Teks Eksplanasi dalam Bahasa Inggris, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Teks Eksplanasi dalam Bahasa Inggris, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Teks eksplanasi dalam bahasa Inggris salah satu dari banyaknya jenis teks. Setiap orang mungkin sudah sering membaca teks bahasa Inggris. Misalnya membaca teks tentang cerita kelinci dan kura-kura serta ada teks yang mendeskripsikan suatu tokoh.

Namun ada juga teks tentang cara membuat minuman serta yang lainnya. Mungkin sebagian besar orang pernah membaca suatu teks atau informasi tentang kejadian alam yang pernah terjadi. Tentu saja akan menjelaskan bagaimana atau menjabarkan secara gamblang terjadinya hujan pada sebuah media tertulis.

Namun mungkin Anda belum memahami tentang jenis teks tersebut. Teks-teks tersebut termasuk dalam jenis teks eksplanasi. Sebuah teks yang menerangkan atau menjabarkan mengenai bagaimana kinerja suatu benda atau sebuah benda bisa bekerja. Misalnya seperti teks yang membahas tentang bagaimana suatu benda bekerja yakni kereta api atau terjadinya hujan.

Memang saat belajar bahasa Inggris, Anda akan menjumpai banyak bacaan dan bentuk teks yang berbagai macam. Ternyata masing-masing teks berbeda, bahkan juga memiliki fungsi yang berbeda pula. Perlu Anda ketahui bahwa ada 13 jenis teks berbeda di dalam bahasa Inggris. Bahkan salah satu jenisnya yakni teks eksplanasi tersebut.

Teks Eksplanasi dalam Bahasa Inggris
youtube.com

Pengertian Teks Eksplanasi dalam Bahasa Inggris

Sebelum membahas tentang pengertian teks eksplanasi ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dari eksplanasi. Eksplanasi adalah kata benda yang memiliki arti ‘penjelasan’ dalam Bahasa Indonesia.

Sementara kata text atau ‘teks’ yang memiliki arti tulisan.Oleh karena itu, teks eksplanasi adalah teks untuk memberikan sebuah penjelasan secara jelas. Sebuah teks yang termasuk salah satu tipe teks nonfiksi. Namun kali ini Anda akan lebih fokus pada teks eksplanasi dalam bahasa Inggris.

Untuk menjelaskan bagaimana sesuatu bisa bekerja atau alasan sesuatu terjadi. Penjelasan tentang subjek di dalam teks ini akan terlihat secara logis dan mendetail. Menurut kutipan dari Mac Millan Dictionary, teks eksplanasi merupakan tulisan yang isinya penjelasan tentang bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana melakukan sesuatu.

Sementara menurut vocabulary.com, teks eksplanasi yang artinya sebagai paragraf yang berisikan penjelasan tentang bagaimana sesuatu bisa terjadi. Apabila mendefinisikannya sendiri, maka teks eksplanasi dapat dianggap sebagai bentuk paragraf atau tulisan dalam bentuk bahasa Inggris.

Biasanya teks eksplanasi yang mengandung penjabaran ataupun deskripsi terkait sebuah fenomena. Secara umum, teks ini mengandung penjelasan kronologi atau detail dari sebuah fenomena yang terjadi.

Adapun ciri yang paling utama dari jenis teks ini yakni tulisannya akan mengandung data dan fakta tentang sebab-akibat terjadinya suatu fenomena. Bentuk teks ini memang pada bagian isinya penjabaran tentang mengapa atau bagaimana sebuah fenomena ilmiah dapat terjadi.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk menuliskan teks atau paragraf jenis ini, maka akan menggunakan frase dan kata teknik. Selain itu, ciri lainnya dari teks ini yakni menggunakan simple present tense.

Untuk struktur penulisan teks eksplanasi ini biasanya terdiri dari dua bagian. Ada bagian General Statement (kalimat umum sebagai pembuka) dan Sequenced Explanation (kalimat isi/penjelas yang isinya fakta). Namun, sebagian ada yang menyebut bahwa teks ini memiliki bagian penutup yang berupa kesimpulan.

Tujuan

Tujuan teks eksplanasi dalam bahasa Inggris yaitu untuk dapat menerangkan proses-proses yang terjadi. Baik itu dalam pembentukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan yang lainnya. Bahkan untuk dapat menjelaskan mengapa dan bagaimana hal tersebut bisa terjadi.

Hal ini agar dapat memberitahu kepada pembaca atau pendengar bagaimana sesuatu itu terjadi. Bahkan sebuah teks eksplanasi biasanya berasal dari pertanyaan penulis mengenai ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.

Pada dasarnya, teks eksplanasi memiliki tujuan untuk menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau benda-benda di sekitarnya. Untuk penyajian teks ini dengan menggunakan bahasa sederhana dan tersedia gambar. Sehingga akan membantu para pembaca dalam memahami mengenai penjelasan tersebut.

Contohnya apabila Anda membaca penjelasan tentang cara kerja gerhana. Tentu saja Anda akan melihat gambar serta bagian-bagian penjelasannya di dalam teks eksplanasi. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memahami isi teks sambil membayangkan gambar yang terkait. Penjelasan dalam sebuah teks eksplanasi dalam bahasa inggris ini sebenarnya beragam. Namun secara umum membahas tentang atau fenomena alam maupun sosial.

Meski ada yang membahas cara organ tubuh bekerja, cara pesawat dapat terbang, awal mula terjadinya hujan, dan yang lainnya. Biasanya, teks eksplanasi akan Anda jumpai di media tertulis yang berbeda-beda. Misalnya buku-buku ilmu pengetahuan alam, buku-buku ilmu pengetahuan sosial, pamflet, bahkan artikel yang ada di internet.

Tipe Teks Eksplanasi

Ternyata ada beberapa tipe teks eksplanasi yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa tipe teks eksplanasi dalam bahasa Inggris.

Sequential (sekuensial)

Tipe dari sebuah teks eksplanasi ini menjabarkan tentang proses perubahan atas suatu fenomena alam yang akan diulas secara detail. Selain itu, juga penjelasan berupa fenomena sosial. Contoh dari teks ini yakni Butterfly life Cycle.

Causal (kausal)

Untuk tipe dari teks eksplanasi ini yang membahas mengenai penyebab suatu perubahan dari kondisi tertentu ke kondisi lainnya. Contoh dari teks ini yakni How a president is elected.

Theoretical (teoritis)

Pada jenis teks eksplanasi dalam bahasa Inggris ini, menjabarkan tentang suatu kemungkinan terjadinya suatu fenomena alam atau buatan. Namun penjelasan teks ini yang masih sekedar teori saja atau belum sepenuhnya dapat dimengerti. Misalnya teks eksplanasi teoritis ini yakni What caused the Nazi’s to lose World War II.

Factorial And Consequential (faktorial dan konsekuensi) 

Pada penjelasan dalam teks eksplanasi ini isinya tentang rangkaian kejadian efek dan dampak dari sebuah proses. Sebagai contohnya:

Sains yakni Explain The Causes of Climate Change

Sejarah yakni Explain The Causes of World War 2

Selain tipe-tipe tersebut, teks eksplanasi dalam bahasa Inggris juga memiliki kesamaan dengan teks prosedur dalam bahasa Inggris. Pada bagian dalamnya ada penjabaran suatu proses, memanfaatkan kata penanda urutan, serta memakai bahasa formal dan baku. Hal ini karena pada teks eksplanasi menjelaskan bagaimana sesuatu bisa terjadi.

Selain itu, juga ada deretan penjelasan dalam bentuk fakta tentang tahapan suatu fenomena. Sementara procedure text tentang bagaimana prosedur atau cara melakukannya. Bahkan menjelaskan cara membuat sesuatu dengan instruksi secara urut atau bertahap. Pastikan jangan tertukar dengan penjelasan kedua jenis teks tersebut.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Sama halnya dalam bahasa Indonesia, teks eksplanasi dalam bahasa Inggris juga memiliki beberapa ciri-ciri. Untuk itu, ketahui ciri-ciri dari teks eksplanasi berikut ini.

Written in Present Tense

Teks eksplanasi ini menjelaskan mengenai proses terbentuknya suatu kejadian atau fenomena. Namun biasanya kejadian tersebut akan terjadi berulang-ulang. Misalnya terbentuknya hujan, terbentuknya salju, cara lebah menghasilkan madu, dan yang lainnya. Oleh karena itu, penulisan teks eksplanasi perlu menggunakan Simple Present Tense.

Menggunakan Passive Voice

Passive voice adalah sebuah kalimat pasif. Apabila menerjemahkannya kedalam bahasa Indonesia, maka kalimat tersebut mendapatkan awalan dengan imbuhan ”di-”. Tujuan penggunaan kalimat ini pada teks eksplanasi dalam bahasa Inggris yakni untuk menekankan suatu kata atau fenomena. Tentunya dalam penulisan passive voice ini dengan present tense.

Menggunakan Noun Phrase dan Active Verbs

Noun phrase adalah sebuah frasa yang memiliki fungsi sebagai kata benda. Sementara itu, active verbs yakni termasuk jenis verb (kata kerja) yang menunjukkan tindakan atau aksi yang dilakukan oleh subjek. Dalam bentuk yang sederhana, active verbs adalah bagian dari kalimat langsung.

Text Arranged Into Some Numbered Points

Teks eksplanasi yang isinya proses-proses terbentuknya suatu kejadian atau fenomena. Penulisan teks ini secara berurutan dalam beberapa poin pada bagian Sequenced of Explanation.

Time Connectives

Teks eksplanasi yang menjelaskan mengenai proses terjadinya suatu fenomena atau kejadian atau peristiwa. Biasanya jenis teks eksplanasi dalam bahasa Inggris ini tampak dengan adanya kata penghubung waktu. Penggunaan kata penghubung dapat berupa first, second, third, firstly, secondly, then, later, next, finally, atau at last.

Technical Vocabulary

Teks eksplanasi biasanya berisikan kosakata atau vocabulary khusus mengenai hal-hal dalam pembahasan teks ini. Misalnya, apabila teks ini membahas mengenai cara pembuatan mobil. Tentu saja ada beberapa contoh kosakata yang terkait seperti engine, ignition, atau bonnet.

Diagrams With Labels

Teks eksplanasi biasanya juga terdapat adanya diagram dengan keterangan dari diagram tersebut. Fungsinya untuk dapat membantu menjelaskan mengenai pembahasan dalam teks.

Pictures With Captions

Biasanya teks eksplanasi juga terdapat adanya gambar dan keterangannya. Fungsinya untuk dapat membantu menjelaskan pembahasan dalam teks eksplanasi dalam bahasa Inggris tersebut. Hal ini tujuannya agar memudahkan para pembaca memahami penjelasan.

Oleh karena itu, penulisan teks eksplanasi juga akan menambahkan gambar dan diagram, sehingga mendapatkan penjelasan lebih detail.

Answer The Question of “How” and “Why”

Pada teks eksplanasi biasanya juga berisikan jawaban dari “How” and “Why”. Hal ini yang dimuat dalam bagian kedua (Sequenced of Explanation) dari teks eksplanasi tersebut. Teks eksplanasi dalam bahasa Inggris mayoritas juga dapat memecahkan soal bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi. Baik itu dari fenomena alam atau sosial yang sifatnya umum.

Misalnya judul pada teksnya yakni “Frog Life Cycle”. Hal ini tentu saja menjadi jawaban dari pertanyaan, “Bagaimana daur hidup katak?”

Focus On The Phenomenon

Fungsi dari teks eksplanasi ini yang menjelaskan fenomena atau kejadian, maka fokusnya dari teks ini yakni pembahasan fenomena tersebut. Tentu saja bukan menjadi penjelasan orang atau hal lainnya.

Judul dari Setiap Explanation Text 

Judul dari setiap teks eksplanasi dalam bahasa Inggris biasanya adalah subjek dalam pembahasan tersebut. Misalnya “How Train Works”, maka seluruh teksnya akan membahas mengenai cara kerja kereta. Tentunya juga akan berbeda dengan narrative text seperti Danau Toba.

Isi pembahasannya bukan mengenai apa itu Danau Toba, namun mengenai cerita rakyat asal usul terjadinya danau tersebut. Pada paragraf pertama dari teks eksplanasi yang membahas mengenai pengenalan subjek.

Setelah itu, pada paragraf selanjutnya hingga ke akhir akan menjelaskan mengenai subjek tersebut secara mendetail. Teks yang berasal dari fenomena, maka fokus materinya bukan pada bendanya atau orangnya. Penjelasannya terkait pada kejadian atau peristiwa yang terjadi pada orang atau benda tersebut.

Struktur

Teks eksplanasi dalam bahasa Inggris juga terdapat beberapa struktur. Berikut ini struktur dari teks eksplanasi yang perlu Anda ketahui.

Titles (judul)

Untuk setiap penulisan, maka wajib memiliki judul dan tak terkecuali tulisan dengan jenis teks eksplanasi. Untuk judul dengan jenis teks ini, sebaiknya tidak perlu bertele-tele. Anda hanya perlu memberikan judul yang sesuai dengan isi tulisannya.

Statement Pembuka

Tujuan dalam penulisan dengan jenis teks eksplanasi , tentu saja memberikan informasi yang valid. Bahkan biasanya juga memberikan fakta untuk para pembaca. Oleh karena itu, statement pembuka yang kuat sangat penting. Anda perlu menyisipkan dalam tulisan dan apabila perlu dengan menyertakan bukti layaknya jurnal atau artikel yang sudah teruji kebenarannya.

Untuk statement pembuka, Anda juga dapat menuliskan identifikasi dari proses untuk dijelaskan. Pastikan fokus terhadap proses dari sebuah fenomena yang ingin Anda jelaskan. Selain itu, juga menghindari terlalu banyak untuk menyisipkan hal-hal kecil yang terlibat dalam sebuah fenomena.

Sequencing

Untuk menciptakan sebuah tulisan dalam teks eksplanasi dalam bahasa Inggris, maka perlu menulis dalam bentuk paragraf pendek. Setelah itu, membaginya dalam beberapa bagian. Hal ini agar pembaca lebih nyaman untuk membaca paragraf yang terlalu panjang. Anda perlu menggunakan hubungan dengan menyisipkan sebab-akibat dari sebuah fenomena atau kejadian.

Konklusi

Apabila sudah selesai membahas semuanya, pastikan untuk menuliskan kesimpulan atau konklusi dari informasi yang telah Anda berikan. Sehingga dapat menganggap tulisan Anda lebih valid.

Visuals

Untuk menjelaskan sebuah proses dalam teks eksplanasi dalam bahasa Inggris, biasanya akan membutuhkan visual. Mulai dari gambar, foto, diagram, dan sebagainya untuk dapat memperjelas isi tulisannya. Anda juga dapat menyisipkan video agar tulisan Anda semakin informatif.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Sama halnya dengan menulis teks lainnya, untuk menulis teks eksplanasi ini tidak terlalu sulit. Namun, Anda perlu harus lebih dulu memahami dan membaca dengan teliti.

Biasanya mengenai hasil penelitian dan fakta-fakta pendukung lainnya terkait proses bagaimana sebuah fenomena terjadi. Oleh sebab itu, ada hal yang perlu penulis lakukan sebelum menyusun teks eksplanasi.

Tentu saja agar susunan teks eksplanasi dapat menjadi susunan yang logis dan sistematis. Penulis juga perlu memperhatikan beberapa aspek penting. Tentu saja dalam menyusun teks eksplanasi, tak hanya memperhatikan ciri-cirinya saja. Namun penggunaan kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi juga termasuk hal penting. Untuk itu ketahui beberapa kaidah kebahasaan yang perlu Anda pahami.

Konjungsi Kausalitas

Dalam teks eksplanasi, biasanya kebahasaan harus menjunjung aturan konjungsi kausalitas. Konjungsi kausalitas dalam teks eksplanasi yakni seperti sebab, sehingga, dan karena.

Konjungsi Kronologis

Untuk teks eksplanasi juga perlu memanfaatkan adanya konjungsi kronologis. Konjungsi tersebut yakni keterkaitan waktu terjadinya suatu peristiwa, misalnya kemudian, lalu, atau setelah itu.

Kata Benda Jenis Fenomena

Untuk dapat menyusun teks eksplanasi, maka penulis juga perlu menggunakan kaidah kebahasaan yakni mengandung kata benda jenis fenomenanya.

Penggunaan Kata Teknis

Tidak hanya kata benda jenis fenomena, pada jenis teks eksplanasi juga harus menggunakan kata teknis. Misalnya kata teknis seperti ekosistem, fotosintesis, ekologi, dan yang lainnya.

Saat ini Anda dapat memahami pembahasan mengenai teks eksplanasi dalam bahasa Inggris. Hal ini akan membantu memahami teks yang ditemui nantinya lebih mudah. Selain itu, juga akan memperkuat pemahaman Anda tentang jenis teks eksplanasi. Bahkan Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *