Mengenal Label Bahasa Inggris: Fungsi, Struktur & Contohnya

Di jenjang SMP kelas 9, terdapat materi label bahasa Inggris. Label berguna untuk memberi informasi tentang suatu produk. Pernah membeli susu kotak, snack, atau jajanan di toko, kan? Nah, label ini biasanya terletak pada bungkusan produk yang biasa kamu beli.

Dengan membaca labelnya, kamu bisa tahu apakah produk tersebut baik untuk dikonsumsi atau tidak, karena di sana harus tertulis bahan, kandungan gizi, dan lainnya. Oleh karena itu, label yang ada pada produk makanan sangat penting untuk disertakan karena memuat informasi suatu produk.

Bacaan Lainnya

Pengertian Label dan Fungsinya

Materi Label Bahasa Inggris

Label adalah informasi yang ada pada selembar kertas kemudian diletakkan pada suatu produk untuk menjelaskan produk tersebut. Beberapa jenis label yang mungkin kamu bisa temukan seperti label pada obat (label of medicine), label pada makanan (label of food), dan label pada minuman (label of drink).

Adapun fungsi dari beberapa jenis label tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai informasi kepada pembeli atau pengguna tentang cara mengonsumsi, memberi informasi tentang bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, atau batas expired dari produk tersebut.
  2. Label yang ada juga dapat membantu agar pembeli memilih produk yang sesuai serta aman dan sehat untuk digunakan atau dikonsumsi.
  3. Selain itu, informasi dalam produk juga bermanfaat untuk menghindari efek samping yang berbahaya dari obat yang akan dikonsumsi. 

Struktur Label dalam Bahasa Inggris

Materi Label Bahasa Inggris

Untuk menuliskan sebuah label, tentu produsen tidak boleh sembarangan. Nah, agar kamu makin paham, berikut beberapa jenis informasi yang wajib ada pada label suatu produk.

  • Brand of Product : brand atau jenama dalam bahasa Indonesia adalah identitas dari suatu produk yang membedakannya dengan produk lainnya.
  • Name of Product : nama dari produk tersebut. Nama bisa saja sama dengan produk lainnya. 
  • Description of Product : penjelasan dari produk tersebut yang berisi karakteristik dari produk tersebut.
  • Content/amount of product : Isi/jumlah dari produk tersebut.
  • Ingredients : Komposisi atau bahan yang terkandung di dalam produk.
  • Nutrition Facts : Komposisi dalam label juga disertai kandungan nutrisi yang dihitung dalam jumlah. 
  • Use : Informasi penting dalam label juga termasuk kegunaannya. Produk tersebut dapat digunakan untuk apa saja, agar tidak terjadi penyalahgunaan yang berakibat fatal dan berbahaya.
  • Direction to use/dosage: Biasanya pada produk perawatan, terdapat arahan tentang cara penggunaannya. Ini membantu seseorang untuk melakukan perawatan agar berjalan maksimal.
  • Direction to store : Selain direction to use, label juga sering disertai dengan cara penyimpanan. Bagian ini berisi penjelasan mengenai tempat atau suhu terbaik untuk menyimpan makanan atau produk tersebut.
  • Expiration date : Terakhir adalah tanggal kadaluarsa. Ini sangat penting untuk diketahui oleh pengguna karena berkaitan dengan berapa lama dan seberapa bagus produk itu bertahan untuk dikonsumsi atau digunakan.

Unsur Bahasa dalam Label

Adapun karakteristik bahasa yang ada dalam label adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan kalimat atau frasa kata benda. Contohnya, saturated fat, dietary fiber, significant sources, aloe vera, and etc.
  2. Dalam mendeskripsikan jumlah, menggunakan kata-kata berikut: servings per container, per dose, serving size, per gram, and others.
  3. Menggunakan kalimat himbauan atau imperatif. Contohnya: “Do not accept the product if the seal is broken (jangan terima produk jika segel rusak), store the syrup in a dry place (simpan sirup di tempat yang kering), keep out of reach of children, (jauhkan dari jangkauan anak-anak), etc.

Contoh Soal Label dalam Bahasa Inggris

Materi Label Bahasa Inggris

What is the purpose of the label made?

  1. For product ingredient display.
  2. To explain the superiority of our products. 
  3. Describe the nutritional value of the product.
  4. To provide you with detailed information about our products.

Jawaban : D

What is the conclusion from the product above?

  1. safe for everyone
  2. Good for  health
  3. Contains saturated fat
  4. is made only from wheat

Jawaban : B

Itulah materi label bahasa Inggris yang wajib kamu tahu. Cobalah perbanyak latihan untuk membaca label makanan atau minuman yang kamu beli, untuk mengasah kemampuanmu membaca label dalam bahasa Inggris. Selamat belajar!