Discussion Text: Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Contohnya

Discussion Text

Bahasa Inggris memiliki sekitar 13 jenis teks yang dibedakan menurut fungsi, struktur generik, dan fitur bahasa yang dominan. Satu di antaranya yang akan dibahas kali ini adalah discussion text bahasa Inggris. Berikut adalah pembahasan terkait pengertian, fungsi, struktur, dan juga contoh discussion text

Definition of Discussion Text

Discussion Text

Flashback ke masa pandemi, kamu pasti ingat bahwa banyak artikel muncul di portal berita yang membahas tentang sekolah online. Secara bersamaan, artikel tersebut membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari sistem belajar online.

Nah, artikel dengan pembahasan pro dan kontra belajar online tersebut adalah salah satu contoh dari teks diskusi. Berdasarkan satu contoh tersebut, apakah kamu bisa menerka apa itu discussion text (what is discussion text)?

Seperti terjemahan namanya, discussion text adalah adalah naskah diskusi yang menyajikan beberapa sudut pandang, yang membahas tentang satu topik. Pada umumnya, topik yang menjadi bahan diskusi adalah isu yang sedang banyak orang bicarakan atau isu polemis.

Fungsi dan Tujuan Teks Diskusi 

Discussion Text

Setelah mengetahui pengertian dari teks diskusi, pembahasan selanjutnya adalah fungsi dari teks ini. Kira-kira, apa fungsi dari text discussion?

Menyajikan beberapa sudut pandang terkait sebuah isu, fungsi dan tujuan teks diskusi adalah untuk memberikan perspektif beragam kepada pembaca. Dengan beragam sudut pandang yang ada, pembaca dapat memiliki wawasan yang jauh lebih luas dan mendalam tentang topik tersebut.

Ada dua situasi di mana teks diskusi ini biasanya sering muncul. Yang pertama adalah saat ada isu yang memecah belah publik. Dalam situasi ini, teks diskusi muncul untuk mengedukasi publik dengan beberapa pandangan terkait isu tersebut. Sehingga kondisi perdebatan di masyarakat bisa sedikit mereda.

Situasi kedua adalah saat ada keputusan yang harus orang atau kelompok ambil dan membutuhkan pendapat dari orang banyak. Di situasi ini, teks ini menjadi pembuka diskusi tentang suatu isu dan keputusan apa yang harus diambil terkait isu tersebut. 

Dalam situasi kedua ini, biasanya keputusan kemudian diambil berdasarkan reaksi dominan. Maksudnya, keputusan akan ditentukan berdasarkan pendapat atau masukkan yang paling menonjol dari orang banyak. 

Generic Structure Discussion Text

Discussion Text

Untuk dapat menulis teks diskusi bahasa Inggris sendiri, tentu saja  kamu harus mengetahui apa saja struktur discussion text ini. Berikut struktur yang harus ada dalam penulisan teks diskusi bahasa Inggris:

1. Statement of Issues

Apa isi discussion text? Pada awal artikel atau naskah diskusi, hal pertama akan kamu tulis adalah statement of issues. Pada bagian ini, kamu akan menuliskan secara singkat tentang topik yang akan kamu bahas dalam naskah diskusi ini.

Topik yang bisa kamu pilih untuk menjadi bahan pembahasan dalam teks ini sifatnya bebas. Namun demikian, umumnya topik dalam teks diskusi adalah topik sedang hangat menjadi perbincangan orang banyak atau isu yang sedang menjadi buah bibir.

2. Supporting Points

Struktur discussion text yang berikutnya adalah supporting points. Pada bagian ini, kamu bisa menyajikan beberapa poin argumen yang sifatnya memberikan dukungan terhadap topik yang kamu bahas itu. Secara terperinci, kamu bisa menyampaikan manfaat, kelebihan, atau keuntungannya.

Sebagai contohnya, kamu ingin membuat teks diskusi yang membahas tentang belajar online selama pandemi. Untuk bagian supporting points ini, kamu bisa menuliskan manfaat serta juga keunggulan dari metode belajar online di rumah. 

3. Contrasting Points

Setelah selesai menyusun list of supporting point, selanjutnya kamu harus menulis contrasting points. Berbanding terbalik dengan bagian sebelumnya, pada bagian ini kamu  bisa menyajikan beberapa poin yang sifatnya menolak atau menolak isu tersebut. 

Sebagai contohnya, saat kamu sedang menulis teks terkait tentang penerapan work from home (bekerja dari rumah) selama pandemi. Dalam bagian ini, kamu bisa menerangkan beberapa argumen terkait kekurangan dan dampak buruk dari work from home

4. Conclusion or Recommendation 

Untuk mengakhiri teks, pada bagian akhir naskah kamu bisa memilih membuat recommendation (rekomendasi) atau memberikan conclusion (kesimpulan). Untuk kesimpulan, kamu bisa merangkum secara singkat inti pembahasan yang kamu bahas sebelumnya.

Sedangkan untuk rekomendasi, kamu bisa mengajak pembaca untuk lebih mendalami topik yang kamu bahas tadi dengan membaca lebih banyak sumber. Pilihan lainnya, kamu dapat mengajak pembaca untuk melakukan sebuah tindakan sebagai reaksi terhadap isu yang kamu bahas tersebut.

Bukan hanya itu, saja. Pada bagian penutup ini, penulis juga bisa memberikan pendapat pribadinya terkait isu yang menjadi pembahasan.

Ciri Kebahasaan Teks Diskusi

Jika narrative text memiliki indikasi kebahasaan yakni past tense  dan menggunakan banyak keterangan waktu, bagaimana dengan teks diskusi? Apakah ada indikasi kebahasaan yang menjadi ciri khas dari teks ini?

Sama halnya dengan berbagai jenis teks bahasa Inggris lainnya, teks diskusi memiliki beberapa indikasi kebahasaan yang menjadi ciri khasnya. Berikut adalah beberapa indikasi kebahasaan teks diskusi:

1. Menggunakan General Nouns

Ciri kebahasaan yang pertama dari teks diskusi adalah menggunakan general atau common nouns, bukan proper nouns. Untuk mengingat-ingat kembali, general nouns adalah kata penjabaran yang memaparkan orang, tempat, atau benda secara umum. 

Sebagai gambaran, alih-alih menggunakan istilah ‘students of SMP Nusa Bangsa’ yang adalah proper noun, kamu bisa menggunakan kata ‘students’ secara umum. Contoh lainnya, ‘Alamanda Village Apartments’ menjadi ‘apartment’ saja. 

2. Menggunakan Thinking Verb

Ciri kebahasaan selanjutnya yang bisa kamu temui dalam sebuah teks diskusi bahasa Inggris adalah thinking verb. Apa itu thinking verb? Secara singkat, kamu bisa memaknai thinking verb sebagai kategori kata kerja yang berhubungan dengan proses berpikir. 

Beberapa contohnya adalah consider (mempertimbangkan), believe (percaya), dan realise (menyadari). Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa contoh penggunaan thinking verb dalam sebuah kalimat:

  • “People should realize that the use of school uniforms brings more benefits than detriments.”

(Masyarakat harus menyadari bahwasannya penggunaan seragam sekolah lebih banyak membawa manfaat daripada kerugian.)

  • “Corporations must consider working from home as an alternative to boost worker performance.”

(Perusahaan harus mempertimbangkan bekerja dari rumah sebagai alternatif untuk mendongkrak kinerja pekerja.)

3. Menggunakan Contrastive Conjunction

Ciri kebahasaan yang lainya dari teks diskusi adalah menggunakan contrastive conjunction. Masih ingatkah kamu apa itu contrastive conjunction? Secara singkat, contrastive conjunction adalah kata penghubung yang menyambungkan dua hal yang sama-sama bertentangan. 

Beberapa contoh dari contrastive conjunction ini adalah whereas, in other hands, however, dan on the contrary. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa contoh penggunaan contrastive conjunction dalam sebuah kalimat:

  • Online learning provides extra protection for students during the pandemic. However, this method has some drawbacks that parents need to be watched out for.

(Pembelajaran daring memberikan perlindungan ekstra bagi siswa selama pandemi. Namun, metode ini memang memiliki beberapa kekurangan yang perlu orang tua waspadai.)

  • Working from home does give workers discretion during working hours which is beneficial for them. On the contrary, this method might not be advantageous for the company.

(Bekerja dari rumah memang memberikan keleluasaan bagi pekerja selama jam kerja, yang bermanfaat bagi mereka. Sebaliknya, metode ini mungkin tidak menguntungkan bagi perusahaan.)

4. Menggunakan Modal Verb

Ciri Kebahasaan yang juga bisa kamu temui dalam contoh discussion text pendek adalah modal verb atau yang lebih dikenal dengan auxiliary verb. Dalam bahasa Indonesia, modal verb bisa kamu artikan sebagai kata kerja bantu. Fungsinya adalah untuk menerangkan keharusan, kewajiban, dan kebutuhan dari  suatu hal.

Beberapa kata yang termasuk dalam modal verbs adalah should, must, will, dan can. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa contoh penggunaan modal verb dalam sebuah kalimat:

  • Parents should understand the social impact on kids before deciding to put their children on homeschooling.

(Orang tua harus memahami dampak sosial pada anak sebelum memutuskan untuk menempatkan anak mereka di homeschooling.)

  • People must understand the risk that might happen when living off the grid.

(Orang harus memahami risiko yang mungkin terjadi saat hidup di luar jaringan.)

Contoh Discussion Text 

Pembahasan kali ini tidak akan lengkap tanpa adanya contoh teks diskusi bahasa Inggris. Oleh karenanya, berikut adalah discussion text example (contoh teks diskusi) yang bisa kamu pakai sebagai panduan menulis di rumah. Yuk, simak contoh discussion text tentang belajar online ini!

Statement of Issues

The Covid-19 pandemic has forced the world of education worldwide to change all their learning activities to online learning. Several years have passed since the pandemic’s peak, but many schools are still implementing online learning activities, especially at the university level.

In connection with this, several questions arise regarding whether the online learning process is more profitable than face-to-face learning in class. Or is it the other way around?

Supporting Points

According to proponents of the online learning system, this online learning process is more profitable than a face-to-face learning system in class. It saves time, especially for those who live far from these educational facilities.

In addition, university student proponents also mention that online learning processes help them cut costs. More precisely, they do not need to pay for shelter or boarding houses because they can do the learning process from home.

Another advantage is the flexibility of study time. With the online learning method, lessons can take place at any time with the approval of the people involved.

Contrasting Points

However, contrary to the information above, some people think online learning is not profitable. They consider that studying online is more expensive than studying in regular classes because it requires a computer or laptop as well as internet costs.

In addition, online learning also makes the interaction between teachers and students not optimal. In many cases, many students play and even lie down during class because they can turn off the camera. As a result, the teacher’s material does not receive the students optimally.

Not only that, when there are questions, students can only send short messages or emails. In terms of efficiency, this is a waste of time because the teacher usually responds after a period of time. 

In general, students have to wait for a while, even days. Of course, this will not happen if the learning is done face-to-face in class. Students can ask questions personally in class.

Recommendation

Many people are still talking about the pros and cons of online learning. It seems complicated to determine whether this system benefits or harms because everyone’s needs vary.

Therefore, parents and students can examine their needs and decide whether this system is more profitable. If it is not profitable, it would be better if a consultation is held with the school so that there is a solution to the problem.

Terjemahan

Statement of Issues

Terjadinya pandemi Covid-19 lalu memaksa dunia pendidikan di seluruh dunia melakukan alterasi semua kegiatan belajarnya menjadi belajar online. Beberapa tahun sudah berlalu sejak puncak pandemi, namun kegiatan belajar online ini masih banyak sekolah terapkan terutama pada tingkatan universitas. 

Atas hal ini, timbul beberapa pertanyaan terkait apakah proses belajar online ini memang lebih menguntungkan dari pembelajaran langsung di kelas? Atau justru sebaliknya?

Supporting Points

Menurut para pendukung  sistem belajar online, proses belajar secara daring ini lebih menguntungkan daripada proses belajar secara langsung di kelas. Alasannya karena lebih menghemat waktu, terlebih bagi mereka yang tinggal cukup jauh dari fasilitas pendidikan tersebut. 

Selain itu, pendukung proses belajar online tingkat universitas juga menyebutkan bahwa proses belajar online membantu mereka menghemat biaya. Lebih tepatnya, mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kebutuhan tempat singgah atau rumah kos karena proses belajar bisa mereka lakukan  dari rumah.

Keuntungan lainnya adalah fleksibilitas waktu belajar. Dengan metode belajar online, pelajaran bisa berlangsung kapan saja atas persetujuan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Contrasting Points

Namun demikian, bertentangan dengan keterangan di atas, sebagian orang justru menilai bahwa belajar online ini tidak terlalu menguntungkan. Mereka menilai bahwasannya belajar online lebih mahal dari belajar di kelas biasa karena membutuhkan modal komputer atau laptop juga biaya internet.

Selain itu, pembelajaran online juga membuat interaksi antara pengajar dan siswa menjadi tidak maksimal. Dalam banyak kasus, banyak siswa yang mengikuti kelas sambil bermain bahkan rebahan karena siswa memang bisa mematikan kamera. Hasilnya materi yang pengajar berikan tidak siswa terima dengan maksimal.

Tidak hanya itu, ketika ada pertanyaan, siswa hanya bisa mengirimkan pesan singkat atau email. Dari segi efisiensi, hal ini membuang-buang waktu karena guru biasanya baru memberikan tanggapan setelah jangka waktu tertentu.

Pada umumnya, siswa harus menunggu beberapa saat, bahkan berhari-hari. Hal ini tentunya tidak akan terjadi jika pembelajaran terlaksana secara tatap muka di kelas. Siswa dapat langsung mengajukan pertanyaan di kelas.

Recommendation

Pro dan kontra masalah belajar online ini sampai saat ini masih banyak orang perbincangkan. Tampaknya memang sulit menentukan apakah sistem ini membawa keuntungan atau atau justru merugikan karena kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda. 

Oleh karenanya, orang tua dan siswa bisa menelaah terlebih dahulu kebutuhannya dan apakah sistem ini lebih menguntungkan atau tidak. Jika memang terasa tidak menguntungkan alangkah lebih baik jika mengambil jalur  komunikasi bersama pihak sekolah agar ada pemecahan masalahnya.

Demikian pembahasan materi discussion text kali ini. Mulai dari pengertian, fungsi, kaidah kebahasaan hingga contoh teks diskusi. Semoga ulasan terkait discussion text ini dapat membantu kamu memahami lebih banyak jenis teks dalam bahasa Inggris, untuk menambah pengetahuanmu baca juga artikel website ini tentang Descriptive Text dan Announcement Text ya! semoga bermanfaat!