Perbedaan TOEFL IBT dan PBT Beserta Keunggulannya Masing-Masing

4 min read

Pernahkah anda bertanya-tanya, mengapa bahasa Inggris perlu untuk dipelajari dan dikuasai? Saat ini pun, anak TK saja sudah mendapatkan pelajaran bahasa Inggris sejak dini. Bahkan, terdapat banyak lembaga-lembaga yang memberikan tawaran privat bahasa Inggris hingga mengadakan  berbagai tes TOEFL. Baik itu TOEFL IBT maupun TOEFL PBT. Lalu apa perbedaan TOEFL IBT dan PBT? Sebelum diulas secara tuntas mengenai perbedaan keduanya, alangkah baiknya jika kita mengetahui betapa pentingnya tes TOEFL untuk dilakukan.

Pentingnya Mengetahui Perbedaan TOEFL IBT dan PBT

Tahukah anda bahwa era yang kita hadapi sekarang adalah era industri 4.0? Pada era baru ini pemerintah sedang gencar-gencarnya memberikan ruang bagi para investor-investor mancanegara untuk berlomba-lomba memajukan bisnis negara. Adanya kesempatan masuk untuk negara lain ke dalam negara kita tentunya akan berdampak pada perkembangan budaya itu sendiri. Salah satunya yang paling berdampak adalah bahasa.

Pada era industri 4.0 yang melibatkan banyak pihak-pihak mancanegara, anda dituntut menguasai bahasa universal dunia. Seperti yang anda ketahui bahasa universal dunia adalah bahasa Inggris. Kini banyak pekerjaan-pekerjaan yang menuntut pegawainya mahir bertutur kata dalam bahasa Inggris. Karena hal tersebut, kini mulai banyak anda jumpai persyaratan kerja yang wajib mencantumkan nilai TOEFL.

Apa itu TOEFL?

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah sebuah uji kemampuan berbahasa Inggris yang dibuat untuk orang-orang non pengguna bahasa Inggris. Educational Testing Service (ETS) merupakan lembaga asal Amerika yang telah membuat tes ini. Awalnya tes ini dibuat untuk mahasiswa yang akan melanjutkan studi atau ingin memulai studi di Amerika Serikat. Karena dibuat oleh orang Amerika, maka TOEFL menggunakan logat (accent) Amerika.

Pada umumnya tes ini akan menilai kemampuan seseorang dalam 3 hal. Yang pertama, kemampuan seseorang dalam menulis serta menerapkan tata penulisan yang benar dalam bahasa Inggris. Yang kedua tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan seseorang dalam membaca serta memahami konteks yang tertera dalam sebuah teks bahasa Inggris yang tersaji. Dan yang terakhir tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan anda dalam mendengarkan, kemudian diimplikasikan dalam pengertian anda tentang topik yang dibicarakan oleh native speaker (orang Amerika asli).

TOEFL biasanya terdiri dari 4 sesi. Total waktu pelaksanaan TOEFL sendiri bisa mencapai 3 jam. Keempat sesi dalam TOEFL sendiri meliputi pemahaman tentang grammar, kemampuan mendengarkan, kemampuan membaca, serta yang terakhir kemampuan menulis. Format TOEFL, hingga saat ini telah mencapai beberapa kali perkembangan.

Perbedaan TOEFL IBT dan PBT

Paper Base Test (Test Ujian Kertas) yang artinya soal-soal yang diujikan tertera dalam lembar soal dalam bentuk kertas. Sedangkan IBT (Internet Base Test) pengerjaannya dengan komputer dan internet. Hingga saat ini IBT mulai banyak diminati karena kemudahannya.

TOEFL IBT

Era perkembangan dunia digital sekarang memang terbilang sangat pesat. Mulai banyak komponen-komponen dalam kemasyarakatan yang saat ini sudah diinternetisasi. Hal ini juga terjadi dalam format TOEFL.

TOEFL IBT (Internet Base Test) muncul pada tahun 2005 dan hingga saat ini masih menjadi pilihan utama bagi orang-orang yang membutuhkan TOEFL. TOEFL IBT tergolong mudah dilakukan karena anda tidak perlu bingung-bingung datang ke tempat ujian. Anda hanya perlu menggunakan gawai laptop atau komputer untuk melaksanakan tes TOEFL.

Selain itu, bagi anda yang tergolong sibuk dan sulit meluangkan waktu, tidak perlu repot-repot mengatur jadwal dengan penyedia jasa tes. Karena anda akan diberikan kebebasan dalam menentukan sendiri kapan waktu tes dilakukan. Namun ketentuan yang diberikan tetap lah sama, tes dilangsungkan kurang lebih 3 jam dan anda tidak dapat berhenti sejenak untuk kemudian melanjutkannya kembali.

Selain itu, bagi anda yang mudah grogi ketika dalam ruangan ujian, anda tidak akan merasakannya lagi ketika melaksanakan TOEFL IBT. Pada dasarnya pengerjaan tes ini dapat dilakukan dimana saja mulai dari kamar anda, kafe, ataupun tempat favorit anda lainnya. Selama ada jaringan internet yang stabil anda dapat mengerjakan tes ini dengan tenang. Hal yang perlu anda pahami tentang TOEFL IBT adalah rentang nilai yang kemudian diberikan setelah mengikuti tes.

Pada tes TOEFL konvensional seperti PBT (Paper Base Test) akan didapati skor 310-677 sedangkan tes IBT 0-120. Skor TOELF IBT anda dapat dikonversikan ke skor PBT dengan melihat tabel yang banyak tersedia di internet. Saat mengikuti tes TOEFL IBT anda juga akan diberikan arahan oleh penyedia jasa. TOEFL IBT telah dirincikan menjadi beberapa bagian, diantara adalah sebagai berikut:

IBT Reading

Pada sesi ini, anda akan disajikan bacaan-bacaan dalam bahasa Inggris. Seperti pada tes bahasa lainnya, anda hanya perlu menjawab pertanyaan yang tersedia, terkait dengan bacaan yang ditayangkan. Sesi reading sendiri biasanya terdiri dari 3-5 bagian. Masing-masing bagian tersebut dapat berisikan 13 hingga 14 pertanyaan.

Dengan tipe narasi atau cerita yang lebih panjang membuat sesi ini akan menjadi sesi yang membosankan terutama bagi anda yang kurang suka membaca. Banyak cara-cara atau tips untuk mengetahui isi bacaan yang tersedia. Anda bisa mulai menyiapkan diri dengan mempelajari tips-tips tersebut atau justru melatih diri anda untuk menyukai bacaan. Meskipun terkesan sulit, pada sesi ini anda diberi pilihan sama halnya ujian-ujian pada umumnya. Hal ini akan mempermudah anda dalam menyelesaikannya.

IBT Listening

Sesi listening atau mendengarkan dalam tes TOEFL IBT juga sama dengan sesi listening tes TOEFL pada umumnya. Sesi ini akan memberikan 3 hingga 5 bagian. Pada satu bagian akan menyajikan sebuah percakapan antara 2 atau lebih native speaker. Dalam satu percakapan ini dapat menghasilkan 5 hingga 6 pertanyaan.

Ada yang harus anda ingat, pertanyaan dari sesi ini tidak akan tertera dalam soal anda. Anda perlu mendengarkan dengan seksama dimana letak percakapan berhenti dan konteks soalnya. Namun, jika anda menyukai listening maka akan sangat mudah menyelesaikan tes ini. Hal yang perlu anda pelajari untuk menangkap sesi ini adalah tentang pengucapan tiap kata dari native speaker.

Kadang-kadang ada kata yang seperti terdengar tidak sesuai dengan yang kita tangkap. Untungnya, penyedia jasa tes TOEFL IBT akan menyediakan anda headset. Atau anda yang mengerjakan di rumah dapat menggunakan headset sendiri. Penggunaan headset akan mempermudah anda dalam mendalami percakapan yang ada. Tidak seperti tes PBT, di mana anda hanya berbekal kemampuan mendengar dengan kedua telinga serta berharap salah satu atau peserta yang lain tetap tenang selama ujian berlangsung.

IBT Speaking

Sesi speaking adalah sesi yang menjadi kelebihan dari tes TOEFL IBT dibandingkan dengan tes TOEFL PBT. Sesi ini memuat 6 pertanyaan yang harus anda jawab. Di sesi ini anda akan ditantang untuk memberikan jawaban secara langsung dengan suara anda sendiri. Oleh karena itu sejak awal anda akan diberikan headset dengan mikrofon, saat anda tes di tempat penyedia jasa. Jika anda test di rumah pastikan headset anda merupakan headset yang support dengan kegiatan merekam suara.

Pada sesi ini, anda hanya harus percaya diri untuk menjawab pertanyaan yang ada. Untuk tes di tempat penyedia jasa anda akan menjumpai peserta lain dengan jawaban bermacam-macam. Ada yang semangat hingga suaranya seperti berteriak, ada yang hanya berbisik. Oleh karena itu anda tidak perlu takut salah dalam menjawab, percayalah pada kemampuan anda.

IBT Writing

Pada sesi inilah perbedaan TOEFL PBT dan IBT terlihat sangat mencolok. Di sesi ini, anda tidak hanya diminta untuk menjawab pertanyaan saja. Ada bagian dari sesi ini yang mengharuskan anda lebih fokus. Bagian tersebut adalah menulis essay.

Sebelum memasuki sesi ini biasanya penyedia jasa akan memberikan waktu 10 menit untuk beristirahat sejenak. Disinilah anda harus benar-benar memulihkan pikiran anda. Tidak perlu banyak berpikir, cukup istirahat saja.

Tipe dari essay dalam sesi ini juga bermacam-macam. Biasanya anda akan diminta untuk memberikan opini terhadap kasus yang diberikan, ada pula menceritakan tentang sesuatu sesuai yang anda ketahui. Waktu pengerjaan dalam sesi ini juga terbilang lama sehingga anda bisa memanfaatkan waktu dengan baik di sesi terakhir tes TOEFL IBT ini.

TOEFL PBT

Setelah mengerti tentang tes TOEFL IBT, maka anda juga harus mempelajari salah satu format tes TOEFL lain yaitu PBT, untuk mengetahui perbedaannya. TOEFL PBT (Paper Base Test) merupakan test TOEFL dengan berbekal kertas dan pensil untuk menjawab pertanyaan yang ada. Berbeda dengan IBT, dalam tes PBT tidak ada sesi speaking. Tipe tes yang sangat menyerupai ujian pada umumnya membuat tes ini juga menyajikan kemudahan tersendiri bagi anda yang ingin mencobanya.

Demikianlah perbedaan TOEFL IBT dan PBT. Dari perbedaan inilah anda dapat menentukan jenis tes TOEFL mana yang akan anda ikuti untuk menguji kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. Pada umumnya semua format tes TOEFL itu sama saja. Tergantung anda menikmati format yang mana untuk mendapat hasil terbaik dari dalam diri anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.