Bahasa Inggris tidak melulu belajar tentang teori yang susah. Sebut saja grammar, struktur penulisan kalimat secara baik dan benar, yang tentu saja bukan materi mudah. Kamu juga bisa mempelajari proverb dan riddle, yaitu salah satu jenis materi yang menyenangkan.

Keduanya mampu mencairkan ketegangan ketika kamu merasa kesulitan saat belajar bahasa asing. Ada bagian yang mengandung konten ringan, menarik, bahkan lucu. Jika kamu belum pernah mendengar istilah proverb atau pun riddle maka perhatikan penjelasan berikut.

Definisi Proverb dan Bedanya dengan Idiom

Proverb bahasa Inggris diberikan sebagai materi pendamping atau tambahan saja. Biasanya guru memperkenalkan pelajaran tersebut ketika kamu sedang membahas suatu tema pokok. Misalnya seperti ada satu kalimat proverb dalam teks naratif sehingga guru bisa menjelaskannya kepada siswa.

Namun apakah pengertian dari proverb yang katanya sangat menarik serta bermakna? Coba perhatikan contoh berikut terlebih dahulu.

It is really disrespectful! Be nice because manners make it man!

Pada kalimat tebal tersebut tersirat makna tersembunyi. “Manners make it man” merupakan contoh proverb atau peribahasa. Kamu dapat mengartikannya dengan mudah karena di dalamnya tidak mengandung perumpamaan khusus.

Proverb jelas berbeda dengan idiom bahasa Inggris, meskipun nyaris terlihat sama. Pada idiom, susunan frasanya banyak mengandung perumpamaan tidak masuk akal. Terdapat pengibaratan benda mati, hewan, atau pemakaian gaya bahasa berlebihan.

Misalnya, “I love you to the moon and back.” Arti secara harfiah mengatakan kalau “Aku mencintaimu dari bulan dan kembali lagi kemari”. Hal tersebut tidak masuk akal jika dipikirkan secara logis. Padahal maknanya bermaksud menyampaikan rasa cinta yang begitu besar.

Sedangkan proverb adalah peribahasa yang menyampaikan makna sesungguhnya. Hanya saja pemilihan kata-katanya memang terdengar indah serta menarik.

Fungsi Adanya Proverb Berbahasa Inggris

Sebagaimana bahasa Indonesia, tentu ada pula peribahasa bahasa Inggris yang bentuknya bermacam-macam. Proverb memiliki fungsi dalam keperluan linguistik, di antaranya:

  1. Menyampaikan pesan moral untuk banyak orang dengan cara menarik dan menyenangkan. Pesan tersebut biasanya seputar kehidupan manusia serta pandangan tradisional terhadap suatu hal.
  2. Berperan sebagai salah satu media linguistik yang bisa memperkenalkan budaya. Hal ini karena di dalam peribahasa sering terikat dengan norma berlaku di masyarakat. Contohnya seperti kebiasaan, tradisi, aturan hidup, dsb.
  3. Dapat dijadikan sebagai sarana menasihati seseorang secara sopan tanpa menyinggung. Adapun alasannya karena di dalam contoh proverb mengandung pesan tersirat. Selain itu juga memberikan pencerahan hingga mengingatkan seseorang mengenai hal-hal penting dalam kehidupan.
  4. Sebagai salah satu tolok ukur kemahiran seseorang dalam belajar bahasa Inggris. Apalagi jika kamu berhasil menghafalkan banyak contoh peribahasa kemudian diterapkan langsung dalam percakapan sehari-hari. Kamu termasuk penutur bahasa Inggris asing yang mahir secara lisan dan tulisan.

Mengenal Aneka Jenis Proverb dalam Bahasa Inggris

Proverb dan Riddle

Sekarang kamu akan mengenal jenis proverb bahasa Inggris dengan macam-macam fungsi. Ragam peribahasa terbagi berdasarkan makna yang terkandung di dalamnya. Berikut ada tiga jenis proverb beserta penjelasannya.

  1. Pameo, merupakan peribahasa berisi slogan-slogan motivasi. Tujuannya cenderung membangkitkan semangat seseorang dengan kata-kata positif.
  2. Parable, adalah proverb tentang perumpamaan dengan nilai moral. Jadi bentuk kalimatnya seperti mengumpamakan suatu hal atau kejadian untuk menyampaikan maksud tertentu.
  3. Aphorism, bentuknya berupa pepatah berisi nasihat baik. Bisa kita bilang kalau tujuan aphorism proverb lebih mengarah pada suruhan untuk melakukan suatu hal positif atau baik. Bisa berupa kebiasaan, tata krama, tata bicara, kelakuan, aturan, dll.

Contoh- Contoh Proverb Sekaligus Maknanya

Banyak contoh peribahasa dalam bahasa Inggris dan artinya dengan tujuan berbeda-beda. Kamu dapat memakai salah satunya untuk kondisi tertentu ketika sedang melakukan conversation.

Percakapan kamu akan terasa keren dan lebih hidup jika menyisipkan sebuah proverb. Selain menunjukkan kemahiran berbahasa Inggris, kamu bisa menyampaikan pesan penting secara menarik.

Berikut ini beberapa peribahasa dalam bahasa Inggris yang dapat kamu pakai dalam percakapan:

ProverbArtinya
Don’t go too far in small.Jangan membesar-besarkan masalah kecil.
Early bird gets worm.Rezeki lebih untuk orang yang bangun pagi.
Action speaks louder than words.Lebih baik banyak aksi daripada cuma bicara saja (omong kosong).
The apple doesn’t fall far from the tree.Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya.
Don’t judge a book by its cover.Jangan menilai orang dari penampilannya saja.
Blood is thicker than water.  Hubungan keluarga/darah lebih kuat daripada orang lain.
When in Rome, do as the Romans do.Sama seperti peribahasa, Dimana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung.

Artinya, kita harus mengikuti aturan berlaku di suatu daerah.

Every cloud has a silver lining.Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.
Rome wasn’t built in a day.  Pekerjaan besar membutuhkan kerja keras.
A picture is worth a thousand words.Sesuatu yang mengandung banyak makna sehingga sulit dideskripsikan.
A jack of all trade is a master of none.Orang yang kelihatannya berkuasa namun ternyata tidak berdaya dan tidak punya wewenang.
A person is known by the company he keeps.Seseorang yang bisa dinilai berdasarkan lingkungan atau teman-teman di sekitarnya.

 

Pengertian Riddle, Permainan Teka-teki Bahasa Inggris

Proverb dan Riddle

Setelah belajar tentang proverb, sekarang beralih ke pembahasan riddle bahasa Inggris. Riddle adalah teka-teki verbal yang di dalamnya mengandung lelucon hingga suatu pengetahuan.

Karena itulah riddle dianggap mampu menjadi media hiburan saat seseorang sedang bosan. Selain itu menyampaikan teka-teki dapat mencairkan suasana kaku dalam percakapan bahasa Inggris.

Terlebih lagi terkadang conversation terasa membosankan dan kurang menarik. Untuk mengatasi kondisi canggung maka kamu bisa menyisipkan tebak-tebakan.

Fungsi dan Peran Riddle dalam Percakapan

Tidak semuanya contoh riddle mengandung lelucon atau pernyataan lucu. Beberapa lainnya punya pesan tersendiri bergantung pada konteks dan tujuan teka-teki tersebut.

Itulah alasannya kenapa ada pernyataan yang bilang jika riddle hanya dikuasai oleh orang-orang cerdas. Hal ini karena proses membuat teka-teki dengan pesan tersirat tidaklah mudah. Apalagi yang mampu memberikan makna dan fungsi khusus.

Ada beberapa macam fungsi serta peran riddle dalam percakapan. Contohnya bisa kamu lihat di bawah ini.

  1. Sebagai media belajar bahasa Inggris yang menyenangkan. Siswa tertarik menghafalkan macam-macam tebak-tebakan bahasa Inggris beserta artinya lalu mempraktikkannya dalam percakapan langsung. Kamu juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing karena ada vocabulary baru di dalamnya.
  2. Teka-teki sebagai sarana menyampaikan pesan-pesan khusus. Bisa berbentuk nasihat hingga sindiran secara halus, lucu, unik dan tanpa menyinggung perasaan orang lain. Cara ini sangat ampuh karena kamu akan mengirimkan pesan tersirat sehingga terkesan tidak terlalu frontal.
  3. Fungsi riddle berhubungan dengan aspek kehidupan lain seperti politik, kebudayaan, pendidikan, ideologi, dsb. Misalnya seperti teka-teki berbau politik yang bertujuan untuk menyampaikan sindiran terhadap pemerintah.

Ada pula jenis teka-teki berbau unsur kebudayaan. Misalnya seperti pantun dalam bahasa Indonesia yang juga mengandung lelucon hingga tebak-tebakan di akhir bait.

  1. Tidak jarang kumpulan riddle bahasa Inggris juga dimanfaatkan oleh orang tua untuk meningkatkan daya ingat anak-anaknya. Belajar bahasa asing erat kaitannya dengan proses menghafal kosakata baru. Oleh sebab itu, permainan teka-teki akan menjadi salah satu metode ampuh untuk mengenalkan vocabulary.

Karakteristik dan Ciri-Ciri Riddle

Proverb dan Riddle

Apa yang membuat sebuah pernyataan bisa masuk dalam kategori teka-teki bahasa Inggris? Tentu ada ciri-ciri atau karakteristik tertentu yang membedakannya dengan kalimat lain.

1. Mengajukan Pertanyaan

Pertama, pernyataan tersebut biasanya mengajukan pertanyaan kepada orang lain. Bagian ini bertujuan untuk membuat pendengar atau pembacanya memikirkan jawabannya. Ciri khasnya terdapat kalimat tanya seperti what is it? atau what am I?

2. Tidak Mudah Ditebak

Kedua, riddle tidak mudah kamu tebak dengan mudah. Tujuannya memang mengajak seseorang berpikir keras menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Agar lebih mudah lagi maka di dalamnya mengandung hint atau petunjuk.

3. Fleksibel

Ketiga, kamu dapat membuat contoh riddle bahasa Inggris sendiri sesuai keinginan dan kebutuhan. Teka-teki bersifat fleksibel, tidak seperti proverb yang pakem karena tidak boleh diubah-ubah.

Contoh Riddle Menarik dan Lucu Bahasa Inggris

Berbagai macam contoh riddle dalam bahasa Inggris dan artinya ada di tabel berikut. Coba kamu berusaha menebak terlebih dahulu sebelum melihat jawaban sebenarnya!

RiddleArtinya
It flies but doesn’t have wings. What is it?

Answer : time

Bisa terbang tapi tidak memiliki sayap. Apakah itu?

Jawab :  waktu

Something so fragile that when I say its name, I will break it. What is it?

Answer : silence

Sesuatu yang sangat rapuh, sesuatu yang ketika aku sebutkan namanya maka aku akan merusaknya. Apakah itu?

Jawab : kesunyian

The more you take but the more you leave behind. What am I?

Answer : footsteps

Semakin kamu ambil maka kau semakin tertinggal. Apakah aku?

Jawab : langkah kaki

The rich men want it. The wise men know it. The poor need it. The kind men show it. What is it?

Answer : love

Orang kaya menginginkannya. Orang bijak mengetahuinya. Orang miskin membutuhkannya. Orang baik menunjukkannya. Apakah itu?

Jawab : cinta

Something belongs to you but others use it more often than you.

Answer : name

Sesuatu milikmu tapi malah orang lain yang lebih sering menggunakannya.

Jawab : nama

I have an eye but I can’t see. What am I?

Answer : needle

Aku punya satu mata tapi tidak bisa melihat. Apakah aku?

Jawab : jarum

It has holes but still holds water. What is it?

Answer : sponge

Punya banyak lubang tapi masih bisa menyerap air. Apakah itu?

Jawab : spons

What is more useful when it is broken?

Answer : egg

Apa yang semakin bermanfaat kalau pecah?

Jawab : telur

What question you never answer YES?

Answer : are you asleep yet?

Pertanyaan apa yang tidak pernah bisa kamu jawab YA?

Jawab : apa kamu sudah tidur?

 

Penutup

Penjelasan proverb dan riddle di atas akan menambah wawasan kamu tentang pelajaran bahasa Inggris. Keduanya harus kamu pahamu agar lebih mahir ketika menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan nyata. Terutama ketika kamu melakukan percakapan lalu menyisipkan peribahasa atau teka-teki menarik.

Bagikan: