Mengetahui Keunikan Budaya India Secara Dekat Beserta Universitasnya

Keunikan budaya India perlu Anda ketahui sebelum menempuh pendidikan atau mengunjungi negara ini. India merupakan salah satu negara yang berada di Asia Selatan. Salah satu negara demokrasi terbesar di dunia yang berbatasan dengan Samudera Hindia, Teluk Benggala, dan Laut Arab.

Selain itu India berbatasan dengan negara lainnya seperti Tiongkok, Burma, Pakistan, Bhutan, Nepal, dan Bangladesh. Hal yang menonjol dari India adalah dari beragam budaya yang unik. Penuh dengan adat istiadat dan tradisi yang berbeda dengan negara lainnya.

Keunikan Budaya India
Keunikan Budaya India: sobhalishapanda.wordpress.com

Beragam Keunikan Budaya India yang Perlu Diketahui

Hal yang menarik dari India adalah agama, musik, tarian, festival, arsitektur, hingga makanan khas India. Karena mayoritas masyarakat di India beragama Hindu, sehingga banyak tradisi dan acara pemujaan.

Hampir 80% beragama Hindu dan sisanya beragama Sikhisme, Buddhisme, Islam, dan Jainisme. Saat Anda ingin mengunjungi atau tinggal di negara ini baik menempuh pendidikan maupun bekerja, maka kenali terlebih dahulu dari adat istiadat hingga tradisinya.

Salam Ala India

Keunikan budaya India adalah menerapkan salam Namaste. Salam ini adalah kebiasaan paling populer dan bukan hanya dalam lingkup India saja. Namaste ini adalah salam Hindu yang sering diucapkan ketika bertemu satu sama lain maupun salam perpisahan ketika pergi. Perlu Anda ketahui salam di sini tanpa kontak fisik.

Namaste atau namaskar ini salah satu dari 5 bentuk tradisional dalam kitab suci Hindu Kuno. Artinya adalah saya memberi hormat kepada Anda atau semoga pikiran kita bertemu.

Salam ini dilakukan dengan menunjukkan telapak tangan yang dilipat dan ditempatkan di depan dada. Kata Namaha untuk menandakan pengurangan ego seseorang di hadapan yang lainnya.

Jadi Anda perlu melakukan salam ini ketika berada di sana untuk membentengi diri dari hal yang tidak diinginkan. Sekaligus menghormati tradisinya.

Tradisi Berpuasa

Keunikan budaya India adalah tradisi puasa atau Karwa Chauth. Tradisi ini merupakan festival sehari yang menurut orang India dirayakan oleh wanita Hindu di India Utara. Mereka berpuasa dari terbit matahari hingga terbitnya bulan demi menjaga serta memohon umur panjang. Selain itu mendoakan untuk keselamatan suami atau pasangan.

Memang berbeda dengan tuntunan Islam. Puasa Karwa Chauth ini merupakan cara untuk mewakili sebuah ketulusan serta kesungguhan mereka.

Sekaligus ungkapan rasa terimakasih kepada para Dewa Dewi. Mereka mengamati dengan cepat hari-hari berbeda dalam seminggu untuk menjunjung Tuhan atau Dewi berkaitan dengan hari tertentu.

Sebenarnya asal puasa ini dari ritual Veda yakni mengasamkan apikurban untuk acara pengorbanan. Upvas ini untuk menunjukkan puasa dan menyalakan apikurban.

Keunikan budaya India orang yang menjalani puasa saat menyalakan atau mengorbankan kembali kebakaran domestik yang disimpan dalam rumah untuk melakukan pengorbanan sehari-hari.

Bahasa yang Digunakan di India

India memiliki 28 negara bagian juga 7 wilayah. Menurut keputusan Pengadilan Tinggi Gujarat tahun 2010 tidak ada bahasa resmi di India. Namun bahasa resmi pemerintah adalah bahasa Hindi.

Sementara konstitusi India mengakui 23 bahasa resmi. Orang yang tinggal di India lebih banyak menulis naskah dalam Devanagari. Meskipun banyak orang orang berbahasa Hindi namun 59 persen penduduk India berbicara dengan bahasa Hindi.

Selain itu, beberapa bahasa lain yang negara India gunakan adalah Telugu, Bengali, Urdu, dan Tamil. Sedangkan bahasa Indo-Eropa Kuno biasa terpakai dalam film laga berasal dari India Utara.

Sehingga masih dalam perdebatan di antara ahli bahasa. Karena ini berbagi banyak kesamaan dengan bahasa Inggris, Farsi, Rusia, dan Perancis.

Adat Sapi Dianggap Suci

Keunikan budaya India lainnya adalah kepercayaan bahwa sapi itu hewan suci. Sapi di India merupakan sosok keibuan dan penggambaran tentang karunia Ibu Pertiwi. Hal ini berasal dari Tuan Khrisna yang tumbuh menjadi penggembala sapi yang digambarkan sedang memainkan seruling di antara Gopis ( pemerah susu) dan sapi yang menari mengikuti lagu-lagunya.

Tuan Krishna atau Gopala atau Govinda yang berarti pelindung sapi. Sapi tersebut menguntungkan dalam budaya dan agama India. Sekaligus kendaraan terpercaya Tuan Shiva atau Nandi Banteng Suci. Bagi orang India, memberi makan sapi atau kontribusi untuk penampungan sapi begitu penting.

Bahkan dalam kitabnya Veda beberapa ayat menyebutkan untuk melindungi serta merawat sapi. Karena sapi memiliki sumber susu yang dapat menopang kehidupan masyarakat India. Sedangkan kotoran sapi menjadi sumber bahan bakar dan hemat energi.

Perlu Anda ketahui, membunuh sapi dan mengkonsumsinya adalah perbuatan dosa bagi budaya India. Sehingga India melarang penyembelihan sapi sesuai hukum. Karena sapi disembah layaknya dewa. India menghargai dan berterimakasih dengan hewan tersebut.

Arsitektur dan Seni India

Salah satu contoh keunikan budaya India arsitektur paling populer adalah Taj Mahal. Arsitektur ini di bangun oleh kaisar Mughal Shah Jahan demi menghormati istri ketiganya. Mumtaz Mahal tersebut merupakan penggabungan unsur dari gaya arsitektur Turki, Ottoman Turki, India, dan Persia. Selain itu juga ada banyak kuil kuno.

Sedangkan dari sisi seni, India memiliki industri film yang sering dikenal dengan Bollywood. Sejarahnya mulai dari tahun 1896 saat saudara lumiere mendemonstrasikan seni bioskop di Mumbai.

Sehingga film yang terkenal lebih fokus pada tarian yang rumit dan nyanyian. Tradisi tari klasik utama India adalah Kathak, Bharata Natyam, Manipuri, Odissi, Mohiniyattam, Kathakali, dan Kuchipudi. Menggambar tema dari mitologi serta sastra memiliki peraturan presentasi yang cukup kaku.

Arsitektur Kuil India sebagian besar di sepanjang garis gelombang magnetik bumi. Sehingga memaksimalkan energi positif yang ada. Kebanyakan orang India ke bait suci untuk membantu memiliki pikiran positif serta mengumpulkan energi positif sehingga mengarah pada fungsi yang lebih sehat.

Keunikan budaya India adalah praktek untuk melepas alas kaki sebelum memasuki tempat ibadah sehingga lingkungan tempat ibadah tetap bersih.

Tradisi Atithi Devo Bhavah

Istilah Atithi Devo Bhavah merupakan tamu sama seperti dewa. Tradisi ini adalah keramahan terhadap tamu merupakan budaya India yang terus ada.

Selain itu tradisi ini merupakan bagian integral. Tamu adalah setara Raja. Salah satu ayat sansekerta yang diambil dari Kitab Hindu dan menjadi kode etik bagi masyarakat Hindu karena tamu sangatlah penting.

Masakan atau Kuliner India Kaya Rempah

Bagi Anda yang akan mengunjungi atau tinggal di India dalam waktu lama, Anda bisa menikmati makanan khas India yang paling populer. Makanan India populer dengan berbagai macam hidangan dengan rempah-rempah. Gaya memasaknya dari satu daerah dan daerah lainnya berbeda.

Penting Anda ketahui, bahwa India menggunakan bahan berupa nasi basmati, gandum, dan kacang-kacangan dengan chana. Semua bahan tersebut merupakan makanan pokok untuk makanan India. Terlebih untuk Anda yang ingin bekerja di India atau tinggal lama di sana, Anda harus terbiasa dengan makanan yang kaya dengan bumbu dan kari kental serta semua keunikan budaya India.

Bumbu yang sering digunakan adalah ketumbar, jahe, kunyit, kapulaga, kayu manis, dan paprika kering. Selain itu Chutneys bumbu tebal menyebar dari berbagai macam buah-buahan hingga sayuran serta ramuan lain untuk masakan India.

Orang Hindu kebanyakan adalah vegetarian, hanya saja anak domba dan ayam biasa ada di masakan utama untuk mereka yang non vegetarian.

Tradisi saat makan di India adalah menggunakan jari atau roti sebagai peralatan. Karena tersedia beragam roti yang disajikan dengan makanan termasuk naan. Selain itu juga roti panggang beragi dan bhatoora, oven panggang, flatbread yang digoreng dan manis yang dimakan dengan kari kacang.

Makanan vegetarian adalah bagian dari integral masakan Gujrati India Selatan dan Rajasthani. Sedangkan hidangan non vegetarian adalah bagian tengah masakan Bengali, Mughlai India Utara dan Punjabi. Namun masakan tertentu seperti Kashmir juga tercampuri pengaruhi oleh gaya memasak asing dari Asia Tengah, Afganistan, dan Persia.

Pakaian Etnis India yang Unik

Keunikan budaya India yang penting Anda ketahui selanjutnya adalah dari segi pakaian. Pakaian khas India adalah saree atau sari. Sari ini merupakan pakaian tradisional perempuan khas India yang memiliki warna yang cerah, serta cantik. Saree ini adalah sepotong kain yang menjadi bawahan dengan cara memakainya dengan diikat pada pinggang.

Tanpa jahitan, mudah penggunaannya dan nyaman. Menggunakan pakaian ini sama halnya mematuhi etika agama. Memang mulanya terkenal sebagai tradisi Hindu namun terlihat bagus dan elegan menjadikannya populer di semua agama. Selain itu berlaku untuk Kurta pyjama yang sangat fungsional serta keausan formal sherwani untuk pria India.

Ada juga pakaian khas untuk laki-laki India bernama Dhoti. Sepotong kain yang tidak berlapis dan hanya diikat pada sekitar pinggang dan kaki. Sebagian laki-laki india juga memakai kurta.

Salah satu kemeja longgar yang digunakan selutut baik untuk acara spesial atau tertentu. Sedangkan Sherwani atau achkan adalah mantel panjang dengan kerah atau tanpa kerah.

Festival Meriah

Keunikan budaya India adalah tradisi festival yang sudah populer hingga mancanegara. Ada yang sering Anda jumpai adalah film series India seperti festival Holi.

Festival ini merupakan perayaan awal masuknya musim semi. Sedangkan Diwali atau Deepavali merupakan salah satu festival keagamaan dalam agama Hindu, festival Karva Chauth, dan festival Raksha Bandhan.

Orang-orang sikh merayakan Baisakhi atau panen tanaman dan ulang tahun guru-guru, Makar Sankranti, Jain merayakan Mahavir Jayanti dan lainnya. Jumlah masyarakat yang merayakannya tidak terhitung dan dimasukkan dalam waktu liburan kalender mereka.

Pernikahan di India

Keunikan budaya India adalah tradisi pernikahan orang India. karena konsep perjodohan di India asal usulnya dari Zaman Veda. Keluarga kerajaan upacaranya bernama Swayambar yaitu pengantin wanita yang diatur.

Menggunakan pertandingan yang cocok untuk bersaing dalam kompetisi agar menang atas pengantin wanita. Sehingga pengantin wanita akan memilih suami idealnya.

Perayaannya juga kaya akan tradisi dan budaya dengan upacara yang unik. Bentuk penyatuan fisik, emosional dan spiritual dari dua orang.

Budaya yang Harus Ditaati Saat di India

Tradisi yang hingga kini harus ditaati setiap orang yang tinggal di India adalah cara berpakaian, cara berperilaku, dan makan serta masih banyak lagi kebiasaan yang harus Anda ketahui jika Anda berencana tinggal, atau bekerja hingga mengambil pendidikan di India. Budaya tersebut adalah sebagai berikut.

Gunakan Salam Tradisional

Seperti yang sudah tertulis di atas, bahwa India memiliki tradisi salam tradisional yang selalu diterapkan setiap harinya ketika bertemu dengan orang lain.

Oleh sebab itu, keunikan budaya India ini Anda harus bisa menerapkan salam tersebut dengan menyatukan kedua telapak tangan dan membungkuk untuk memberi hormat dan mengucapkan namaste.

Berpakaian Sopan

Cara Anda berpenampilan sangat berharga di India. Alangkah baiknya Anda menghargai budaya dan masyarakatnya. Meski di sana panas, namun usahakan menggunakan pakaian tertutup. Sehingga Anda menyerupai penduduk lokal.

Penggunaan Bahasa

Tidak semua orang di India dapat berbahasa Inggris. Terutama orang di desa kecil. Karena mereka menggunakan bahasa asli mereka. Untuk itu Anda bisa belajar bahasa baru dan mengenal budaya baru mereka.

Jangan Menunjuk dengan Jari

Ketika di India menggunakan jari telunjuk untuk menunjukkan arah adalah hal yang terlarang. Karena memakai jari untuk menunjuk barang atau lokasi adalah hal tidak sopan di India. Anda harus melakukannya dengan seluruh telapak tangan atau ibu jari. Cara ini lebih sopan dan halus.

Jangan Terlalu Sopan

Keunikan budaya India lainnya adalah ketika di negara sendiri kata tolong dan terima kasih adalah hal sopan, namun berbeda ketika kita di India. Kata tersebut justru menjadi kata yang orang Inidia anggap kasar dan tidak sopan.

Cara tradisional untuk menunjukkan rasa terima kasih akan menimbulkan ketegangan. Daripada Anda mengatakan terimakasih akan lebih baik jika Anda mengatakan aku menghargai itu.

Universitas Terfavorit di India

Bagi Anda yang ingin mengambil pendidikan di India tak perlu bingung. Karena di sana terdapat universitas favorit yang memiliki ranking dan lokasi terbaik.

Bangalore University

Pertama adalah Bangalore University. Universitas ini terletak di kota bangalore ibukota IT India. Secara akademik universitas ini memiliki 6 fakultas dan 473 affiliated colleges yang sudah tersebar di seluruh penjuru kota. Jumlah mahasiswa mencapai 300.000 orang. Menjadi salah satu universitas terbesar di India.

Aligarh Muslim University

Selanjutnya adalah Aligarh Muslim University. Menariknya universitas ini pembangunannya mengadaptasi sistem pembelajaran di Universitas Cambridge dan Oxford Inggris. Selain memiliki keunikan budaya India juga memiliki universitas terbaik.

Hal ini bermula dari SirSyed Ahmed Khan yang memiliki keinginan untuk memajukan India dalam bidang pendidikan. Meskipun sistem pendidikan ini mengambil dari negara barat namun tetap menjaga nilai kandungan Islam. AMU ini memiliki 88 departemen dan lebih dari 280 jurusan yang terbaik.

Banaras Hindu University

Universitas terbaik lainnya adalah Banaras Hindu University. Meski namanya menggunakan kata Hindu namun juga banyak orang yang beragama Muslim, Kristen, dan parsi yang bersekolah di sini.

Sekaligus menjadi universitas perumahan terbesar di Asia di mana lebih dari 12.000 mahasiswa tinggal dalam kampus tersebut. BHU memiliki reputasi terbaik dalam bidang sains, hukum, teknik, kedokteran dan linguistik.

Anna University

Selanjutnya adalah Anna University. Universitas ini menawarkan pendidikan dalam bidang teknologi dan teknik. Selain keunikan budaya India, India memiliki universitas 10 besar terbaik dalam bidang teknologi.

Hebatnya pembelajaran di Universitas ini sudah memenuhi standar internasional dan sudah terbukti dalam Asosiasi Universitas Commonwealth dan partner UNESCO Pusat Internasional Pendidikan Teknik.

Calcutta University

Universitas paling favorit lainnya yang bisa Anda pilih adalah Calcutta University. Calcutta University meraih 4 penghargaan nobel yaitu Rabindra Nath Tagore, Ronald Ross, Sri Chandrasekhara Venkata Raman, dan Amartya Sen.

Universitas ini lebih menonjol dalam bidang seni dan humaniora. Menduduki peringkat ke 39 sedunia menurut Times Higher Education. Selain itu bidang yang paling banyak peminatnya adalah Bisnis dan Sains. Keunikan budaya India hingga universitas terbaik yang sudah kita pelajari bersama visitPare.com tersebut bisa menjadi pengetahuan Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di India.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.