Tradisi Unik di Singapura, Kentalnya Budaya yang Masih Terus Lestari

Singapura tidak hanya terkenal dengan wisatanya namun tradisi unik di Singapura juga tidak kalah mempesonanya dan sangat sayang untuk dilewatkan. Mungkin ada banyak sekali tradisi  Singapura yang masih jarang kita ketahui bersama, padahal menjadi ciri khas dari negara satu ini.

Sudah tidak asing lagi jika berbagai festival budaya sangat sering digelar  Singapura. Festival ini biasanya terselenggara ketika ada suatu perayaan di Singapura. Bagi wisatawan yang beruntung mereka bisa melihat festival budaya yang sangat mempesona dan sangat sayang untuk kita lewatkan.

Mungkin ketika memutuskan untuk bertolak ke Singapura, hal yang akan Anda lihat adalah berbagai fasilitasnya yang sudah menggunakan teknologi canggih. Padahal di samping kemajuan teknologi di Singapura ini tidak terlepas dengan tradisi unik yang hingga sekarang masih kental dan terus rakyat lestarikan.

Ada banyak sekali tradisi yang masih dirasakan hingga saat ini. Tradisi tersebut juga cukup unik dan tidak akan Anda temukan ketika datang ke negara lain. Karena tentu setiap negara memiliki keunikan tradisi yang membedakannya dengan negara lainnya.

Tradisi Unik di Singapura, Kentalnya Budaya yang Masih Terus Lestari
unsplash.com

Tradisi Unik di Singapura yang Masih Dilestarikan Sampai Sekarang

Tidak hanya tempat wisata bernilai sejarah hingga tempat wisata yang berteknologi canggih yang bisa Anda temukan ketika berada di Singapura. Namun keunikan budaya dan tradisi masyarakatnya juga sangat sayang untuk mengabaikannya begitu saja, jika beruntung Anda bisa menikmati hal ini ketika sedang berada di Singapura.

Biasanya tradisi ini akan berlangsung  ketika menjelang perayaan tertentu. Sehingga Anda bisa datang ke Singapura menjelang perayaan ini agar bisa melihat langsung tradisi Singapura. Hal ini pasti akan menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan bagi Anda. Karena Anda bisa menikmati keindahan Singapura sambil menikmati keindahan budaya dan tradisinya.

Tradisi Unik Singapura yang hingga saat ini masih ada di Singapura ini memang cukup beragam. Tradisi ini memang mendapatkan pengaruh dari beberapa faktor. Salah satunya adalah agama yang masyarakat anut sebagai sebagian besar masyarakat di Singapura. Apalagi di Singapura ini cukup banyak penduduk Cina.

Memang setiap negara biasanya memiliki tradisi, budaya, keindahan alam, dan keunikannya masing-masing. Hal ini lah yang terkadang menarik wisatawan untuk berkunjung. Salah satunya negara tetangga Indonesia ini, di sini akan menemukan kebudayaan hingga tradisi unik yang tidak akan Anda temukan  Indonesia seperti di bawah ini.

Transfer Angka Hoki

Tradisi unik di Singapura yang pertama ini mungkin cukup membingungkan, terutama bagi Anda yang baru pertama kali mendengarnya. Nah tradisi unik satu ini akan Anda temukan ketika perayaan Tahun Baru China yaitu Imlek, perayaan ini nantinya akan membuat antrian ATM menjadi panjang.

Karena mereka yang merayakan Imlek akan saling mentransfer uang ke rekening masing-masing, namun tentu uang ini bukan uang biasa. Karena mereka angka nominal uang yang mereka transfer tersebut menggambarkan angka keberuntungan atau hoki pada tahun tersebut.

Biasanya mereka yang merupakan keturunan Tionghoa lah yang akan memenuhi antrian ATM untuk mentransfer uang saat perayaan ini. Namun biasanya mereka melakukan hal ini disesuaikan waktunya dengan prediksi hoki  agar bisa mendapatkan keberuntungan.

Ritual Waisak

Tradisi unik di Singapura selanjutnya adalah Ritual Waisak, ketika perayaan ini tba ada tradisi unik yang dilakukan masyarakat Singapura. Tradisi tersebut adalah melepaskan burung dari sangkar ke udara, tradisi ini hingga saat ini masih dilakukan mereka yang merayakan Waisak.

Mereka percaya ketika hari Waisak datang maka hari tersebut dianggap sebagai lambang datangnya hari baru. Mereka percaya hari tersebut juga hari datangnya nilai yang telah ditinggalkan sang Buddha bagi umatnya.

Hal ini juga menjadi salah satu ritual yang dirayakan meriah di Singapura, karena akan ada cukup banyak orang yang merayakan ritual ini. Apalagi dengan banyaknya burung yang dilepaskan bersamaan ke angkasa saat perayaan lahirnya sang Buddha di Singapura ini berlangsung.

Budaya Khas

Tradisi unik di Singapura selanjutnya karena adanya budaya yang khas dan melekat pada diri masyarakat Singapura, dengan banyaknya keragaman penduduk Singapura dengan latar belakang yang berbeda-beda. Dengan ini tentunya tidak heran jika budaya di Singapura sangat beragam, apalagi dengan adanya percampuran budaya.

Seperti budaya Britania, Cina, Melayu, India hingga ada budaya peranakan, membuat Singapura memiliki beragam budaya dan tradisi yang unik. Makanya ketika Anda datang ke Singapura Anda pasti akan melihat keberagaman budaya yang tidak akan ada ketika berada di negara lain.

Apalagi cukup banyak orang asing yang membentuk sekitar 42 persen penduduk Singapura, mereka tentunya juga memiliki peranan akan keanekaragaman budaya di Singapura. Karena hal ini lah budaya dan tradisi yang ada di Singapura sangat beragam dan unik.

Masakan Singapura

Tradisi unik di Singapura ini juga tidak terlepas dari masakan khas yang ada di Singapura dan tidak akan Anda temukan di negara lain. Di Singapura makan dan belanja adalah salah satu hiburan nasional bagi warga Singapura, makanya tidak heran jika ada banyak sekali makanan khas Singapura.

Masakan khas Singapura ini lah yang menjadi salah satu bentuk nyata adanya keberagaman budaya yang ada di Singapura. Apalag dengan percampuran beberapa budaya, tradisi dan negara pembuat makanan d Singapura sangat khas dan tidak akan Anda temukan di negara lain.

Salah satunya adalah percampuran budaya antara Britania, Cina, India, Tamil, Melayu bahkan Indonesia Yang mempengaruhi makanan di Singapura. Ketika Anda berada di Singapura ada beberapa makanan favorit yang bisa Anda nikmati seperti sate, kepiting pedas, nasi lemak dan nasi ayam Hainan yang memiliki banyak penggemar.

Seni

Tradisi unik di Singapura ini tentunya juga mempengaruhi seni yang ada di negara ini,memang kesenian di Singapura ini sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bisa melihat berbagai kesenian khas singapura ketika berada di negara ini yang tidak akan Anda temukan ketika berada di negara lain.

Apalagi dari tahun 1990 pemerintah setempat sudah melakukan promosi sebagai negara pusat seni dan kebudayaan salah satunya pada seni drama. Hal ini sekaligus menjadikan Singapura sebagai gerbang antara Timur dan Barat kosmopolitan.

Puncak usaha promosi yang dilakukan pemerintah ini dengan dibangunnya Esplanade yang berlokasi di Singapura. Tempat ini merupakan pusat seni drama kelas atas yang sudah dibuka sejak lama dan cukup mengagumkan.

Festival Pertengahan Musim Gugur

Tradisi unik di Singapura ini juga bisa Anda lihat ketika festival pertengahan musim gugur dilaksanakan di negara Singapura. Festival ni menjadi salah satu tradisi di Singapura yang menandai berakhirnya musim gugur sekaligus menjadi waktu untuk berdoa dan memanjatkan rasa syukur kepada Dewa.

Festival ini biasanya akan dilangsungkan pada saat setiap hari ke 15 pada bulan kedelapan pada kalender China. Hingga saat ini festival pertengahan musim gugur ini masih dilakukan dan menjadi tradisi yang cukup unik yang ada di Singapura.

Festival ini biasanya juga cukup meriah, apalagi dengan adanya banyak lentera dengan berbagai bentuk di sepanjang jalan Singapura. Hal ini juga dilengkapi dengan adanya kue khas perayaan musim gugur, yaitu kue bulan yang menambah keindahan perayaan ini.

Singapore Night Festival

Tradisi unik di Singapura ini merupakan festival yang biasanya terselenggara dalam 2 akhir pekan yang merupakan perayaan seni dan warisan budaya Singapura. Seperti yang sudah kita tahu bahwa warisan budaya dan seni di Singapura sangat beragam yang membuat negara ini sangat mempesona.

Ketika festival unik ini berlangsung ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dan Anda lihat, yang tentunya mengandung nilai seni dan warisan budaya Singapura. Anda bisa menikmati beragam pertunjukan yang cukup memukau ketika festival ini berlangsung.

Tidak hanya pertunjukan musik yang bisa Anda nikmati, namun juga ada pertunjukan teater, pemutaran film, hingga cahaya-cahaya yang ikut memeriahkan festival ini. Anda juga bisa menikmati kemeriahan jalanan  sekitar Singapura ketika festival ini sedang berlangsung.

Festival Sungai Hong Bao

Tradisi unik di Singapura selanjutnya ini juga tidak kalah memukaunya dengan berbagai tradisi yang ada di Singapura. Tradisi satu ini menjadi salah satu tradisi integral yang biasanya digunakan untuk merayakan Tahun Baru Imlek di Singapura.

Ketika festival ini berlangsung Anda bisa menikmati berbagai macam lentera unik berbentuk tokoh ataupun legenda kepercayaan Tiongkok. Selain itu lentera ini biasanya juga berbentuk 12 hewan zodiak yang dipercayai masyarakat Cina, hal ini menambah kemeriahan dari festival ini.

Anda juga bisa menikmati berbagai macam hiburan seperti opera, karnaval hingga pertunjukan jalanan ketika festival ini berlangsung. Selain itu Anda juga bisa menikmati pesta kembang api dan berbagai makanan khas Singapura yang bisa Anda nikmati.

Festival Hungry Ghost

Tradisi unik di Singapura satu ini merupakan salah satu festival yang hingga sekarang ini masih terus ada dan masyarakat Singapura lakukan. Festival ini biasanya juga terkenal sebagai Zhong Yuan Jie. Tradisi satu ini berasal dari tradisi Tao dan Buddha yang ada di Singapura.

Tradisi ini merupakan tradisi memberikan makanan serta menghormati orang yang sudah meninggal namun masih berkeliaran di bumi. Biasanya festival ini berlangsung selama dua bulan dan akan ada banyak sekali makanan yang tersaji dan merupakan bagian dari persembahan.

Dalam festival ini biasanya juga ada prosesi pembakaran uang hingga berbagai barang yang konon mereka tujukan untuk hantu. Biasanya ketika festival ini berlangsung juga akan menampilkan pertunjukan opera.  Uniknya bangku pertama di pertunjukan opera ini akan sengaja panitia kosongkan karena mereka percaya bangku tersebut adalah tempat para hantu.

Tradisi Singapura Parade Chinghay

Tradisi unik di Singapura selanjutnya ini biasanya akan dilakukan ketika perayaan Tahun Baru Cina setiap tahunnya. Namun sebenarnya parade ini tidak hanya untuk mereka yang merayakan tahun baru. Namun semua etnis di Singapura juga bisa mengikutinya.

Nah jika Anda beruntung Anda bisa melihat parade chinghay ini, apalagi dengan kemeriahannya yang membuat siapapun pasti penasaran. Anda bisa melihat berbagai macam budaya dengan kemegahannya masing-masing, ditambah ada banyak sekali budaya di Singapura ini.

Anda bisa menikmati berbagai tarian hingga berbagai pertunjukan yang mengusung tema budaya di Singapura ini. Parade ini juga sekaligus menampilkan kecanggihan teknologi melalui cahaya-cahaya yang berwarna warni memukau. Juga ada robot yang menari hingga kemewahan mobil-mobil hias.

Festival Thaipusam

Tradisi unik di Singapura satu ini biasanya merupakan perayaan bagi mereka yang beragama Hindu. Karena Festival Thaipusam ini memang merupakan perayaan agama Hindu di Singapura. Festival ini merupakan sebuah perayaan dengan tujuan untuk menghormati para dewa Subramaniam. Festival ini juga cukup unik dan sayang kita lewatkan.

Keunikan dari festival ini adalah adanya kavadi yang merupakan kanopi berbentuk setengah lingkaran yang memiliki hiasan terbuat dari batang kayu. Biasanya hiasan ini akan peziarah bawa, terutama yang memeluk agama Hindu dan berdomisili di Singapura dan hingga sekarang masih ada.

Pada perayaan ini Anda bisa melihat banyak orang yang akan menusuk bagian tubuh mereka menggunakan batang besi. Uniknya bagi wanita dan anak-anak yang usianya 16 tahun kebawah harus membawa pot susu yang bertujuan untuk persembahan Dewa Murugan.

Tisu di Meja Tanda Reservasi

Tradisi unik di Singapura yang tidak akan Anda temukan ketika berkunjung ke negara lain adalah di restoran reservasi, meja yang sudah pelanggan pesan sebelumnya akan memiliki tanda adanya tisu pada meja. Biasanya di banyak negara salah satunya Indonesia, sebuah tulisan akan menjadi pertanda jika sudah ada pelanggan yang memesannnya. Namun di Singapura, jelas berbeda dan tidak bisa Anda temukan tulisan tersebut.

Di Singapura ketika Anda ingin memesan meja di restoran maka Anda hanya perlu menaruh selembar tisu di meja atau barang-barang Anda. Biasanya dengan ini orang lain tidak akan menempati meja tersebut. Tentunya ini menjadi kebiasaan dan tradisi yang cukup unik di Singapura.

Meletakkan tisu di atas meja tentu bukan hal yang sulit untuk kita lakukan, bukan? Biasanya jika Anda lupa dengan benda yang Anda taruh di meja pelayan akan langsung membuangnya setelah beberapa jam. Karena jika tidak orang lain yang melaluinya akan selalu menganggap jika meja tersebut sudah memiliki pemilik dan mereka tidak bisa menempatinya.

Menggunakan Sandal Jepit

Tradisi unik di Singapura satu ini juga cukup unik, masyarakat sekitar di negara ini lebih suka menggunakan sandal jepit. Meskipun pada umumnya masyarakat Singapura ini seperti masyarakat Eropa yang menyukai  barang bermerek mulai dari pakaian hingga barang-barang yang mereka kenakan.

Namun mereka jauh lebih senang menggunakan sendal jepit, alasannya karena negara Singapura ini termasuk negara yang panas. Sehingga mereka lebih merasa nyaman ketika menggunakan sandal jepit, nah ketika Anda di negara ini jangan kaget jika banyak orang yang menggunakan sendal jepit.

Biasanya ketika ada acara atau event tertentu pihak penyelenggara biasanya baru akan melarang penggunaan sandal jepit, hal ini sekaligus menjadi Tradisi Unik Di Singapura. Selain itu untuk bepergian ke kantor biasanya juga ada aturan yang melarang penggunaan sandal jepit, bahkan restoran tertentu juga memperlakukan aturan ini.

Banyak Denda

Tradisi unik di Singapura selanjutnya adalah adanya banyak peraturan denda yang ada di Singapura. Bahkan negara ini memiliki sebutan sebagai kota denda. Hal ini karena kota ini memiliki banyak peraturan dan mempunyai biaya denda yang sudah berlaku dan mengandung sanksi jika kita melanggarnya.

Misalnya seperti larangan merokok, membuang sampah sembarangan, makan saat berada di dalam transportasi umum, hingga berkata kasar. Bahkan Singapura juga melarang warganya untuk terhubung dengan koneksi wifi orang lain. Karena hal ini sudah termasuk dalam tindakan hacking.

Masyarakatnya Hidup Sehat

Singapura terkenal dengan masyarakatnya yang hidup sehat. Hal ini karena Singapura memang menerapkan hidup sehat untuk warganya. Ada berbagai larangan yang mereka terapkan pada kehidupan masyarakatnya agar masyarakatnya dapat hidup sehat.

Tradisi unik di Singapura satu ini tentunya juga menjadi bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakatnya. Bahkan pemerintah juga menyediakan fasilitas untuk mendukung hal ini. Visitpare.com telah memberikan banyak sekali informasi mengenai seni budaya dari berbagai negara. Karena hal tersebut dapat menjadi bekal untuk Anda yang ingin pergi k luar negeri, baik untuk sekolah maupun bekerja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.