Efektif, Ini Cara Cepat Bisa Berbahasa Inggris tanpa Kursus!

Sudah menjadi rahasia umum bila di era globalisasi, menguasai bahasa asing itu sangat esensial. Terutama English language, bahasa yang paling banyak digunakan masyarakat dunia saat ini. Hanya saja, ikut kursus itu mahal. Itu kenapa banyak orang mencari cara cepat bisa berbahasa Inggris tanpa kursus

Bila kamu adalah satu di antaranya, perlu kamu ketahui jika ada empat poin penting yang wajib kamu perhatikan agar cepat fasih. Keempat poin tersebut yaitu latihan mendengarkan, menulis, membaca, dan berbicara. Itu adalah cara belajar bahasa Inggris dari nol yang dapat kamu persiapkan.

Nah, kalau kamu mencari cara belajar bahasa Inggris di rumah tanpa harus membayar biaya kursus mahal yang efektif, ini tipsnya!

Asah Listening Comprehension 

Cara cepat bisa berbahasa Inggris tanpa kursus

Perlu kamu tahu bila pintar bahasa Inggris dalam 1 hari itu adalah hal yang tidak mungkin. Terlebih, bila English language skill kamu masih ada di titik nol. 

Supaya fasih seperti seorang native, kuncinya adalah sabar dan banyak belajar. Satu di antaranya adalah dengan banyak mendengarkan.

Dengan banyak mendengarkan, otak kamu akan terlatih untuk lebih familier dengan bahasa tersebut. Bila sudah familier, maka akan lebih mudah untuk kamu mempelajarinya. Jadi, tidak heran bila mendengarkan merupakan hal pertama yang perlu kamu lakukan agar dapat menguasai suatu bahasa. 

Misalnya, saat masih bayi, kamu pasti akan sering mendengar keluargamu berbicara bahasa daerah atau bahasa Indonesia. Lambat laun, kamu akan meniru apa yang mereka ucapkan. Lalu, kamu pun akan semakin paham apa konteks dan maknanya. Kamu dapat melakukannya karena kamu sudah merasa familier. 

Pun begitu pada saat kamu belajar English language. Ini sebabnya, cara bisa bahasa Inggris dengan cepat yang pertama adalah sering berlatih mendengarkan (listening)

Kamu pun dapat melakukannya dengan cara berikut:

1. Belajar dari Musik

Seiring dengan teknologi yang sudah semakin berkembang, kini kamu dapat mendengarkan lagu dengan sangat mudah. Kamu tidak harus datang ke sebuah show atau konser untuk mendengarnya, cukup dari ponsel atau gadget lain yang kamu miliki saja. 

Di berbagai jenis platform musik populer seperti Spotify atau YouTube Music, kamu juga dapat mendengarkan lagu berbahasa lain, satu di antaranya Inggris. Ada banyak lagu bahasa inggris dengan lirik bagus yang bisa mulai kamu pelajari, seperti Taylor Swift, John Legend, Ed Sheeran, dan lain sebagainya. 

Ternyata, listening music adalah satu di antara sekian banyak cara agar bisa bahasa Inggris dengan cepat. Kamu dapat memulai dengan mendengarkan saja. Satu kali, dua kali, sampai kamu bisa ikut melantunkan lirik lagu tersebut. 

2. Banyak Menonton Film

Bukan hanya musik, media audio visual seperti movie juga dapat menjadi media yang kamu gunakan dalam cara belajar bahasa Inggris secara otodidak. Terlebih, di zaman serba canggih seperti sekarang. Kamu bahkan tidak perlu pergi bioskop untuk menonton film yang berbahasa Inggris. 

Menonton film merupakan cara belajar bahasa Inggris dari nol gratis yang dapat kamu lakukan tanpa harus mengikuti kursus. Kamu dapat mulai dengan menonton kids movies agar bisa lebih mudah paham. Kamu pun dapat memakai subtitle bahasa Indonesia pada saat baru memulai latihan. 

Setelah mulai terbiasa, ganti movie subtitle yang kamu tonton dengan English language. Kemudian, bila kamu sudah terbiasa, hilangkan subtitle tersebut dan fokus pada pelafalan yang baik dan benar. 

3. Banyak Menonton Reality atau Variety Show

Bila kamu tidak suka menonton film, maka tidak ada salahnya menonton reality atau variety show. Bahkan, dengan adanya platform seperti YouTube, kamu dapat dengan mudah menemukan video singkat dengan English language. Konten videonya pun dapat kamu sesuaikan dengan apa yang kamu sukai. 

Bahkan, kamu juga dapat sekalian mempelajari tentang tense dan English language grammar dengan video yang ada di platform tersebut. Pastinya, semua itu dapat kamu pelajari secara gratis tanpa harus mengikuti kursus resmi. 

Asah Writing Comprehension 

Cara cepat bisa berbahasa Inggris tanpa kursus

Apa yang harus dipelajari dalam bahasa Inggris untuk pemula? Bukan hanya mendengarkan, menulis juga salah satu pilar dalam belajar bahasa. 

Karena itulah kamu pun harus sering menulis agar lebih fasih. Bahkan, kamu dapat latihan menulis dan mendengarkan sekaligus, yaitu dengan mendengarkan lagu sambil menulis liriknya. 

Tujuan sering latihan menulis pada saat belajar English language adalah agar kamu terbiasa mengingat cara spelling suatu kata. Di samping itu, kamu juga dapat latihan menghafal tense dan grammar yang lain dengan menulis. 

Tapi, bagaimana cara meningkatkan bahasa Inggris di rumah? Kamu dapat latihan menulis dengan beberapa cara berikut: 

1. Menggunakan Bahasa Inggris saat Mengunggah Sesuatu ke Media Sosial 

Di zaman sekarang ini, hampir semua orang pasti memiliki media sosial. Itu kenapa, bila kamu ingin tahu tentang bagaimana cara mengembangkan bahasa Inggris, maka media sosial adalah satu di antara kuncinya. Hal ini karena di sana kamu akan dengan mudah menemukan banyak orang dari seluruh dunia. 

Pertama-tama, kamu dapat lebih sering memakai English language pada saat mengunggah sesuatu. Kemudian, kamu dapat mulai mencari teman dari berbagai negara dan mulai bertukar pesan dengan mereka memakai English language.

Langkah tersebut jelas akan membuat kemampuanmu lebih cepat berkembang. 

2. Rajin Menulis Diary dengan English Language 

Bila kamu tidak memiliki media sosial, maka kamu dapat memakai buku diary atau jurnal. Itu adalah satu di antara langkah-langkah belajar bahasa Inggris dari nol. Kamu dapat memulai dengan menceritakan hal simpel yang terjadi padamu di hari ini.

Misalnya, hari ini kamu bangun jam sekian dan melakukan aktivitas pagi sebelum berangkat sekolah atau kerja. Kemudian, ceritakan hari ini kamu makan apa, perasaan kamu bagaimana, siapa yang kamu temui, dan lain-lain. Pastinya, itu merupakan cara untuk mempertajam skill bahasa Inggris meski tanpa kursus. 

Asah Reading Comprehension

Cara cepat bisa berbahasa Inggris tanpa kursus

Satu di antara 4 skill dalam bahasa Inggris yang tidak kalah penting adalah membaca. Tujuannya yaitu agar kamu dapat lebih mudah memahami informasi yang tertulis. Kamu pun dapat menghafal spelling atau cara mengeja dengan banyak membaca.

Karena alasan tersebut, inilah beragam cara yang dapat kamu ikuti untuk latihan membaca dalam English language! 

1. Setting Pengaturan Bahasa di Gadget ke English Language 

Pada dasarnya, gadget sudah menjadi alat yang tidak dapat lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Itu kenapa kamu dapat dengan mudah belajar English language dari sana. Di samping dengan cara mengunduh aplikasi belajar bahasa Inggris dari nol, ada juga cara lain yang dapat kamu ikuti. 

Tips yang paling simple adalah dengan mengganti pengaturan bahasa yang ada di ponsel, laptop, dan gadget lain dengan English language. Dari sana, kamu pun akan lebih terbiasa pada saat melihat kata atau kalimat di dalam bahasa internasional yang kini sedang kamu pelajari tersebut. 

2. Rajin Membaca Buku dan Berita dalam English Language 

Selain mengganti pengaturan di ponsel, kamu dapat mempertajam skill dengan membaca buku dan juga berita. Supaya lebih menyenangkan, kamu dapat memilih sendiri genre yang ingin kamu baca. Kamu dapat membaca komik, novel, majalah, dan bahkan berita politik, ekonomi, atau olahraga. 

Namun, bila kamu benar-benar tidak mempunyai English language skill sama sekali, kamu dapat memulai dengan membaca cerita anak. Tidak perlu malu untuk membaca dongeng yang memiliki gambar atau sesuatu sejenis itu. Sebab, hal ini memang sangat esensial ketika kamu ingin belajar bahasa baru. 

Asah Speaking Comprehension 

Cara cepat bisa berbahasa Inggris tanpa kursus

Terakhir, agar fasih dalam English language, kamu pun perlu sering melafalkan bahasa tersebut. Hal ini pastinya hanya bisa kamu lakukan dengan cara latihan berbicara. Kamu tidak perlu takut salah, asalkan kamu mau belajar dari kesalahan grammar atau kesalahan pelafalan yang kamu ucapkan tersebut. 

Perlu kamu ketahui bila percaya diri adalah kunci. bila kamu sudah memiliki English language skill yang cukup namun tidak percaya diri untuk mulai berbicara, maka semua hal itu akan sia-sia. Karena, semakin jarang kamu berbicara, kamu pun pasti akan semakin cepat melupakan bahasa tersebut. 

Jadi, kamu dapat melatih skill yang satu ini dengan melakukan beberapa hal berikut! 

1. Hafalkan Vocabulary, Ungkapkan Secara Berulang

Ketika mempelajari bahasa apapun, menghafalkan vocabulary adalah hal yang wajib kamu lakukan. Saat sudah hafal, kamu pasti akan lebih cepat fasih dalam bahasa tersebut. Satu di antara beragam cara yang dapat kamu lakukan untuk menghafalnya yaitu dengan mengucapkan kosakata secara berulang. 

Terlebih, saat kamu menemukan kata yang aneh, sulit, atau kata yang belum kamu tahu sebelumnya. Kamu dapat terus menggunakan kata itu secara berulang. Kemudian, kamu pun dapat menggunakannya di dalam suatu kalimat hingga akhirnya kamu merasa familier. 

Bila kamu ingin cepat fasih, maka kamu dapat menghafalkan banyak kosakata atau vocabulary baru setiap harinya. Semakin banyak kosakata yang kamu hafal, maka akan semakin cepat pula progres pembelajaran English language yang saat ini sedang kamu pelajari. 

2. Sering Gunakan English Language di Kehidupan Sehari-hari 

Setelah mengetahui banyak kosakata, langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah terus berbicara dengan memakai English language. Kamu pun dapat memakai English language yang sudah kamu hafal di kehidupan sehari-hari. Terlebih, bila kamu memiliki teman atau keluarga yang bisa English language

Nantinya, kamu dapat mengajak mereka untuk latihan berbahasa Inggris bersama-sama. Tetapkan satu atau dua hari di mana kamu wajib terus berkomunikasi dengan mereka dalam English language. Hal ini pasti akan meningkatkan kemampuan dan skill kamu hingga akhirnya kamu merasa terbiasa.

3. Latihan Menyanyi atau Berpidato dalam English Language 

Apabila kamu hobi bernyanyi, tidak ada salahnya kamu memanfaatkan hobi tersebut untuk belajar English language. Dalam aktivitas ini, kamu bahkan dapat melatih empat skill esensial dalam belajar bahasa, yaitu listening, writing, reading, serta speaking

Langkah pertama, kamu dapat mendengar lagu yang kamu suka. Setelah itu, baca liriknya dan pelajari apa arti dan maksud di dalamnya. Supaya skill lebih terasah, kamu dapat menulis lirik tersebut tanpa melihatnya untuk melatih spelling. Lalu, nyanyikan lagu tersebut untuk melatih pelafalan. 

Itulah cara cepat bisa berbahasa Inggris tanpa kursus yang dapat kamu lakukan secara gratis. Kuncinya agar kamu cepat fasih adalah latihan listening, writing, reading dan juga speaking

Tinggalkan komentar