Cara Menggunakan Tanda Baca dalam Bahasa Inggris

4 min read

Cara Menggunakan Tanda Baca dalam Bahasa Inggris

Saat anda membaca sebuah teks narasi, cerita, pidato, atau berita dalam bahasa Inggris, sudah pasti akan mendapatkan sejumlah informasi penting. Informasi ini dapat berbentuk penjelasan secara singkat maupun penjelasan secara menyeluruh. Namun, tidak semua orang memperhatikan hal penting dari apa yang mereka baca. Contohnya adanya tanda baca. Padahal sebenarnya terdapat kalimat-kalimat yang dibuat secara sistematis dengan menghasilkan sebuah informasi yang benar untuk pembacanya. Tidak lain karena kalimat yang disusun telah menggunakan tanda baca dalam bahasa Inggris yang benar.

Tanda baca ini harus kita pelajari. Karena akan ada saatnya anda dituntut untuk membuat kalimat dalam bahasa Inggris. Baik itu untuk keperluan sekolah dan kuliah seperti membuat tugas, atau keperluan pekerjaan seperti membuat CV. Oleh sebab itu, anda harus menguasai penggunaan tanda baca dalam bahasa Inggris ini.

Tanda Baca dalam Bahasa Inggris (Punctuation)

Istilah yang digunakan untuk tanda baca dalam bahasa Inggris adalah punctuation. Dalam kalimat bahasa Inggris terdapat beberapa tanda baca yang paling umum digunakan. Diantaranya seperti titik (full stop), koma (comma), titik-titik (ellipsis), titik dua (colon), titik koma (semicolon), tanda tanya (question mark), tanda seru (exclamation mark), tanda kutip (quotation marks), tanda sambung (hyphen), garis miring (slash), serta kurung (parentheses).

Pentingnya Belajar Tanda Baca dalam Bahasa Inggris

Anda tidak boleh meremehkan suatu hal yang kecil. Walaupun tanda baca ini terkesan sepele, tetapi dalam penggunaannya sangatlah penting. Misalnya saja, sebuah rangkaian kata tidak akan disebut kalimat jika tidak menggunakan tanda titik (.) di akhir kalimatnya.

Tanda baca sendiri merupakan bagian pokok terpenting dalam komunikasi bahasa Inggris. Inilah sebabnya kenapa seorang guru bahasa Inggris menjelaskan secara detail terkait tanda baca dan penggunaannya. Adanya tanda baca dalam kalimat bahasa Inggris akan membuat perubahan pada cara bacanya, baik dari seluruh frasa, kalimat, maupun satu katanya.

Baca :  Cara Mudah Membuat Kalimat Perintah Dalam Bahasa Inggris

Penempatan tanda baca yang kurang tepat dalam kalimat, maka sudah jelas akan mengubah arti dan makna yang dimaksudkan. Bagi anda yang memiliki rencana untuk bekerja dan berkarir di lingkungan berbahasa Inggris, maka ilmu tanda baca ini sangatlah penting untuk dikuasai. Selain memudahkan anda dalam proses komunikasi, anda juga akan dipandang memiliki kesungguhan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Cara Mudah Belajar Tanda Baca Bahasa Inggris

Sebenarnya untuk memudahkan anda belajar bahasa Inggris tentang apapun itu, anda harus senang dengan bahasa Inggris terlebih dahulu. Jika anda sudah senang dari awal, maka ke depannya anda akan mampu menguasainya dengan cepat. Berikut ini penjelasan secara mudah mengenai tanda baca dalam bahasa Inggris beserta contoh penggunaannya. Dengan penjelasan dan contoh yang diberikan ini, diharapkan dapat membantu anda dalam mempelajari tanda baca dalam bahasa Inggris.

Tanda Baca Titik atau Punctuation Full Stop [.]

Pada sebuah kalimat, full stop [.] digunakan untuk mengakhiri kalimat tersebut. Kalimat ini adalah kalimat pernyataan. Selain itu, juga digunakan untuk pertanyaan tidak langsung (indirect question) serta singkatan (abbreviation). Contoh penggunaan tanda bacanya dalam kalimat:

  • I love Sushi. (Aku suka sushi.)
  • I met her in the park. (Aku bertemu dengannya di taman.)

Tanda Baca Koma atau Punctuation Comma [,]

Punctuation comma ini dipergunakan untuk membagi dan memisahkan tiga atau lebih item secara berurutan. Selain itu, juga digunakan untuk memisahkan kata keterangan tambahan (adverbial conjunction) di dalam kalimat serta memisahkan non-essential relative clause dari main clause dan lain sebagainya. Contoh penggunaan tanda bacanya pada kalimat:

  • My name Gembul, nice to meet you in person. (Namaku Gembul, senang bertemu denganmu langsung.)
  • Yesterday Bambang, Ridho, and Mr. Dakir played soccer together. (Kemarin Bambang, Ridho, dan Pak Dakir bermain sepak bola bersama.)

Tanda Baca Titik-Titik atau Punctuation Ellipsis […]

Punctuation ellipsis dalam sebuah kalimat digunakan untuk menunjukkan bagian kata yang hilang untuk memutuskan suatu kutipan perkataan (quot speech) serta kutipan langsung (direct quotation). Contoh penggunaan tanda bacanya dalam kalimat:

  • “Robert is a Liar…” Ridho’s shout. (“Robert pembohong…” teriak Ridho.)
  • Hmm… She’s so beautiful. (Hmm… Betapa cantiknya dia.)
Baca :  Metode dan Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Tanda Baca Titik Dua atau Punctuation Colon [:]

Punctuation Colon dalam sebuah kalimat digunakan untuk memisahkan pernyataan umum (general statement) dengan adanya rincian (following specifics.). Contoh penggunaan tanda bacanya di dalam kalimat:

  • Go buy this following items in the groceries: flour, eggs, and sugar! (Belilah beberapa barang ini ke supermarket: tepung, telur, dan gula!)
  • To make a good cake, you need a ratio of 1:2 eggs to flours. (Untuk membuat roti yang baik, kamu membutuhkan rasio telur dan tepung sebesar 1:2.)

Tanda Baca Titik Koma atau Punctuation Semicolon [;]

Punctuation semicolon ini berguna untuk menghubungkan dua independent clause yang sangat berhubungan sehingga menjadi satu kesatuan kalimat yang baik. Contoh penggunaan tanda bacanya di dalam kalimat:

  • I do like your hair; It’s long and so delicate. (Aku suka rambutmu; panjang dan lembut.)
  • I have plenty of good friends, Ridho, a funny boy from soccerball team; Gembul, a diligent boy from the debate team; and Bambang, a lazy boy from the volleyball team, they are really good to me. (Aku punya beberapa teman baik, Ridho anak lucu dari tim sepak bola; Gembul, anak pintar dari tim debat; dan Bambang anak malas dari tim bola voli, mereka sangat baik kepadaku.)

Tanda Baca Tanda Tanya atau Punctuation Question Mark [?]

Punctuation question mark ini dalam sebuah kalimat digunakan untuk mengakhiri pertanyaan langsung (direct question) serta tanda tanya (question tag). Contoh penggunaan tanda bacanya di dalam kalimat:

  • Who is she? (Siapa dia?)
  • Where do you come from? (Anda berasal dari mana?)

Tanda Baca Tanda Seru atau Punctuation Exclamation Mark [!]

Punctuation exlamation mark berfungsi sebagai tanda untuk mengakhiri kalimat seru atau perintah (exclamatory sentence). Contoh penggunaan tanda bacanya di dalam kalimat:

  • Watch out! There is a hole in the road. (Hati-hati! Ada lubang di jalan.)
  • Don’t make fun of me! (Jangan mengejekku!)

Tanda Baca Kutip atau Punctuation Quotation Marks [“”]

Punctuation quotation marks ini berguna dalam menampilkan kalimat kutipan, baik ucapan dari orang lain ataupun dari tulisan. Contoh penggunaan tanda bacanya di dalam kalimat:

  • “I love her in first sight,” said Ridho. (“Aku menyukainya pada pandangan pertama” kata Ridho.)
  • My life became like this because of “him”. (Hidupku jadi seperti ini karena “dia”.)
Baca :  Belajar Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris Supaya Mahir

Tanda Baca Tanda Sambung atau Punctuation Hyphen [-]

Punctuation hyphen, merupakan tanda baca yang berfungsi untuk membentuk suatu makna yang utuh di kata majemuk (compound word). Contoh penggunaan tanda bacanya di dalam kalimat:

  • “The tallest guy is Ali. He is my ex-boyfriend”, said Tina. (“Pria yang paling tinggi itu namanya Ali, dia mantan kekasihku” kata Tina.)
  • The protesters mostly are pro-humanity college students. (Kebanyakan pendemo adalah mahasiswa pro-kemanusian.)

Tanda Baca Garis Miring atau Punctuation Slash [/]

Punctuation slash ini memiliki banyak kegunaan dalam sebuah kalimat, diantaranya menunjukkan pergantian setiap baris pada puisi, untuk menuliskan singkatan, merepresentasikan kata “per”, menunjukkan periode waktu, serta memisahkan sebuah pilihan. Contoh penggunaan tanda bacanya di dalam kalimat:

  • 1/3 earth is consists of water than the mainland. (1/3 bumi terdiri dari air dibandingkan daratan.)
  • “Don’t forget, the appointment conduct on 24/07/2020”. (“Jangan lupa, pertemuan akan diadakan tanggal 24/07/2020”.)

Tanda Baca Kurung atau Punctuation Parentheses [()]

Punctuation parentheses adalah tanda baca yang digunakan dalam menambahkan beberapa materi yang bisa berupa komentar dari penulis ataupun informasi tambahan. Contoh penggunaan tanda bacanya di dalam kalimat:

  • This fish (catfish) could live at a low rate of oxygen water. (Ikan ini (lele) dapat hidup dalam air berkadar oksigen rendah.)
  • Instagram (which is one of the most used apps in the world) is easily used apps. (Instagram (salah satu aplikasi paling banyak digunakan di dunia) adalah aplikasi yang mudah digunakan.)

Demikianlah contoh-contoh penggunaan tanda baca dalam bahasa Inggris yang dapat kita pelajari. Mungkin di awal akan terasa sangat sulit. Namun, percayalah bahwa dengan kerja keras kita akan segera memahaminya dengan baik dan menerapkannya secara benar. Mengingat betapa pentingnya ilmu bahasa Inggris yang satu ini, jangan menyerah untuk terus belajar menguasainya. Good Luck!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *