Menggambar Perspektif: Pengertian, Fungsi, Tipe, dan Lainnya

Menggambar Perspektif: Pengertian, Fungsi, Tipe, dan Lainnya

Dalam proses melukis, terdapat beberapa teknik yang harus dikuasai, salah satunya yaitu menggambar perspektif. Apabila ingin menghasilkan lukisan yang indah serta menarik untuk dilihat, sebaiknya menggunakan prinsip perspektif. Jika tidak menggunakan prinsip tersebut, maka gambar yang dihasilkan akan kurang menarik.

Jadi, apa sebenarnya menggambar dengan teknik ini? Di sini akan dijelaskan dengan rinci serte mendalam salah satu teknik dalam menggambar tersebut. Karena, tidak semua orang mengetahui teknik tersebut. Mari, simak penjelasan lengkapnya!

menggambar perspektif

Pengertian Menggambar Perspektif

Pembahasan akan dimulai dari pengertian menggambar perspektif terlebih dahulu. Pengertian dari prinsip menggambar ini sepertinya harus diketahui, karena akan menjadi sebuah bekal untuk pembahasan yang lebih dalam selanjutnya. Jadi, penting sekali untuk mengetahui pengertian dari menggambar dengan perspektif.

Pengertian menggambar dengan perspektif sendiri, adalah sebuah teknik menggambar yang akan menitikberatkan pada sebuah penglihatan. Jadi, bagaimana caranya untuk menggambar sebuah objek agar dipandang terlihat seperti nyata. Sehingga, akan lebih menarik untuk dipandang oleh orang lain.

Nantinya gambar yang dihasilkan apabila terlihat dari jauh akan semakin kecil, dan juga semakin nyata. Bisa dikatakan pula, bagaimana pandangan orang lain terhadap gambar tersebut. Tentunya pandangan masing-masing orang akan berbeda. Jadi, tidak semua orang memiliki perspektif yang sama.

Biasanya orang akan menilai gambar tersebut, berdasarkan sudut pandang dari orang tersebut. Bisa juga dilihat melalui berbagai sisi dari gambar tersebut. Sudut pandangnya bisa dari tinggi, rendah, dan juga normal. Semua manusia, pasti memiliki sebuah sudut pandang saat menilai sesuatu di depannya.

Baca Juga: Menggambar Model: Pengertian, Prinsip, Teknik, dan Unsurnya

Fungsi dari Gambar Perspektif

menggambar perspektif

Ada beberapa fungsi dari penggunaan teknik ini. Berikut akan diuraikan dengan jelas beberapa fungsi dari teknik perspektif. Mari, lihat saja uraiannya di bawah ini:

  • Dapat memberikan sebuah gambaran yang terlihat nyata bila dipandang oleh orang lain.
  • Bisa untuk mewakili sudut pandang manusia terhadap objek tersebut, biasanya sudut pandang yang tidak bisa dilihat secara langsung.
  • Bila ingin sebuah ilustrasi maka bisa menggunakan teknik perspektif.
  • Dapat juga digunakan untuk menggambar dalam sebuah pekerjaan.
  • Bisa juga dimanfaatkan untuk mendesain sebuah ruangan atau bisa juga membuat taman.

Tipe Gambar yang Perspektif

Untuk yang selanjutnya akan dibahas mengenai tipe dari menggambar perspektif. Yap, ada pula beberapa tipe dari teknik menggambar yang satu ini. Untuk penjelasan yang lebih lengkapnya lagi, mari ikuti saja penjabarannya di bawah ini:

1. Tipe Perspektif Sejajar

Pada tipe yang pertama yaitu ada tipe perspektif sejajar, yang mana melukis berdasarkan ketebalan garis serta warna. Jadi, menggunakan teknik tegas serta buram dalam menggambar sebuah objek. Sehingga, garis dan warna menjadi komponen utama dalam tipe ini.

Konsep dari tipe ini adalah apabila objek di lihat dari dekat akan terlihat garis yang tegas. Sedangkan, jika di lihat dari jauh garisnya akan semakin menghilang. Begitu juga dengan warnanya, bila di lihat dari jauh warnanya juga akan semakin pudar bahkan tidak terlihat.

2. Tipe Perspektif Sudut

Untuk tipe yang kedua yaitu ada tipe perspektif sudut. Biasanya tipe ini menggunakan bantuan titik serta garis. Jadi, bisa di katakan garis-garis yang ada akan terpusat pada satu titik saja. Sehingga, titik akan lenyap pada garis-garis tersebut.

Pada dasarnya ada 3 bantuan titik dalam tipe sudut ini. titik yang pertama yaitu satu titik lenyap hingga titik tiga lenyap. Nantinya, titik tersebut akan hilang karena ada garis di depannya.

Jenis-jenis Gambar Perspektif

menggambar perspektif

Ada pula jenis-jenis dari menggambar perspektif, jadi jika ingin menggunakan teknik ini bisa menggunakan salah satu jenis yang akan di jelaskan di bawah ini. Apabila penasaran, maka langsung saja lihat penjelasan lengkapnya berikut:

1. Gambar Perspektif Satu Titik Lenyap

Jenis yang pertama yaitu ada gambar perspektif satu titik lenyap. Umumnya, untuk menggambar objek yang letaknya hampir dekat dengan mata. Garis-garis yang di buat akan terpusat pada satu titik saja. Biasanya titik tersebut akan hilang karena ada garis di depannya.

Titik tersebut berguna sebagai patokan saja, sehingga akan menghasilkan sebuah lukisan yang lebih perspektif. Jenis yang satu ini biasanya di gunakan untuk menggambar sebuah bangunan. Bisa juga di gunakan untuk menggambar ruangan.

2. Gambar Perspektif Dua Titik Lenyap

Untuk jenis yang kedua yaitu ada gambar perspektif dua hilang, yang mana paling sering di gunakan karena sangat mudah di gunakan. Biasanya, di gunakan untuk membuat dua objek terlihat saling berjauhan. Pengambilan gambarnya, juga biasanya akan berbentuk lebih statis bukan bentuk simetris.

3. Gambar Perspektif Titik Tiga Lenyap

Jenis yang terakhir yaitu ada gambar perspektif titik tiga hilang, yang mana menggunakan tiga titik dalam meletakkan garis-garisnya. Umumnya, di gunakan untuk membuat sebuah gambar arsitektur. Bisa juga untuk membuat sebuah gambar bangunan dalam proyek tertentu.

Jika menggunakan jenis ini, gambar dengan model ketinggian akan terlihat bila menggunakan jenis ini. Begitu pula dengan gambar yang rendah, akan terlihat nyata. Karena, gambar yang dihasilkan nantinya akan berupa 2 dimensi.

Cara Menggambar dengan Perspektif

menggambar perspektif

Apabila tertarik untuk menggambar dengan perspektif, maka bisa menggunakan cara yang akan di berikan di bawah ini. sebenarnya, cara yang di gunakan cukup mudah dan hanya mengandalkan titik serta garis saja. Berikut untuk penjelasan lebih jelasnya:

  1. Pertama buatlah sebuah garis horizontal terlebih dahulu, buatlah satu garis lurus saja.
  2. Kemudian di tengah garis tersebut, buatlah titik dengan jumlah yang di inginkan. Bisa satu sampai tiga titik.
  3. Setelah itu gambarlah sebuah sketsa di dalam garis serta titik tadi. Gambarnya harus terpusat pada satu titik tadi.
  4. Tujuannya adalah agar titik lenyap dan menjadi sebuah gambar yang perspektif.
  5. Jika sudah membuat sebuah sketsa, sempurnakan gambar tersebut dan beri juga beberapa detail di dalamnya.

Contoh Gambar yang Perspektif

menggambar perspektif

Ada beberapa contoh yang bisa di jadikan sebuah referensi ketika ingin mencobanya. Berikut akan di berikan berbagai contoh dari gambar dengan teknik perspektif, mari ikuti saja:

  • Gambar Ruang Tamu. Seperti sudah di sebutkan sebelumnya, bahwa gambar perspektif biasanya di gunakan untuk menggambar sebuah ruangan. Nah, contoh yang pertama ada sebuah ruang tamu yang mana bisa terpusat di dalam satu titik.
  • Gambar Bangunan Kota. Ada juga sebuah gambar bangunan kota. Fungsi utama dari gambar perspektif memang di gunakan untuk menggambar sebuah bangunan. Nantinya menggunakan satu titik lenyap dalam gambar tersebut.
  • Gambar Dapur. Contoh yang terakhir yaitu ada sebuah gambar ruangan dapur. Biasanya gambar dapur ini menggunakan dua titik lenyap. Artinya, ada dua ruangan yang di jauhkan dengan menggunakan dua titik tersebut.

Demikian penjelasan lengkap mengenai menggambar perspektif. Mulai dari tipe, jenis, cara menggambar, hingga contoh gambarnya. Semua informasi di atas dapat di pelajari jika tertarik dengan gambar model perspektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *