk kemakmuran sekolah. Juga harapan bagi guru yang telah berjasa bagi siswa.

2. Berisi Pengalaman Belajar 

Berikutnya yang juga bisa menjadi kesan dan pesan untuk sekolah adalah terkait bagaimana pengalaman belajar siswa. Misalnya saja membahas bagaimana keramahan dari para staf pengajar yaitu guru. Berikut beberapa contoh untuk pesan dan kesannya:

  • Kesan: Pertama ungkapkan kegembiraan pelajar bisa menempuh pendidikan di sekolah ini dan keramahan guru. Pelajar bangga bisa menempuh pendidikan di sekolah ini, serta dibimbing langsung oleh guru yang mengajar dengan sabar. Sehingga pelajar bisa memahami berbagai materi yang diberikan.
  • Pesan: Pesan disini berisi harapan agar sekolah serta guru bisa mempertahankan terkait dengan cara atau metode pembelajaran yang diberikan. Contohnya, pelajar berharap agar pihak sekolah dan guru-guru sekalian bisa mempertahankan cara pembelajaran yang terbaik seperti ini. Karena cara ini juga membantu siswa untuk lebih.

3. Membahas Mengenai Fasilitas Sekolah

Berikutnya yang tak boleh ketinggalan mengenai kesan dan pesan untuk sekolah adalah membahas tentang fasilitasnya. Karena hal ini bisa menjadi acuan atau dapat menjadi kritik yang membangun untuk perbaikan berbagai fasilitas yang telah tersedia. Berikut contoh kalimat yang bisa digunakan:

  • Kesan: Pelajar merasa sangat senang bisa menempuh pendidikan di sekolah ini karena berbagai fasilitas yang telah ada. Terlebih lagi berbagai fasilitas tersebut memiliki kondisi yang baik serta tertata rapi membuat kebersihan dapat terjaga dengan baik.
  • Pesan: Sementara untuk pesannya berisi bagaimana ajakan untuk tetap mempertahankan fasilitas yang telah ada ini. Contohnya, kebersihan serta tata ruang serta berbagai fasilitas di sekolah-sekolah ini. Agar dapat dipertahankan sehingga siswa baru juga dapat merasakan kenyamanan saat belajar.

4. Menceritakan Pengalaman Organisasi 

Terakhir siswa bisa menggunakan pengalaman berorganisasi sebagai pesan dan juga kesan untuk sekolah.  Misalnya saja apabila pelajar selama menempuh pendidikan di suatu sekolah pernah mengikuti berbagai ekstrakurikuler yang ada contohnya OSIS. Dengan adanya hal ini, ceritakan bagaimana pengalaman yang didapatkan.

Kesan: Selama belajar di sekolah ini, pelajar merasakan pengalaman yang luar biasa terutama dalam berorganisasi.  Karena pada saat mengikuti OSIS belajar mendapatkan pengalaman yang luar biasa, terutama untuk bagaimana bersikap baik. serta untuk lebih toleransi dari berbagai keberagaman yang ada.

Pesan:Sementara untuk pesan bisa ditujukan pada Pembina OSIS serta anggota OSIS lainnya. Pelajar harap dengan apa yang telah ada saat ini bisa dipertahankan terutama bagi Pembina OSIS. Serta ucapkan terima kasih karena Pembina OSIS yang selalu ada untuk memberikan sejumlah masukan yang bermanfaat demi kemajuan OSIS.

Itulah berbagai penjelasan mengenai kesan dan pesan untuk sekolah. Berbagai contoh yang telah disebutkan dapat menjadi acuan pelajar untuk digunakan mengisi buku album sekolah.  Jadi tidak perlu bingung lagi untuk menemukan menentukan kalimat dan pesan apa yang sekiranya cocok untuk disampaikan.

Tetapi alangkah baiknya jika sejumlah pesan dan kesan yang ditulis tersebut memang benar atas apa yang dirasakan. Jangan berupa karangan, karena tidak dapat dijadikan kritik membangun bagi berbagai kekurangan pada sekolah. Akibatnya tidak akan ada perbaikan dan pembaharuan yang dilakukan.

 Baca Juga: Al Quran: Pengertian, Fungsi, Keistimewaan, Asal Usul, Nama Lain, dan Kedudukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.