Inilah Profil, Biaya dan Cara Masuk di SMA Taruna Wajib Lihat

Sekolah merupakan tempat menimba ilmu agar bisa mencetak generasi masa depan yang berprestasi. Tentu, masuk ke sebuah sekolah dengan peringkat terbaik adalah kebanggan tersendiri. Salah satu SMA unggulan di Indonesia yakni SMA Taruna. Jika tertarik dengan sekolah tersebut mesti mengetahui Profil, Rincian Biaya dan Cara Masuk di SMA Taruna Nusantara. 

Memang, sekolah menengah atas taruna ini termasuk sekolah unggulan yang diimpikan oleh semua kalangan pelajar. Bagaimana tidak, sekolah ini bisa menjadikan setiap lulusannya untuk memiliki rasa kepedulian sosial yang tinggi. Selain itu, siswa akan dididik, dan dibentuk menjadi pribadi yang mempunyai keunggulan komparatif, kompetitif serta mampu membedakan aspek karakter dan kepribadian. Beginilah Profil, Rincian Biaya dan Cara Masuk di SMA Taruna Nusantara:

 

Profil SMA Taruna Nusantara

Taruna Nusantara adalah sekolah tingkat menengah atas yang semua muridnya di asramakan selama menempuh masa pendidikan, letaknya pun berada di Kabupaten Magelang. Sekolah tersebut diketahui sebagai sekolah terbaik di Indonesia karena memiliki konsep pembentukan karakter dengan menekankan pada nilai-nilai kebudayaan dan nasionalisme. Kabar baiknya, sekolah ini telah memiliki dua wilayah yakni di Magelang dan Jakarta. 

Adapun filosofi dari sekolah tersebut adalah terpadunya tiga aspek yakni kepribadian, prestasi akademik serta kesamaptaan jasmani. SMA ini termasuk sekolah yang berbasis semi-militer yang dikembangkan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan serta didirikan pada tahun 1990. Namun, di awal penerimaannya hanya menerima laki-laki sebagai siswanya. Tetapi, pada tahun 1996 telah menerima beberapa siswa putri. 

Dengan melahirkan banyak alumni terbaik yang saat ini telah mempunyai jabatan penting serta pekerjaan di berbagai bidang. Tentu, menarik perhatian semua anak bangsa yang ingin melanjutkan sekolahnya di tingkat SMA. Maka, sekolah ini berusaha untuk mencari siswa-siswi yang berprestasi dari setiap SMP dan mewakili daerah-daerah yang ada di Indonesia. 

Biaya di SMA Taruna Nusantara

Profil, Rincian Biaya dan Cara Masuk di SMA Taruna Nusantara, Memang, dikenal sangat mahal dan sebagai sekolah unggulan yang ada di Indonesia. Tentu, biaya yang mesti dibayar jika ingin bersekolah di sebuah sekolah unggulan membutuhkan biaya yang cenderung besar. Maka dari itu, sebelum mendaftarkan diri di sekolah tersebut alangkah baiknya jika mengetahui biaya di SMA Taruna Nusantara. 

Untuk biaya Profil, Rincian Biaya dan Cara Masuk di SMA Taruna Nusantara di SMA Taruna ini, ada tiga biaya pendidikan yang mesti ditanggung yakni uang pangkal, iuran sekolah dan biaya kontribusi khusus. Dimana uang pangkal ini dibayarkan satu kali pada saat pendaftaraan ulang dengan nominal yang mesti dibayar sekitar Rp 50 juta. Sementara untuk uang iuran dibayarkan setiap satu bulan. 

Hanya saja, uang iuran tersebut terdiri dari dua komponen yang mesti ditanggung yaitu iuran komite sekolah dan iuran sekolah. Dimana biaya yang mesti dibayarkan untuk iuran komite sebesar Rp 1 juta dan iuran sekolah sekitar Rp 5 juta. 

Adapun biaya kontribusi khusus hanya ditanggung jika siswa tersebut masuk melalui jalur kontribusi khusus. Nah, bagi yang ingin masuk di SMA ini dengan jalur kontribusi khusus maka mesti mempersiapkan uang sekitar Rp 125 juta. Namun, jika mendaftar melalui jalur beasiswa maka tidak akan dipungut biaya apapun selama menempuh pendidikan di sekolah tersebut. 

Bersekolah di SMA Taruna Nusantara ini memang cenderung sangat mahal. Sebab, termasuk sekolah yang berasrama jadi peserta didik mesti mendapatkan cakupan yang layak seperti asrama, makanan, seragam dan lainnya. Namun, jangan hanya berpatokan pada biaya pendidikan yang telah disebutkan karena biaya pendidikan di SMA tersebut setiap tahunnya mengalami peningkatan. 

Cara Masuk di SMA Taruna Nusantara

Pendirian dan peresmian dari SMA tersebut telah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Memang profil, rincian biaya dan cara masuk di SMA Taruna Nusantara harus diketahui agar tidak bingung lagi pada saat melakukan pendaftaran nantinya. Maka dari itu, berikut pembahasan terkait dengan cara masuk SMA Taruna Nusantara. 

Pada umumnya, SMA Taruna menyediakan tiga jalur yang bisa ditempuh oleh siswa. Namun semua jalur, siswa mesti melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui link pensisru.taruna nusantara.id. Kemudian mengikuti jalur seleksi administrasi, lalu mengikuti seleksi tahap 1 dan 2. Setelah itu melakukan wawancara secara online. Untuk berkas yang mesti dipersiapkan oleh siswa adalah sebagai berikut:

1. Melalui Jalur Undangan

Jalur undangan itu sendiri merupakan jalur masuk di sebuah sekolah dengan tidak harus mengikuti ujian tes tertulis. Tetapi jalur ini hanya berpatokan pada nilai rapor peserta didik dari semester satu hingga semester lima. Adapun, berkas yang mesti dipersiapkan jika melalui jalur undangan adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi nilai rapor semester satu sampai lima untuk mapel Bahasa Indonesia dan Inggris, Matematika, dan IPA. 
  • Fotokopi piagam dari kompetensi OSN, MSI dan LKIP.
  • Surat undangan dari LPTTN. 
  • Surat persetujuan orang tua/wali untuk rela menetap di asrama selama menempuh pendidikan. 
  • Fotokopi kartu pelajar.
  • Selanjutnya Fotokopi ijazah.
  • Fotokopi akta kelahiran. 
  • Pas foto ukuran 3×4 berpakaian lengkap dan latar berwarna biru.
  • Surat berkelakuan baik dari sekolah yang bersangkutan.

2. Melalui Jalur Beasiswa

Bagi yang ingin bersekolah di SMA Taruna Nusantara namun terkendala dengan biaya, maka bisa mendaftar melalui jalur beasiswa. Jalur beasiswa itu sendiri merupakan jalur yang memberikan tunjangan kepada peserta didik dalam bentuk biaya pendidikan. Dimana bantuan yang dimaksud adalah bantuan uang saku serta uang sekolah. Adapun dokumen yang mesti dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  • Surat penghasilan orang tua/wali dari kepala Desa atau Lurah.
  • Fotokopi KIP jika telah menerima beasiswa di tingkat SMP. 
  • Fotokopi KK. 
  • Selanjutnya Fotokopi kartu tanda penduduk orang tua/wali. 
  • Fotokopi kartu pelajar.
  • Selanjutnya Fotokopi ijazah.
  • Fotokopi akta kelahiran. 
  • Pas foto ukuran 3×4 berpakaian lengkap dan latar berwarna biru.
  • Surat berkelakuan baik dari sekolah yang bersangkutan.

3. Melalui Jalur Kontribusi Khusus

Jalur kontribusi khusus merupakan salah satu jalur yang bisa dipilih oleh siswa yang mempunyai uang yang cenderung banyak. Sebab, di jalur ini siswa mesti membayar biaya pendaftaran yang sangat besar. Selain biaya pendaftaran, siswa juga harus membayar biaya pendidikan lainnya seperti iuran sekolah dan uang pangkal. Untuk dokumen yang mesti dipersiapkan sebagai berikut:

  • Fotokopi nilai rapor semester satu sampai lima dengan mapel IPA, Matematika, Bahasa Indonesia dan Inggris. 
  • Surat persetujuan orang tua/wali untuk rela menetap di asrama selama menempuh pendidikan.
  • Fotokopi kartu pelajar. 
  • Fotokopi kartu pelajar.
  • Selanjutnya Fotokopi ijazah.
  • Fotokopi akta kelahiran. 
  • Pas foto ukuran 3×4 berpakaian lengkap dan latar berwarna biru.
  • Surat berkelakuan baik dari sekolah yang bersangkutan. 

Itulah tadi penjelasan mengenai profil, rincian biaya dan cara masuk di SMA Taruna Nusantara yang terletak di Jawa Tengah. Bagi yang tertarik untuk masuk di sekolah unggulan tersebut alangkah baiknya mengetahui identitas dari sekolah tersebut. Tentu bertujuan agar nantinya tidak bingung jika melakukan pendaftaran. Selain itu, siswa bisa mempersiapkan segala kebutuhan seperti biaya pendaftaran.

 

Rate this post

Tinggalkan komentar